Kuliah di Jurusan Peternakan Bukan Berarti Jadi Peternak

Olivia Yunita Jul 3, 2020 • 5 min read


Pojok_Kampus_-_Kuliah_di_Jurusan_Peternakan_Bukan_Berarti_Jadi_Peternak_(Low)

Artikel ini membahas tentang kuliah jurusan Peternakan, peminatan jurusan Peternakan, dan prospek kerja jurusan Peternakan

--

“Kok ambil peternakan sih. Mau jadi peternak, nggak usah kuliah juga bisa kok. Mending ambil jurusan yang prospek kerjanya jelas”. Itulah cuplikan ucapan yang akan kamu dengar saat membahas jurusan ini. Hmm.…jangan salah. Faktanya, jurusan Peternakan nggak melulu jadi peternak ya. Lalu, seperti apa sih jurusan peternakan itu? Simak penjelasan berikut.

Kalau kamu mengambil jurusan ini, nantinya akan belajar mengenai cara memelihara hewan ternak, mengatur kebutuhan nutrisi sesuai kebutuhan ternak, cara menangani ternak dengan benar, serta cara mengelola produk hasil ternak yang berkualitas. Nggak cuma sapi aja, kambing, domba, dan unggas juga termasuk hewan ternak ya.

Kuliah di Jurusan Peternakan Bukan Berarti Jadi Peternak

Mahasiswa Jurusan Peternakan (Sumber: crk.umn.edu)

Sama seperti jurusan lain, di jurusan Peternakan juga ada beberapa peminatan yang bisa kamu pilih, lho. Biasanya pilihan peminatan ini akan berbeda-beda, tergantung kebijakan universitas. Di Universitas Brawijaya (UB) misalnya, jurusan Peternakan dibagi menjadi 4 peminatan, yaitu

  1. Produksi ternak: Intinya kamu bakal belajar cara memelihara hewan ternak agar menghasilkan produk yang berkualitas dan memiliki nilai tambah.
  2. Nutrisi dan makanan ternak: Sangat erat kaitannya dengan gizi dan pengolahan pakan hewan ternak. Kamu akan belajar tentang cara memformulasikan ransum sesuai dengan kebutuhan ternak.
  3. Teknologi hasil ternak: belajar tentang cara mengolah produk hasil ternak, seperti susu, keju, daging, yoghurt, wol, dan produk olahan lainnya.
  4. Sosial ekonomi peternakan: Singkatnya, peminatan ini mempelajari peternakan dari segi ekonomi. Mulai dari strategi pemasaran produk hasil ternak, manajemen agribisnis peternakan, hingga penyuluhan dan sosiologi peternakan.

Gimana udah mulai kebayang mau pilih peminatan apa? Kurang lebih seperti itu sih gambaran peminatan di jurusan Peternakan. Nggak hanya UB, ada banyak kok universitas yang punya jurusan ini.

universitas dengan jurusan peternakan

Prospek Kerja Jurusan Peternakan

Berbekal ilmu yang kamu dapat selama kuliah, setelah lulus dari jurusan ini, kamu bisa masuk ke instansi pemerintah seperti Dinas Peternakan sebagai peneliti, lho.

Baca juga: Jurusan Agroteknologi dan Peran Pentingnya dalam Ancaman Krisis Pangan

Selain itu, kamu bisa bekerja sebagai Research dan Development, Feed Formulator, Technical Support, bahkan Public Relation (CSR) di perusahaan industri Peternakan seperti Japfa, Greenfields Indonesia, dan Citra Agro Buana Semesta.

Nah, sebenarnya cukup banyak ‘kan prospek kerja jurusan Peternakan. Ternyata nggak melulu jadi peternak yaa. Gimana? Akhirnya tertarik masuk jurusan ini? Tunggu apalagi. Yuk, persiapkan diri kamu dengan berlatih soal dan membaca materi di ruangbelajar!

New Call-to-action

Beri Komentar