Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 Bahasa Indonesia Kelas 10

latihan soal PAS B.Indonesia Kelas 10

Artikel kali ini berisi beberapa soal latihan mata pelajaran Bahasa Indonesia SMA kelas X beserta pembahasannya untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil 2019.

--

Teman-teman, sudah sejauh mana persiapan kamu untuk menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil bulan depan? Hayooo… Meskipun masih beberapa minggu lagi, bukan berarti kamu masih seenaknya nyantai dan belum ada persiapan, ya. Supaya nilai kamu maksimal, justru harus dipersiapkan dari sekarang, loh. Nah, berikut ini telah disiapkan beberapa soal latihan dan pembahasannya untuk membantumu menghadapi PAS nanti. Simak, yuk!

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

1. Teks yang berisi gambaran sesuatu secara umum dan sesuai fakta yang ada tanpa ada opini atau pendapat penulis disebut ...

A. Teks deskripsi

B. Teks prosedur

C. Teks laporan hasil observasi

D. Teks penelitian

E. Teks eksplanasi

Jawaban: C

Pembahasan:

Teks laporan hasil observasi bersifat universal atau umum, sedangkan teks deskripsi bersifat unik dan individual. Selain itu, teks laporan hasil observasi juga menggambarkan sesuatu secara umum dan sesuai fakta yang ada tanpa ada opini atau pendapat penulis, sedangkan teks deskripsi menggambarkan secara khusus, yaitu unik dan individual dan penggambarannya sesuai dengan sudut pandang penulis. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

2. Laporan hasil observasi memiliki sifat, yaitu ...

A. Objektif dan komunikatif

B. Objektif dan infortmatif

C. Subjektif dan informatif

D. Subjektif, informatif, dan komunikatif

E. Objektif, informatif, dan komunikatif

Jawaban: E

Pembahasan:

Teks laporan hasil observasi memiliki tiga sifat, yaitu objektif, komunikatif, dan informatif. Artinya isi teks tersebut dapat memberikan sebuah informasi yang mudah dipahami oleh pembaca atau pendengar. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah pilihan E.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level Kognitif : C3 (MOTS)

 

Bacalah kutipan teks berikut ini!

(1) Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga. (2) Tumbuhan ini hidup dengan memakan serangga-serangga kecil, seperti lalat, semut, dan lebah atau kumbang. (3) Untuk memangsa serangga, tumbuhan ini akan membuka kantung mulutnya lebar-lebar. (4) Kemudian, ketika ada serangga yang masuk ke dalamnya, tumbuhan ini akan langsung menutup kelopaknya yang menyerupai mulut. (5) Saat ini, tumbuhan kantong semar mulai dikonservasikan di berbagai daerah di Indonesia. (6) Dengan begitu, diharapkan tumbuhan ini akan tetap terjaga kelestariannya.

 

3. Kalimat definisi pada kutipan teks di atas terdapat pada kalimat nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat definisi adalah suatu kalimat yang memberikan penjelasan umum tentang suatu benda, hal, aktivitas, dan lain-lain. Kalimat definisi pada paragraf di atas terdapat pada kalimat (1), yaitu Kantong semar adalah tumbuhan pemakan serangga. Oleh karena itu, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi

Level Kognitif : C2 (MOTS)

 

Perhatikan kalimat berikut ini!

Semua dapat hidup karena perawatannya yang dipantau secara berkala untuk melihat perkembangannya.

 

4. Konjungsi sebab pada kalimat di atas terdapat pada kata ...

A. dapat

B. karena

C. yang

D. secara

E. untuk

Jawaban: B

Pembahasan:

Konjungsi sebab ditandai dengan penggunaan kata sebab dan karena. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Laporan Hasil Observasi

Subtopik : Mengenal Teks Laporan Hasil Observasi

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Bacalah teks berikut ini!

(1) Narkoba merupakan bahan berbahaya yang jika disalahgunakan akan mengakibatkan ketergantungan pada pemakainya dan pada akhirnya akan membawa pada kematian jika dikonsumsi secara terus menerus. (2) Latar belakang pengguna narkoba saat ini sangat banyak, mulai untuk menghilangkan masalah hingga demi pergaulan. (3) Saat ini, target para pengedar adalah kalangan remaja antara 15 - 25 tahun yang masih sangat mudah untuk ikut-ikutan karena kejiwaannya masih labil dan masih mudah terpengaruh teman-teman pergaulannya.

(4) Kita semua tahu bahwa anak-anak remaja pada usia tersebut adalah bunga bangsa yang baru merekah yang sangat dinanti-nantikan untuk meneruskan bangsa Indonesia kelak untuk menjadi negara yang lebih sejahtera lagi. (5) Saat ini, terdapat 4 juta orang di Indonesia yang menggunakan atau menyalahgunakan narkoba dan dari jumlah tersebut, sebanyak 22 persen adalah remaja dalam rentang usia tersebut. (6) Survei BNN tahun lalu menyatakan bahwa, perkembangan pengguna dan pengedar gelap narkoba pada pelajar dan mahasiswa. (7) Berdasarkan hasil penelitian pada 17 provinsi di Indonesia, sebanyak 2,6 persen siswa SLTP dan 4,7 persen pelajar SMA tercatat pernah menggunakan barang haram itu. (8) Sementara itu, di perguruan tinggi terdapat 7,7 persen mahasiswa yang pernah menggunakan narkoba. (9) Mulai tahun lalu, pemerintah bersama instansi-instansi terkait bertekad menekan angka penggunaan narkoba pada pelajar hingga ke angka 0 persen.

 

5. Salah satu fungsi laporan hasil observasi yang ditunjukkan pada teks di atas adalah ...

A. Membantu pemerintah menyelesaikan masalah pengedaran narkoba di Indonesia.

B. Mengimbau masyarakat agar tidak terjerumus ke dalam narkoba.

C. Mendukung pemerintah yang sedang berupaya memberantas narkoba.

D. Menunjukkan data dan fakta mengenai pengguna narkoba di Indonesia.

E. Memberikan masukan kepada pemerintah mengenai kebijakan yang bisa diambil untuk memberantas narkoba.

Jawaban: D

Pembahasan:

Laporan hasil observasi ditulis memiliki lima fungsi, yaitu (1) untuk memberitahukan atau menjelaskan kegiatan yang dilakukan, (2) memberitahukan kepada pihak berwenang atau terkait tentang suatu informasi, (3) dasar penyusunan kebijakan, (4) bahan informasi untuk berbagai kepentingan, dan (5) alat pendokumentasian suatu objek atau kegiatan. Berdasarkan isinya, laporan hasil observasi di atas berfungsi untuk menunjukkan data dan fakta mengenai narkoba di Indonesia. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Mengenal Teks Eksposisi

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

6. Tujuan ditulisnya teks eksposisi adalah ...

A. Memaparkan berita untuk memberi tahu pembaca mengenai suatu peristiwa.

B. Menceritakan pengetahuan baru yang mungkin belum diketahui oleh pembaca.

C. Menjelaskan informasi tertentu untuk menambah wawasan pembaca.

D. Mengisahkan informasi tertentu dengan tujuan menghibur pembaca.

E. Mendeskripsikan informasi atau pengetahuan tertentu yang dapat menarik perhatian pembaca.

Jawaban: C

Pembahasan:

Teks eksposisi adalah teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat dengan disertai argumen penulisnya. Teks eksposisi bertujuan untuk menjelaskan informasi-informasi tertentu agar dapat menambah wawasan pembaca. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan C.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Mengenal Teks Eksposisi

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

Perhatikan hal-hal berikut!

  1. Tesis
  2. Pembuka
  3. Argumentasi
  4. Deskripsi bagian
  5. Rekomendasi
  6. Simpulan

 

7. Struktur teks eksposisi yang tepat terdapat pada nomor ...

A. (1), (2), dan (5)

B. (1), (3), dan (5)

C. (2), (3) dan (4)

D. (2), (3), dan (5)

E. (2), (4), dan (6)

Jawaban: B

Pembahasan:

Teks eksposisi terdiri dari tiga bagian, yaitu (1) pendahuluan atau tesis, (2) rangkaian argumen/argumentasi atau isi, dan (3) rekomendasi atau penutup. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Kebahasaan Teks Eksposisi

Level Kognitif : C3 (MOTS)

 

Perhatikan kutipan berikut ini untuk menjawab soal nomor 15 dan 16!

(1) Kondisi hutan Indonesia benar-benar sudah memprihatinkan. (2) Dalam kurun waktu lima puluh tahun, hutan alam Indonesia mengalami penurunan luas sebesar 64 juta hektare. (3) Pembukaan hutan alam di dataran rendah di Sulawesi telah memusnahkan keanekaragaman hayati. (4) Berjuta-juta spesies flora dan fauna musnah sudah. (5) Pembukaan lahan dengan cara membakar hutan telah menambah masalah kerusakan hutan.

 

8. Kalimat opini pada kutipan teks di atas ditunjukkan pada kalimat nomor ...

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

E. (5)

Jawaban: A

Pembahasan:

Kalimat opini merupakan kalimat yang mengandung pendapat, pikiran, dan pendirian penulis. Kalimat yang menyatakan pendapat dari penulis terdapat pada kalimat (1) karena kalimat tersebut menyatakan argumen dari sisi penglihatan atau pengalaman yang dimiliki oleh penulis tentang hutan Indonesia. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Mengenal Teks Eksposisi

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Pisang adalah tumbuhan yang biasa tumbuh di sekitar rumah. Pisang biasa diambil buahnya hanya untuk dimakan. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin (A, B, B6, C) mineral ( kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan besi) serta karbohidrat.

Selain buah, seluruh bagian dari tanaman pisang dari daun, bonggol, jantung, hati, bahkan hingga kulit pisang mempunyai manfaat untuk kesehatan. Daun pisang dapat digunakan masyarakat sebagai alat membungkus makanan atau bahkan tempe. Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan, selain juga bermanfaat untuk kesehatan. Daun pisang mempunyai zat polifenol yang dapat digunakan sebagai antioksidan.

Pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, maupun dengan proses pengolahan terlebih dahulu. Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Dengan mengetahui beragam manfaat dan cara pengolahan buah ini, masyarakat bisa memanfaatkannya baik untuk pribadi atau menjadikan sebagai lahan usaha.

 

9. Teks di atas digolongkan dalam teks eksposisi karena ...

A. Di dalamnya terdapat kalimat opini

B. Di dalamnya terdapat fakta dan opini

C. Mengandung istilah-istilah khusus dalam bidang tertentu

D. Dipaparkan dengan ragam bahasa formal, namun tetap mudah dimengerti

E. Berisi informasi yang dimuat secara singkat dan disertai argumen dari penulisnya

Jawaban: E

Pembahasan:

Teks eksposisi merupakan teks yang berisi informasi dan pengetahuan yang dimuat secara singkat dan padat dengan disertai argumen penulisnya. Kutipan teks di atas tergolong dalam teks eksposisi karena ditulis secara singkat, padat, dan disertai argumen dari penulisnya. Argumen dalam kutipan teks di atas terdapat pada kalimat terakhir, yaitu Seharusnya ketika memanen buah pisang, bagian pisang lainnya juga dimanfaatkan untuk dapat dikonsumsi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Eksposisi

Subtopik : Analisis Teks Eksposisi

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Perhatikan kedua kutipan berikut ini!

Kutipan I

Ilmu alam adalah ilmu yang mempelajari tentang objek empiris di alam semesta. Mempelajari berbagai gejala dan peristiwa sesuai dengan objek telaahnya dan bermanfaat untuk kehidupan manusia. Karena objek telaahnya, sehingga ilmu alam bisa disebut sebagai pengetahuan empiris. Memiliki asumsi terkait objek telaahnya.

Kutipan II

Jika Pemerintah Indonesia memprioritaskan pertanian menjadi basis ekonomi negara, jadi telah harusnya nasib beberapa petani juga akan menjadi lebih baik. Namun, sayangnya pemerintah lebih memprioritaskan industri dan juga bidang usaha beda yang malah bukanlah menjadi akar dari kekayaan tanah air Indonesia.

 

10. Perbedaan penyajian struktur kedua teks di atas adalah ...

A. Kutipan teks I merupakan bagian argumen, sedangkan kutipan teks II merupakan bagian rekomendasi.

B. Kutipan teks I merupakan bagian tesis, sedangkan kutipan teks II merupakan bagian rekomendasi.

C. Kutipan teks I merupakan bagian tesis, sedangkan kutipan teks II merupakan bagian argumen.

D. Kutipan teks I merupakan bagian argumen, sedangkan kutipan teks II merupakan bagian tesis.

E. Kutipan teks I merupakan bagian rekomendasi, sedangkan kutipan teks II merupakan bagian tesis.

Jawaban: B

Pembahasan:

Kutipan teks I berisi tentang definisi umum dari ilmu alam dan juga pernyataan pendapat sang penulis tentang ilmu alam. Dengan demikian, kutipan teks I merupakan bagian dari tesis. Kutipan teks II berisi tentang pendapat penulis tentang penegasan ulang tentang pertanian yang diurus oleh pemerintah Indonesia. Dengan demikian, kutipan teks II merupakan bagian dari rekomendasi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Anekdot

Subtopik : Mengenal Teks Anekdot

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

Perhatikan ciri-ciri berikut!

  1. Berupa teks berita
  2. Menampilkan tokoh yang fenomenal
  3. Memiliki sifat humoris
  4. Hanya memuat humor
  5. Menampilkan orang penting

 

11. Ciri-ciri utama teks anekdot terdapat pada nomor ...

A. (1), (3), dan (5)

B. (1), (2), dan (4)

C. (2) dan (5)

D. (3) dan (5)

E. (2) dan (4)

Jawaban: D

Pembahasan:

Teks anekdot memiliki ciri-ciri umum sebagai berikut.

  • Berupa teks cerita
  • Menampilkan tokoh yang dekat dengan kehidupan sehari-hari atau juga orang penting
  • Memiliki sifat humoris
  • Terselip kritik atau pesan

Dengan demikian, ciri-ciri utama teks anekdot terdapat pada nomor (3) dan (5). Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Anekdot

Subtopik : Kebahasaan Teks Anekdot

Level Kognitif : C2 (MOTS)

 

Perhatikan teks berikut ini!

Miskin Dan Sepi

Seorang pemuda baru saja mewarisi kekayaan orang tuanya. Ia langsung terkenal sebagai orang kaya dan banyak orang yang menjadi kawannya. Namun, ia tidak cakap mengelola, tidak lama seluruh uangnya habis. Satu per satu kawan-kawannya pun menjauhinya.

Ketika ia benar-benar miskin dan sebatang kara, ia mendatangi Mahendra, untuk meminta petunjuk,

“Uang saya sudah habis. Kawan-kawan saya meninggalkan saya. Apa yang harus saya lakukan?” keluh pemuda itu.

“Jangan khawatir,” jawab Mahendra, “Segalanya akan normal kembali. Tunggu saja beberapa hari ini. Kau akan kembali tenang dan bahagia.”

Pemuda itu gembira bukan main. “Jadi saya akan segera kembali kaya?”

“Bukan begitu maksudku. Kau salah tafsir. Maksudku, dalam waktu yang tidak terlalu lama, kau akan terbiasa menjadi orang yang miskin dan tidak mempunyai teman.”

 

12. Teks anekdot di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga yang ditandai dengan ...

A. Penggunaan nama tokoh saya

B. Penggunaan nama tokoh kawan-kawan pemuda

C. Penggunaan nama tokoh saya dan kau

D. Penggunaan nama sapaan tokoh pemuda dan Mahendra

E. Penggunaan nama tokoh pemuda dan kawannya

Jawaban: D

Pembahasan:

Sudut pandang yang digunakan dalam teks anekdot tersebut adalah sudut pandang orang ketiga. Sudut pandang orang ketiga ditunjukkan ketika pengarang menggunakan nama sapaan tokoh, yaitu pemuda dan Mahendra. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Teks Anekdot

Subtopik : Analisis Teks Anekdot

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Perhatikan kedua kutipan teks berikut ini!

Kutipan teks 1

Beberapa hari setelah hari raya idul adha di sore hari. Arya sedang mengobrol kesana kemari dengan sepupunya dan saudara kandungnya yang berkunjung kerumahnya.

Kutipan teks 2

Semua mahasiswa di kelas itu tercengang dengan jawaban si Ahmad, semua teman-temannya saling berpandang-pandangan dan mulai tertawa keras.

 

13. Perbedaan pola penyajian kedua kutipan teks anekdot di atas adalah ...

A. Kutipan teks 1 merupakan bagian dari orientasi teks anekdot, sedangkan kutipan teks 2 merupakan bagian dari reaksi teks anekdot.

B. Kutipan teks 1 merupakan bagian dari orientasi teks anekdot, sedangkan kutipan teks 2 merupakan bagian dari koda teks anekdot.

C. Kutipan teks 1 merupakan bagian dari krisis teks anekdot, sedangkan kutipan teks 2 merupakan bagian dari reaksi teks anekdot.

D. Kutipan teks 1 merupakan bagian dari orientasi teks anekdot, sedangkan kutipan teks 2 merupakan bagian dari krisis teks anekdot.

E. Kutipan teks 1 merupakan bagian dari abstraksi teks anekdot, sedangkan kutipan teks 2 merupakan bagian dari reaksi teks anekdot.

Jawaban: E

Pembahasan:

Kutipan teks 1 berisi suatu gambaran latar tempat dan latar waktu keadaan dalam cerita sebuah teks anekdot. Maka, kutipan tersebut termasuk bagian dari abstraksi. Kutipan teks 2 berisi tanggapan dari jawaban tokoh yang telah mengutarakan suatu hal. Maka, kutipan tersebut termasuk bagian reaksi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Hikayat

Subtopik : Mengenal Hikayat

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

14. Hikayat termasuk ke dalam salah satu ...

A. Fabel

B. Legenda

C. Dongen

D. Cerita sejarah

E. Cerita rakyat

Jawaban: E

Pembahasan:

Salah satu karakteristik hikayat adalah penulisnya anonim (tidak diketahui). Cerita dalam hikayat telah menjadi milik masyarakat sehingga hikayat disebut juga sebagai salah satu cerita rakyat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Hikayat

Subtopik : Menganalisis Hikayat

Level Kognitif : C2 (MOTS)

 

Perhatikan kutipan hikayat berikut ini!

Di suatu negeri nun jauh hiduplah seorang tua bersama keluarganya. Pekerjaan si Tua itu sehari-hari menangkap burung dan ayam di hutan. Maka ayam yang ditangkapnya akan dijualnya kepada saudagar-saudagar di pasar.

Syahdan maka pada suatu ketika datanglah seorang yang gagah lagi muda. Maka karena tidak percaya bahwa sang kakek yang tua mampu menangkap ayam, seorang muda itu mengajaknya berlomba mencari ayam di hutan. Maka pada suatu hari pergilah orang tua itu menuju hutan bersama orang sekampung yang hendak menyaksikan ia mencari ayam.

Maka pada ketika sampai di hutan, orang tua itu langsung menuju pohon paling besar. Maka dilihat olehnya banyak burung bayan menempel di daun dan ranting pohon. Maka ia segera melepas bajunya, lalu sambil membawa golok ia memanjat pohon besar itu. Dalam waktu tidak lama, sudah ada 99 ekor burung bayan dijatuhkannya ke tanah. Maka heranlah orang-orang kampung itu melihatnya dan beroleh malulah orang pemuda yang mengajaknya berlomba.

 

15. Nilai yang paling menonjol dalam kutipan hikayat tersebut adalah ...

A. Nilai moral

B. Nilai edukasi

C. Nilai estetika

D. Nilai budaya

E. Nilai religi

Jawaban: A

Pembahasan:

Hikayat merupakan karya sastra yang kaya akan nilai-nilai kehidupan. Nilai paling menonjol yang terdapat pada kutipan hikayat tersebut adalah nilai moral, yaitu nilai yang berkaitan dengan kemanusiaan; berkaitan dengan ajaran tentang baik buruk yang diterima secara umum. Kutipan hikayat tersebut bercerita tentang seorang pemuda yang dengan sombongnya menantang seorang kakek tua untuk berlomba menangkap ayam. Rupanya sang kakek benar-benar hebat menangkap ayam, si pemuda pun merasa malu. Cerita tersebut mengajarkan agar perbuatan sombong dan menilai seseorang hanya dari penampilan luarnya merupakan hal yang tidak boleh dilakukan (nilai moral). Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Hikayat

Subtopik : Menganalisis Hikayat

Level Kognitif : C3 (MOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

Barang siapa yang melihatnya pastilah terpegun dan takjub akan keindahan dan kepelikan burung cenderawasih. Maka tak ada heranlah jika si Jelita banyak diinginkan oleh orang.

 

16. Majas yang terdapat dalam kutipan teks di atas adalah ...

A. Majas antonomasia

B. Majas hiperbola

C. Majas simile

D. Majas metafora

E. Majas personifikasi

Jawaban: A

Pembahasan:

Majas yang terkandung dalam kutipan teks di atas adalah majas antonomasia, yaitu majas yang menyebutkan sesuatu bukan dengan nama asli dari benda tersebut, melainkan dari salah satu sifat benda tersebut. Majas antonomasia terdapat pada kalimat “Maka tak ada heranlah jika si Jelita banyak diinginkan oleh orang.” Kata si Jelita dalam kalimat tersebut merujuk pada burung cendrawasih. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Hikayat

Subtopik : Menganalisis Hikayat

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini!

(1) Tersebut cerita seorang raja yang terlalu besar kerajaannya, Saeful Muluk namanya, Ajam Saukat nama kerajaannya. (2) Adapun raja ini telah berkawin dengan Putri Sukanda Rum. (3) Tetapi oleh karena permaisurinya tidak beranak, ia berkawin dengan Putri Sukanda Bayang-Bayang seperti dititahkan oleh yang penghulu raja. (4) Hatta berapa lamanya, Putri Sukanda Bayang-Bayang pun beranak anak kembar yang diberi nama Makdam dan Makdim. (5) Permaisuri takut kehilangan kasih sayang raja sama sekali, lalu berdoa meminta anak.

 

17. Kalimat yang menunjukkan bahwa kutipan teks di atas mengandung nilai budaya adalah ...

A. Kalimat (1)

B. Kalimat (2)

C. Kalimat (3)

D. Kalimat (4)

E. Kalimat (5)

Jawaban: C

Pembahasan:

Nilai budaya adalah nilai yang berkaitan dengan pola hidup suatu masyarakat tertentu pada zamannya. Nilai budaya yang tampak dalam Teks I adalah akan diadakannya perkawinan kedua bagi raja yang permaisurinya tidak kunjung memiliki anak. Nilai budaya tersebut ditunjukkan pada kalimat ketiga dalam teks, yaitu “Tetapi oleh karena permaisurinya tidak beranak, ia berkawin dengan Putri Sukanda Baying-Bayang seperti dititahkan oleh yang penghulu raja.” Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Ikhtisar

Subtopik : Mengenal Ikhtisar

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

18. Salah satu fungsi dari ikhtisar adalah ...

A. Melatih memahami isi sebuah buku atau karangan ilmiah

B. Menuntun seseorang agar dapat memahami inti dari isi suatu teks fiksi

C. Meningkatkan angka literasi di kalangan masyarakat

D. Melatih seseorang untuk menulis kalimat pendek

E. Melatih memahami isi sebuah buku atau karangan

Jawaban: E

Pembahasan:

Selain berfungsi untuk mengemas ulang suatu teks menjadi lebih ringkas, ikhtisar juga memiliki fungsi yang lebih kompleks, yaitu sebagai berikut.

  1. Melatih memahami isi sebuah buku atau karangan (bukan hanya karangan ilmiah).
  2. Membimbing atau menuntun seseorang agar dapat memahami inti dari isi suatu teks (bukan hanya teks fiksi).
  3. Melatih daya ungkap seseorang dengan kata-kata yang terbatas.
  4. Membudayakan literasi.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal UAS bahasa Indonesia

Topik : Ikhtisar

Subtopik : Mengenal Ikhtisar

Level Kognitif : C2 (MOTS)

 

Perhatikan ilustrasi berikut ini!

Lani telah selesai membaca cerpen berjudul “Filosofi Kopi”. Menurutnya, cerpen yang memiliki alur maju itu sangat menarik. Oleh karena itu, ia berencana untuk membuat ikhtisar dari cerpen tersebut. Tak hanya itu, ia pun berencana mengunggah ikhtisarnya di media sosial agar orang lain bisa tahu inti dari cerpen tersebut.

 

19. Berdasarkan ilustrasi di atas, Ningsih dapat mengikhtisarkan cerpen tersebut menggunakan ...

A. Alur maju

B. Alur mundur

C. Alur campuran

D. Alur maju atau mundur

E. Alur apa pun sesuai keinginannya

Jawaban: E

Pembahasan:

Struktur ikhtisar harus mengikuti struktur teks yang diikhtisarkan, tetapi tidak harus memperhatikan urutan gagasan yang sama persis dengan teks sumbernya. Sebagai contoh, jika kita akan mengikhtisarkan cerita fiksi yang beralur campuran, kita dapat membuatnya menjadi ikhtisar beralur maju atau alur lain sesuai keinginan. Hal itu diperbolehkan karena salah satu ciri ikhtisar adalah menggunakan bahasa sendiri. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Topik : Ikhtisar

Subtopik : Mengenal Ikhtisar

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

Perhatikan teks berikut!

Seorang lelaki masih muda dengan penampilan yang sangat rapi datang ke sebuah kantor. Ia berharap bisa diterima di perusahaan tersebut dan bisa bekerja di sana dengan nyaman. Oleh karena itu, ia mempersiapkan materi dan kebutuhan wawancara kerja dengan sangat baik. Sesampainya di perusahaan, ia dengan percaya diri mengetuk pintu dari luar.

“Silakan masuk!” jawab seseorang dari dalam ruangan.

“Mohon maaf, apakah Pak Toni ada?” tanyanya.

“Enggak, sila keluar!”

“Baiklah.”

“Di mana Pak Toni? Kenapa yang berada di dalam justru OB?” tanya pemuda tersebut kepada salah seorang petugas yang ada di luar ruangan.

“Yang di dalam itu Pak Toni. Beliau memang kerap begitu, pura-pura menjadi OB untuk mengetes karyawannya,” jelas petugas tersebut.

“Lalu nasib saya bagaimana?”

 

20. Paragraf ikhtisar yang tepat berdasarkan kutipan teks tersebut adalah ...

A. Seorang lelaki masih muda dengan penampilan yang sangat rapi datang ke sebuah kantor. Ia berharap bisa diterima di perusahaan tersebut dan bisa bekerja di sana dengan nyaman. Oleh karena itu, ia mempersiapkan materi dan kebutuhan wawancara kerja dengan sangat baik.

B. Ada lelaki muda berpenampilan rapi yang datang ke kantor untuk wawancara. Meski sudah mempersiapkan semua materi dan kebutuhan wawancara dengan baik, ia akhirnya gagal karena salah mengira pewawancaranya sebagai OB.

C. Seorang lelaki masih muda dengan penampilan yang sangat rapi datang ke sebuah kantor. Sesampainya di perusahaan, ia dengan percaya diri mengetuk pintu dari luar. Rupanya, orang yang di dalam ruangan adalah OB.

D. Seorang lelaki muda berpenampilan rapi datang ke sebuah kantor. Ia sudah mempersiapkan materi dan semua kebutuhan wawancara, berharap agar diterima. Namun, saat masuk ruangan hendak wawancara, ia justru menyangka orang yang seharusnya akan mewawancarainya sebagai OB.

E. Seorang lelaki masih muda dengan penampilan yang sangat rapi datang ke sebuah kantor. Ia berharap bisa diterima di perusahaan tersebut dan bisa bekerja di sana dengan nyaman. Sesampainya di perusahaan, ia dengan percaya diri mengetuk pintu dari luar dan dimulailah wawancaranya.

Jawaban: D

Pembahasan:

Ikhtisar adalah teks yang dibuat secara ringkas berdasarkan teks aslinya. Ikhtisar dibuat menggunakan bahasa sendiri, memiliki struktur sama dengan struktur asli, tetapi urutan gagasannya boleh diubah sesuai dengan prioritas informasi yang akan disampaikan. Ikhtisar yang sesuai isi teks di atas terdapat pada pilihan jawaban D. Oleh sebab itu, jawaban yang tepat adalah D.

latihan soal UAS bahasa indonesia

Gimana? Setelah membaca dan memahami latihan soal di atas, masih nggak mau nyicil belajar dari sekarang? Ayo dong semangat biar nanti kamu nggak nyesel! Nah, supaya semangat belajar kamu meningkat, coba aplikasi ruangbelajar, deh. Kenapa? Di sana, semua materi pelajaran disediakan dalam bentuk video animasi yang menarik, lho. Jadi, bakal anti bosen. Selain itu, banyak latihan soal dan rangkuman untuk memudahkan kamu dalam belajar. Tunggu apalagi, gabung sekarang, yuk! Semangat belajar ya, teman-teman!

New Call-to-action

Beri Komentar