Ketentuan Portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020

Shabrina Alfari Mar 10, 2020 • 2 min read


portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020

Artikel ini memberikan informasi lengkap terkait ketentuan portofolio untuk pendaftaran SNMPTN dan SBMPTN 2020

--

Sudah tahu ada persyaratan baru pada SNMPTN dan SBMPTN 2020? Untuk siswa pendaftar program studi bidang Seni dan Olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah. Apa itu portofolio? Menurut laman resmi LTMPT, portofolio merupakan dokumentasi kumpulan karya dan atau penampilan (performance) siswa dalam bidang Seni atau Olahraga.

Isi portofolio merupakan kombinasi antara dokumentasi karya atau penampilan yang khusus dibuat oleh peserta sesuai dengan instruksi untuk setiap bidang, dan dokumentasi karya atau penampilan yang telah dimiliki atau dibuat sebelumnya oleh peserta semasa mengikuti pendidikan menengah. Seperti apa sih ketentuan portofolio untuk SNMPTN dan SBMPTN 2020?

portofolio SNMPTN dan SBMPTN 2020Membuat portofolio (Sumber: mymodernmet.com)

Kelompok Portofolio

Ada 10 (sepuluh) kelompok portofolio untuk bidang Seni dan Olahraga, yaitu:

  1. Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya: untuk peserta yang memilih program studi Seni Rupa, Seni Murni, Pendidikan Seni Rupa, Kriya, Kriya Seni, Pendidikan Kriya, Desain Interior, Desain Komunikasi Visual, atau Desain Produk/Desain Produk Industri. Kekhususan diberikan bagi peserta yang memilih jurusan Sendratasik Universitas Syiah Kuala (opsi Seni Rupa)
  2. Portofolio Tari: untuk peserta yang memilih program studi Tari atau Pendidikan Tari, atau yang memilih program studi Seni Pertunjukan (opsi Tari)
  3. Portofolio Musik: untuk peserta yang memilih program studi Musik, atau Pendidikan Musik, atau yang memilih program studi Seni Pertunjukan (opsi Musik)
  4. Portofolio Seni Karawitan: untuk peserta yang memilih program studi Seni Karawitan atau Pendidikan Seni Karawitan
  5. Portofolio Etnomusikologi: untuk peserta yang memilih program studi Etnomusikologi
  6. Portofolio Teater: untuk peserta yang memilih program studi Teater, atau yang memilih program studi Seni Pertunjukan (opsi Teater)
  7. Portofolio Fotografi: untuk peserta yang memilih program studi Fotografi
  8. Portofolio Film dan Televisi: untuk peserta yang memilih program studi Film dan Televisi
  9. Portofolio Seni Pedalangan: untuk peserta yang memilih program studi Seni Pedalangan
  10. Portofolio Olahraga: untuk peserta yang memilih program studi Ilmu Keolahragaan, Pendidikan Jasmani, Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar atau Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Untuk mengetahui informasi rinci terkait isi portofolio setiap bidang dan penjelasan format file yang digunakan, kamu dapat melihatnya pada link berikut: PORTOFOLIO SNMPTN DAN SBMPTN 2020.

Selain itu, petunjuk penyusunan dan pengunggahan portofolio juga dapat diunduh (download) pada laman http://portal.snmptn.ac.id pada saat pendaftaran SNMPTN maupun SBMPTN 2020.

Selain portofolio, kamu juga tetap membutuhkan prestasi serta nilai yang baik untuk bisa diterima di PTN tujuan dan mengalahkan para pendaftar lainnya. Untuk itu, terus tingkatkan pemahaman konsepmu dengan melihat video beranimasi dan berlatih soal di ruangbelajar.

ruangbelajar for desktop

Beri Komentar