Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPA Kelas 12

Latihan soal PAS IPA kelas 12

Artikel kali ini menyediakan beberapa soal latihan Penilaian Akhir Semester (PAS) 2019 untuk siswa IPA kelas XII. 

--

Teman-teman, nggak terasa ya sebentar lagi mau akhir tahun. Ada yang udah punya rencana, liburan akhir tahun nanti mau kemana? Atau, bakal rebahan aja di rumah. Ala ala remaja santuy zaman sekarang. Hehe... Mumpung masih muda, harus banyak melakukan aktivitas yang produktif dong ya. 

Oke, tapi, sebelum memikirkan apa yang mau dilakukan di akhir tahun nanti, ada yang perlu kamu persiapkan lebih dulu, nih. Kamu pasti udah tau 'kan apa itu? Yap, persiapan untuk Penilaian Akhir Semester! Jangan sampai liburan akhir tahun kamu jadi berantakan karena nilai PAS yang jelek-jelek, ya. Yuk, mulai persiapkan dari sekarang. Apalagi, bagi kamu anak kelas XII, PAS kali ini penting banget lho sebagai modal untuk mengikuti SNMPTN tahun depan.    

Nah, seperti biasa, artikel blog Ruangguru telah menyediakan beberapa soal latihan, khusus buat kamu anak IPA kelas XII. Ayo tes sampai mana persiapan kamu saat ini dengan menyimak artikel ini sampai selesai, ya!

latihan soal PAS IPA kelas 12

MATEMATIKA

Topik : Bidang Ruang: Kedudukan dan Proyeksi (WAJIB)

Sub Topik : Ulasan Bangun Ruang

Tipe : LOTS

 

1. Perhatikan bangun ruang berikut ini:

bangun ruang

 

Yang merupakan bangun limas ditunjukkan oleh ...

A. U.QRST
B. ABGH.IJOP
C. IJOP.QRST
D. BCDEFG.JKLMNO
E. U.QRST.IJOP
 

Jawaban: A

Penyelesaian:

bangun ruang
 
U.QRST adalah limas.

 

bangun ruang
 
ABGH.IJOP adalah kubus.

 

bangun ruang
 
IJOP.QRST adalah balok.

 

bangun ruang
 
U.QRST.IJOP adalah prisma.
 

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Bidang Ruang: Kedudukan dan Proyeksi (WAJIB)

Sub Topik : Proyeksi

Tipe : HOTS

 

bangun ruang

 

2. Diketahui titik R adalah proyeksi titik T pada bidang BAIK. cotan TKR = 0,05, cotan TAR = 0,4, cotan TIR = 0,35. Maka cotan TBR = ...

A. 0,05
B. 0,08
C. 0,1
D. 0,2
E. 0,25
 

Jawaban: D

Penyelesaian:

Diketahui:

Ingat! cotan α = sisi depan α/sisi samping α.

bangun ruang
 
bangun ruang
 

bangun ruang

Maka, cotan TBR = 0,2.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Bidang Ruang: Jarak (WAJIB)

Sub Topik : Jarak Titik ke Bidang

Tipe : HOTS

 

3. Pada kubus ABCD.EFGH yang mempunyai rusuk 12 cm. Titik P dan Q terletak pada perpanjangan DH, dimana DH : HP : PQ = 2 : 2 : 1. Jarak titik Q ke bidang ACF adalah ...

A. 14√3 cm

B. 12√3 cm

C. 10√3 cm

D. 5√3 cm

E. 4√3 cm

Jawaban: A

Penyelesaian:

bangun ruang

 

 

bangun ruang

 

HB = PF = 12√3 (diagonal ruang).
RV = 7/6 RF.

Sehingga,

bangun ruang

Maka jarak titik Q ke bidang ACF adalah 14√3 cm.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Bidang Ruang: Sudut (WAJIB)

Sub Topik : Sudut Dua Garis

Tipe : MOTS

 

4. Jika panjang rusuk kubus ABCD.EFGH sama dengan 10 cm, maka cosinus sudut antara AE dan AC adalah ...

A. 0
B. 1/2
C. 1/2 √2
D. 1/2 √3
E. 1
 

Jawaban: A

Penyelesaian:

bangun ruang

 

AE dan AC berpotongan di A, sehingga sudut antara AE dan AC adalah ∠CAE. Perhatikan garis AE tegak lurus dengan bidang ABCD, berarti AE tegak lurus dengan seluruh garis pada bidang ABCD, termasuk AC. Sehingga AE tegak lurus AC di titik A.
 
∠CAE = 90o
cos ∠CAE = cos 90o = 0
 
Maka cos ∠CAE = 0.
 

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Statistika Deskriptif (WAJIB)

Sub Topik : Statistik Data Tunggal

Tipe : LOTS

 

5. Data berat badan keluarga Cemara adalah 35, 42, 72, 12, 17. Median dari data tersebut adalah ...

A. 12
B. 17
C. 35
D. 42
E. 72
 

Jawaban: C

Penyelesaian:

Median atau nilai tengah adalah data yang berada di tengah setelah data diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar.

12, 17, 35, 42, 72

Jadi median data di atas adalah 35.

latihan soal PAS IPA kelas 12

FISIKA


Topik : Listrik Arus Searah

Subtopik : Rangkaian Listrik

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

6. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Arus listrik berbanding terbalik dengan tegangan.

(2) Arus listrik berbanding lurus dengan tegangan.

(3) Arus listrik berbanding terbalik dengan hambatan listrik.

(4) Arus listrik berbanding lurus dengan hambatan listrik.

 

Pernyataan yang benar ditunjukkan oleh nomor ...

A. 1 dan 3
B. 1 dan 4
C. 2 dan 3
D. 2 dan 4
E. 4 saja
 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kuat arus listrik yang mengalir pada suatu rangkaian dinyatakan dalam persamaan berikut.

rangkaian listrik

Berdasarkan persamaan tersebut, dapat diketahui bahwa kuat arus listrik sebanding dengan tegangan listrik dan berbanding terbalik dengan hambatan listrik.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Listrik Statis

Subtopik : Hukum Coulomb

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

7. Gaya Coulomb yang dialami oleh muatan 4 C yang berada sejauh 3 meter dari muatan 3 C adalah ...

A. 1 x 109
B. 2 x 109
C. 3 x 109
D. 6 x 109
E. 12 x 109
 

Jawaban: E

Pembahasan:

Gaya Coulomb yang dialami oleh dua buah muatan q1 dan q2 yang terpisah sejauh r dirumuskan sebagai

hukum coulomb

maka gaya Coulomb yang dialami oleh muatan 2 C adalah

hukum coulomblatihan soal PAS IPA kelas 12
 

Topik : Listrik Statis

Subtopik : Kapasitor

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

8. Pernyataan berikut ini yang benar mengenai muatan yang dapat disimpan dalam kapasitor adalah ...

A. Sebanding dengan tegangan
B. Sebanding dengan kuadrat tegangan
C. Berbanding terbalik dengan kuadrat tegangan
D. Berbanding terbalik dengan kapasitor tegangan
E. Berbanding terbalik dengan kapasitor kuadrat tegangan
 

Jawaban: A

Pembahasan:

Muatan yang dapat disimpan pada kapasitor dapat diketahui dengan

kapasitor

Berdasarkan formula tersebut dapat diketahui bahwa jumlah muatan yang dapat disimpan pada kapasitor sebanding dengan kapasitas kapasitor dan tegangan yang diberikan pada kapasitor.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Medan Magnet

Subtopik : Gaya Magnet

Level Kognitif : C2 (MOTS)

 

9. Sebuah partikel bergerak dari A dengan kecepatan v memasuki medan magnet homogen B secara tegak lurus.

gaya magnet

 

Jika partikel tersebut menempuh lintasan I, maka partikel yang dimaksud adalah ...

A. Proton
B. Neutron
C. Elektron
D. Positron
E. Quark
 

Jawaban: C

Pembahasan:

Berdasarkan kaidah tangan kanan, ibu jari menunjukkan arah kecepatan, keempat jari menunjukkan arah medan magnet, dan telapak tangan menunjukkan arah gaya Lorentz, maka partikel yang dimaksud bermuatan negatif. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah elektron.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Listrik Arus Bolak-Balik

Subtopik : Resonansi

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

10. Rangkaian LC memiliki frekuensi sudut 200 rad/s. Jika besar induktor 4 H, maka kapasitas kapasitor yang digunakan pada rangkaian tersebut adalah ...

A. 1,25 μF
B. 2,50 μF
C. 3,75 μF
D. 5,00 μF
E. 6,25 μF
 

Jawaban: E

Pembahasan:

Kapasitas kapasitor yang digunakan dapat diketahui dengan menggunakan persamaan berikut.

resonasilatihan soal PAS IPA kelas 12
 

KIMIA

 

Topik : Sifat Koligatif

Subtopik : Tekanan Osmotik

Level Kognitif : C3 (MOTS)

 

11. Tekanan osmotik larutan yang mengandung 24 gram urea (Mr = 60) dalam 200 mL larutan pada suhu 27 0C adalah ...

A. 13,46 atm
B. 19,84 atm
C. 23,57 atm
D. 49,20 atm
E. 58,92 atm
 

Jawaban: D

Pembahasan:

tekanan osmotiklatihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Sifat Koligatif

Subtopik : Penurunan Titik Beku

Level Kognitif : C3 (MOTS)

 

12. Titik beku zat nonelektrolit (Mr = 200) dalam 100 gram air adalah -1,395oC. Massa zat non elektrolit tersebut adalah … (Kb = 0,520 C/m).

A. 6 gram
B. 10 gram
C. 12 gram
D. 15 gram
E. 20 gram
 

Jawaban: D

Pembahasan:

penurunan titik bekulatihan soal PAS IPA kelas 12
 

Topik : Redoks dan Sel Elektrokimia

Subtopik : Sel Elektrolisis

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

13. Pada elektrolisis lelehan CaCl2 dengan elektroda grafit, di anoda akan dihasilkan ...

A. Gas klor
B. Gas hidrogen
C. Larutan Mg(OH)2
D. Logam Mg
E. Gas oksigen
 

Jawaban: A

Pembahasan:

Elektrolisis lelehan CaCl2 dengan elektrode grafit:

CaCl2 → Ca2+ + 2Cl-

Ca2+ bereaksi di katoda karena merupakan lelehan logam alkali tanah.

Cl- dapat bereaksi di anoda. Reaksinya sebagai berikut:

Katoda : Mg2+ (l) + 2e → Mg (s)

Anoda : 2Cl- (l) → Cl2 (g) + 2e

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Kimia Unsur

Subtopik : Unsur Periode Ketiga

Level Kognitif : C1 (LOTS)

 

14. Unsur di alam dapat ditemui baik secara bebas atau berikatan membentuk senyawa. Senyawa tersebut dapat berupa molekul senyawa atau molekul unsur. Unsur yang terletak pada periode ketiga yang terdapat bebas di alam dalam bentuk unsur tanpa harus membentuk senyawa adalah ...

A. Ar dan S
B. Na dan Mg
C. P dan Ar
D. Na dan S
E. P dan S
 

Jawaban: A

Pembahasan:

Unsur periode ketiga kecuali argon pada umumnya di alam berada dalam bentuk senyawa. Fakta itu menunjukkan kereaktifan unsur-unsur tersebut. Argon, seperti halnya unsur-unsur gas mulia lainnya, terdapat sebagai unsur bebas. Belerang, selain sebagai senyawa juga ditemukan dalam bentuk bebas.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Kimia Unsur

Subtopik : Alkali, Alkali Tanah

Level Kognitif : C4 (HOTS)

 

15. Rahayu ingin mengetahui jenis logam yang terkandung dalam cuplikan suatu garam dengan melakukan uji nyala. Setelah dilakukan uji nyala, ternyata didapatkan hasil warna merah, dapat disimpulkan garam tersebut mengandung kation dari ...

A. Na
B. Ca
C. K
D. Li
E. Ba
 

Jawaban: D

Pembahasan:

Hasil uji nyala terhadap unsur golongan alkali:

Natrium → kuning

Barium → Hijau

Litium → merah

Kalsium → jingga

Kalium → ungu

latihan soal PAS IPA kelas 12

BIOLOGI

 

Topik : Enzim

Subtopik : Faktor yang mempengaruhi kerja enzim

Level kognitif : MOTS (C2)

 

16. Perhatikan grafik di bawah ini!

 

kerja enzim
 

Berdasarkan grafik di atas, menunjukkan bahwa enzim ...

A. Bekerja optimum pada pH basa
B. Bekerja optimum pada pH asam
C. Rusak pada lingkungan asam
D. Tidak aktif pada lingkungan asam
E. Bekerja optimum pada pH netral
 

Jawaban : B

Pembahasan :

Grafik pada soal menunjukkan hubungan antara kecepatan kerja enzim dengan pH. Enzim pada grafik di atas menunjukkan bahwa enzim tersebut bekerja optimum pada pH asam yaitu pH 2, hal ini dibuktikan pada grafik aktivitas enzim mencapai 80 ketika berada pada pH 2. Jenis enzim yang bekerja pada pH 2 adalah enzim pepsin yang terdapat di dalam lambung. Fungsi utama enzim pepsin adalah memecah struktur protein yang ada di dalam makanan menjadi asam amino. Tubuh melakukan proses ini guna mempermudah penyerapan nutrisi di dalam usus. Proses pemecahan protein ini baru terjadi jika kadar asam atau pH di lambung berada di kisaran 1,5 hingga 2. Enzim pepsin tidak akan bekerja jika pH lambung berada di atas 4. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Materi genetik

Subtopik : DNA dan RNA

Level kognitif : MOTS (C2)

 

17. Berdasarkan teori endosimbion, DNA yang terdapat pada organel kloroplas berasal dari ...

A. Fusi sel yang terjadi antara dua jenis organisme eukariotik
B. Organisme prokariotik fotosintetik yang tertelan leluhur sel eukariotik
C. Organisme eukariotik fotosintetik yang tertelan leluhur sel prokariotik
D. Organisme prokariotik aerob yang tertelan leluhur sel eukariotik
E. Peleburan materi genetik dari nukleus organisme eukariotik
 

Jawaban : B

Pembahasan :

Teori endosimbion menjelaskan tentang proses asal-usul organel mitokondria dan kloroplas pada sel eukariotik. Kloroplas yang terdapat pada sel eukariotik berasal dari organisme prokariotik fotosintetik yang tertelan secara fagositosis oleh leluhur sel eukariotik. Organisme yang tertelan tersebut tidak dapat dicerna oleh sel sehingga sel prokariotik tersebut berkembang di dalam sel dengan memanfaatkan nutrisi yang ada di dalam sitoplasma. Organisme prokariotik yang tertelan tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi organel kloroplas. Bukti yang kuat yang menunjukkan kloroplas berasal dari sel prokariotik fotosintetik adalah RNA ribosomal kloroplas memiliki urutan basa nitrogen yang hampir sama dengan RNA bakteri fotosintetik tertentu dibandingkan RNA ribosomal yang ditranskripsikan dari nukleus sel eukariotik. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Enzim

Subtopik : Teori Lock and Key

Level kognitif : MOTS (C2)

 

18. Berikut ini merupakan kerja enzim sesuai teori lock and key adalah ...

A. Sisi aktif enzim dan substrat fleksibel dalam menghasilkan substrat
B. Memiliki bentuk enzim dan substrat yang dapat berubah-ubah
C. Memiliki bentuk enzim yang dapat berubah-ubah sesuai kondisi lingkungan
D. Sisi aktif enzim selalu fleksibel dalam menghasilkan suatu produk
E. Memiliki sisi aktif yang bersifat spesifik sehingga dapat berikatan dengan substrat tertentu saja
 

Jawaban : E

Pembahasan :

Teori lock and key menyatakan bahwa hanya substrat yang memiliki bentuk spesifik yang komplementer dengan sisi aktif enzim yang dapat berikatan dengan enzim tersebut dan bereaksi. Hal ini menyatakan bahwa enzim memiliki sisi aktif yang spesifik sehingga dapat berikatan hanya dengan substratnya. Sisi aktif enzim memiliki bentuk yang sesuai dengan substratnya agar dapat berikatan. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Subtopik : Desain Penelitian

Level kognitif : HOTS (C4)

 

19. Seorang siswa kelas XII ingin melakukan suatu percobaan pengaruh cahaya terhadap arah gerak tanaman kacang merah. Judul penelitian tersebut adalah “pengaruh cahaya terhadap arah pertumbuhan kacang merah”. Rumusan masalah yang tepat dari percobaan yang dilakukan oleh siswa tersebut adalah ...

A. Adakah pengaruh hormon terhadap pertumbuhan kacang merah?
B. Arah gerak pertumbuhan kacang merah tidak dipengaruhi oleh suhu
C. Tumbuhan kacang merah akan tumbuh ke arah datangnya cahaya
D. Tumbuhan kacang merah tidak tumbuh ke arah datangnya cahaya
E. Adakah pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang merah?
 

Jawaban : E

Pembahasan :

Rumusan masalah adalah masalah-masalah yang akan diuji melalui penelitian. Rumusan masalah harus berupa kalimat pertanyaan dimana pertanyaan tersebut akan terjawab melalui hasil penelitian. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Topik : Pola-pola Hereditas

Subtopik : Penentuan Jenis Kelamin

Level kognitif : LOTS (C1)

 

20. Jenis kelamin tipe ZW dapat ditemukan pada organisme ...

A. Lebah jantan
B. Kupu-kupu betina
C. Lebah betina
D. Lalat jantan
E. Lalat betina
 

Jawaban : B

Pembahasan :

Tipe ZZ (jantan) dan ZW (betina) diterapkan pada unggas, reptil, ikan, dan kupu-kupu. Sehingga organisme yang memungkinkan bertipe ZW dalam pilihan soal di atas adalah kupu-kupu betina. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal PAS IPA kelas 12

Gimana nih, teman-teman? Merasa udah optimal belum persiapannya? Kalau belum, yuk belajar lebih giat lagi. Nah, kalau kamu merasa kurang akan soal-soal latihan untuk bekal persiapan PAS nanti, jangan khawatir, di ruangbelajar telah tersedia banyak sekali latihan soal yang bisa kamu kerjakan. Belajar jadi lebih seru dengan video belajar dan latihan soal anti remed!

New Call-to-action

Beri Komentar