Lakukan 5 Hal Ini untuk Membuktikan Anda Berintegritas

Created by : Fatin Dinni Inayah
on Aug 3, 2018 7:17:41 PM
3 min read

Rekan Kerja, apa yang terlintas dalam benak Anda ketika mendengar kata integritas? Sifat ini sejatinya wajib dimiliki oleh siapapun terlebih lagi bagi Anda yang merupakan seorang karyawan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Bahkan kata ‘integritas’ kerap disebut-sebut pada Pemilu (Pemilihan Umum) 2018 ini sebagai salah satu kriteria caleg (calon legislatif) yang wajib dipenuhi.

Sebenarnya, apa arti integritas? Integritas merupakan konsistensi atas keteguhan yang tidak tergoyahkan untuk mempertahankan nilai kebenaran. Orang yang berintegritas merupakan orang yang jujur dan memiliki karakter kuat. Kualitas Anda sebagai seorang karyawan tidak akan sempurna tanpa integritas, karena karyawan yang berkualitas serta berintegritas merupakan harta bagi sebuah perusahaan. Jika Anda memiliki sifat tersebut, Anda akan dipercaya oleh orang lain termasuk bos Anda. Lakukan lima hal berikut untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki integritas!

1. Berpegang Teguh pada Nilai yang Anda Percaya

arti integritas

Katakan 'tidak' pada nilai yang tidak sesuai dengan prinsip Anda (Sumber: marketing91.com)

Mempertahankan nilai yang Anda yakini bukanlah hal yang mudah, apalagi bila orang-orang di lingkungan kerja Anda cenderung bersikap tidak sesuai dengan nilai-nilai yang Anda percaya. Mungkin bukanlah hal yang mudah untuk mengatakan ‘tidak’ bila Anda harus melakukan yang tidak sesuai dengan keinginan Anda, tetapi Anda bisa tetap mempertahankannya dengan cara yang halus atau lewat lelucon. Dengan demikian rekan kerja Anda paham bahwa Anda memiliki prinsip dan mereka akan menghormati itu.

2. Ucapan dan Tindakan yang Sejalan

arti integritas

Konsisten dalam perkataan dan perbuatan (Sumber: sayidy.net)

Anda sudah menetapkan nilai yang Anda yakini, selanjutnya lakukanlah hal yang sejalan dengan hal tersebut. Hal ini penting apalagi jika Anda sudah mengatakan kepada orang-orang apa saja yang Anda yakini dan tidak. Jangan sampai apa yang Anda ucapkan tidak sama dengan yang Anda lakukan. Jika sampai itu terjadi, alih-alih terlihat berintegritas, Anda malah akan terlihat plin-plan.

3. Hati-hati dengan Uang

arti integritasSuap adalah bentuk kecurangan dalam linkungan kerja (Sumber: argentarium.com)

Integritas seseorang sering kali diuji saat berhadapan dengan uang. Jika Anda tidak dapat menahan diri dari uang, maka kualitas Anda sebagai seorang karyawan yang kredibel dipertanyakan dan bahkan karier yang Anda bangun bertahun-tahun dapat menjadi hancur. Korupsi menjadi bentuk paling nyata dari sifat seseorang yang tidak berintegritas. Ada banyak contoh korupsi yang sering terjadi di lingkungan kerja, seperti memanipulasi jumlah uang dalam laporan dan atau menerima uang suap yang tidak seharusnya. Ubah paradigma Anda tentang uang, bahwa uang bukanlah segalanya, agar Anda tidak mudah terprovokasi.

 4. Selalu Berkata Jujur

arti integritas

Jangan berbohong untuk menyenangkan orang lain (Sumber: bornrealist.com)

Integritas erat kaitannya dengan kejujuran. Penerapan sifat jujur ini mencakup segala hal dalam keseharian Anda di dunia kerja, seperti bagaimana Anda bekerja dan bagaimana Anda menyelesaikan pekerjaan. Hindari berbohong, karena kebohongan dapat memberikan efek domino yang membuat Anda berbohong lagi di lain waktu.

5. Bertanggung Jawab

arti integritas

Memenuhi janji adalah bagian dari tanggung jawab (Sumber: stock.adobe.com)

Anda harus bertanggung jawab atas segala tindakan dan ucapan Anda. Jika Anda berjanji untuk menyelesaikan tugas pada pukul 16.00, maka tepati janji Anda dengan tidak terlambat mengumpulkannya. Contoh lain dari bertanggung jawab adalah jika Anda melakukan kesalahan, jangan takut untuk mengakuinya. Bertanggung jawablah atas apa yang Anda lakukan dan jangan bercuci tangan dengan menyalahkan orang lain.

Itu dia lima tindakan yang dapat Anda lakukan di lingkungan kerja agar menjadi karyawan berintegritas. Tentu saja, menjadi karyawan yang berintegritas membutuhkan komitmen kuat, tetapi akan berdampak positif pada diri Anda jika Anda terapkan.

Jangan lupa untuk temukan berbagai video dan artikel pengembangan karier lainnya yang terdapat di aplikasi ruangkerja. Segera unduh aplikasinya dengan mengklik gambar di bawah ini. 

ruang kerja

 

Tags: sukses kerja

Artikel Lainnya

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Jenis Jaringan pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Oct 31, 2017 2:53:27 PM
4 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read