9 Jurusan Langka Ini Hanya Ada Satu di Indonesia

 Jurusan langka di Indonesia

Artikel ini memberikan daftar sembilan jurusan langka yang hanya ada satu di Indonesia

Tahukah kamu, ternyata ada juga lho jurusan langka dan hanya ada satu di Indonesia. Walaupun jarang ditemui, bukan berarti tidak punya prospek karier yang bagus. Apalagi karena lulusannya terbilang sedikit, tentu kesempatan kerjanya menjadi lebih besar. Penasaran apa saja jurusan langka di Indonesia? Check these out!

 

1. Jurusan Astronomi – Institut Teknologi Bandung (ITB)

jurusan astronomiAstronomi (Sumber: panduanwisata.id)

ITB masih menjadi satu-satunya kampus di Indonesia yang memiliki jurusan Astronomi. Tak heran, tiap tahunnya peminat dari jurusan ini pun cukup banyak. Salah satu hal yang paling menarik dari jurusan ini adalah akses langsung untuk belajar di observatorium Bosscha. Fasilitas pengamatan bintang ini merupakan warisan dari Nederlandsch-Indische Sterrekundige Vereeniging (NISV), sebuah himpunan astronom Belanda pada awal tahun 1920-an.

Di program studi ini, kamu akan mempelajari hal-hal seputar benda langit dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya serta kosmologi (ilmu yang mempelajari tentang struktur dan sejarah alam semesta).

 

2. Jurusan Sastra Belanda – Universitas Indonesia (UI)

jurusan sastra belandaBelanda (Sumber: autowereld.com)

Suka belajar bahasa? Jurusan sastra memang sangat beragam, namun ternyata dari sekian banyak jurusan sastra dan bahasa hanya ada satu kampus yang membuka jurusan Sastra Belanda yaitu Universitas Indonesia. Hampir sama dengan jurusan sastra lainnya, di jurusan Sastra Belanda kamu akan belajar seputar sastra, sejarah, linguistik, dan budaya.

 

3. Jurusan Teknik Nuklir – Universitas Gadjah Mada (UGM)

jurusan teknik nuklirTeknik Nuklir (Sumber: nuclearpowersillinois.com)

Tak melulu digunakan sebagai senjata, ilmu nuklir di Indonesia justru digunakan sebagai sumber energi, lho. Nah bagi kamu yang tertarik untuk mempelajarinya, kamu hanya bisa memilih satu-satunya jurusan Teknik Nuklir yang ada di UGM. Jika kamu berminat, maka kamu harus siap berhadapan dengan Ilmu Fisika dan Matematika selama masa kuliah.

 

4. Jurusan Ilmu Keluarga dan Konsumen – IPB University

jurusan ilmu keluarga dan konsumenIlmu Keluarga dan Konsumen (Sumber: ipb.ac.id)

IPB University ternyata punya satu jurusan unik yang mempelajari tentang pengembangan dan pemberdayaan keluarga, yaitu Ilmu Keluarga dan Konsumen. Seperti namanya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang upaya-upaya peningkatan ketahanan keluarga, kualitas perlindungan anak, hingga pemberdayaan keluarga serta konsumen.

 

5. Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan – Institut Teknologi Sumatera (ITERA)

jurusan atmosfer dan keplanetanAtmosfer dan Keplanetan (Sumber: okezone.com)

Apa bedanya jurusan ini dengan astronomi? Jurusan Sains Atmosfer dan Keplanetan sebetulnya merupakan bagian dari Ilmu Astronomi. Jika Astronomi mempelajari tentang sistem tata surya secara luas, di jurusan ini kamu akan belajar tentang ilmu yang lebih spesifik lagi. Di jurusan yang baru ada sejak tahun 2018 ini, kamu akan mempelajari perilaku atmosfer terhadap iklim dan cuaca di bumi. Kamu juga akan belajar tentang interaksi antara matahari dengan planet-planet di tata surya.

 

6. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan – Universitas Airlangga (UNAIR)

jurusan teknik robotikaTeknik Robotika (Sumber: tribunnews.com)

Menjawab tantangan kebutuhan tenaga kerja yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini, Universitas Airlangga membuka jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan. Jurusan ini membahas berbagai hal terkait robot dan kecerdasan buatan atau artificial intelligence. Di jurusan ini, kamu juga akan mempelajari konsep hingga membuat robot seperti Siri, Alexa, atau Cortana. Ketahui lebih lengkap tentang jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan di sini.

 

7. Jurusan Teknik Transportasi Laut – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

jurusan teknik transportasi lautTransportasi Laut (Sumber: ugm.ac.id)

Dikenal sebagai negara maritim, pengelolaan dan pemanfaatan laut Indonesia yang sangat luas sangat penting untuk dipelajari. Di Teknik Transportasi Laut ITS kamu akan mempelajari tiga fokus utama yaitu pelayaran, pelabuhan dan logistik di dunia maritim. Transportasi laut memang penting untuk menyiapkan perjalanan yang aman sebagai penghubung antar pulau. Untuk itu, kamu nggak hanya akan belajar tentang hal-hal teknis saja, tetapi juga aspek politik, sosial, budaya, hingga pertahanan dan keamanan.

 

8. Jurusan Manajemen Industri Katering – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

jurusan manajemen industri kateringIndustri katering (Sumber: travel2fair.com)

Tertarik dengan bidang kuliner? Tak harus menjadi chef, kamu juga bisa bergelut di bidang kuliner dengan masuk ke jurusan Manajemen Industri Katering yang hanya ada di UPI. Di jurusan ini kamu akan membahas tentang manajemen operasional usaha kuliner mulai perencanaan, pengelolaan, hingga pemasaran. Kamu juga akan dibekali dengan pengetahuan dasar yang seru banget, yaitu seluk beluk kuliner dari lokal hingga mancanegara.

 

9. Jurusan Rekayasa Nanoteknologi – Universitas Airlangga (UNAIR)

jurusan nanoteknologiNanoteknologi (Sumber: advancednanotechnologies.com)

Dari namanya saja mungkin kamu sudah bisa menebak jika di jurusan Rekayasa Nanoteknologi kamu akan mempelajari materi berukuran nano atau sangat kecil. Materi kecil ini kemudian akan dimanipulasi hingga tercipta suatu benda baru dengan karakteristik yang sesuai dengan keinginan. Salah satu contoh produk nanoteknologi adalah pakaian berserat khusus yang membuat pemakainya bisa tetap hangat pada musim dingin. Seorang visiting fellow Dr. Che Azurahanim dari Universiti Putra Malaysia turut berkontribusi dalam menyusun kurikulum di program studi ini.

Ada jurusan yang pernah kamu dengar? Kira-kira kamu mau memilih jurusan langka yang mana nih? Psst, jangan lupa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian masuk kampus bersama video beranimasi dan ribuan latihan soal di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D