Kupas Tuntas FISIPOL UGM

Chairunnisya Tisa

Apr 27, 2018 • 4 min read

Siap kuliah Kampus dan Jurusan


Hai RG Squad! Siapa sih yang tidak kenal Universitas Gajah Mada (UGM)? Universitas ini menjadi kampus impian banyak calon mahasiswa, terbukti dengan peringkat UGM yang selalu berada pada posisi tiga besar universitas favorit di Indonesia. Nah, kali ini kita akan membahas salah satu fakultas yang banyak diminati, yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL) UGM. Fakultas yang pertama kali didirikan tahun 1955 ini ternyata dulunya tergabung dalam Fakultas Ekonomi, lho. Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui sebelum masuk FISIPOL UGM, ayo di simak!

1. Terdiri dari enam jurusan atau program studi

fisipol UGM

Gerbang masuk FISIPOL UGM. (Sumber: geo.fisipol.ugm.ac.id)

Fakultas yang beralamat di Jalan Sosio Yustitia, Caturtunggal, Depok, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta ini memiliki 6 program studi. Program studi tersebut adalah Ilmu Hubungan Internasional, Politik dan Pemerintahan, Ilmu Komunikasi, Sosiologi, Manajemen & Kebijakan Publik (MKP), serta Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan (PSdK). Untuk dapat lulus, mahasiswa harus menyelesaikan 144 SKS dengan rata-rata lama masa studi selama 3,5 hingga 4 tahun.

 2. Terdapat lima jalur masuk 

Jika kamu berecana menjadi mahasiswa FISIPOL UGM, kamu bisa mendaftarkan diri melalui lima jalur masuk ini:

  • SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri),
  • SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri),
  • Penulusuran Bibit Unggul (PBU) Sarjana. Diperuntukkan untuk siswa yang berprestasi dengan beberapa jenis seleksi. Seleksi tersebut diantaranya Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM), Penulusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB), Penelusuran Bibit Unggul Olahraga dan Seni (PBOS), dan Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK),
  • Ujian Tulis (UTUL) UM UGM. UTUL merupakan ujian masuk yang diselenggarakan oleh UGM. Setiap calon mahasiswa memilih 3 program studi pada program sarjana,
  • Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program), diperuntukkan kepada mahasiswa yang ingin menjadi mahasiswa Program Internasional di UGM. Sejauh ini, jurusan yang menerima mahasiswa melalui jalur ini adalah Hubungan internasional dan Manajemen & Kebijakan Publik (MKP). 
3. Daya Tampung

Untuk mencari tahu peluang menjadi mahasiswa FISIPOL UGM, ada baiknya kamu mengetahui daya tampung setiap program studi di FISIPOL UGM, yaitu:

  • Ilmu Hubungan Internasional: 80 orang
  • Ilmu Komunikasi: 75 orang
  • Manajemen dan Kebijakan Publik: 75 orang
  • Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan: 75 orang
  • Politik dan Pemerintahan: 75 orang
  • Sosiologi: 75 orang

 4. Fasilitas Fakultas 

Untitled design (6)-17

Presiden Jokowi saat mengunjungi Digilib Cafe. (Sumber: jogja.tribunnews.com)

Selain fasilitas perpustakaan, gedung kuliah, dan kantin, di FISIPOL UGM ada fasilitas yang unik lho. Yaitu Gedung Digital Library dan Digital Cafe yang dibuka pada tahun 2017. Digilib Cafe ini merupakan working space yang bisa digunakan oleh mahasiswa untuk melakukan seminar atau sekedar berbincang.

5. Organisasi Mahasiswa

Setiap program studi memiliki organisasi mahasiswa sebagai wadah menampung aspirasi mahasiswa. Organisasi tersebut diantaranya KOMAP (Korps Mahasiswa Politik dan Pemerintahan), KOMAKO (Korps Mahasiswa Komunikasi), Korps Mahasiswa Hubungan Internasional (KOMAHI), Gamapi (Keluarga Mahasiswa Manajemen dan Kebijakan Publik), KAPSTRA (Keluarga Mahasiswa Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan), KMS (Keluarga Mahasiswa Sosiologi). Selain itu, juga terdapat organisasi lainnya seperti, FMF (Forum Musik Fisipol), SIPAL (Sociedad Indonesia Para America Latina), dan JMF (Jamaah Muslim FISIPOL). 

6. Banyak Unit Riset dan Publikasi

FISIPOL UGM sangat mendukung mahasiswa yang ingin melakukan penelitian dengan menyediakan banyak pusat studi atau pusat kajian tingkat fakultas maupun jurusan. Fakultas ini menjadi pelopor kehadiran pusat kajian ilmu sosial dan ilmu politik di Indonesia. Pusat kajian tersebut diantaranya ASEAN Studies Center, Center for Digital Society (CfDS), Sociology Research Center (SOREC), dan Institute of International Studies (IIS), dan beberapa pusat kajian lainnya.

7. KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Untitled design (7)-19

Salah satu kegiatan KKN UGM di Raja Ampat, Papua Barat. (Sumber: ugm.ac.id) 

Seperti mahasiswa lainnya, mahasiswa FISIPOL UGM juga diwajibkan untuk mengikuti KKN, lho Squad. Uniknya, mahasiswa bisa menentukan lokasi KKN se-Indonesia dengan mengusulkan daerah tujuan KKN yang diinginkan. Mahasiswa yang mengusulkan daerah KKN dikenal dengan Tim pengusul. Jika daerah yang diajukan diterima, maka Tim Pengusul bisa mulai mencari rekan KKN nya. Satu daerah KKN maksimal berjumlah 30 orang dengan rekan KKN haruslah terdiri dari berbagai fakultas. KKN UGM pernah dilaksanakan di Raja Ampat, Papua lho. Selama program, mahasiswa mengerjakan pembuatan rumah belajar, pembuatan MCK, pelatihan koperasi dan UMKM serta pemasangan panel surya. 

8. Beasiswa

Banyak beasiswa yang tersedia untuk mahasiswa FISIPOL UGM, diantaranya PPA, BBM, Beasiswa Tanoto Foundation, Djarum Beasiswa Plus, dan beasiswa banyak beasiswa lainnya. Untuk mendapatkan beasiswa tentunya kamu harus rajin belajar dan aktif melakukan kegiatan positif ya Squad.

Semoga dengan artikel ini kamu semakin termotivasi untuk menjadi mahasiswa FISIPOL UGM! Jangan lupa untuk mempersiapkan diri sejak awal ya. Salah satunya belajar dengan guru privat berkualitas  yang bisa kamu cari melalui ruangles

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts