Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 SD Kelas 6

Tri Janarti Dec 8, 2019 • 18 min read


Latihan Soal PAS Kelas 6 SD

Artikel kali ini akan menyajikan latihan soal penilaian akhir semester (PAS) untuk kelas 6 SD.

---

“Yeay udah bulan Desember berarti hari libur semakin dekat, asyik! Hmm… mau liburan ke mana ya aku nanti?

Eh eh tunggu, mikirin liburannya nanti dulu dong! Bulan ini ‘kan kamu harus menghadapi penilaian akhir semester (PAS). Kamu harus melakukan yang terbaik nih agar hasil yang diperoleh bisa lebih memuaskan. Salah satu cara mempersiapkan dirimu untuk menghadapi PAS, yaitu dengan rajin latihan soal. Nah, kebetulan banget di artikel kali ini disajikan latihan soal PAS Matematika, Bahasa Indonesia, IPA Terpadu, dan IPS Terpadu untuk siswa kelas 6 SD. Yuk, kita mulai latihan soalnya!

Latihan Soal PAS SD matematika

MATEMATIKA

Topik: Bilangan Bulat Negatif

Subtopik: Penjumlahan Bilangan Bulat Negatif

 

1. Hasil dari (-78) + (-46) adalah...

   A.  -124

   B. -32

   C. 124

   D. 32

 

Jawaban: A

Pembahasan:

(-78) + (-46) = -124

Latihan Soal PAS Matematika

Topik: Bilangan Bulat Negatif

Subtopik: Pengurangan Bilangan Bulat Negatif

 

2. Hasil dari (-273) - (-628) adalah...

   A. -355

   B. -455

   C. 355

   D. 901

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Latihan Soal PAS SD matematika

Topik: Bilangan Bulat Negatif

Subtopik: Operasi Bilangan Bulat Negatif

 

3. Roy pergi ke arah kiri sejauh 45 langkah. Kemudian dia berjalan berbalik arah dan maju sebanyak 27 langkah. Posisi Roy sekarang berada di titik…

   A. 18

   B. 0

   C. – 18

   D. – 72

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Posisi awal: motor berada di titik 0

Pergi ke arah kiri: (-)

melangkah: 45

Berbalik arah ke kanan: penjumlahan (+)

Melangkah lagi: 27

Jadi posisi Roy sekarang di titik = -45 + 27 = 18

Latihan Soal  PAS matematika

Topik: Bilangan Bulat Negatif

Subtopik: Operasi Bilangan Bulat Negatif

 

4. Aku adalah suatu bilangan. Jika Aku dikurangi -17 kemudian dibagi -2 hasilnya 7. Jika aku dikali dua hasilnya adalah…

   A. 31

   B. 62

   C. -31

   D. -62

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Latihan Soal PAS SD matematika

Topik: Operasi Hitung

Subtopik: Operasi Hitung Campuran

 

5. Doni menjual beras sebanyak 32 karung yang terdiri dari karung besar dan karung kecil. Perbandingan banyaknya karung besar dan karung kecil adalah 3 : 5. Jika isi satu karung besar 261 kg dan isi satu karung kecil 174 kg, maka selisih berat total beras yang dimasukkan ke dalam karung besar dan karung kecil adalah... kg.

   A. 348

   B. 834

   C. 1.392

   D. 2.088

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Latihan_Soal PAS SD indonesia

BAHASA INDONESIA

Topik: Teks Laporan Hasil Pengamatan

Subtopik: Mengenal Kesimpulan Teks Laporan Hasil Pengamatan

 

Bacalah kutipan teks berikut ini!

Salah satu kegiatan kucing yang sering dilakukan yaitu memijat. Kucing memijat dengan cara menekankan telapak tangannya secara bergantian (kanan dan kiri), dan ada juga yang memijat dengan menarik (mengeluarkan) cakarnya. Kucing biasanya memijat manusia atau kucing lain dengan disertai suara dengkuran. Jika kucing memijat pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Selain itu, dia juga telah menganggap orang yang dipijatnya sebagai pemiliknya.

6. Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut adalah ….

   A. Kucing akan mencakar saat sedang memijit manusia atau kucing lain.

   B. Kucing hanya memijit manusia yang membuatnya merasa aman dan nyaman.

   C. Kucing akan saling memijit kucing lain jika sedang saling membutuhkan.

   D. Kucing dapat merasakan aman dan nyaman dipijit oleh manusia yang dianggap majikannya.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Pernyataan yang tepat berdasarkan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban B karena telah dijelaskan bahwa Jika kucing memijat pemiliknya, hal tersebut telah menandakan bahwa mereka merasa aman dan nyaman. Pilihan jawaban A tidak tepat karena kucing hanya mengeluarkan cakarnya untuk memijit yang tidak bertujuan untuk mencakar. Pilihan jawaban C tidak tepat karena tidak dijelaskan dalam teks. pilihan jawaban D tidak tepat karena teks tersebut membahas tentang kucing yang memijat manusia atau kucing lain, bukan kucing yang dipijit oleh manusia.

Latihan Soal PAS SD indonesia

Topik: Teks Eksplanasi Ilmiah

Subtopik: Menganalisis Teks Eksplanasi Ilmiah

 

Bacalah teks eksplanasi berikut ini!

Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat menjadi penyebab gempa bumi. Selain itu,  gempa bumi terjadi begitu cepat dengan dampak yang begitu hebat. Oleh karena itu, akibat yang ditimbulkan sangat luar biasa. Getaran gempa bumi sangat kuat dan merambat ke segala arah sehingga dapat menghancurkan bangunan dan menimbulkan korban jiwa.

7. Gempa bumi terjadi diakibatkan oleh ….

   A. Letusan gunung berapi

   B. Getaran atau guncangan yang terjadi di bumi

   C. Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat

   D. Pergeseran bangunan

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Penyebab terjadinya gempa bumi dijelaskan pada kalimat pertama yaitu Pergeseran lapisan bawah bumi dan letusan gunung yang dahsyat menjadi penyebab gempa bumi. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Soal PAS SD indonesia

Topik: Teks Pidato

Subtopik: Menganalisis Teks Pidato

 

Perhatikan kutipan teks berikut ini !

(1) Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. (2) marilah kita mulai dari diri sendiri untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah dengan caranya masing-masing. (3) Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga kepada Tuhan Yang Maha Esa. (4) Demikianlah pidato yang saya sampaikan pada hari ini.

8. Kalimat yang menyatakan ajakan pada penutup pidato di atas terdapat pada nomor ….

   A. (1)

   B. (2)

   C. (3)

   D. (4)

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kalimat ajakan merupakan kalimat yang berisi untuk melakukan suatu hal. Kalimat tersebut terdapat pada kalimat (2) karena terdapat kata “marilah” yang berarti mengajak pendengarnya untuk melakukan sesuatu, yakni menjaga kebersihan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Soal PAS SD indonesia

Topik: Buku Sejarah

Subtopik: Mengenal Unsur ADiKSiMBa dalam Buku Sejarah

 

Bacalah teks berikut untuk mengerjakan soal nomor 9 dan 10!

(1) Gendang adalah jenis alat musik pukul dalam kelompok genderang yang paling dikenal di dunia.  (2) Alat musik ini dibuat dari kulit binatang yang diregangkan pada mulut tabung kayu dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda. (3) Gendang sudah dimainkan di Cina sejak 3000 tahun yang lalu untuk ritual sembahyang atau dalam nyanyian, tarian, perang, penggembalaan hewan, tanda waktu, dan alarm.  

(4) Pada suku-suku kuno gendang dipakai juga sebagai ritual tertentu atau untuk membangkitkan kegembiraan. (5) Di nusantara gendang sudah dikenal sejak abad ke-9 sebagai alat musik pokok untuk acara persilatan, rentak tari menari, dan penyambutan raja atau tamu terhormat yang pada pokoknya untuk memeriahkan suasana perayaan.

9. Unsur pertanyaan bagaimana terdapat pada kalimat ....

   A. (1)

   B. (2)

   C. (3)

   D. (4)

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Unsur pertanyaan bagaimana berarti menanyakan tentang suatu proses. Berdasarkan hal tersebut, kalimat yang menjelaskan tentang suatu proses terdapat pada kalimat (2) yang menjelaskan tentang cara membuat gendang. Kalimat pertanyaan yang sesuai yaitu bagaimana cara membuat gendang? Jawabannya yaitu Alat musik gendang dibuat dari kulit binatang yang diregangkan pada mulut tabung kayu dengan berbagai bentuk dan ukuran yang berbeda-beda.

Latihan Soal PAS SD indonesia

Topik: Buku Sejarah

Subtopik: Mengenal Unsur ADiKSiMBa dalam Buku Sejarah

 

10. Alasan teks di atas merupakan teks dalam buku sejarah adalah ....

   A. Teks yang menggambarkan suatu benda

   B. Teks yang menjelaskan suatu gambar benda

   C. Teks yang menjelaskan tentang sejarah suatu benda

   D. Teks yang menceritakan tentang suatu benda

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Teks dalam buku sejarah adalah teks yang menjelaskan sejarah sesuatu, misalnya sejarah sebuah benda, sejarah suatu tempat, dan lain sebagainya. Teks di atas menjelaskan sejarah dari gendang. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Soal PAS SD IPA

IPA TERPADU

Topik: Perkembangbiakan Hewan dan Tumbuhan

Subtopik: Perkembangbiakan Hewan

 

11. Perkembangbiakan hewan dimana embrionya berkembang dalam telur di dalam tubuh induknya, kemudian akan menetas dan akan dikeluarkan melalui proses melahirkan dialami oleh hewan…

   A. gajah

   B. harimau

   C. katak

   D. ular boa 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Perkembangbiakan hewan dimana embrionya berkembang dalam telur di dalam tubuh induknya, kemudian akan menetas dan akan dikeluarkan dari tubuh induk melalui proses kelahiran merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan atau disebut juga ovovivipar. Hewan yang berkembang biak secara ovovivipar adalah ular boa. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Soal PAS SD IPA

Topik: Ciri Pubertas dan Reproduksi

Subtopik: Pengertian Pubertas

 

12. Jika seorang anak perempuan mengalami menstruasi, maka hal tersebut menyebabkan anak perempuan mengalami…

   A. emosi yang tidak stabil dan cepat tersinggung

   B. penuaan dini

   C. masalah pada organ reproduksinya

   D. perubahan pola pikir menjadi lebih dewasa 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Seorang anak perempuan yang mengalami menstruasi menandakan bahwa anak perempuan tersebut telah memasuki masa pubertas. Seseorang yang mengalami pubertas akan mengalami perubahan hormon yang dapat mengakibatkan emosi tidak stabil dan cepat tersinggung. Selain itu, timbul ketertarikan dengan lawan jenis dan pertumbuhan juga perkembangan pesat secara fisik. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Soal PAS SD IPA

Topik: Penyesuaian Diri Makhluk Hidup

Subtopik: Penyesuaian Diri Makhluk Hidup

 

13. Kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya disebut…

   A. reproduksi

   B. bertahan hidup

   C. berkembang biak

   D. adaptasi

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Adaptasi merupakan kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Adaptasi bertujuan untuk melindungi diri dari musuh dan bertahan hidup. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Latihan Soal PAS SD IPA

Topik: Penyesuaian Diri Makhluk Hidup

Subtopik: Adaptasi Fisiologi

 

14. Unta menyimpan lemak sebagai cadangan makanan di…

   A. perutnya

   B. mulutnya

   C. punuknya

   D. lehernya 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Adaptasi fisiologi yang dilakukan oleh unta adalah memiliki punuk. Punuk unta berfungsi menyimpan lemak sebagai cadangan makanan. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Soal PAS SD IPA

Topik: Rangkaian Listrik

Subtopik: Rangkaian Listrik Sederhana

 

15. Salah satu syarat arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian listrik adalah…

   A. adanya alat pengukur arus listrik

   B. adanya sumber listrik

   C. adanya rangkaian listrik terbuka

   D. adanya isolator 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Syarat arus listrik dapat mengalir dalam rangkaian listrik :

  •  Adanya sumber listrik seperti baterai atau aki.

  • Adanya rangkaian listrik tertutup.

  •  Adanya pengguna listrik yaitu lampu.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Soal PAS SD IPS

IPS TERPADU

Topik: Keragaman Aspek Keruangan dan Waktu di Indonesia

Subtopik: Keragaman Aspek Keruangan di Indonesia

 

16. Sungai yang sepanjang alirannya terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Ampera yang menjadi ikon Kota Palembang adalah…

   A. Sungai Musi

   B. Sungai Ketahun

   C. Sungai Asahan

   D. Sungai Batanghari 

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Sungai Musi terdapat di Sumatra Selatan tepatnya di Kota Palembang. Sepanjang aliran Sungai Musi terdapat sebuah jembatan bernama Jembatan Ampera. Jembatan tersebut merupakan ikon Kota Palembang. Sedangkan Sungai Ketahun terdapat di Bengkulu, Sungai Asahan terdapat di Sumatra Utara, dan Sungai Batanghari terdapat di Jambi. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Latihan Soal PAS SD IPS

Topik: Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi, dan Globalisasi

Subtopik: Perubahan Sosial dan Modernisasi di Indonesia

 

17. Perubahan sistem mata pencaharian atau sumber daya ekonomi yang dulu adalah pertanian bergeser ke industri dan sekarang masyarakat masuk di era digital. Perubahan tersebut termasuk…

   A. perubahan masyarakat

   B. perubahan besar

   C. perubahan kecil

   D. perubahan zaman 

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Perubahan besar merupakan perubahan yang pengaruhnya bisa dirasakan oleh seluruh masyarakat. Perubahan sistem mata pencaharian atau sumber daya ekonomi merupakan perubahan besar yang dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Latihan Soal PAS SD IPS

Topik: Keterkaitan Manusia dengan Kondisi Geografis Indonesia

Subtopik: Letak Indonesia

 

18. Indonesia diapit oleh dua Samudra, yaitu…

   A. Samudra Hindia dan Samudra Antartika

   B. Samudra Pasifik dan Samudra Arktik

   C. Samudra Hindia dan Samudra Pasifik

   D. Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Indonesia terletak di antara dua benua dan dua Samudra. Indonesia terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia. Indonesia terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Soal PAS SD IPS

Topik: Keterkaitan Manusia dengan Kondisi Geografis Indonesia

Subtopik: Penyebaran SDA di Indonesia

 

19. Sumber daya alam nabati yang tersebar di Pulau Kalimantan adalah…

   A. kelapa sawit dan padi

   B. jagung dan emas

   C. kayu dan kelapa sawit

   D. sagu dan kakao 

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Sumber daya alam nabati merupakan sumber daya yang berasal dari tumbuhan. Sumber daya alam nabati yang dihasilkan di Pulau Kalimantan adalah kelapa sawit dan hasil hutan (kayu). Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Latihan Soal PAS SD IPS

Topik: Keterkaitan Manusia dengan Kondisi Geografis Indonesia

Subtopik: Persebaran Flora dan Fauna

 

20. Wilayah Indonesia yang banyak terdapat hutan musim adalah…

   A. Pulau Kalimantan

   B. Pulau Papua

   C. Pulau Bali

   D. Pulau Jawa 

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Hutan musim biasanya ditemukan pada wilayah dengan musim kemarau yang panjang. Hutan ini juga ditemukan pada wilayah dengan suhu yang cukup tinggi dan memiliki perbedaan yang jelas antara musim kemarau dan musim hujan. Hutan musim di Indonesia biasanya ditemukan di Jawa Timur, Nusa Tenggara, dan Sulawesi Selatan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

Wih, kamu berhasil deh menyelesaikan latihan soal penilaian akhir semester untuk kelas 6 SD di atas. Semoga latihan soal dari ruangguru ini bisa membantu kamu, ya. Oh iya, kalau kamu masih kurang puas dengan 20 soal di atas, kamu bisa kok download aplikasi ruangbelajar. Setelah itu, kamu bisa belajar lagi deh menggunakan ratusan soal yang telah disediakan. Yuk, buruan download!

New Call-to-action

Beri Komentar