Kuliah Komunikasi dari IPA? Bisa! Daftar di Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB!

Shabrina Alfari

Apr 10, 2019 • 3 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


komunikasi dan pengembangan masyarakat IPB

Artikel ini membahas tentang jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Institut Pertanian Bogor, mulai dari mata kuliah hingga prospek kerja

--

Squad, kamu mau belajar komunikasi tapi dari jurusan IPA? Bisa! Masuk aja ke jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (KPM), Institut Pertanian Bogor. Jurusan ini sendiri berada di bawah Fakultas Ekologi Manusia IPB yang merupakan satu-satunya Fakultas Ekologi Manusia yang ada di Indonesia. Di jurusan ini, kamu nggak hanya akan belajar mengenai komunikasi saja Squad, tetapi juga akan belajar tentang pengembangan masyarakat. So, sebenarnya jurusan ini beda banget dengan jurusan komunikasi di perguruan tinggi lainnya. Hmm, apa bedanya ya?

Apa sih bedanya komunikasi IPB dan universitas lain?

“KPM dan jurusan komunikasi di universitas lainnya itu serupa tapi tak sama. Di jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB ini kami tidak terbatas belajar tentang komunikasi. Kami juga belajar banyaaak banget tentang pengembangan masyarakat,” jelas kak Trisya, lulusan KPM IPB. Jurusan ini juga memungkinkan kamu untuk terjun langsung ke masyarakat Squad. Untuk itulah, kemampuan komunikasi dibutuhkan.

komunikasi dan pengembangan masyarakat IPBLulusan IPB (Sumber: skpm.ipb.ac.id)

Di jurusan KPM IPB ada tiga divisi keilmuan, antara lain (1) Divisi Komunikasi dan Penyuluhan, (2) Divisi Sosiologi Pedesaan dan Pengembangan Masyarakat serta (3) Divisi Kependudukan, Agraria, dan Ekologi Politik. Sampai sini sudah tergambar jelas bedanya belum? Selain itu, gelar yang didapat dari jurusan KPM juga beda dari anak komunikasi biasanya yaitu S.KPm (Sarjana Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat)

“Selain itu kami juga banyak turun langsung ke lapangan dan berhadapan dengan masyarakat untuk meneliti kehidupan mereka, melakukan pendampingan dan penyuluhan serta menjadi fasilitator masyarakat desa. Kami dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan menganalisis masalah-masalah yang ada di masyarakat,” lanjut kak Trisya.

Apa saja yang dipelajari di KPM IPB?

Kamu ingin aktif di kegiatan sosial dan menjadi agen perubahan yang bisa mengembangkan taraf hidup masyarakat? Jurusan ini adalah tempatnya. Sesuai dengan nama jurusannya, kamu akan belajar banyak mata kuliah sosial yang merupakan turunan dari 3 divisi keilmuan di atas.

Kamu juga akan diajak melihat sebuah masalah sosial dan mencari alternatif pemecahannya dengan beragam metode komunikasi. Banyak mata kuliahnya yang mengharuskan kamu terjun lapangan ke suatu lokasi dan mengaplikasikan teori yang telah dipelajari. Dengan bertemu dan berdialog langsung bersama berbagai jenis masyarakat pastinya akan membantu mengasah soft skill komunikasi kamu.

komunikasi dan pengembangan masyarakat IPB

“Kegiatan praktik dan tugas di jurusan ini mencakup dari membuat iklan, film pendek, poster, melakukan wawancara, pengamatan ke masyarakat, dan juga turun lapangan ke desa-desa. Turun lapangan biasanya dilakukan sehari, seminggu hingga dua minggu dalam satu mata kuliah. Di satu semester kami bisa melakukan 2-5 kali turun lapangan ke lokasi yang berbeda-beda dan materi yang berbeda,” ingat kak Trisya.

“Di sini kami belajar banyak tentang kondisi masyarakat desa sesungguhnya, seperti masalah yang mereka hadapi serta keindahan alamnya. Output dari kegiatan-kegiatan lapangan tersebut biasanya berbentuk laporan, video ataupun poster infografis. Selain itu, kami juga dituntut untuk menguasai banyak hal tentang kepenulisan, analisis bacaan, jurnal, artikel dan film,” lanjutnya.

komunikasi dan pengembangan masyarakat IPBKegiatan terjun lapangan KPM IPB (Sumber: dok. pribadi)

Biasanya para lulusannya bekerja di mana?

Lulusan dari KPM IPB memiliki kesempatan kerja di berbagai bidang alias fleksibel banget. Misalnya sebagai CSR (corporate social responsibility) di berbagai perusahaan, aktivis dan penggerak di bidang sosial dan masyarakat, NGO, PNS di kementerian, dosen, jurnalis atau wartawan, pekerja kreatif di media televisi maupun cetak, serta peneliti di lembaga-lembaga penelitian. Lengkap dan luas banget ‘kan Squad peluang kariernya?

Jurusan Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat IPB ini merupakan satu-satunya jurusan komunikasi dari peminatan IPA. Walaupun nggak banyak pelajaran IPA yang akan kamu pelajari selama kuliah, kamu tetap harus belajar materi-materi IPA di tahun pertama kuliah seperti fisika, matematika, kalkulus, kimia, dan sebagainya. So, jangan lupa ya untuk terus mempersiapkan dirimu sebelum masuk ke universitas impian di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts