Konsep Gelombang Elektromagnetik | Fisika Kelas 12

Konsep Gelombang Elektromagnetik

Siapakah di antara RG Squad yang suka mendengarkan radio? Lagu apa yang sering kamu dengar? Kamu tahu gak? Lagu yang kamu dengar dari radio merupakan penerapan dari gelombang eletromagnetik lho. Apa sih spektrum gelombang elektromagnetik itu? Apa saja penerapan lain dari gelombang elektromagnetik? Simak pembahasannya, kuy!

Gelombang elektromagnetik merupakan gelombang yang tidak membutuhkan medium dalam perambatannya. Energi elektromagnetik merambat dalam gelombang melalui beberapa karakter seperti panjang gelombang, amplitudo, frekuensi, dan kecepatan. Energi eletromagnetik dipancarkan atau dilepaskan pada level yang berbeda. Semakin tinggi level energi dalam suatu sumber energi, maka semakin rendah panjang gelombang dari energi yang dihasilkan akan tetapi semakin tinggi frekuensinya.

sifat-sifat gelombang elektromagnetik

Spektrum Gelombang Elektromagnetik

Spektrum gelombang elektromagnetik dengan urutan dari panjang gelombang terbesar atau frekuensi terkecil ke panjang gelombang terkecil atau frekuensi terbesar sebagai berikut:

  1. Gelombang radio: dimanfaatkan untuk mentransmisikan sinyal pada jarak yang sangat jauh. Contohnya gelombang radio dipakai oleh stasiun TV dan radio untuk mentransmisikan sinyal komunikasi, selain itu digunakan oleh radar dan untuk pencitraan satelit ke bumi dalam pembuatan peta 3 dimensi.
  2. Gelombang mikro: ketika gelombang mikro diserap oleh sebuah benda, maka akan muncul efek pemanasan pada benda tersebut. Contohnya gelombang mikro digunakan dalam microwave (oven) dan pada pesawat radar.
  3. Sinar inframerah: sinar inframerah tidak dapat terlihat tetapi dapat terdeteksi diatas spektrum cahaya merah yang dipakai untuk memindahkan energi yang tidak terlalu besar. Contohnya pada remote dalam mentramsisian data dalam bentuk energi.
  4. Cahaya tampak: memiliki spektrum elektromagentik yang bisa dideteksi oleh mata manusia. Contohnya penggunaan laser dalam serat optik pada bidang kedokteran dan telekomunikasi.
  5. Sinar ultraviolet: sumber utama yang memancarkan sinar ultraviolet adalah matahari.
  6. Sinar X: digunakan dalam bidang kedokteran untuk melihat organ dalam tubuh seperti tulang.
  7. Sinar gamma: memiliki frekuensi paling tinggi dan daya tembus paling besar. Salah satu penggunaan sinar gamma untuk mensterilkan peralatan medis. 

konsep gelombang elektromagnetik(Sumber: thinglink.com)

Nah, Squad sudah paham 'kan konsep gelombang elektromagnetik beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Ingin menonton video pelajaran animasi yang sesuai dengan pelajaran di sekolahmu? Yuk, belajar di ruangbelajar sekarang juga!

ruangbelajar

Beri Komentar