Kumpulan 5 Video Pendek untuk Membantu Guru Mengajarkan Karakter pada Siswa

Shabrina Alfari

Jun 7, 2018 • 4 min read

Tips Mengajar


Character education is just as important as reading, writing and math” – Maria Monterssori (1870-1952)

Sepanjang sejarah di seluruh dunia, pendidikan mempunyai dua tujuan, yaitu membantu manusia untuk menjadi lebih cerdas dan pintar (smart), serta membantu mereka menjadi manusia yang baik (good). Mengajarkan siswa menjadi manusia yang cerdas dan pintar mungkin lebih mudah dibandingkan mengajarkan mereka menjadi manusia yang baik dan bijak. Oleh karena itu, pendidikan karakter pada siswa menjadi hal yang sangat penting diperhatikan oleh Bapak/Ibu guru.

Tidak mudah bagi guru mengajarkan dan memberikan pemahaman pada siswa mengenai pentingnya memiliki karakter yang kuat dan baik. Nah, salah satu cara yang dapat Bapak/Ibu guru coba adalah dari menonton video yang mengajarkan tentang pentingnya pengenalan karakter. Kali ini kita akan melihat sinopsis lima video pendek mengenai penelitian dibalik pengembangan karakter. Video-video ini akan mendorong kita untuk lebih fokus pada kekuatan karakter yang nantinya akan berguna bagi kesejahteraan pribadi dan masyarakat.

1. 30,000 Days

dd

Pada tahun 2017 lalu, lebih dari 130.000 acara diadakan di lebih dari 150 negara untuk melihat dan mendiskusikan video yang satu ini. Video ini membahas tentang berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh manusia di dunia ini. Jika rata-rata manusia hidup 50 hingga 82 tahun, maka kita mempunyai sekitar 30.000 hari di dunia. Nah, setiap manusia di dunia tentu ingin menghabiskan waktu hidupnya untuk sesuatu hal yang berguna. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana caranya. Video ini membantu kita untuk mengetahui tujuan hidup yang sebenarnya dengan melihat sejarah masa lampau.

Dari video ini kita akan mengetahui bahwa sejak zaman dahulu, setiap ideologi yang muncul telah mengajarkan manusia untuk menjadi seseorang yang baik secara pribadi dan juga untuk sesamanya. Sejak dahulu, pendidikan karakter juga telah diajarkan bersamaan dengan kemampuan membaca dan menulis. Dengan melihat video ini, Bapak/Ibu guru akan semakin paham mengenai pentingnya dan bagaimana cara mengembangkan karakter yang kuat kepada siswa.

2. Perseverance: You Don’t Know Jack

 

Video yang satu ini menceritakan tentang kisah seorang anak bernama Jack Andraka, siswa sekolah mengengah atas yang bertekad untuk mengembangkan ide sebagai solusi untuk melawan kanker pankreas. Walaupun orang-orang di sekitarnya banyak yang meremehkan usahanya karena dirinya masih duduk di bangku sekolah menengah, tetapi Jack tidak menyerah.

Bapak/Ibu guru dapat memperlihatkan video ini kepada siswa sekolah menengah yang sepertinya masih bertanya-tanya apakah mereka dapat membuat perbedaan di dunia ini. Video ini akan memberikan mereka semangat bahwa untuk membuat perubahan dan menolong orang lain hanya membutuhkan kemauan yang kuat dan usaha yang keras.

3. Gratitude: Science of Happiness – An Experiment in Gratitude

Video yang diproduksi oleh SoulPancake ini menampilkan momen-momen dari ekspresi emosi manusia. Video ini menceritakan tentang beberapa orang relawan dari berbagai gender dan usia yang disuruh menuliskan rasa terima kasih mereka kepada seseorang yang mereka kagumi. Setelah menulis, kemudian mereka harus menelfon orang yang tadi mereka tulis dan membacakan hasil tulisannya melalui telefon. Dalam video ini ditunjukkan bahwa expression of gratitude atau ungkapan rasa syukur ternyata dapat meningkatkan kebahagiaan.

4. Self-Control: The Marshmallow Test

 

 

The Marshmallow Test merupakan sebuah percobaan yang dilakukan kepada anak-anak yang masih duduk di sekolah dasar, dengan cara memberikan satu marshmallow di hadapan mereka. Nah, anak-anak ini kemudian diberikan pilihan untuk memakan marshmallow tersebut sekarang atau menunggu dan akan diberikan satu marshmallow lagi.

Walaupun video ini tampak lucu dan sederhana, sebenarnya eksperimen ini mempunyai tujuan untuk melatih anak-anak tersebut mengenai pengendalian diri. Video ini cocok untuk Bapak/Ibu guru yang mengajar murid sekolah dasar dan masih kesulitan untuk mengajarkan anak-anak mengenai kesabaran.

5. Optimism: Deep Sea Diving – In A Wheelchair

Ada banyak karakter hebat yang ingin coba dimunculkan pada video ini, seperti rasa ingin tahu, ketekunan, keberanian dan optimisme. Video ini menceritakan tentang kisah seorang wanita bernama Sue Austin yang harus hidup di kursi roda karena sesuatu yang menimpanya 16 tahun yang lalu. Video ini menunjukkan rasa optimitis dan positivity dari Sue saat menghadapi masalah yang dideritanya. Sue melihat kursi roda sebagai instrumen kebebasan dan petualangan.

Ada banyak cara dan sumber di luar sana untuk mengajarkan karakter kepada siswa. Hal terpenting adalah Bapak/Ibu guru harus mengenal murid secara dekat dan personal agar pendidikan karakter dapat diterima dengan baik. Ingin mengenal murid lebih dekat? Bapak/Ibu guru bisa menjadi guru privat di ruangles. Yuk, bergabung dengan 80.000 guru lainnya.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts