Latar Belakang Pemberontakan Andi Azis | Sejarah Kelas 12

Pemberontakan Andi Azis

RG Squad tahu nggak, kalau setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan terjadi beberapa kali pemberontakan. Setelah pemberontakan yang dilakukan oleh APRA pada 23 Januari 1950, terjadi lagi pemberontakan Andi Azis pada April 1950. Kira-kira bagaimana ya latar belakang hal ini bisa terjadi? Baca lengkapnya di bawah ini!

Awal Mula Pemberontakan Andi Azis

Jadi pada awal April 1950, pemberontakan Andi Azis terjadi di Makassar, Sulawesi Selatan. Pemberontakan ini dipimpin oleh Kapten Andi Azis sendiri, Ia merupakan mantan perwira KNIL dan baru diterima masuk ke dalam APRIS. Andi Azis bersama gerombolannya ingin mempertahankan Negara Indonesia Timur. Selain itu, hal ini juga dilatarbelakangi oleh penolakan terhadap masuknya anggota TNI ke dalam bagian APRIS.

pemberontakan andi azis

 Andi Azis, pemimpin pasukan pemberontakan Andi Azis (Sumber: Ilmusiana.com)

Pada 5 April 1950, gerombolan Andi Azis mulai melancarkan serangan. Mereka menyerang serta menduduki tempat-tempat penting, selain itu mereka juga menawan seorang Panglima Teritorium Indonesia Timur, yaitu Letnan Kolonel A.J. Mokoginata. Mengetahui hal tersebut, pemerintah kemudian mengeluarkan ultimatum sebagai bentuk reaksi atas kejadian tersebut pada tanggal 8 April 1950.

Ultimatum yang dilayangkan isinya memerintahkan kepada Andi Azis untuk melaporkan diri sekaligus harus mempertanggungjawabkan perbuatannya itu ke Jakarta, Andi Azis diberi waktu selama 4 x 24 jam. Selain itu Andi Azis juga diminta untuk menyerahkan senjata beserta menarik pasukannya, dan diminta untuk membebaskan para sandera.

pasukan pemberontakan andi aziz

Pasukan Pemberontakan Andi Azis (Sumber: manado.tribunnews.com)

RG Squad tahu nggak reaksi dari Andi Azis seperti apa? Ternyata Andi Azis sama sekali tidak menggubris ultimatum tersebut. Nah, karena Andi Azis tidak menggubris, maka pemerintah langsung bereaksi dengan mengirim pasukan-pasukan ekspedisi. Pasukan ekspedisi mendarat di Makassar pada tanggal 26 April 1950 di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang, pada saat itu terjadilah pertempuran.

Beberapa bulan kemudian tepatnya pada 5 Agustus 1950, pasukan Andi Azis secara tiba-tiba mengepung markas staf Brigade 10/Garuda Mataram di Makassar. Pengepungan itu tidak berangsur lama, pasukan TNI kemudian berhasil memukul mundur pasukan pemberontakan itu. Setelah bertempur selama 2 hari, KNIL/KL (pasukan pendukung Andi Azis) meminta berunding dengan TNI.

Baca Juga: Kehidupan Politik dan Ekonomi Masa Orde Baru

 

Rogu - Pemberontakan Andi Azis.jpg

Begitulah Squad latar belakang di balik terjadinya pemberontakan Andi Azis. Pada ahirnya pihak pemerintah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan hasil perundingan dengan pihak KNIL. Nah, kalian juga bisa nih diskusi bersama pelajar-pelajar se-Indonsia juga dibantu oleh tutor yang berpengalaman di bidangnya, semua itu bisa kalian akses melalui ruangbelajar. So, sebagai generasi penerus bangsa kita tidak boleh melupakan sejarah.

IDN CTA Blog ruangbelajar for desktop Ruangguru

Sumber referensi

Abdurakhman. Arif Pradono. 2018 (edisi revisi). Sejarah Indonesia. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Sumber foto

Foto ‘Pemberontakan Andi Azis’ [Daring]. Tautan: https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/4Wsd8m/romusha-tragedi-kerja-paksa-yang-memilukan

Foto ‘Andi Azis’ [Daring]. Tautan: https://www.ilmusiana.com/2015/08/pemberontakan-andi-azis-di-makassar.html

Artikel terakhir diperbarui pada 26 Oktober 2020.

Fahri Abdillah