Komposisi Sel Darah dan Proses Penyembuhan Luka

Biologi_11.jpg

Apa RG Squad pernah perhatikan kenapa darah yang keluar saat tangan kita terluka berwarna merah? Eits, jangan-jangan karena hal ini kamu jadi berpikir bahwa darah hanya berwarna merah? Padahal, sel darah ada bermacam-macam lho. Sebelum mengetahui berbagai komposisi sel darah, kita harus tahu dulu dong apa saja fungsi darah. Baca terus!

  • Fungsi Darah

fungsi darah

Komposisi darah itu ada berbagai macam. Mulai dari plasma darah, sel darah, serta trombosit. Sel darah dan keping darah memiliki komposisi sebanyak 45% di dalam darah. Sementara sisanya (55%) merupakan plasma darah.

  • Plasma Darah

komposisi darah.jpg

(sumber gambar: tokoacep.info)

Plasma darah merupakan cairan kekuningan yang tersusun dari 90% air, 8% protein (albumin, globumin, fibrinogen), serta 0,9% mineral, oksigen, enzim antigen, dan bahan organik lainnya. Albumin pada plasma darah berfungsi untuk memelihara tekanan osmotik. Sementara globumin membentuk zat antibodi. Di sisi lain, fibrinogen berperan penting dalam proses pembekuan darah.

  • Sel Darah Merah (Eritrosit)

sel darah merah

(sumber: medcitynews.com)

Eritrosit adalah sel darah yang bersirkulasi di seluruh tubuh dan menyalurkan oksigen ke jaringan tubuh. Pada manusia, sel darah merah berbentuk bikonkav (cekungan ganda) dan tidak mempunyai inti sel. Sel darah merah mengandung protein hemoglobin yang digunakan dalam transpor oksigen.

penyebab darah berwarna merah

Usia sel darah merah di tubuh kita mencapai 120 hari. Sel darah merah yang telah rusak atau tua akan dipecah di dalam hati dan limpa. Kemudian, sel darah akan kembali diproduksi di sumsum tulang belakang. Produksi sel darah merah dikontrol oleh hormon eritropoietin yang dilepaskan oleh ginjal.

  • Sel Darah Putih (Leukosit)

 sel darah putih

(sumber: bloodline.net)

Leukosit mempunyai bentuk yang tidak tetap, tidak berwarna, dan mempunyai inti sel. Di dalam darah, komposisi sel darah putih sangat sedikit, yaitu kurang dari 1%. Sel darah putih memiliki fungsi utama sebagai merespon imun, mengenali, dan mematikan kuman penyakit.

fakta tentang sel darah putih

  • Keping Darah (Trombosit)

Keping darah, atau trombosit, adalah fragmen sel yang terlibat dalam pembekuan darah. Bentuknya tidak teratur, tidak mempunyai inti sel, serta berukuran lebih kecil dibandingkan sel darah. Sayangnya, trombosit hanya berumur 8 hari sebelum akhirnya dirombak di sumsum merah.

keping darah trombosit

(sumber: healthtap.com)

Trombosit bekerja jika terdapat luka pada pembuluh darah kita. Adapun proses pembekuan darah saat yang terjadi saat kita terluka sebagai berikut:

proses pembekuan darah

Jadi begitulah sel darah bekerja di dalam tubuh kita. Darah memiliki mekanisme yang luar biasa untuk menyokong hidup manusia. Mulai dari menyuplai nutrien hingga mematikan kuman penyakit. Hal tersebut menjadikan darah sebagai salah satu indikator penting dalam pengecekan kesehatan. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang komposisi darah dan proses penyembuhan luka ya, RG Squad!

Kalau kamu ingin mendalami materi lain untuk ujian, ikutan aja daftar dan belajar bersama teman-teman di seluruh Indonesia hanya di Ruangguru Digital Bootcamp sekarang! 

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar