Avengers: Infinity War dan Mengapa Butuh Kostum Baru Spiderman

Kresnoadi Mei 3, 2018 • 4 min read


Fisika_11

Siapa yang sudah menonton Avengers: Infinity War? Kita semua pasti punya jagoan dan adegan menarik versi masing-masing. Bagi pencinta Spiderman, salah satu scene paling epic adalah saat dia mendapatkan kostum baru: iron suit. Sekarang pertanyaannya adalah: kenapa, ya, dia sampai membutuhkan kostum baru Spiderman?

spiderman di infinity war

Spiderman di Infinity War (Sumber: movieweb.com)

 

Alasannya adalah, kostum itu menyelamatkannya dari kematian.

Kalau kita ingat adegannya, ketika itu, Spiderman mendapat perintah dari Tony Stark untuk mengejar pesawat Black Order, anak buah Thanos, yang menyekap dr. Strange. Spiderman berhasil menempel di dinding portal menuju angkasa, tapi posisinya terlalu tinggi.

Lama-kelamaan, Peter menjadi lemas. Terengah-engah, dan jatuh.

spiderman infinity war

Spiderman jatuh saat mengejar Black Order (sumber: giphy.com)

 

Saat itu lah, Iron Man datang dan berkata, “Unlock, 17 A.”

Terus terbang, deh, kostum iron suit yang langsung melekat ke tubuh Spiderman. Membuatnya tidak jadi kehabisan napas.

kostum baru spiderman

Kostum baru spiderman (Sumber: Emergency Awesome via giphy.com)

 

Sebagai pelajar sejati, tentu ini membawa tanda tanya: apa, sih, yang membuat Spiderman langsung lemas dan jatuh? Padahal, dia tidak ditembak. Tidak diserang. Hanya menempel di dinding portal yang berada di udara.

Hal ini, ternyata berhubungan dengan gas ideal.

Dalam ilmu fisika, kita dapat menyebut molekul gas-gas sederhana seperti oksigen, hidrogen, nitrogen, sebagai gas ideal. Oke, oke, biar nggak ribet, kita bisa rangkum gas ideal itu kayak gini:

definisi gas ideal

Sementara sifat-sifatnya adalah:

sifat-sifat gas ideal-1

Nah, nah, udah. Dua gambar itu bisa kamu save untuk mengerjakan ujian saja. Intinya, molekul gas sederhana yang ada di alam ini, dalam fisika, bisa kita kategorikan sebagai gas ideal.

Karena lagi ngomongin soal Spiderman, sekarang, pembahasan “gas ideal” ini kita anggap sebagai oksigen.

Seperti yang kita ketahui bersama, semakin tinggi suatu tempat, maka tekanan udaranya akan semakin rendah. Sebaliknya, semakin rendah, maka tekanannya akan semakin tinggi. Wilayah pegunungan, tekanannya tentu jauh lebih rendah dibanding saat kita berada di dasar laut.

prinsip tekanan-1

Itu artinya, saat berada di portal yang terbang tinggi tanpa kostum khusus, Peter Parker akan menerima tekanan yang sangat rendah. Lalu, apa hubungannya dengan sesak napas si Spiderman?

Ini berkaitan dengan hukum persamaan gas ideal:

persamaan gas ideal

Jika kita perhatikan dari rumus tersebut, terlihat bahwa tekanan (P), sebanding dengan jumlah molekul (N). Itu artinya, apabila tekanannya kecil, maka jumlah molekul yang ada juga sedikit.

Itu artinya, jumlah oksigen yang ada di sekitar Spiderman juga sedikit. Akibatnya, si Peter kekurangan oksigen, terengah-engah, dan membuatnya jatuh pingsan. Makanya, Peter butuh kostum baru Spiderman yang khusus bisa membuatnya bernapas. Ya Iron suit lah jawabannya!

Gimana, Squad. Ternyata penggunaan kostum baru Spiderman ada hubungannya dengan fisika, kan. Nah, kalau kamu ingin memelajari materi-materi seru lainnya seperti ini, kamu bisa coba langsung tonton, lho! Di ruangbelajar, ada ratusan video pembelajaran beranimasi, lengkap dengan rangkuman lucu yang bisa kamu save langsung ke handphone!

ruangbelajar 

Beri Komentar