Lakukan 5 Hal Ini Agar Diangkat Jadi Karyawan Tetap!

Maya Martha

Mar 5, 2019 • 4 min read

sukses kerja


karyawan tetap

Artikel ini mengenai hal apa saja yang sebaiknya Anda lakukan agar Anda bisa diangkat menjadi karyawan tetap di perusahaan yang Anda incar

--

Anda sedang masa percobaan di sebuah perusahaan dan takut tidak diangkat menjadi karyawan tetap? Masa percobaan Anda bisa saja diperpanjang atau bukan hal yang tidak mungkin Anda dapat dinyatakan gagal. Susah payah Anda mencapai tujuan bekerja untuk menjadi karyawan tetap, akan sangat mengecewakan bila pada akhirnya Anda tidak diangkat. Mungkin hal ini menimbulkan pertanyaan terkait apa dan bagaimana seharusnya perilaku yang ditunjukkan di masa percobaan kerja. Kami akan merumuskannya menjadi 5 poin.

1. Jangan katakan “tidak”

karyawan tetap

Mengatakan "tidak" kepada atasan saat diberikan tugas (Sumber: blog.trello.com)

Kata “tidak” di sini mengartikan bahwa apabila atasan Anda meminta tolong, bantuan, atau bertanya terkait apapun sebaiknya Anda berusaha untuk melakukan dan menjawabnya. Tidak langsung dijawab tidak apa-apa. Anda bisa mengambil waktu untuk mencari tahu hal tersebut terlebih dahulu melalui internet atau bertanya kepada salah seorang teman yang ahli di bidangnya. Apabila Anda langsung mengatakan “tidak tahu”, maka dapat dilihat bahwa Anda bukanlah seorang pekerja keras. Selain itu juga atasan Anda pasti sangat senang bila Anda bisa mengerjakan segala hal. Untuk itu, jangan langsung bilang “tidak bisa” sebelum Anda mencoba melakukannya. Hitung-hitung Anda bisa menemukan skill baru lho!

Baca juga: 7 Ciri Karyawan yang Reliable

2. Jadilah rendah hati dan murah senyum

karyawan tetap

Selalu tersenyum kepada rekan kerja di kantor (Sumber: theodysseyonline.com)

Sebagai karyawan yang sedang di masa percobaan kerja, penting bagi Anda untuk bersikap ramah dan murah senyum kepada semua orang. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa kepribadian Anda baik dan sangat sesuai dengan visi misi perusahaan. Terlebih lagi bila Anda berhasil untuk bergaul dengan kalangan siapa saja di kantor. Secara tidak langsung Anda menunjukan bahwa Anda adalah orang yang sederhana dan rendah hati.

3. Memiliki pemikiran yang positif dan optimis

karyawan tetap

Mampu berpikir positif dan optimis (Sumber: health.spectator.co.uk)

Memandang segala sesuatu terkait pekerjaan secara positif dan optimis sangat membantu kinerja Anda di dalam pekerjaan. Anda akan menganggap banyaknya pekerjaan menjadi sebuah tantangan bukan keluhan atau juga Anda dapat melihat teguran adalah sesuatu hal yang membangun. Apabila Anda bersikap negatif dan pesimis, pandangan Anda terhadap pekerjaan yang Anda kerjakan pun akan berbeda dan tentu berdampak kepada perilaku Anda di kantor. Anda akan cenderung mengeluh dan performa Anda terlihat tidak baik. Sedangkan masa percobaan kerja merupakan momen Anda menunjukkan yang terbaik, Rekan Kerja!

4. Minimalisir kesalahan

karyawan tetap

Membuat catatan pribadi tentang job desk Anda (Sumber: maketecheasier.com)

Pada hari pertama Anda masuk kantor, Anda pasti dikenalkan dengan berbagai macam tanggung jawab yang menjadi job desk Anda. Sebaiknya Anda mencatat segala informasi yang Anda dapatkan agar Anda tidak lupa dan tentunya usaha tersebut menghindarkan Anda dari kesalahan. Walaupun berbuat salah merupakan hal yang wajar bagi manusia, namun tidak ada salahnya untuk berusaha tidak mengulangi kesalahan yang sama. Coba Anda pikirkan apabila Anda menjadi seorang atasan yang karyawannya terus menerus salah di hal yang sama. Tentunya akan timbul ketidakpercayaan Anda bahwa karyawan tersebut mampu untuk bekerja sebagai pegawai tetap nantinya. Selain itu, agar Anda terhindar dari kesalahan, Anda berhak untuk bertanya kepada atasan Anda apabila Anda merasa ragu terhadap apa yang sedang Anda kerjakan.

5. Lakukanlah yang terbaik

karyawan tetap

Selalu semangat bekerja (Sumber: tofugu.com)

Jangan pernah meremehkan pekerjaan apapun yang diberikan kepada Anda. Lakukanlah yang terbaik! Di masa percobaan ini, setiap hasil pekerjaan Anda akan sangat dilihat oleh atasan Anda karena dia pasti menginginkan karyawan tetap yang mampu mengerjakan setiap pekerjaan dengan baik dan mendekati sempurna. Untuk itu, jangan asal-asalan mengerjakan kerjaan ya, Rekan Kerja!

Lima poin ini harus benar diterapkan dengan baik agar atasan Anda melihat bahwa kualifikasi Anda sesuai dengan kriteria perusahaan dan patut diangkat menjadi karyawan tetap. Namun apabila Anda tidak tulus melakukannya, Anda dapat menyampaikan kesan carmuk (cari muka) dihadapan atasan dan semua rekan kerja Anda lho! Tentunya hal tersebut sangatlah tidak baik. Berperilakulah yang baik di masa percobaan, Rekan Kerja.

Selain tips terkait perilaku yang harus ditunjukkan di dunia kerja, Anda bisa membaca artikel lainnya seputar karier yang menarik dan juga gratis. Unduh aplikasi ruangkerja dengan menekan gambar dibawah ini.

New call-to-action
Beri Komentar

Recent Posts