Latihan dan Pembahasan Soal HOTS SBMPTN: Bahasa Inggris & Bahasa Indonesia

Shabrina Alfari

Nov 16, 2018 • 13 min read

sbmptn


Squad, mata pelajaran bahasa Inggris dan bahasa Indonesia terkadang tidak terlalu dipersiapkan dengan baik menjelang SBMPTN. Padahal, kedua mata pelajaran ini sering kali mengecoh kita, lho. Jangan sampai hal ini terjadi padamu ya. So, persiapkan dirimu dengan latihan dan pembahasan soal SBMPTN HOTS bahasa Inggris dan bahasa Indonesia berikut.

soal sbmptn

MODEL 1: READING COMPREHENSION

               Primary pulmonary hypertension (PPH) is a rare disease of unknown cause that results in the progressive narrowing of the blood vessels of the lungs, causing high blood pressure in these blood vessels and eventually leading to heart failure. It is more common in women between the ages of 21 and 40; however, it can affect anyone at any age.

                Initial symptoms of PPH may be very minor, and diagnosis may be delayed for several years until symptoms worsen. Typical symptoms may include shortness of breath following exertion, excessive fatigue, dizziness, fainting, weakness, ankle swelling, bluish lips and skin, as well as chest pain.  It is difficult to detect PPH in medical examination.

                No one knows what causes PPH; however, research into the cause suggests a number of factors that may be responsible for the disease. Possible causes include genetic or familial predisposition, immune system disease, or drugs or other chemical exposures.

                Primary pulmonary hypertension is treated with a number of drugs. None of the drugs that can cure or halt the progression of this disease has been found yet, but they may relieve symptoms. Some patients take vasodilators, which help to dilate the blood vessels in the lungs, reducing the blood pressure in them. In addition, anticoagulants may be used to decrease the tendency of the blood to clot in the lungs. Doctors can choose from a variety of drugs that help lower blood pressure in the lungs and improve heart performance in many patients and medication that may take a long period of time. Patients with PPH respond differently to the different medications that relax blood vessels and that no one drug is consistently effective in all patients.

                Most doctors and patients agree that it is very important for both patients and families to be as informed as possible. This lets everyone understand the illness and apply the information to what is happening. In addition to family and close friends, support groups can help PPH patients and give some valuable experience sharing among sufferers.

1. Based on the information in the text, primary pulmonary hypertension….

  1. is a rare disease that cannot be cured
  2. implies malfunctioning of cardiovascular
  3. will contribute to death if left untreated
  4. optimally needs medical treatments
  5. requires long-term alternative therapies

Jawaban: D

PEMBAHASAN:

Soal tipe sulit HOTS biasanya membuat kamu memahami secara mendalam kalimat yang tersaji dalam pilihan jawaban karena ditulis dalam bentuk restatement (kalimat yang ditulis dengan adanya perubahan struktur, perubahan kosakata, peringkasan detil, namun tidak meninggalkan informasi utama yang dinyatakan dalam wacana). Terkadang pula, pilihan jawaban yang tersedia membutuhkan pemikiran logis terhadap perbandingan kalimat yang dinyatakan dalam wacana dan kalimat yang tersaji sebagai pilihan jawaban. Tak jarang pula, pilihan jawabannya membutuhkan pemahaman atas seluruh gagasan pokok yang telah dibahas.

Dalam soal di atas, misalnya, pilihan A dan B terdapat informasi yang tidak akurat karena penyakit ini belum ditemukan obat penyembuhnya, bukan berarti tidak bisa diobati dan penyakit ini menyebabkan gagal jantung akibat peningkatan tekanan darah, bukan karena hilangnya fungsi jantung. Pilihan C tidak bisa dijadikan jawaban karena informasi terkait hal tersebut tidak diberikan (not given) sehingga dalam konteks reading comprehension menjadi salah karena tidak sesuai dengan informasi yang ada di dalam teks. Kesesuaian pilihan D dengan isi teks menjadikan pilihan E salah karena mengandung infomasi yang tidak akurat bahwa yang dimaksud terapi alternatif adalah pengobatan nonmedis, padahal memang dibahas bahwa penyakit ini butuh perawatan medis jangka panjang.

Untitled design (4)-20

MODEL 2: GRAMMATICAL STRUCTURE

2. The teacher asked the lazy student … the English classes.

  1. why hadn’t he attended
  2. when had he attended
  3. hadn’t he attended
  4. that he attended
  5. how often he had attended

Jawaban: E

PEMBAHASAN:

Soal tipe sulit (HOTS) biasanya menguji beberapa subtopik sekaligus dalam satu soal serta disajikan dengan model yang berbeda dengan contoh kalimat yang ditulis saat pengajaran. Seringkali, model soal yang disajikan boleh dimodifikasi sehingga tidak terlihat dengan jelas soal itu membahas tentang materi grammar apa.

Dalam kasus soal Indirect Speech di atas, soal dimodifikasi dalam bentuk kalimat biasa sehingga tidak terlihat bahwa itu adalah soal kalimat tidak langsung karena tidak ada bentuk kalimat langsung yang disajikan. Soal tersebut juga tidak menguji perubahan struktur kalimat biasa, melainkan kalimat tanya yang biasanya dianggap sulit oleh para peserta.

Dalam pilihan jawaban juga diberikan struktur-struktur yang membuat kamu menganalisis apakah asal kalimat tersebut adalah kalimat langsung biasa atau kalimat pertanyaan dan mengaplikasikan bentuk perubahan dari kalimat langsung pertanyaan ke dalam kalimat tidak langsung.

Untitled design (4)-20

MODEL 3: VOCABULARY ENHANCEMENT

3. Sweet martabak (martabak manis), is a rich-flavoured pancake-like sweet dish which is popular in Indonesia. Sometimes referred to as "martabak bangka", where Bangka is an island in Sumatra. In Jakarta and West Java, Indonesia, these sweet, thick pancakes are also known as "terang bulan" or "kue pinang bangka". Sweet martabak is pan-cooked, using a specially shaped pan, usually with a diameter of about 25 cm and 3 cm thickness.

After cooking, the pancake is topped with a lot of butter or margarine and a (1) ____ of toppings according to the customer's (2) ____. The two major flavors are chocolate and cheese. Common toppings for chocolate flavor include a lot of chocolate sprinkles, coarsely ground peanuts, sweetened condensed milk and sesame seeds. As for the cheese flavor, grated cheese and condensed milk are used. After the toppings are added, the pancake is cut into two, and one side is flipped (3) ____ the other. A large amount of butter or margarine is then added onto the outer part or the skin of the martabak. The martabak can also be made half chocolate and half cheese, or both chocolate and cheese together which is usually called "martabak spesial". Banana as a topping is also becoming more popular recently.

  1. upon
  2. toward
  3. throughout
  4. into
  5. onto

Jawaban: E

PEMBAHASAN:

Soal tipe sulit (HOTS) biasanya menyediakan pilihan kata yang tidak umum dan membutuhkan perbendaharaan kata yang tingkatnya lanjut dan/atau pemahaman kontekstual yang tepat terhadap arti suatu kata tergantung penggunaannya dalam kalimat. Dalam soal di atas, preposition juga dapat digolongkan sebagai soal yang sulit karena tidak hanya diartikan secara harfiah, tetapi juga membutuhkan exposure terhadap kata-kata tersebut sebelumnya, khususnya dalam phrasal verb atau phrasal adjective.

soal sbmptn

MODEL 1: MEMBACA NONSASTRA

Cermati kutipan teks berita berikut ini!

Teks Berita 1

Tiga pekerja PLN resah. Sistem pendinginnya tercemar radiasi dosis tinggi. Mereka menjadi korban saat memulihkan daya listrik reaktor nomor tiga. Dua dari mereka harus dirawat di dua rumah sakit. Demikian informasi dari Badan Keselamatan, Jumat (23/4).

Teks Berita 2

Air keran di ibu kota terdeteksi mengandung radioaktif. Bahan kadarnya melebihi batas aman bagi bayi. Pemerintah Jakarta menegaskan bayi tidak diperkenankan minum dari keran. Sebagaimana warta AFP pada Kamis (22/4). Pemerintah menyarankan untuk menghindari penggunaan air kran dalam membuat minuman bagi bayi.

Perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah diawali dengan unsur berita ....

A. Teks 1 : bagaimana

Teks 2 : mengapa

B. Teks 1 : siapa

Teks 2 : bagaimana

C. Teks 1 : siapa

Teks 2 : apa

D. Teks 1 : bagaimana

Teks 2 : apa

E. Teks 1 : di mana

Teks 2 : kapan

Jawaban : C

Pembahasan :

Penyajian teks 1 diawali dengan unsur berita siapa. Hal tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama yang menyebutkan orang, yaitu “tiga pekerja PLN”. Sedangkan, penyajian teks 2 diawali dengan unsur berita apa. Hal tersebut terlihat pada kalimat pertama menjelaskan permasalahan yang terjadi. Jadi, perbedaan penyajian kedua teks berita tersebut adalah teks 1 diawali dengan unsur berita siapa, sedangkan teks 2 diawali dengan unsur berita apa.

Untitled design (4)-20

MODEL 2: MEMBACA SASTRA

(1) Aku tidak pernah peduli dengan papaku yang sangat memperhatikanku. (2) Ketika jari- jemariku bergerak, otak ini memerintahkan jari-jariku ini untuk membentuk sebuah kalimat “Aku menyayangi mamaku.” (3) “Aku tidak pernah berterima kasih atau apapun itu pada papaku.” (4) Papaku begitu menyayangiku.

Bukti watak tokoh aku egois dalam cerpen tersebut tergambar pada kalimat nomor ....

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

Jawaban : C

Pembahasan :

Bukti watak tokoh aku egois dalam cerpen tersebut tergambar pada kalimat nomor 2 dan 3. Hal tersebut terlihat pada kalimat (2), yaitu Ketika jari-jemariku bergerak, otak ini memerintahkan jari-jariku ini untuk membentuk sebuah kalimat “Aku menyayangi mamaku.” dan kalimat (3), yaitu “Aku tidak pernah berterima kasih atau apapun itu pada papaku”. Dari kedua kalimat tersebut pembaca dapat menyimpulkan bahwa tokoh aku memiliki sifat egois, yaitu mementingkan dirinya atau perasaannya sendiri, padahal sang ayah sangat menyayanginya.

Untitled design (4)-20

MODEL 3: MENULIS TERBATAS

Cermati pantun berikut!

Setali pembeli kemenyan

sekupang pembeli pepaya

sekali lancung ke ujian

seumur hidup tidak dipercaya

Ilustrasi yang tepat untuk bait pantun tersebut adalah ....

  1. Ani, Budi, maaf ya, aku tidak bisa membawa contoh resensi. Kemarin aku harus mengantar mama ke rumah saudara, aku gabung saja ya ke dalam diskusi.
  2. Hei, Eli maaf ya, aku belum bisa mengembalikan bukumu. Belum selesai kubaca. Sehari lagi ya. Kan besok kita akan sama-sama menyusun resensi. Jadi, aku coba meringkas isinya. Bagianku kan?
  3. Aduh Cici, aku benar-benar sial deh. Padahal aku hanya menolong Dedi, habis dia tanya sih. Tapi ya ... risiko memberi tahu atau bertanya sama saja akibatnya. Dianggap melanggar tes.
  4. Fahmi, ingat kan dulu aku janji ke rumahmu? Tapi sampai sekarang belum kesampaian. Ada saja kegiatan. Setiap hari kita kan pulang sama-sama pukul 17.30, hampir maghrib. Mudah-mudahan yang besok Sabtu aku jadi ke rumahmu, kan ada tugas praktik berbalas pantun.
  5. Selamat siang Bu! Maaf Bu! Kemarin saya tidak bisa hadir mengikuti ulangan karena mengalami diare. Jadi, saya terpaksa memberi kabar melalui telepon karena tidak ada yang dapat memberi informasi ke sekolah. Saya mohon Ibu dapat memberi saya kesempatan untuk melakukan ulangan susulan.

Jawaban : C

Pembahasan :

Isi dari pantun tersebut adalah “sekali lancung ke ujian seumur hidup tidak dipercaya” yang bermakna sekali saja berbuat curang dalam ujian, maka dianggap melanggar peraturan ujian. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka ilustrasi yang tepat untuk bait pantun tersebut adalah “Aduh Cici, aku benar-benar sial deh. Padahal aku hanya menolong Dedi, habis dia tanya sih. Tapi ya ... risiko memberi tahu atau bertanya sama saja akibatnya. Dianggap melanggar tes.”

Untitled design (4)-20

MODEL 4: MENYUNTING KATA, KALIMAT, DAN PARAGRAF

Cermati paragraf berikut!

Gubernur DKI Jakarta mengubah strategi dalam membangun LRT. Tahap awal mempercayakan pihak swasta mengelola dua koridor. Setelah itu, Pemprov DKI Jakarta akan melanjutkan pembangunan koridor berikutnya dari hasil keuntungan dua koridor awal. Jika untung, nanti lima koridor akan dibiayai sendiri.

Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak tepat karena ....

  1. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa subjek.
  2. ketidaktepatan penempatan unsur kalimat predikat.
  3. ketidaktepatan penempatan unsur kalimat subjek.
  4. penggunaan unsur kalimat secara berlebihan.
  5. ketidaklengkapan unsur kalimat berupa keterangan

Jawaban : A

Pembahasan :

Kalimat bercetak miring dalam paragraf tersebut tidak tepat karena ketidaklengkapan unsur kalimat berupa subjek, sehingga kalimat tersebut bukan merupakan kalimat. Kalimat lengkap minimal harus memiliki unsur subjek dan predikat. Perbaikan kalimat tersebut adalah Tahap awal Gubernur DKI Jakarta mempercayakan pihak swasta mengelola dua koridor. ‘Gubernur DKI Jakarta’ menjadi unsur subjek. Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Untitled design (4)-20

MODEL 5: MENYUNTING EJAAN DAN TANDA BACA

Cermati kalimat penutup surat lamaran pekerjaan di bawah ini!

Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Penulisan penutup surat tersebut tidak tepat karena ...

  1. Penggunakan tanda koma (,) tidak tepat.
  2. Akhiran -nya merujuk pada makna memiliki.
  3. Penulisan terima kasih seharusnya digabung.
  4. Penggunaan kata ganti -nya tidak tepat, seharusnya menggunakan kata sapaan.
  5. Kata mengucapkan seharusnya diganti ‘haturkan’.

Jawaban : D

Pembahasan :

Penulisan kalimat penutup surat lamaran pekerjaan tersebut salah karena menggunakan kata ganti –nya, seharusnya menggunakan kata sapaan yang jelas, misalnya Bapak/Ibu. Perbaikan penulisan kalimat penutup surat yang tepat adalah ‘Atas perhatian Bapak/Ibu, saya ucapkan terima kasih. Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D. Pilihan jawaban (A) salah karena penggunaan koma sudah tepat untuk memisahkan anak kalimat dan induk kalimat. Pilihan jawaban (B) salah karena alasan yang diberikan tidak sesuai dengan konteks kalimat. Pilihan jawaban (C) salah karena penulisan ‘terima kasih’ sudah tepat. Pilihan jawaban (E) salah karena kata haturkan merupakan bahasa daerah yang tidak digunakan untuk menulis surat lamaran pekerjaan.

Untitled design (4)-20

Gimana Squad? Sudah cukup siap menghadapi SBMPTN setelah melihat soal latihan dan pembahasannya di atas? Eits, jangan terlalu percaya diri dulu ya. Terus persiapkan dirimu dengan video pembahasan soal SBMPTN di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts