Kimia Kelas 10 | Ikatan Logam: Mencegah Kondisi Bumi Bertambah Buruk

 

Ikatan Logam kimia

Ikatan logam akan dibahas pada artikel ini dengan mudah dari contoh nyata di kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar.

--

Coba deh kamu ingat-ingat, waktu kamu kecil sering nggak mengeluh kalau suhunya panas? Terus saat kamu makin dewasa gimana? Makin sering kan? Yap, kondisi bumi memang sedang tidak baik-baik saja, Squad. Iklim berubah dan suhu bumi terus meningkat. Dampaknya nggak main-main. Mulai dari pengasaman air laut, kelangkaan air, rusaknya rantai makanan, hingga meningkatnya tinggi air laut yang bila dibiarkan dapat menenggelamkan sebuah kota! Bahaya kan?

Melihat adanya kejadian-kejadian itu, akhirnya dibuatlah Perjanjian Paris oleh 144 negara untuk membatasi kenaikan suhu bumi sebesar 1,5 oC. Kenaikan suhu bumi bisa dicegah dengan membatasi polusi udara. Padahal, 2/3 polusi udara berasal dari sektor energi. Makanya, Indonesia lagi menggalakkan nih pengembangan sumber Energi Baru dan Terbarukan (EBT), termasuk panel surya. Nah, panel surya memakai prinsip kimia tentang ikatan logam lho. Wow, gimana tuh?

Panel Surya

Panel surya (sumber: daily.oktagon.co.id)

Panel surya adalah alat yang berguna untuk menghasilkan listrik dari cahaya matahari. Komponen pada panel surya bisa dibuat dari paduan logam lho. Jadi dua atau lebih jenis logam berbeda digabungkan jadi satu, Squad. Contoh logam yang bisa digabungkan adalah Gallium dan Bismut. Mereka bisa digabungkan dengan memanfaatkan sifat-sifat ikatan logam tuh. Seperti apa sih ikatan logam? Seperti apa sih sifat-sifatnya?

Jadi gini Squad, kalau digambarkan strukturnya, logam itu adalah kumpulan kation-kation (ion positif) yang tersusun rapi dan diantara kation-kation tersebut ada “lautan elektron” yang bisa bergerak bebas dan berpindah ke kation mana saja. Elektron ini bertindak seperti “lem perekat”. Itulah mengapa disebut ikatan logam. Kalau kamu melihat satu batang Gallium, sebenarnya kamu sedang melihat kumpulan kation Gallium yang tersusun rapi dan dikelilingi oleh elektron-elektronnya. Struktur seperti ini pastinya punya beberapa keuntungan dan kelemahan. Perhatikan ilustrasinya deh.

Efek dari ikatan logam

Bisa dilihat kan ilustrasi ikatan logam, keuntungan, dan kelemahan yang dihasilkan dari ikatan logam ini? Tapi manusia memang hebat, Squad. Mereka menyelediki ternyata ikatan logam bisa terjadi antar logam yang berlainan juga! Ini dilakukan dengan membuat paduan/alloy. Hasilnya? Kelemahan-kelemahan di atas bisa tertutupi dan keuntungannya bisa ditingkatkan deh. Bagaimana cara membuat alloy? Ada beberapa cara nih.

Cara membuat alloy ikatan logam

Contoh alloy adalah paduan Gallium dan Bismut serta tambahan atom lain yaitu Arsenik dan Nitrogen untuk membuat panel surya. Bila tidak dipadukan, logam-logam tersebut tidak bisa dibuat panel surya tuh. Namun saat digabungkan, keuntungannya besar sekali! Dahulu efisiensi panel surya sekitar 25%. Paduan Gallium, Bismut, Arsenik, dan Nitrogen membuat efisiensinya meningkat jadi 50% dan biaya pembuatannya 25% lebih murah! Keren kan? Bila kamu terus belajar tentang ikatan logam, pasti bisa menciptakan panel surya yang lebih bagus.

Kegunaan unsur ikatan logam

Masih banyak yang bisa kamu cari tau lho mengenai ikatan logam ini. Daftar aja di ruangbelajar. Dijamin video materi dan pembahasan soal di sana bakal memuaskan rasa ingin tahu kamu, deh. Tunggu apa lagi, Squad? Sikat!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts