Langkah-langkah Penting dalam Membuat Esai | Bahasa Indonesia Kelas 12

Bahasa Indonesia_12.jpg

RG Squad pasti sering deh diminta oleh guru untuk membuat esai. Tapi, sudah yakin belum kalau esai yang dibuat itu sudah terstruktur dan benar dalam penulisannya? Pastinya banyak dari RG Squad yang masih sering kesulitan untuk menulis esai deh. Nah, Ruangguru punya nih langkah-langkah membuat esai, khusus deh pokoknya buat RG Squad. Biar makin jago bikin esainya, yuk langsung aja kita pelajari langkah-langkahnya. 

membuat esai

Sumber: http://www.ef.co.id/

Jadi, yang perlu kalian pahami dalam membuat esai, adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Tentukan topik.

Pikirkan terlebih dahulu tipe naskah yang akan ditulis. Apakah berupa tinjauan umum, atau analisis topik secara khusus? Jika hanya merupakan tinjauan umum, maka langsung menuju ke langkah berikutnya. Tapi jika ingin melakukan analisis khusus, topik harus benar-benar spesifik. Jika topik masih terlalu umum, kita harus memepersempit lagi topiknya.

2. Buatlah outline atau garis besar ide-ide yang akan dibuat.

3. Tuliskan esai dalam kalimat yang singkat dan jelas.

Suatu pernyataan esai mencerminkan isi esai dan poin penting yang akan disampaikan oleh pengarangnya. Pernyataan esai terdiri dari dua bagian:

– Pertama, menyatakan topik. Contoh: Kebudayaan Indonesia, KKN di Indonesia

– Kedua, menyatakan poin-poin dari esai kalian. Contoh: memiliki keanekaragaman, memerlukan waktu yang lama untuk memberantasnya, dst.

4. Tuliskan tubuh esai.

Mulailah dengan poin-poin penting, kemudian buatlah beberapa sub topik dan kembangkan sub topik yang telah kalian buat.

5. Buatlah dengan menarik perhatian pembaca.

a. Mulailah dengan menarik perhatian pembaca.

– Memulai dengan suatu informasi nyata dan terpercaya. Informasi ini tidak perlu benar-benar baru untuk pembaca, namun bisa menjadi ilustrasi untuk poin yang dibuat.

– Memulai dengan suatu anekdot, yaitu suatu cerita yang menggambarkan poin yang  dimaksud. Berhati-hatilah dalam membuat anekdot. Meski anekdot ini efektif untuk membangun ketertarikan pembaca, kalian harus menggunakannya dengan tepat dan hati-hati.

–  Menggunakan dialog dalam dua atau tiga kalimat antara beberapa pembicara untuk menyampaikan poin.

b. Tambahkan satu atau dua kalimat yang akan membawa pembaca pada pernyataan esai.

c. Tutup paragraf dengan pernyataan esai

6. Tuliskan kesimpulan

Kesimpulan merupakan rangkuman dari poin-poin yang telah kalian kemukakan dan memberikan perspektif akhir anda kepada pembaca.

7. Berikan sentuhan terakhir

a. Teliti urutan paragraf mana yang paling kuat. Letakkan paragraf terkuat pada urutan pertama, dan paragraf terlemah di tengah. Namun, urutan tersebut harus masuk akal. Jika naskah menjelaskan suatu proses, maka harus bertahan pada urutan yang dibuat.

b. Teliti format penulisan. Telitilah format penulisan seperti margin, spasi, nama, tanggal, dan sebagainya

c. Teliti tulisan.

d. Apakah masuk akal? Tinggalkan dulu naskah kalian beberapa jam, kemudian baca kembali. Apakah masih masuk akal?

e. Apakah kalimat satu dengan yang lain mengalir dengan halus dan lancar? Bila tidak, tambahkan beberapa kata dan frase untuk menghubungkannya. Atau tambahkan satu kalimat yang berkaitan dengan kalimat sebelumnya.

f. Teliti kembali penulisan dan tata bahasa kalian.

Baca Juga: Menulis Lamaran Kerja Sederhana

rangkuman membuat esai

Itulah langkah-langkah dalam membuat esai, RG Squad. Sebenarnya membuat esai itu mudah loh, asalkan RG Squad sudah memahami struktur dalam penulisannya, juga sudah tahu topik dan poin-poin apa yang ingin di tulis.

Kalau kalian masih ingin mengetahui lebih dalam dan belajar menulis esai, langsung aja gabung bersama teman-teman di seluruh Indonesia hanya di ruangguru digitalbootcamp (rgdb)!

Daftar RGDB Sekarang!

Beri Komentar