Latihan Soal UN Matematika SMP 2019

Fahri Abdillah

Apr 21, 2019 • 17 min read

ujian nasional ujian nasional smp


UN_-_Latihan_Soal_Matematika_SMP-01

Artikel ini menyajikan beberapa latihan soal matematika UNBK SMP tahun 2019

--

Ujian Nasional tinggal menghitung hari, detik demi detik, masa ku nanti apa kan ada, jelang cerita, kisah yang panjang…. Lah lah lah malah nyanyi lagunya Krisdayanti. Skip-skip Squad.

Padahal kan niatnya mau nanya gimana kabar persiapan kamu menjelang Ujian Nasional tanggal 22 April nanti. Malah kebawa suasana, jadi nyanyi haha. Gimana, gimana? Udah siap buat Ujian Nasional? Denger-denger banyak yang mendadak pusing, lemah, letih, mual, iritasi, panas dingin? Haha yakalii, itu mau ngadepin Ujian Nasional apa ngadepin preman, sampe begitu sakitnya.

Ujian Nasional doang mah nggak ada apa-apanya, yang pentiing kamu nguasain materi-materinya. Kadang, meskipun udah nguasain materi, seringkali kita ngeblank, mendadak bingung dan nggak tau apa-apa. Penyebabnya apa? Ya itu, gara-gara udah panik duluan.

Nah biar nggak panic, biar diri kamu makin tenang, cobalah cari suasana baru buat belajar. Nih, kita kasih latihan soal UN matematika buat kamu kerjain sambil menikmati suasana tempat baru yang lebih segar, yang lebih tenang.

Yaudah, langsung aja ya dipelajarin latihan soal-soalnya ini. Selamat berlatih, selamat mengerjakan soal-soal Ujian Nasional. Bagi yang mau lanjutin lagu Krisdayanti tadi, silahkan.

Latihan soal UN Matematika

1. Topik : Operasi bilangan pecahan

Indikator : Peserta didik mampu menghitung hasil operasi bilangan pecahan

 

Hasil dari latihan soal 1-1 adalah….

A. latihan soal 2-1

B. latihan soal 3-1

C. latihan soal 4

D. latihan soal 5-1


Jawaban : D

Pembahasan :

latihan soal 6

Latihan soal UN Matematika

2. Topik : Perbandingan

Indikator : Peserta didik mampu menentukan nilai perbandingan

Sebuah toko kue selama 8 hari dapat membuat 240 kotak kue. Banyak kue yang dapat dibuat oleh toko tersebut selama 12 hari adalah….

A. 160 kotak

B. 260 kotak

C. 360 kotak

D. 460 kotak

 

Jawaban : C

Pembahasan :

latihan soal 2.1

Perbandingan senilai latihan soal 2.2 

latihan soal 2.3

Jadi, banyak kue yang dapat dibuat selama 12 hari adalah 360 kotak.

Latihan soal UN Matematika

3. Topik : Bilangan bentuk akar

Indikator : Peserta didik mampu menghitung bilangan bentuk akar

Bentuk sederhana dari latihan soal 3.1 adalah….

A. latihan soal 3.2

B. latihan soal 3.3

C. latihan soal 3.4

D. latihan soal 3.5

Jawaban : B

Pembahasan :

latihan soal 3.6

Latihan soal UN Matematika

4. Topik : Barisan dan deret

Indikator : Peserta didik mampu menentukan nilai dari deret bilangan

 

Sebuah tali dipotong menjadi 5 bagian, sehingga panjang tali terpendek 0,3 m dan terpanjang 4,8 m. Panjang potongan tali jika diurutkan membentuk deret geometri. Panjang tali sebelum dipotong adalah….

A. 4,5 m

B. 6,4 m

C. 7,2 m

D. 9,3 m

 

Jawaban : D

Pembahasan :

latihan soal 4.1

Jumlah 5 suku pertama:

latihan soal 4.2

Jadi, panjang tali sebelum dipotong adalah 9,3 m.

Latihan soal UN Matematika

5. Topik : Aritmetika Sosial

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan masalah aritmetika sosial

 

Pak Wildan menjual sepeda seharga Rp3.150.000,00 dan mengalami kerugian sebesar 10% dari harga pembelian. Harga beli sepeda adalah….

A. Rp3.200.000,00

B. Rp3.500.000,00

C. Rp3.600.000,00

D. Rp4.000.000,00

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Harga beli = latihan soal 5.1

latihan soal 5.2

Jadi, harga beli sepeda adalah Rp3.500.000,00

 Latihan soal UN Matematika

6. Topik : Himpunan

Indikator : Peserta didik mampu mendeskripsikan himpunan

 

Diketahui himpunan P=m, e, n, g, h, i, a, s

Dari himpunan-himpunan berikut:

(i) V={s, i, a, r}

(ii) W={n, i, a,s}

(iii) X={s, i, a, n,g}

yang merupakan himpunan bagian dari himpunan P adalah....

A. (i) dan (ii)

B. (i) dan (iii)

C. (ii) dan (iii)

D. (i), (ii), dan (iii)

 

Jawaban : C

Pembahasan :

  • Himpunan V bukan merupakan himpunan bagian dari himpunan P karena ada anggota himpunan V yang tidak ada di anggota himpunan P
  • Himpunan W merupakan himpunan bagian dari himpunan P karena semua anggota himpunan W ada di anggota himpunan P
  • Himpunan X merupakan himpunan bagian dari himpunan P karena semua anggota himpunan X ada di anggota himpunan P

Jadi, yang merupakan himpunan bagian dari himpunan P adalah (ii) dan (iii)

Latihan soal UN Matematika

7. Topik : Himpunan

Indikator : Peserta didik mampu menginterpretasikan himpunan

Diketahui:

S = x|x bilangan asli kurang dari 12

B =  {bilangan genap kurang dari 12}

Komplemen dari himpunan B adalah . . .

A. {1, 2, 3, 4, 6, 12}

B. {1, 3, 5, 7, 9, 11}

C. {0, 1, 3, 5, 7, 9, 11, 12}

D. {0, 1, 2, 3,5, 7, 9, 11}

Jawaban : B

Pembahasan :

latihan soal 7.1

Komplemen dari himpunan B adalah {1,3,5,7,9,11}

Latihan soal UN Matematika

8. Topik : Relasi atau fungsi

Indikator : Peserta didik mampu mendeskripsikan relasi

Perhatikan gambar diagram berikut!

latihan soal 8

Relasi dari himpunan P ke Q adalah….

A. satu lebihnya dari

B. satu kurangnya dari

C. lebih dari

D. kurang dari

 

Jawaban : B

Pembahasan :

2 satu kurangnya dari 3

3 satu kurangnya dari 4

4 satu kurangnya dari 5

5 satu kurangnya dari 6

Jadi, relasi dari himpunan P ke Q adalah satu kurangnya dari.

Latihan soal UN Matematika

9. Topik : Sistem persamaan linear dua variabel

Indikator : Peserta didik mampu menghitung persamaan linear dua variabel

 

Anti, Beni, dan Dita membeli buku dan pensil sejenis di toko yang sama. Anti membeli 3 buku dan 2 pensil dengan harga Rp11.000,00. Beni membeli 1 buku dan 3 pensil dengan harga Rp9.500,00. Harga yang harus dibayar Dita jika ia membeli 2 buku dan 3 pensil adalah….

A. Rp11.000,00

B. Rp11.500,00

C. Rp12.000,00

D. Rp12.500,00

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Misalkan : buku   = x

                     pensil = y

 

latihan soal 9.1

latihan soal 9.2

latihan soal 9.3

latihan soal 9.4

Jadi, harga 2 buah buku dan 3 buah pensil adalah Rp11.500,00.

Latihan soal UN Matematika

10. Topik : Garis-garis sejajar dan sudut

Indikator : Peserta didik mampu menentukan nilai sudut berdasarkan garis

 

Perhatikan gambar di bawah ini!

latihan soal 10.1

Besar sudut ∠AOC adalah….

A. 42°

B. 44°

C. 46°

D. 50°

 

Jawaban : C

Pembahasan :

∠AOC dan ∠BOC merupakan sudut saling berpenyiku, maka:

∠AOC + ∠BOC = 90°

latihan soal 10.2

∠AOC = latihan soal 10.3

∠AOC = (6.7 + 4)°

∠AOC = 46°

 Latihan soal UN Matematika

11. Topik : Segiempat dan segitiga

Indikator : Peserta didik mampu menganalisis panjang sisi segitiga berdasarkan sudut

 

Dari pasangan sisi-sisi segitiga di bawah ini, yang merupakan sisi-sisi segitiga siku-siku

adalah….

A. 8 cm, 12 cm, 16 cm

B. 9 cm, 12 cm, 15 cm

C. 9 cm, 12 cm, 17 cm

D. 12 cm, 14 cm, 20 cm

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Dalam ∆ABC jika latihan soal 11.1, maka ∆ABC adalah segitiga siku-siku. Dimana c adalah sisi miring.

Untuk sisi segitiga 8 cm, 12 cm, 16 cm

 latihan soal 11.2

segitiga tumpul

Untuk sisi segitiga 9 cm, 12 cm, 15 cm

latihan soal 11.3

segitiga siku-siku

Untuk sisi segitiga 9 cm, 12 cm, 17 cm

latihan soal 11.4

segitiga tumpul

Untuk sisi segitiga 12 cm, 14 cm, 20 cm

latihan soal 11.5

segitiga tumpul

Jadi, yang merupakan ukuran panjang sisi segitiga siku-siku adalah 9 cm, 12 cm, dan 15 cm.

Latihan soal UN Matematika

12. Topik : Segitiga dan segiempat

Indikator : Peserta didik mampu menganalisis luas segiempat

 

Sebuah lantai berbentuk persegi dengan panjang sisinya 6 m. Lantai tersebut akan dipasang ubin berbentuk persegi berukuran 30 cm x 30 cm. Banyaknya ubin yang diperlukan untuk menutup lantai adalah….

A. 360 buah

B. 400 buah

C. 480 buah

D. 900 buah

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Cari terlebih dahulu luas lantai yang berbentuk persegi dengan panjang 6m = 600 cm (ingat: karena ubin satuannya cm maka lantai satuannya juga cm), maka

L.Lantai = s × s

L.Lantai = 600 cm × 600 cm

L.Lantai = 360.000 cm2

 

Cari luas ubin dengan persamaan yang sama seperti mencari luas lantai:

L.Ubin = s × s

L.Ubin = 30 cm × 30 cm

L.Ubin = 900 cm2

Banyak ubin = Luas Lantai Luas Ubin

Banyak ubin = latihan soal 12

Jadi banyaknya ubin yang diperlukan untuk menutup lantai adalah 400 buah

Latihan soal UN Matematika

13. Topik : Segitiga dan segiempat

Indikator : Peserta didik mampu mengkonstruksi keliling segitiga

 

Diketahui segitiga KLM merupakan segitiga sama kaki. Sisi KL dan sisi KM sama panjang yaitu 26 cm. Jika keliling segitiga KLM 83 cm, maka panjang sisi LM adalah...cm

A. 30

B. 31

C. 32

D. 33

 

Jawaban : B

Pembahasan :

latihan soal 13.1

latihan soal 13.2

Jadi, panjang sisi LM adalah 31 cm.

Latihan soal UN Matematika

14. Topik : Lingkaran

Indikator : Peserta didik mampu menghitung luas lingkaran

 

Perhatikan gambar berikut!

latihan soal 14.1

Sebuah lingkaran tepat berada di dalam persegi seperti gambar di atas. Jika ukuran rusuk persegi tersebut adalah 14 cm, maka luas daerah yang diarsir adalah….

A. 32 cm2

B. 36 cm2

C. 40 cm2

D. 42 cm2

 

Jawaban : D

Pembahasan :

 

L.arsir = L.persegi – L.lingkaran

latihan soal 14.2

Luas daerah yang diarsir adalah 42 cm2

Latihan soal UN Matematika

15. Topik : Lingkaran

Indikator : Peserta didik mampu menyimpulkan keliling lingkaran

 

Sebuah ban mobil memiliki panjang jari-jari 30 cm. Ketika mobil tersebut berjalan, ban mobil tersebut berputar sebanyak 100 kali. Jarak yang ditempuh mobil adalah….

A. 188,4 m

B. 204,6 m

C. 254,8 m

D. 324,4 m

 

Jawaban : A

Pembahasan :

latihan soal 15.1

Jarak yang ditempuh adalah latihan soal 15.2

Latihan soal UN Matematika 

16. Topik : Bangun ruang sisi datar

Indikator : Peserta didik mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun ruang sisi datar

 

Sebuah taman berbentuk persegi. Di sekeliling taman itu ditanami pohon pinus dengan jarak antar pohon 4 m. Jika panjang sisi taman itu adalah 65 m, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah….

A. 62 buah

B. 65 buah

C. 74 buah

D. 75 buah

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Keliling taman yang berbentuk persegi tersebut adalah:

K = 4 s

K = 4 × 65 m

K = 260 m

 

Karena tiap 4 m ditanami pohon maka banyak pohon yang diperlukan adalah

Banyak pohon latihan soal 16

Jadi, banyak pohon pinus yang dibutuhkan adalah 65 buah pohon.

Latihan soal UN Matematika

17. Topik : Kesebangunan dan kekongruenan

Indikator : Peserta didik mampu menafsirkan kesebangunan dan kekongruenan segitiga

 

Perhatikan gambar berikut!

latihan soal 17.1

Panjang BD adalah….

A. 3 cm

B. 4 cm

C. 7 cm

D. 9 cm

 

Jawaban : A

Pembahasan :

latihan soal 17.2

Latihan soal UN Matematika

18. Topik : Kesebangunan dan kekongruenan

Indikator : Peserta didik mampu menafsirkan kesebangunan dan kekongruenan segiempat

 

Perhatikan gambar!

latihan soal 18.1

Jika panjang EF:AF = 2:3, maka panjang CF adalah….

A. 15,0 cm

B. 15,2 cm

C. 16,4 cm

D. 17,5 cm

 

Jawaban : B

Pembahasan :

latihan soal 18.2

latihan soal 18.3 

Latihan soal UN Matematika

19. Topik : Penyajian data dalam tabel dan diagram

Indikator : Peserta didik mampu mendeskripsikan data dalam bentuk tabel, diagram batang, garis, atau lingkaran

 

Perhatikan diagram di bawah ini!

latihan soal 19.1

Diagram di atas menunjukkan data tentang kegemaran siswa berolahraga di sekolah. Jika banyak siswa yang gemar sepakbola 65 orang, banyak siswa yang gemar bersepeda adalah….

A. 30 orang

B. 45 orang

C. 55 orang

D. 60 orang

 

Jawaban : B

Pembahasan :

Sepeda = 360° - (130+60+80)° = 360° - 270° = 90°

Banyak siswa yang gemar bersepeda = latihan soal 19.2 orang

latihan soal UN matematika

20. Topik : Ukuran pemusatan data

Indikator : Peserta didik mampu menganalisis ukuran pemusatan data

 

Nilai ulangan matematika 26 siswa adalah 65. Setelah 4 orang siswa ikut ulangan susulan, nilai rata-ratanya menjadi 63. Nilai rata-rata 4 siswa yang ikut ulangan susulan adalah….

A. 50

B. 55

C. 60

D. 61

 

Jawaban : A

Pembahasan :

latihan soal 20

Nilai rata-rata 4 siswa yang ikut ulangan susulan adalah 50

Latihan soal UN Matematika

Gimana, asik nggak latihan soalnya? Apa? Pembahasan soalnya kurang detail? Hmm kalo kamu mau lebih detail lagi dan bener-bener diajarin cara menggunakan rumusnya, kamu bisa langsung nonton video pembahasan materi pelajaran matematika di ruangbelajar. Nah, lewat ruangbelajar, kamu bisa deh dapet penjelasan yang detail banget.

Kalo udah paham di sana, baru deh mulai latihan-latihan soal lagi yang banyak. Biar nanti pas Ujian Nasional, kamu bisa jalan di koridor sekolah dengan santai, tangan terjuntai, kaki meliak meliuk, yaa kaya nggak ada beban gitu. Tapi emang nggak ada beban sih ya, soalnya kamu kan udah nguasain semua materinya. Mantaaab.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts