Latihan Soal Penilaian Tengah Semester 2019: IPS Kelas IX

Shabrina Alfari

Sep 20, 2019 • 11 min read

kelas ix ips ix ujian nasional smp


latihan soal ips kelas 9 Penilaian Tengah Semester

Artikel ini memberikan latihan soal sekaligus pembahasan Penilaian Tengah Semester IPS kelas 9

--

Selain memahami konsep dari materi pelajaran yang akan diujikan, kira-kira apa lagi hal yang penting kamu lakukan menjelang ujian? Yap, betul banget. Kamu juga harus lebih rajin berlatih soal dan melihat materi apa yang kurang kamu pahami dari hasil latihan. So, langsung saja yuk kita lihat latihan soal Penilaian Tengah Semester IPS kelas 9 berikut ini.

Baca juga: Latihan Soal Penilaian Tengah Semester IPA Kelas IX

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

TOPIK : KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI DUNIA

SUBTOPIK :  KONDISI GEOGRAFIS DUNIA

1. Perhatikan gambar berikut ini:

latihan soal ips kelas 9

Hewan yang dapat ditemukan pada wilayah yang ditunjukkan oleh huruf X adalah….

  1. singa
  2. armadillo
  3. bison
  4. orang utan

Jawaban: A

Pembahasan:

Wilayah yang ditunjukkan oleh huruf X adalah Benua Afrika. Wilayah ini memiliki hewan bertipe Ethiopian. Fauna Ethiopian ini tersebar di wilayah Afrika, Pulau Madagaskar, dan sebagian wilayah Asia Barat. Beberapa jenis hewan yang termasuk dalam tipe ini adalah zebra, jerapah, gajah, singa, cheetah, hyena, kuda nil, dan lain-lain. Jawaban yang tepat adalah A.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

TOPIK : KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI DUNIA

SUBTOPIK : POTENSI SUMBER DAYA ALAM

2. Negara di kawasan Timur Tengah didominasi oleh lahan kering dan tandus, sehingga sulit dijadikan sebagai lahan pertanian. Namun, negara-negara di kawasan ini cenderung memiliki pendapatan yang tinggi, seperti Arab Saudi dan Yordania. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah….

  1. banyak mengembangkan tenaga nuklir
  2. kegiatan wisata gurun
  3. kaya akan sumber daya alam migas
  4. peternakan hewan unta

Jawaban: C

Pembahasan:

Kawasan Timur Tengah meliputi negara-negara yang berada di wilayah Asia bagian barat daya dan Afrika bagian utara. Sebagian besar wilayah ini memiliki kondisi lahan yang kering dan tandus. Namun, negara-negara di kawasan ini umumnya memiliki cadangan minyak yang sangat besar. Hal ini disebabkan oleh proses geologis yang terjadi di kawasan ini, di mana sebagian besar batuan yang berada di sana adalah batuan karbonat yang tersusun dari hasil sedimentasi sisa-sisa hewan laut. Sisa-sisa hewan laut ini mengalami proses menjadi minyak bumi karena mendapatkan tekanan tinggi dan panas dari dalam bumi. Cadangan minyak bumi yang tinggi menjadikan sebagian besar negara di kawasan Timur Tengah memiliki pendapatan yang tinggi. Jawaban yang tepat adalah C

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

TOPIK : KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI DUNIA

SUBTOPIK :  SUMBER DAYA MANUSIA

 3. Salah satu negara maju yang ada di Benua Asia adalah Jepang. Faktor yang menjadikan negara ini menjadi negara maju adalah....

  1. angka harapan hidup tinggi
  2. angka mortalitas rendah
  3. kegiatan ekonomi berfokus pada pertanian
  4. angka pertumbuhan penduduk tinggi

Jawaban: A

Pembahasan:

Negara Jepang merupakan salah satu negara maju yang berada di Benua Asia. Beberapa faktor yang menjadikan Jepang dikelompokkan sebagai negara maju, yaitu:

  • Angka pertumbuhan penduduk rendah
  • Kegiatan ekonomi berfokus pada kegiatan industri dan jasa
  • Angka harapan hidup tinggi
  • Kualitas sumber daya manusia tinggi
  • Pertumbuhan ekonomi tinggi

Jawaban yang tepat adalah A

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

TOPIK : KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI DUNIA

SUBTOPIK :  INTERAKSI ANTARRUANG

4. Saat ini, kegiatan distribusi barang perdagangan dari suatu negara ke negara dapat dilakukan dengan mudah. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah….

  1. adanya pajak bea cukai
  2. topografi muka bumi yang beragam
  3. laut yang luas
  4. alat transportasi yang memadai

Jawaban: D

Pembahasan:

Salah satu faktor yang memengaruuhi munculnya interaksi keruangan di dunia adalah karena adanya kemudahan transfer. Faktor ini berkaitan dengan kemampuan suatu wilayah untuk mencapai wilayah lainnya dalam perpindahan ruang, baik manusia, informasi, atau barang. Oleh sebab itu, masalah jarak, transportasi, infrastruktur, dan biaya sangat berpengaruh dalam hal ini. Saat ini, kegiatan distribusi barang-barang perdagangan di dunia dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini disebabkan karena adanya alat transportasi dan infrastruktur yang memadai. Contohnya adalah keberadaan kapal laut yang secara efektif dapat membawa barang perdagangan dari suatu negara ke negara lain dengan jumlah banyak atau keberadaan pesawat terbang yang dapat memindahkan barang perdagangan dalam waktu yang cepat. Jawaban yang tepat adalah D.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : GEOGRAFI

TOPIK : KERUANGAN DAN INTERAKSI ANTARRUANG DI DUNIA

SUBTOPIK : DAMPAK INTERAKSI ANTARRUANG

5. Masuknya produk dari negara asing dapat menyebabkan kegiatan industri dan produk lokal menjadi lemah karena memiliki daya saing yang rendah. Langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya hal tersebut adalah….

  1. menghentikan impor barang dari luar negeri
  2. tidak melakukan interaksi dengan negara lain
  3. menghentikan ekspor barang dalam negeri
  4. mencintai dan membeli produk dalam negeri

Jawaban: D

Pembahasan:

Interaksi antarnegara menyebabkan produk dari negara lain dapat masuk ke Indonesia dengan mudah. Hal ini dapat menyebabkan produk dari dalam negeri menjadi melemah dan kalah saing, jika konsumen beralih membeli produk luar tersebut. Oleh sebab itu, salah satu langkah untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mencintai dan membeli produk dalam negeri. Hal ini dilakukan untuk mendorong perekonomian dan kegiatan industri dalam negeri. Selain itu, pihak industri lokal pun harus terus meningkatkan kualitas dan pemasaran produknya agar tetap bisa bersaing dengan produk luar. Jawaban yang tepat adalah D.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI

TOPIK : PERUBAHAN SOSIAL

SUBTOPIK : PENGERTIAN PERUBAHAN SOSIAL

 6. Berikut ini yang merupakan definisi perubahan sosial menurut Kingsley Davis adalah ….

  1. ketika perubahan sosial terjadi, maka salah satu kondisi yang berubah dari masyarakat adalah struktur dan fungsi sosial
  2. perubahan yang terjadi pada berbagai lembaga masyarakat dalam suatu masyarakat termasuk dalam hal nilai sosial, sikap, dan pola perilaku antara kelompok-kelompok masyarakat
  3. perubahan-perubahan yang terjadi dalam hubungan sosial (social relation) atau perubahan terhadap keseimbangan (ekuilibrium) hubungan sosial
  4. perubahan yang mencakup unsur-unsur kebudayaan baik material maupun immaterial yang menekankan adanya pengaruh besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap unsur-unsur immaterial

Jawaban: A

Pembahasan:

Seorang ahli sosiologi asal Amerika Serikat, Kingsley Davis, dalam bukunya, yaitu Human Society (1949) mendefinisikan perubahan sosial sebagai perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat. Artinya, yang berubah di sini adalah susunan atau pola hubungan dalam masyarakat dan bagaimana mereka menjalankan peran dalam kelompoknya. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI

TOPIK : PERUBAHAN SOSIAL

SUBTOPIK : FAKTOR PENYEBAB EKSTERNAL PERUBAHAN SOSIAL

 7. Hubungan sosial yang selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat membuat kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya bertemu dalam proses sosial, baik bertemunya tersebaut secara asosiatif ataupun disosiatif. Hal tersebut merupakan faktor eksternal perubahan sosial berupa ….

  1. akulturasi budaya
  2. asimilasi budaya
  3. pengaruh kebudayaan lain
  4. eksklusivitas budaya

Jawaban: C

Pembahasan:

Pengaruh yang terjadi pada kebudayaan masyarakat lain adalah salah satu penyebab adanya perubahan sosial (eksternal). Hal ini disebabkan karena hubungan sosial selalu terjadi dalam kehidupan masyarakat sehingga kebudayaan satu dengan kebudayaan lainnya bertemu dalam proses seosial, baik bertemunya tersebaut secara asosiatif ataupun disosiatif. Pertemuan dua kebudayaan atau lebih yang memiliki perbedaan latar belakang budaya tersebut pada dasarnya menjadi penyebab perbuahan sosial budaya. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI

TOPIK : PERUBAHAN SOSIAL

SUBTOPIK : FAKTOR PENDORONG DAN PENGHAMBAT PERUBAHAN SOSIAL

 8. Kondisi penduduk dengan masyarakat yang berasal dari latar belakang budaya, ideologi, dan ras yang berbeda memang dapat menimbulkan konflik horizontal. Akan tetapi, keadaan yang demikian juga dapat menjadi faktor pendorong perubahan sosial ke arah yang lebih baik. Faktor pendorong perubahan sosial yang ditunjukkan pada penjelasan tersebut adalah ….

  1. difusi budaya
  2. penemuan baru
  3. heterogenitas masyarakat
  4. konflik sosial

Jawaban: C

Pembahasan:

Masyarakat heterogen atau bisa juga di sebut dengan masyarakat yang majemuk menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya perubahan sosial. Contoh masyarakat heterogen adalah masyarakat yang ada di Indonesia. Terdiri dari berbagai suku, bangsa, ras, agama, dan budaya lah yang menjadikan bahwa Indonesia adalah negara yang heterogen. Penduduk yang heterogen sering mengalami konflik sosial sehingga mendorong perubahan sosial secara cepat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI

TOPIK : PERUBAHAN SOSIAL

SUBTOPIK : BENTUK-BENTUK PERUBAHAN SOSIAL

9. Berikut ini yang merupakan contoh perubahan yang berpengaruh besar adalah ….

  1. perubahan Undang-Undang Langsung
  2. perubahan sistem perdagangan
  3. perubahan sistem perekonomian dari agragris ke industri
  4. perubahan mode pakaian dan aksesoris

Jawaban: C

Pembahasan:

Salah satu bentuk perubahan sosial berupa perubahan besar. Perubahan besar merupakan perubahan yang memiliki pengaruh atau dampak besar bagi masyarakat luas karena melibatkan aspek-aspek kehidupan dan lembaga kemasyarakatan. Misalnya, pembangunan sektor industri (industrialisasi) di perdesaan dapat memengaruhi kondisi masyarakat di sekitarnya. Hal ini dapat membuat masyarakat perdesaan yang umumnya bekerja di sektor pertanian (masyarakat agraris) menjadi masyarakat industri yang bekerja di sektor industri (pabrik). Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Untitled design (2)-31

SUB MATA PELAJARAN : SOSIOLOGI

TOPIK : PERUBAHAN SOSIAL

SUBTOPIK : DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

  1. Perhatikan dua fenomena akibat perubahan sosial berikut!

1) Pemerintah mengkonversikan BBM menjadi gas dengan cara mensosialisasikan tabung gas ke masyarakat. Namun berhubung sebagian masyarakat belum siap, terkait dengan kenyamanan dan keamanan penggunanan tabung gas maka masyarakat kebanyakan menolak konversi tersebut.

2) Ada orang desa yang datang ke tempat dengan fasilitas AC, sedang kedapatan merokok yang sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan pada ruangan ber AC.

Berdasarkan kedua gejala tersebut, pernyataan yang benar adalah ….

  1. gejala 1) dan 2) merupakan contoh cultural shock
  2. gejala 1) dan 2) merupakan contoh cultural lag
  3. gejala 1) merupakan contoh cultural lag dan gejala 2) merupakan contoh cultural shock
  4. gejala 1) merupakan contoh cultural shock dan gejala 2) merupakan contoh cultural lag

Jawaban: D

Pembahasan:

Gejala pertama telah menggambarkan adanya cultural shock, bahwa masyarakat mengalami masa transisi dengan perasaan-perasaan unik yang timbul dalam diri masyarakat setelah memasuki suatu kebuadayaan baru. Maksudnya adalah ketidaksiapan masyarakat akan masuknya budaya baru sehingga terjadilah penolakan terhadap unsur budaya baru yang masuk. Kemudian, pada gejala kedua menggambarkan adanya cultural lag, yaitu kondisi yang terjadi karena unsur-unsur kebudayaan tidak dapat berkembang secara bersamaan, salah satu unsur kebudayaan berkembang sangat cepat sedangkan unsur yang lainya mengalami ketinggalan. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Untitled design (2)-31

Gimana sudah paham belum? Atau masih banyak yang bingung? Nggak usah galau, ayo mantapkan lagi pemahaman kamu sebelum menghadapi Penilaian Tengah Semester dengan ruangbelajar.

ruangbelajar

Beri Komentar

Recent Posts