Latihan Soal HOTS SBMPTN dan Pembahasannya 2019: Sosiologi

SBMPTN_-_Latihan_Soal_HOTS_SBMPTN_Sosiologi-01

Artikel ini memberikan latihan soal HOTS SBMPTN dan pembahasan 2019 untuk mata pelajaran sosiologi

Squad, sosiologi sangat penting untuk kita pelajari sebagai makhluk sosial. Walaupun sebagian siswa beranggapan sosiologi merupakan mata pelajaran yang lebih mudah dibandingkan pelajaran soshum lainnya, masih banyak juga lho yang kesulitan mengerjakan soal sosiologi. So, langsung aja yuk kita belajar latihan soal HOTS SBMPTN Sosiologi 2019 dan pembahasannya berikut.

Untitled design-49

Topik: Sosiologi sebagai Ilmu

Sub topik: Hakikat Ilmu Sosiologi

1. Penelitian awal para sosiolog menyatakan bahwa penyebab banjir karena banyak warga membuang sampah ke sungai maupun mendirikan bangunan di bantaran kali. Kebiasaan ini membuat pendangkalan dasar sungai sehingga tidak mampu menampung lebih banyak air. Dalam penelitian terbaru menyatakan penyebab banjir juga karena sebesar 80 persen waduk saat ini dalam kondisi rusak, terlalu dangkal, atau telah diubah menjadi area perumahan. Pernyataan tersebut menunjukkan sosiologi memiliki ciri….

  1. teoretis dan kumulatif
  2. kumulatif dan empiris
  3. empiris dan non etis
  4. non etis dan teoretis
  5. teoretis dan empiris

Jawaban: A

Pembahasan:

Penelitian awal yang dilakukan adalah teoretis karena peneliti menyusun abstraksi dari hasil observasi yang konkret di lapangan terhadap penyebab banjir, dan abstraksi tersebut merupakan kerangka dari unsur-unsur yang tersusun secara logis dan bertujuan menjalankan hubungan sebab akibat sehingga menjadi teori. Kemudian penelitian susulan yang dilakukan adalah kumulatif disusun karena menyatakan penyebab banjir tidak hanya sampah tapi juga karena waduk yang sudah tidak berfungsi.

Untitled design-49

Topik: Sosiologi sebagai Ilmu

Sub topik: Hakikat Ilmu Sosiologi

2. Pemerintah berencana melaksanakan sosialisasi tentang bahaya narkoba di sebuah lokalisasi. Sebelum melaksanakan sosialisasi, pemerintah meminta bantuan para sosiolog untuk menyediakan data-data tentang karakteristik masyarakat, permasalahan dan kebutuhan masyarakat di lokalisasi tersebut. Berdasarkan pernyataan tersebut, ilmu sosiologi berfungsi….

  1. memecahkan masalah sosial
  2. sebagai sarana penelitian untuk pemerintah
  3. sebagai dasar pembuat keputusan
  4. mengevaluasi kebijakan sebelumnya
  5. merencanakan kebijakan bersama pemerintah

Jawaban: B

Pembahasan:

Kegiatan penelitian dalam sosiologi, biasanya mengkaji berbagai gejala yang ada di masyarakat. Dengan penelitian, akan diperoleh suatu rencana penyelesaian masalah sosial yang baik. Dari data yang dihasilkan dari penelitian sosiologis, pengambil keputusan dapat menyusun rencana penyelesaian suatu masalah sosial, seperti cara untuk meningkatkan bahaya narkoba.

Untitled design-49

Topik: Perubahan Sosial

Sub topik: Modernisasi & Globalisasi

3. Saat ini industri Indonesia masih sebatas memanfaatkan teknologi dari luar. Dalam jangka panjang, kecenderungan itu akan berdampak negatif dan menyulitkan. Seharusnya industri di tanah air dan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) harus berkembang ke arah yang sama. Perkembangan IPTEK dan industri dapat….

  1. meminimalis penggunaan tenaga manusia
  2. meningkatkan pendapatan masyarakat
  3. mengurangi ketergantungan bahan impor
  4. mendorong penggunaan alat canggih
  5. memperbanyak pembangunan pabrik

Jawaban: C

Pembahasan:

Ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi dan faktor penentu daya saing suatu bangsa. Kurangnya penguasaan IPTEK menyebabkan sektor produksi nasional, terutama sektor industrinya menjadi kurang berkembang dan banyak tergantung pada bahan-bahan impor. Pengalaman di negara maju membuktikan bahwa penguasaan IPTEK berperan dalam memajukan perekonomian negara salah satunya dari sektor industri.

Untitled design-49

Topik: Interaksi dan Gejala Sosial

Sub topik: Interaksi Sosial

4. Para guru saat ini sadar bahwa memiliki skill di bidang teknologi informasi dan multimedia telah memungkinkan diwujudkannya pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Karena itu guru-guru saat ini banyak yang menguasai teknologi informasi dan multimedia untuk mencari bahan ajar. Penyampaian materi pun tidak hanya dengan metode ceramah tetapi juga dengan menampilkan slide dan video  yang menarik.  Dari penjelasan tersebut tindakan para guru untuk bisa menguasai teknologi informasi dan multimedia tersebut termasuk dalam….

  1. rasional instrumental
  2. rasional berorientasi nilai
  3. tradisional
  4. afeksi
  5. emosional

Jawaban: A

Pembahasan:

Tindakan rasional instrumental. Tindakan ini disebut juga tindakan instrumental bertujuan. Kata rasional mengandung makna implisit logis dan instrumental untuk mencapai tujuan. Artinya tindakan sosial dilakukan dengan pertimbangan untuk mencapai tujuan yang sudah dipikirkan sebelumnya. Sebagai contoh, para guru saat ini berusaha menguasai teknologi informasi dan multimedia untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

 

Untitled design-49

Topik: Interaksi dan Gejala Sosial

Sub topik: Perilaku Menyimpang & Pengendalian Sosial

5. Seringnya publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan pemikiran pendek dan menganggap pasien AIDS tidak berhak hidup. Stigma dan diskriminasi di antara sebagian besar masyarakat akan terus-menerus marak jika tidak diimbangi dengan informasi dan pengetahuan yang memadai. Stigma negatif selalu dijadikan senjata utama untuk mengucilkan para penderita AIDS, hal tersebutlah yang membuat jurang diskriminasi semakin dalam. Banyak penderita AIDS yang akhirnya menarik diri masyarakat karena merasa dikucilkan dan tidak mendapat hak yang sama dengan warga negara lainnya. Tindakan penderita AIDS yang akhirnya menarik diri masyarakat merupakan bentuk….

  1. rebellion
  2. anomie
  3. retreatisme
  4. inovation
  5. conformity

Jawaban: C

Pembahasan:

Menurut Merton, retreatisme adalah tindakan menarik diri dari masyarakat luas karena merasa nilai-nilai yang dianut masyarakat tidak sesuai dengan nilai yang dianut oleh individu. Dalam kasus ini publik mengucilkan kehidupan pasien AIDS dikarenakan menganggap pasien AIDS tidak berhak hidup, padahal jika masyarakat terbuka dengan informasi dan mengubah pola pikir penderita AIDS adalah warga negara yang mempunyai hak yang sama dengan masyarakat lainnya.

Untitled design-49

Topik: Interaksi dan Gejala Sosial

Subtopik: Nilai, Norma, dan Keteraturan Sosial 

6. Setiap Ramadan warga keturunan Tionghoa di Bojonegoro menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim di sekitar klenteng. Hal ini merupakan wujud nyata dari integrated value

SEBAB

Integrated value adalah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan dan telah tersosialisasi sejak seseorang masih kecil. Umumnya nilai berisi tuntutan atau mengarahkan seseorang atau kelompok dalam usaha untuk mencapai cita-cita bersama

Jawaban: C

Pembahasan:

Integrated value adalah nilai-nilai yang akan memberikan tuntutan atau mengarahkan seseorang atau kelompok dalam usaha untuk mencapai cita-cita bersama. Sifat nilai integratif dalam universal, misalnya sopan santun, tenggang rasa, kepedulian, dan lain-lain. Setiap Ramadan warga keturunan Tionghoa di Bojonegoro menyediakan makanan buka puasa gratis bagi umat muslim di sekitar klenteng. Hal ini merupakan wujud nyata dari integrated value. Sedangkan adalah nilai yang telah menjadi kepribadian dan kebiasaan dan telah tersosialisasi sejak seseorang masih kecil adalah internalized value.

Untitled design-49

Topik: Interaksi dan Gejala Sosial

Subtopik: Sosialisasi dan Kepribadian

7. Adit adalah pribadi yang dibesarkan dalam keluarga yang demokratis, ia bebas mengemukakan pendapatnya tapi harus tetap bertanggung jawab. Dia juga diajarkan oleh orang tuanya untuk menghormati dan menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan dirinya, sehingga Adit tumbuh menjadi anak yang suka bergaul, ramah, dan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan

SEBAB

Andi berada dalam tahap generalizing stage pada tahap ini lawan berinteraksi semakin banyak dan hubungannya semakin kompleks. lndividu mulai berhubungan dengan teman-teman sebaya di luar rumah. Peraturan-peraturan yang berlaku di luar keluarganya secara bertahap mulai dipahami. Bersamaan dengan itu, anak mulai menyadari bahwa ada norma tertentu yang berlaku di luar keluarganya

Jawaban: C

Pembahasan:

Isi pernyataan kedua adalah isi dari tahap game stage, sedangkan tahapan yang dilalui Adit adalah tahap generalizing stage pada tahap ini seseorang telah dianggap dewasa. Dia sudah dapat menempatkan dirinya pada posisi masyarakat secara luas. Dengan kata lain, ia dapat bertenggang rasa tidak hanya dengan orang-orang sang berinteraksi dengannya tetapi juga dengan masyarakat secara luas. Manusia dengan perkembangan diri pada tahap ini telah menjadi warga masyarakat dalam arti sepenuhnya.

Untitled design-49

Topik: Struktur Sosial

Subtopik: Kelompok Sosial dan Masyarakat Multikultural

  1. Keinginan asimilasi dan model kuali peleburan menyatakan bahwa perbedaan budaya pada masyarakat berharga dan perlu dipelihara

SEBAB

Teori salad bowl tidak menghilangkan budaya asal, tapi sebaliknya kultur-kultur lain diakomodir dengan baik dan masing-masing memberikan kontribusi untuk membangun budaya Amerika

Jawaban: B

Pembahasan:

Kedua penyataan benar namun tidak berhubungan, melting pot atau kuali melebur adalah sarana untuk melakukan asimilasi. Sedangkan salad bowl adalah bentuk lain dari pembauran budaya namun tidak terjadi asimilasi hanya sebatas akulturasi. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah B, karena kedua pernyataan benar namun tidak saling berhubungan.

Untitled design-49

Topik: Struktur Sosial

Subtopik: Lembaga Sosial

9. Lembaga pendidikan adalah wadah atau tempat berlangsungnya proses pendidikan yang bersamaan dengan proses pembudayaan. Di bawah ini yang merupakan unsur-unsur lembaga pendidikan adalah….

  1. Cinta pengetahuan
  2. Himne sekolah
  3. Klasikisme
  4. Kehadiran

Jawaban: D

Pembahasan:

Lembaga pendidikan memiliki unsur-unsur sebagai berikut:

Pola perilaku: cinta pengetahuan, kehadiran, meneliti, dan semangat belajar

Budaya simbolis: seragam sekolah, maskot, himne sekolah, dan logo sekolah

Budaya manfaat: kelas, perpustakaan, buku, laboraturium, dan lapangan

Kode spesialisasi: akreditasi, buku, laboraturium, strata

Ideologi: keberhasilan akademis, progresif, inovatif, dan klasikisme

Untitled design-49

Topik: Perubahan Sosial

Sub Topik: Hakikat Perubahan Sosial

10. Setiap kebudayaan asli selalu berinteraksi dengan kebudayaan baru atau asing dimana hubungan tersebut terwujud dalam bentuk….

  1. Akulturasi
  2. Sintesis
  3. Asimilasi
  4. Enkulturasi

Jawaban: A

Pembahasan:

  • Akulturasi adalah perpaduan dua kebudayaan yang menghasilkan kebudayaan baru, namun masih adanya unsur-unsur kebudayaan asli. Contoh bangunan Masjid Demak yang merupakan perpaduan kebudayaan Islam dan kebudayaan Jawa. 
  • Asimilasi merupakan perpaduan dua budaya yang menghasilkan kebudayaan kebudayaan baru tetapi unsur kebudayaan lama akan terkikis sedikit demi sedikit. Contoh budaya baju tradisional kebaya yang sudah langka tidak dipakai lagi.
  • Sintesis adalah perpaduan dua kebudayaan yang menghasilkan kebudayaan baru dan menghilangkan kebudayaan terdahulu. Contoh musik rock n roll yang merupakan perpaduan musik blues dengan country.

Untitled design-49

Masih ingin melihat latihan soal lainnya? Kamu bisa mengakses semuanya secara gratis di ruangbaca, lho. Kamu juga bisa melihat video pembahasan, video beranimasi, latihan soal, dan rangkuman infografis di ruangbelajar.

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Shabrina Alfari

Content Writer and Content Performance at Ruangguru. Hope my writing finds you well and help you learn a thing or two! :D