Kuliah Program Studi Prancis: Mengulas Bahasa yang Eksotis dan Negara yang Romantis

prospek atau peluang kerja kuliah jurusan Sastra Prancis

Artikel ini memberikan informasi gambaran umum seputar kuliah jurusan Sastra Prancis beserta prospek atau peluang kerjanya.

--

Dikunjungi lebih dari 86 juta wisatawan di tahun 2017, Prancis dinobatkan sebagai negara favorit para turis oleh World Tourism Organization. Tidak hanya terkenal cantik karena arsitektur dan keindahan kotanya, bahasa Prancis juga dianggap sebagai bahasa yang eksotis. Tentu kamu pernah mendengar ungkapan “Je t’aime”, ‘kan? Nah, ungkapan tersebut ternyata menjadi frasa yang paling sering diterjemahkan nih menurut survei dari Google Translate.

kuliah jurusan Prancis: persebaran bahasa Prancis di negara FrankofonPersebaran negara Frankofon (Sumber: pasarelapr.com)

Oh ya, Squad, perlu diketahui bahwa bahasa Prancis tidak hanya digunakan di negara Prancis saja. Masyarakat bahasa yang menggunakan bahasa ini disebut dengan Frankofon dan tersebar di berbagai belahan dunia, seperti Kanada, Kamboja, dan Vietnam. Setidaknya, terdapat 220 juta anggota masyarakat bahasa Prancis menurut data yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Prancis di Jakarta pada 2012 lalu.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Unik di Dunia yang Bisa Jadi Pilihan

Banyak hal menarik yang dapat dibahas dari negara yang dikenal dengan sisi romantisnya. Maka dari itu, tidak heran apabila ada jurusan khusus yang mempelajari tentang bahasa dan budaya Prancis. Yuk, kenali lebih dekat tentang jurusan yang satu ini!

Hal-hal yang akan dipelajari, yaitu..

Baik untuk jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa Prancis, hal yang akan menjadi titik utama pembelajaran kamu ialah tata bahasa. Dengan mempelajari mata kuliah ini, diharapkan kamu mampu menguasai penggunaan bahasa tersebut, baik lisan dan tulisan. Penggunaan bahasa ini meliputi penyusunan kata, frasa, bahkan memproduksi teks kompleks.

Tidak hanya meliputi penguasaan tata bahasa, namun kamu juga akan dibekali dengan teori linguistik, sastra, serta pengetahuan kebudayaan. Teori-teori yang diberikan ini kemudian digunakan untuk menganalisis karya sastra serta fenomena budaya Prancis atau Frankofon yang menjadi objek pembelajaran. Sebagai contoh, materi pengkajian Frankofon membahas isu-isu rasial, inferiorisme,  serta agama.

prospek atau peluang kerja kuliah jurusan Sastra PrancisOlahraga Pétanque (Sumber: thelocal.fr)

Dalam mata kuliah budaya, pembahasan yang diberikan bertemakan tentang fashion, media massa, olahraga khas Prancis Pétanque, hotel dan restauran, hingga membahas komik. Salah satu komik yang dibahas ialah  The Adventures of Tintin yang dikaitkan dengan teori imperialisme yang menjadi latar belakang cerita komik tersebut.

"Hal menarik lainnya yang gue dapat selama berkuliah di Sastra Prancis yaitu, mata kuliah leksikografi yang membahas tentang pembuatan kamus," ungkap Bintang, alumni Sastra Prancis UI. 

Membahas komik The Adventures of Tintin dalam kelas kebudayaan PrancisLes Aventures de Tintin (Sumber: CNN.com)

Apa yang akan didapatkan ketika lulus nanti?                                        

Lalu, apa sih yang akan didapatkan ketika kamu lulus nanti? Di tiap universitas tentunya memiliki kebijakan dan harapan masing-masing untuk mahasiswanya. Mengambil contoh dari prodi Prancis di Universitas Indonesia, mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan bahasa Prancis setara dengan level B2 menurut standar CECR (Cadre Europeen Commun des References). Kemampuan tersebut merupakan standar minimum bahasa sebagai persyaratan melanjutkan studi jurusan saintek di sana. Nah, jika kamu ingin mengambil studi lanjutan soshum, maka kamu perlu untuk mengambil sertifikasi bahasa Prancis level C1. 

prospek atau peluang kerja kuliah jurusan Sastra PrancisBelajar di Prancis (Sumber: dreamstudiesabroad.com)

Contoh lain dari jurusan Sastra Prancis Universitas Padjajaran yaitu, memiliki tujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang adaptif serta kompeten dalam studi Prancis. Artinya, mahasiswa diasumsikan mampu untuk berintegrasi dengan masyarakat bahasa Frankofon secara langsung jika mereka pindah dan menetap di negara tersebut.

Prospek kerja di masa depan seperti apa, ya?

Lulusan prodi Prancis memiliki kesempatan karier yang luas, seperti menjadi tenaga kerja profesional di institusi pemerintah atau nonpemerintah negara-negara Frankofon. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki kompetensi untuk bekerja sebagai penerjemah atau interpreter. Dengan kemampuan bahasa lisan yang baik, para lulusan berpeluang untuk membuka usaha pariwisata secara mandiri atau menjadi pendamping wisatawan mancanegara. Tidak jarang pula, menempuh jalur karier sebagai jurnalis menjadi pilihan.

Gimana, Squad? Tertarik untuk kuliah di jurusan Sastra Prancis? Seperti yang telah dijabarkan di atas, pembelajaran yang akan diberikan sangat beragam, ya. Banyak hal dapat kamu eksplorasi dan pelajari di bangku perkuliahan nanti tentunya.

Btw, sudah sampai mana sih persiapan kamu untuk kuliah? Kalau belum ada persiapan apa-apa, persiapkan dari sekarang, yuk! Biar belajarmu semakin seru, jangan lupa untuk berlangganan ruangbelajar terlebih dulu, ya. Belajar lebih menyenangkan serasa seperti bermain game, dilengkapi dengan video pembahasan beranimasi yang interaktif, lengkap dengan latihan soal serta pembahasan!

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts