Latihan Soal HOTS SBMPTN dan Pembahasannya 2019: Ekonomi

Shabrina Alfari Feb 22, 2019 • 10 min read


latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Artikel ini membahas latihan soal HOTS SBMPTN dan pembahasannya 2019 untuk mata pelajaran ekonomi

--

Squad, apakah kamu sudah siap menghadapi soal-soal HOTS ekonomi di SBMPTN mendatang. Nah untuk membantu kamu, kali ini Ruangguru akan memberikan latihan soal HOTS SBMPTN dan pembahasannya 2019 untuk pelajaran ekonomi. Sudah siap? Yuk, belajar!

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dan Mekanisme Pasar

Subtopik:  Konsep Dasar Ilmu Ekonomi 

1. Indonesia adalah sebuah negara yang kaya akan sumber daya alam, bahkan pada tahun 90 an indonesia sempat mendapatkan penghargaan swasembada pangan, dimana indonesia mampu memenuhi kebutuhan seluruh masyarakatnya tanpa harus melakukan impor, namun saat ini, Indonesia harus melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakatnya yang semakin banyak. Dari ilustrasi diatas, maka terjadinya kelangkaan disebabkan oleh faktor….

  1. perbedaan letak geografis
  2. pertumbuhan penduduk
  3. kemampuan produksi
  4. sumber daya alam yang terbatas
  5. kurangnya sumber daya manusia

Jawaban: B

Pembahasan:

Dari ilustrasi diatas, diketahui bahwa terjadinya kelangkaan adalah disebabkan oleh Indonesia harus melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan seluruh masyarakatnya yang semakin banyak, hal ini mengindikasikan terjadinya kelangkaan disebabkan semakin banyaknya masyarakat dan kebutuhannya yang harus dipenuhi oleh Indonesia, maka faktor yang melandasi terjadinya kelangkaan adalah faktor pertumbuhan penduduk.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dan Mekanisme Pasar

Subtopik: Mekanisme Pasar dan Elastisitas

2. Untuk mendorong produksi dalam negeri, pemerintah memberikan subsidi atas barang X, pengaruh pemberian subsidi yang diberikan oleh pemerintah terhadap barang X akan menyebabkan….

  1. tidak ada pergeseran baik kurva permintaan atau penawaran
  2. kurva penawaran barang X bergeser ke sebelah kanan bawah
  3. kurva permintaan barang X bergeser ke sebelah kanan atas
  4. kurva permintaan barang X bergeser ke sebelah kiri bawah
  5. kurva penawaran barang X bergeser ke sebelah kiri atas

Jawaban: B

Pembahasan:

Dengan adanya subsidi ongkos produksi yang ditanggung oleh produsen akan menjadi lebih kecil, sehingga barang akan menjadi lebih murah. Adanya subsidi ini hanya akan mempengaruhi fungsi penawaran sehingga kurva penawaran yang akan terpengaruh karena adanya subsidi. Penurunan biaya produksi karena adanya subsidi akan mendorong kurva penawaran ke sebelah kanan bawah, yang mengindikasikan terjadinya penurunan harga dikarenakan adanya subsidi.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik: Biaya Produksi

  1. Perhatikan kurva dalam pasar persaingan sempurna berikut!

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Keadaan dimana perusahaan mampu mendapatkan keuntungan maksimum, berada pada titik….

  1. A
  2. B
  3. C
  4. D
  5. E

Jawaban: A

Pembahasan:

Keuntungan maksimum dalam pasar persaingan sempurna terjadi ketika MC = MR atau ketika garis MC berpotongan dengan garis MR.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Ekonomi Internasional dan Badan Usaha

Subtopik: Badan Usaha dan Ketenagakerjaan

  1. Gejolak ekonomi yang terjadi pada Indonesia tahun 1998 mendorong perusahaan untuk tutup buku dan PHK besar-besaran hingga banyak masyarakat kehilangan pekerjaannya, mereka kemudian disebut dengan pengangguran konjungtural.

SEBAB

Pengangguran konjungtural merupakan pengangguran yang disebabkan oleh perubahan struktur ekonomi.

Jawaban: E. salah salah

Pembahasan:

Krisis ekonomi 1998 mendorong perusahaan untuk tutup buku sebab terlalu banyak tekanan dalam sektor ekonomi dan adanya perubahan struktur ekonomi di Indonesia akibat inflasi dan krisis ekonomi yang terjadi saat itu. Pengangguran akibat perubahan struktur ekonomi disebut dengan pengangguran struktural.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Ekonomi Internasional dan Badan Usaha

Subtopik: Badan Usaha dan Ketenagakerjaan

  1. Perkembangan teknologi mengakibatkan peralihan yang nyata dari telepon rumah (kabel) ke handphone, hal ini mengakibatkan perkembangan yang pesat dalam industri handphone dan menurunnya perusahaan-perusahaan telepon kabel, akibatnya banyak perusahaan telepon kabel yang terpaksa ditutup, dan karyawan-karyawan yang kehilangan pekerjaannya.

Berdasarkan ilustrasi di atas pengangguran yang diakibatkan dari kasus diatas, masuk dalam kategori…

  1. pengangguran normal
  2. pengangguran terselubung
  3. pengangguran structural
  4. pengangguran musiman
  5. pengangguran konjungtural

 Jawaban : E

Pembahasan :

  • Pengangguran normal = Angkatan pekerja yang tidak mendapatkan pekerjaan karena terhambat oleh pendidikan maupun keterampilan.
  • Pengangguran terselubung = seseorang yang bekerja namun tidak mencapai jumlah jam kerja penuh.
  • Pengangguran struktural = pengangguran akibat perubahan struktur ekonomi
  • Pengangguran musiman = pengangguran berdasarkan musim
  • Pengangguran konjungtural = pengangguran akibat berkurangnya permintaan barang atau jasa.

Akibat beralihnya masyarakat dari telepon kabel dan handphone, mengakibatkan berkurangnya permintaan pemasangan telepon kabel dan menyebabkan pengangguran akibat perusahaan yang gulung tikar, hal ini akan mengakibatkan pengangguran konjungtural, yaitu pengangguran yang diakibatkan dari menurunnya permintaan suatu barang.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Pelaku Kegiatan Ekonomi

Subtopik: Bentuk dan Jenis Pasar

6. Perhatikan tabel berikut!

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019Berdasarkan tabel diatas, yang merupakan ciri-ciri pasar monopolistik adalah….

  1. A1, B1, C1
  2. A2, B1, C2
  3. A3, B3, C1
  4. A2, B1, C3
  5. A1, B2, C3

Jawaban: D

Pembahasan:

Ciri-ciri dari pasar monopolistik adalah:

  • Banyak penjual dan pembeli
  • Mudah untuk keluar masuk pasar
  • Produk terdiferensiasi

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Kebijakan Ekonomi

Subtopik: Kebijakan Moneter, Uang, Bank dan Inflasi

7. Inflasi memiliki dampak yang luas bagi perekonomian Negara maupun bagi masyarakat, berikut dampak yang mungkin terjadi ketika inflasi bagi pihak-pihak tertentu antara lain….

  1. Kreditur akan meraup keuntungan tinggi
  2. Debitur rugi karena membayar lebih tinggi
  3. Penerima gaji tetap tidak akan kesulitan sebab pendapatannya tetap
  4. Produsen akan mendapat untung lebih tinggi

Jawaban: D. 4

Pembahasan:

  1. Ketika terjadi inflasi, nilai mata uang akan lebih rendah, sehingga para kreditur akan mendapatkan kerugian dikarenakan perbedaan nilai mata uang saat ia memberikan kredit dengan saat ia menerima pembayaran utang. Misalnya dulu ia memberikan hutang kepada orang lain sebesar 10 juta untuk membeli motor, setelah terjadi inflasi meskipun si peminjam membayar 10 juta juga, tapi nilai tidak sama, atau uang 10 juta yang tadinya mampu dibelikan motor, ketika si peminjam mengembalikannya 10 juta itu tidak cukup lagi untuk dibelikan motor sebab harga motor meningkat atau nilai mata uang yang menurun.
  2. Debitur (peminjam uang) akan mendapatkan keuntungan dari adanya inflasi, dikarenakan adanya perbedaan nilai mata uang (saat inflasi nilai mata uang jauh lebih rendah) antara saat ia meminjam dan saat ia membayar.
  3. Penerima gaji/ yang memiliki pendapatan tetap akan kesulitan atau mengalami rugi, sebab uang gaji tetap yang ia terima nilainya akan turun, misalnya awalnya dengan gajinya ia mampu membeli 20 kg beras sebulan, karena adanya inflasi harga beras akan meningkat sehingga ia hanya mampu membeli 15 kg
  4. Jika terjadi inflasi maka produsen akan lebih untung sebab produsen mampu menjual barang dengan harga yang lebih tinggi.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Kebijakan Ekonomi

Subtopik: Pendapatan Nasional

8. Dalam Negara-negara berkembang biasanya nilai PDB lebih besar dibanding PNB.

SEBAB

Perhitungan PDB dilakukan dengan menjumlahkan seluruh produk yang dihasilkan oleh masyarakat suatu Negara, baik yang tinggal didalam negeri atau di luar negeri.

Jawaban: C. benar salah

Pembahasan:

Dalam Negara berkembang biasanya jumlah PDB lebih besar, sebab PDB merupakan seluruh produk yang dihasilkan oleh suatu Negara baik oleh masyarakat Negara tersebut atau orang asing yang tinggal di dalam Negara tersebut. mengapa PDB lebih besar? Sebab dalam Negara berkembang biasanya lebih banyak perusahaan-perusahaan yang dimiliki oleh asing sehingga akan meningkatkan nilai PDB suatu Negara.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Ekonomi Internasional dan Badan Usaha

Subtopik: Badan Usaha dan Ketenagakerjaan

9. Krisis ekonomi yang dialami oleh suatu Negara berdampak sangat besar kepada perusahaan-perusahaan yang bernaung di bawahnya. Sulitnya perekonomian ditambah dengan rendahnya nilai tukar mata uang akibat krisis ekonomi mengakibatkan banyak perusahaan yang harus gulung tikar dan merumahkan karyawannya. PHK besar-besaran tak terbantahkan, sehingga mengakibatkan tingginya tingkat pengangguran, dampak sosial yang mungkin terjadi dari kejadian ini yaitu….

  1. bertambahnya pengemis di kota
  2. tingginya tingkat kejahatan
  3. tingginya kecelakaan lalu lintas
  4. maraknya penjual kaki lima
  5. rusaknya generasi muda

Jawaban : B

Pembahasan :

Tingginya tingkat pengangguran dalam segi ekonomi akan menurunkan nilai pendapatan per kapita Negara, namun dalam sisi sosialnya akan menyebabkan timbulnya berbagai macam kejahatan, mengapa bisa demikian? Sebab setiap orang memiliki kebutuhan yang harus dipenuhi, salah satu cara memenuhi kebutuhannya adalah dengan bekerja, namun ketika terjadi PHK dimana-mana dan angka pengangguran terlampau tinggi, maka hal ini akan mendesak masyarakat untuk melakukan berbagai cara untuk dapat memenuhi kebutuhannya termasuk melakukan perampokan dan yang lainnya, sebab ketika perekonomian memburuk, maka ini akan berdampak juga kepada peluang kerja masyarakat yang akan menyempit dan akhirnya menyisakan masyarakat tanpa pekerjaan.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Topik: Konsep Dasar Ilmu Ekonomi dan Mekanisme Pasar

Subtopik: Mekanisme Pasar dan Elastisitas

10. Ketika terjadi kenaikan gaji rata-rata dari masyarakat, akan mengakibatkan….

  1. kurva permintaan bergerak ke atas dan penawaran bergerak ke bawah
  2. kurva permintaan bergeser ke atas dan kurva penawaran bergeser ke bawah
  3. kurva permintaan dan penawaran sama-sama bergerak keatas
  4. kurva permintaan dan penawaran sama-sama bergeser ke bawah
  5. kurva permintaan dan penawaran sama-sama bergeser keatas

Jawaban: E

Pembahasan:

Dengan adanya kenaikan gaji masyarakat, maka akan meningkatkan permintaan atas suatu barang, hal ini mengakibatkan kurva permintaan bergeser keatas, sedangkan dampaknya terhadap penawaran adalah dengan naiknya gaji, akan meningkatkan biaya produksi perusahaan, biaya produksi yang meningkat akan berpengaruh terhadap kenaikan harga, hal ini akan menggeser kurva penawaran ke atas.

latihan soal sbmptn dan pembahasan 2019

Sudah merasa lebih siap menghadapi SBMPTN 2019 nanti? Atau ada beberapa bagian yang butuh dipelajari ulang? Kamu masih bisa kok mempersiapkan diri dengan melihat video pembahasan soal SBMPTN di ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar