Klasifikasi Kelompok Sosial Berdasarkan Cara Pembentukannya | Sosiologi Kelas 11

Klasifikasi kelompok sosial

Squad, siapa yang bisa menjelaskan tentang kelompok sosial? Salah satu contoh kelompok sosial yang kita kenal adalah keluarga atau kelompok pertemanan. Ternyata, ada klasifikasi kelompok sosial yang bisa diketahui berdasarkan cara terbentuknya, yaitu kelompok semu dan kelompok nyata. Yuk, kita simak apa saja yang termasuk kelompok semu dan kelompok nyata di bawah ini!

1. Kelompok Semu

Ciri-ciri kelompok semu adalah proses pembentukannya yang spontan, tidak terorganisir dalam suatu wadah tertentu, tidak ada interaksi maupun komunikasi secara terus-menerus, tidak ada kesadaran berkelompok, dan kehadirannya tidak konstan. Kerumunan, massa, dan publik adalah jenis-jenis dari kelompok semu.

a. Kerumunan

Formal Audience: Mempunyai pusat perhatian dan persamaan tujuan yang sifatnya pasif. Contohnya adalah penonton bioskop dan hadirin suatu ceramah.

Planned Expressive Group: Kerumunan yang tidak begitu mementingkan pusat perhatian tetapi mempunyai persamaan tujuan dan kepuasan yang dihasilkan. Contohnya adalah orang yang berdansa dan berpesta.

Inconvenient Causal Crowds: Kerumunan yang bersifat sangat sementara karena ingin menggunakan fasilitas yang sama. Contohnya adalah orang yang mengantre dan orang yang menunggu kendaraan umum

Panic Causal Crowds: Kerumunan dalam keadaan panik yang sedang berusaha menyelamatkan diri dari bahaya atau keadaan yang bersifat darurat lainnya

Spectator Causal Crowds: Kerumunan yang ingin melihat suatu peristiwa tertentu tanpa direncanakan, seperti orang-orang yang berkerumun di lokasi kecelakaan.

Acting Lawless Crowds: Kerumunan yang mempunyai tujuan tertentu dengan menggunakan kekuatan fisik yang berlawanan dengan norma-norma sosial, seperti supporter bola yang sedang melakukan kerusuhan.

Immoral Lawless Crowds: Kerumunan yang tindakannya berlawanan dengan norma-norma pergaulan sehari-hari di masyarakat.

b. Massa

Ciri-ciri massa adalah orang-orang yang anonim dan heterogen, tidak terdapat interaksi, tidak mampu bertindak secara teratur, memiliki sikap yang kurang kritis, dan mudah dipengaruhi oleh aktor di balik massa tersebut

c. Publik

Ciri-ciri publik antara lain adalah interaksi tidak langsung melalui media massa, memiliki perhatian yang sama terhadap suatu isu, dan adanya kecenderungan untuk berfikir rasional.

Klasifikasi Kelompok Sosial Berdasarkan Cara Pembentukannya

Demonstran yang dipimpin oleh seorang penggerak. (Sumber: dictio.id)

 2. Kelompok Nyata

Kelompok nyata, di sisi lain, adalah kelompok sosial yang lebih terorganisir. Kelompok nyata terdiri dari kelompok statistik, kelompok sosietal, kelompok sosial, dan kelompok asosiasi.

a. Kelompok Statistik

Kelompok statistik adalah kelompok yang anggota-anggotanya tidak memiliki kesadaran sosial. Contohnya antara lain kelompok penduduk usia tertentu di suatu kecamatan.

b. Kelompok Sosietal

Ciri kelompok sosietal antara lain terbentuk dengan sendirinya, kemungkinan terhimpun dalam suatu wadah tertentu, kemungkinan terjadi interaksi, kemungkinan terjadi kesadaran kelompok, dan kehadirannya konstan.

c. Kelompok Sosial

Terbentuk karena adanya kesamaan, seperti tempat tinggal atau pekerjaan yang sama dan memiliki anggota yang berinteraksi dan melakukan komunikasi secara terus menerus.

kelompok sosial pekerjaan yang sama

Contoh kelompok sosial yang memiliki pekerjaan yang sama (sumber: ekbis.sindonews.com)

d. Kelompok Asosiasi

Kelompok asosiasi merupakan kelompok sosial yang paling terorganisir, contohnya antara lain lembaga pendidikan atau kesatuan angkatan bersenjata.

Rangkuman Klasifikasi Kelompok Sosial Berdasarkan Cara Pembentukannya

Nah, sekarang sudah lebih paham 'kan, Squad? Ternyata, berdasarkan penjelasan di atas, banyak sekali klasifikasi kelompok sosial yang terbentuk di masyarakat. Kira-kira, kita termasuk ke kelompok mana saja, ya? 

Tertarik untuk belajar lebih lanjut mengenai kelompok sosial? Yuk, belajar di ruangbelajar bersama teman-temanmu! Download aplikasinya, dan siap-siap buat #RevolusiBelajar supaya belajarmu jadi lebih kece

ruangbelajar

Sumber Referensi

Suhardi dan Sri Sunarti. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Budiyono. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Raharjo, Puji. 2009. Sosiologi 2: Untuk SMA/MA Kelas XI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Waluya, Bagja. Sosiologi 2 Menyelami dan Fenomena Sosial di Masyarakat untuk Kelas XI SMA/MA Program IPS. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Sumber Foto

Demonstran. Tautan: https://www.dictio.id/t/bagaimana-ciri-budaya-politik-indonesia-menurut-affan-gaffar/109864

Contoh kelompok sosial. Sekolah pilot. Tautan: https://ekbis.sindonews.com/berita/1242516/34/budi-karya-siap-fasilitasi-masalah-sekolah-pilot-di-indonesia?showpage=all

Artikel diperbarui 20 November 2020

Beri Komentar