Langkah-langkah Membuat Announcement

Bahasa Inggris_10

Squad, pernahkah kamu melihat pengumuman yang terpasang di mading sekolah? Nah, agar kamu bisa memahami dan mudah dalam membuat sebuah pengumuman yang baik dalam bahasa Inggris, kali ini kita akan mempelajari “How to make an announcement”. Announcement adalah suatu pernyataan tertulis atau lisan di depan umum menggunakan kata-kata formal maupun tidak formal yang berisi informasi tentang peristiwa yang telah terjadi atau akan terjadi sehingga masyarakat umum tahu apa, kapan, dan di mana suatu event akan dilakukan.

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat membuat pengumuman adalah pastikan bahwa jenis tenses yang dipakai dalam sebuah announcement adalah Present Tense dan Simple Future. Jadi dalam membuat pengumuman dalam bahasa Inggris, kamu tidak bisa menggunakan jenis tenses lainnya, misalnya past tense. Lalu, seperti apa ya langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat pengumuman berbahasa Inggris? Yuk, kita pelajari.

1. Tentukan Tujuan

Mari kita lihat contoh pengumuman berikut ini.

Contoh pengumuman

Tujuan dari announcement ini adalah agar para karyawan ataupun klien yang berhubungan dengan kantor tersebut tahu bahwa kantor tersebut akan tutup karena ada perpindahan tempat. Hal itu bisa terlihat pada kalimat West Colombia Office will be closed for moving.

2. Tentukan kalimat awal

Kalimat awal dalam sebuah announcement sangat penting untuk menarik perhatian pembaca, kalimat awal sebaiknya tidak langsung masuk kedalam pokok permasalahan, karena jika itu terjadi maka para pembaca announcement tidak akan lagi membaca sampai ke akhir announcement tersebut. Dari announcement di atas kita tahu bahwa kalimat awal yang dipakai adalah MOVING DAY IS HERE!!! Kalimat ini bisa jadi sebagai kalimat pembuka, juga bisa jadi menunjukkan maksud atau tujuan dari announcement ini dibuat.

3. Singkat dan jelas

Announcement haruslah singkat dan jelas, tidak terlalu panjang atau tidak berisi penjelasan yang bertele-tele. Perhatikan contoh announcement di atas, disana hanya terdiri dari 11 baris yang kesemuanya singkat, jelas dan padat. Hal-hal seperti nama tempat, waktu, nomor telpon, dan lain-lain jangan sampai terlewat.

Contoh :

Friday, April 29th 2017,

Monday, May 2nd 2017

Palm grove house, Road town, Tortola.

Latihan Soal

Exercise 1

Look at the announcement below,

Soal pengumuman

Who is Deniz Erguvan?

  1. He is a lecture from English Department
  2. He is a contact person from English Department
  3. He is a person from Foundation Department
  4. He is a student who made the annnouncement?
  5. He is the participant of the quiz.

Jawaban :  B

Pembahasan : jawaban yang tepat adalah B karena pada keterangan dibagian bawah announcement tertulis untuk menghubungi Deniz Erguvan, jadi dia adalah contact person pada announcement

Mudah ‘kan Squad? Jadi, saat melihat atau membuat pengumuman jangan lupa untuk selalu memerhatikan informasi pentingnya ya. Agar pembaca dapat dengan mudah memahami pengumuman apa yang sedang disampaikan. Jika kamu masih merasa kesulitan dalam belajar materi bahasa Inggris, kamu bisa lho belajar seru dengan menonton video belajar di ruangbelajar. Yuk, berlangganan sekarang!

ruangbelajar

Beri Komentar