Latihan Soal Sekolah Online Ruangguru Kelas 10-12 SMA IPS Periode 23-27 Maret 2020

Shabrina Alfari Mar 27, 2020 • 132 min read


Latihan soal sekolah online Ruangguru

Artikel ini memberikan latihan soal dan pembahasan Sekolah Online Ruangguru untuk kelas 10-12 SMA IPS periode 22-27 Maret 2020

--

Bagaimana keseruanmu belajar dengan Sekolah Online Ruangguru? Semoga masih tetap konsisten dan nggak bolong-bolong ya. Untuk menyempurnakan proses belajar kamu di rumah, Sekolah Online Ruangguru Gratis sekarang menyediakan latihan soal yang bisa kamu akses setelah kegiatan belajar berakhir. Pembahasan soal-soal yang ada di Sekolah Online Ruangguru bisa kamu lihat setiap minggunya di ruangbaca. Yuk, lihat pembahasan soal kelas 10-12 SMA IPS periode 22-27 Maret 2020 berikut ini.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA_KELAS_10

BAHASA INDONESIA

Topik : Biografi (NEW!)

Subtopik : Mengenal Biografi

1. Pengertian biografi yang tepat adalah …
  1. Kisah hidup tokoh terkenal yang menginspirasi banyak orang.
  2. Sejarah hidup penulis yang memuat banyak pelajaran untuk pembaca.
  3. Cerita hidup seseorang yang ditulis dan dijadikan sebuah buku.
  4. Riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain.
  5. Perjalanan hidup seorang tokoh terkenal yang memuat cara-cara menghadapi masalah dalam hidup.

Jawaban : D

Pembahasan :

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) biografi adalah riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Pada umumnya, dalam sebuah biografi termuat sejarah hidup seseorang sejak ia lahir hingga saat ini, bahkan sampai tokoh tersebut meninggal dunia. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, pengertian biografi yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Biografi (NEW!)

Subtopik : Mengenal Biografi, Menganalisis Biografi

2. Perhatikan kutipan teks berikut!

Setiap tanggal 2 Oktober, dunia memperingati kelahiran Mahatma Gandhi, pengacara India yang memimpin gerakan kemerdekaan India tanpa kekerasan dan berhasil membebaskan negaranya dari kekuasaan Inggris. Ia lahir tahun 1869 di Porbandar, Kathiawar (sekarang dikenal sebagai negara bagian Gujarat). Ayahnya adalah seorang menteri utama negara bagian Porbandar, sedangkan ibunya adalah orang yang amat religius. Seiring berjalannya waktu, Gandhi tertarik menjadi dokter. Namun, ayahnya menginginkan dirinya menjadi menteri utama. Perjalanannya menjadi pengacara dan akhirnya menjadi seorang Buddha rupanya diwarnai berbagai rintangan.

Pernyataan yang benar mengenai jenis teks di atas adalah …

  1. Kutipan di atas termasuk teks biografi karena mengisahkan tokoh yang telah meninggal.
  2. Kutipan di atas termasuk teks biografi karena mengisahkan kehidupan tokoh dan keluarganya.
  3. Kutipan di atas termasuk teks biografi karena berisi riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain.
  4. Kutipan di atas tidak tergolong teks biografi karena menceritakan tokoh dengan sudut pandang orang ketiga.
  5. Kutipan di atas tidak tergolong teks biografi karena tidak menceritakan kehidupan keluarga tokoh secara lengkap.

Jawaban : C

Pembahasan :

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), biografi berarti riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Tokoh yang sering muncul dalam biografi adalah tokoh terkenal, orang sukses, maupun orang yang memiliki peran besar menyangkut kehidupan orang banyak. 

Kutipan di atas berisi riwayat hidup seorang tokoh terkenal, yaitu Mahatma Gandhi. Selain itu, riwayat hidup tokoh dalam kutipan di atas ditulis oleh orang lain. Hal itu terbukti dengan digunakannya sudut pandang orang ketiga dalam teks (menggunakan kata ganti ia). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kutipan di atas termasuk teks biografi karena berisi riwayat hidup seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Biografi (NEW!)

Subtopik : Kebahasaan Biografi

3. Perhatikan kalimat berikut!

B.J. Habibie mampu memberikan semangat pada kaum muda Indonesia.

Kalimat pasif yang tepat berdasarkan kalimat aktif di atas adalah …

  1. J. Habibie mampu diberikan semangat pada kaum muda Indonesia.
  2. J. Habibie diberikan semangat pada kaum muda Indonesia.
  3. Kaum muda Indonesia mampu diberikan semangat oleh B.J. Habibie.
  4. Semangat pada kaum muda Indonesia mampu diberikan B.J. Habibie.
  5. Kaum muda Indonesia mampu memberikan semangat B.J. Habibie.

Jawaban: D

Pembahasan:

Salah satu ciri kebahasaan biografi adalah kalimat pasif. Kalimat tersebut bertujuan untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Kalimat pada soal merupakan contoh kalimat aktif. Kalimat pasif yang tepat berdasarkan kalimat aktif di atas adalah Semangat pada kaum muda Indonesia mampu diberikan B.J. Habibie. Hal tersebut sesuai dengan salah satu ciri kalimat pasif, yaitu untuk predikat berawalan di- yang diikuti objek, dapat diubah menjadi kalimat aktif, begitu juga sebaliknya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Biografi (NEW!)

Subtopik : Menganalisis Biografi

4. Perhatikan kalimat pada kutipan biografi berikut!

Setelah film “Arisan”, Joko Anwar kembali menulis dan menyutradarai mock-reality-show dalam Ajang Ajeng (2004) untuk MTV yang merupakan sindiran terhadap reality show yang sedang menjamur.

Kata kerja tindakan pada kutipan biografi di atas berjumlah ….

  1. satu
  2. dua 
  3. tiga
  4. empat
  5. lima

Jawaban: B 

Pembahasan:

Kata kerja tindakan merupakan salah satu ciri kebahasaan dalam biografi. Kata kerja tindakan banyak digunakan untuk menjelaskan peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh. Kata kerja tindakan dalam biografi merupakan sebuah kata kerja yang menggambarkan perbuatan fisik yang dilakukan oleh tokoh. Kalimat di atas memuat kata kerja tindakan yang ditandai dengan kata menulis dan menyutradarai. Kedua kata tersebut menggambarkan perbuatan fisik berupa kegiatan membuat tulisan dan memimpin atau mengatur pementasan sandiwara atau film. Dengan demikian, kata kerja tindakan pada kutipan biografi di atas berjumlah dua. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Biografi (NEW!)

Subtopik : Menulis Biografi

5. Perhatikan kutipan berikut!

Perkenalan Abdullah Idrus dengan dunia sastra sudah dimulainya sejak duduk di bangku sekolah, terutama ketika di bangku sekolah menengah. Ia sangat rajin membaca karya-karya roman dan novel Eropa yang dijumpainya di perpustakaan sekolah. Ia pun sudah menghasilkan cerpen pada masa itu.

Pernyataan yang tepat mengenai kutipan biografi di atas adalah ....

  1. memuat informasi yang cukup lengkap
  2. menyajikan kalimat yang memuat ambiguitas
  3. menggunakan sudut pandang orang ketiga
  4. memuat kalimat yang tidak efektif
  5. menggunakan kata ganti orang ketiga jamak

Jawaban: C

Pembahasan:

Kutipan di atas merupakan bagian dari teks biografi. Teks biografi tersebut menggunakan kalimat tidak langsung. Selain itu, kutipan paragraf teks biografi di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga. Hal tersebut dibuktikan dari penggunaan kata ganti orang ketiga, yakni ia. Dengan demikian, pernyataan yang tepat mengenai kutipan biografi di atas terdapat pada pilihan jawaban C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

BAHASA INGGRIS

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

Bacharuddin Jusuf Habibie was born on June 25, 1936 in the sleepy seaside town of Pare Pare in the Indonesian state of South Sulawesi. The fourth of eight children, he was nicknamed "Rudy" at an early age. His father, Alwi Abdul Jalil Habibie, was a government agricultural official who promoted the cultivation of cloves and peanuts. His grandfather was a Muslim leader and an affluent landowner.

As a child Habibie liked swimming, reading, singing, riding his father's racehorses, and building model airplanes. His interest in building model planes continued while he excelled in science and mathematics at the Bandung Institute of Technology. His mother, R.A. Tuti Marini Habibie, arranged for him to continue his studies in Germany. At the Technische Hochschule of Aachen, Habibie studied aircraft construction engineering.

In 1962, on a visit to Indonesia, he married H. Hasri Ainun Besari, a doctor. They had two children, Ilham Akbar and Thareq Kemal, both born in Germany. 

After graduating with a doctoral degree from the Aachen Institute in 1965, Habibie joined the aircraft manufacturing firm Messerschmitt-Boelkow-Bluhm, rising to the rank of vice-president. As a research scientist and aeronautical engineer, he helped design several planes, including the DO-31, an innovative vertical takeoff and landing craft. He specialized in solutions for aircraft cracking, gaining the nickname "Mr. Crack" as one of the first scientists to calculate the dynamics of random crack propagation. He also became involved in international aircraft marketing activities and NATO's defense and economic development.

1. Habibie married Ainun ….

  1. when was 26 years old
  2. during his first visit to Indonesia
  3. after he got his doctoral degree
  4. after he was appointed to be a vice president
  5. when he was still building his first model planes

Jawaban : A

Pembahasan :

Habibie menikahi Ainun pada tahun 1962, dan dia lahir tahun 1936. Berarti dia menikahi Ainun ketika dia berusia 26 tahun. Jawaban yang benar adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

William Shakespeare was born in Stratford-upon-Avon on 23rd April 1564. His father William was a successful local businessman, and his mother Mary was the daughter of a landowner. Relatively prosperous, it was likely the family paid for Williams education, although there was no evidence he attended university.

In 1582 William, aged only 18, married an older woman named Anne Hathaway. They had three children, Susanna, Hamnet and Juliet. Their only son Hamnet died at the age of just 11.

After his marriage, information about the life of Shakespeare was sketchy, but it seemed he spent most of his time in London – writing and acting in his plays.

It seemed Shakespeare didn’t mind being absent from his family – he only returned home during Lent when all the theatres were closed. It was thought that during the 1590s, he wrote the majority of his sonnets. This was a time of prolific writing and his plays developed a good deal of interest and controversy. His early plays were mainly comedies (e.g. Much Ado about Nothing, A Midsummer’s Night Dream) and histories (e.g. Henry V)

By the early Seventeenth Century, Shakespeare had begun to write plays in the genre of tragedy. These plays, such as Hamlet, Othello and King Lear, often hinge on some fatal error or flaw in the lead character and provide fascinating insights into the darker aspects of human nature. These later plays were considered Shakespeare’s finest achievements.

(Adapted from: www. biographyonline.net, accessed on January 6, 2019)

2. What is the writer’s purpose in writing the text?

  1. To discuss the controversy of Shakespeare’s writings.
  2. To report the most well-known works of Shakespeare.
  3. To tell how Shakespeare gained his long-lasting popularity.
  4. To amuse the readers through the life story of Shakespeare.
  5. To provide the information on the life of Shakespeare in brief.

 Jawaban : E

Pembahasan :

Teks tersebut membahas secara singkat hidup seorang tokoh bernama Shakespeare termasuk kapan dan dimana dia lahir, keluarganya, pernikahannya, anaknya dan juga beberapa karyanya. Berarti, bacaan di atas merupakan biografi singkat Shakespeare. Dengan demikian, tujuan penulis menuliskan teks tersebut adalah E. Memberikan informasi tentang kehidupan Shakespeare secara singkat.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

William Shakespeare was born in Stratford-upon-Avon on 23rd April 1564. His father William was a successful local businessman, and his mother Mary was the daughter of a landowner. Relatively prosperous, it was likely the family paid for Williams education, although there was no evidence he attended university.

In 1582 William, aged only 18, married an older woman named Anne Hathaway. They had three children, Susanna, Hamnet and Juliet. Their only son Hamnet died at the age of just 11.

After his marriage, information about the life of Shakespeare was sketchy, but it seemed he spent most of his time in London – writing and acting in his plays.

It seemed Shakespeare didn’t mind being absent from his family – he only returned home during Lent when all the theatres were closed. It was thought that during the 1590s, he wrote the majority of his sonnets. This was a time of prolific writing and his plays developed a good deal of interest and controversy. His early plays were mainly comedies (e.g. Much Ado about Nothing, A Midsummer’s Night Dream) and histories (e.g. Henry V)

By the early Seventeenth Century, Shakespeare had begun to write plays in the genre of tragedy. These plays, such as Hamlet, Othello and King Lear, often hinge on some fatal error or flaw in the lead character and provide fascinating insights into the darker aspects of human nature. These later plays were considered Shakespeare’s finest achievements.

3. What is true according to the text?

  1. Hamlet was Shakespeare’s favorite play.
  2. His father encouraged him to be a writer. 
  3. Shakespeare got married during his old age.
  4. Shakespeare spent most of his time with his family. 
  5. Some of Shakespeare’s works were subjects to controversy.

 Jawaban : E

Pembahasan :

“This was a time of prolific writing and his plays developed a good deal of interest and controversy.”  artinya “Saat itu (1590-an) merupakan waktu dia banyak menulis dan sandiwara-sandiwaranya (drama) menarik banyak perhatian dan juga kontroversi. Sandiwara-sandiwara dia sebelumnya kebanyakan adalah komedi berdasarkan kalimat “His early plays were mainly comedies.” Jadi, pernyataan yang benar adalah E. Beberapa karya Shakespeare menjadi subjek kontroversi, bukan semuanya. Hanya yang ditulis pada tahun 1950-an. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Past Tenses

Subtopic : Simple Past Tense

4. Wilder Penfield, a Canadian neurosurgeon, proved that by stimulating their brains electrically, he was able to elicit the total recall of specific events in his subjects’ lives. Even dreams and other minor events supposedly forgotten for many years suddenly … in detail. 

  1. emerge
  2. emerged
  3. was emerging
  4. were emerging

 Jawaban : B

Pembahasan :

Kata-kata di atas mungkin terlihat sulit untuk diterjemahkan. Tapi kalau kita perhatikan, tidak ada kata when, while atau keterangan waktu spesifik pada kalimat tersebut sehingga tidak mungkin menggunakan past continuous tense (was/were+Ving). Lalu pada kalimat pertama ada V2 yaitu “proved” dan “was”, berarti yang kalimat di atas menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lampau, maka yang kita gunakan adalah simple past tense (V2). Jadi, jawaban yang benar adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Past Tenses

Subtopic : Past Continuous Tense

5. Bona : Galih works at the bank which was robbed two years ago.

Kiara : _____ at the time of the robbery?

  1. Does she actually work
  2. Was he actually working
  3. Did he actually work
  4. Had he actually worked

 Jawaban : B

Pembahasan :

Bona mengatakan “Galih bekerja di bank yang dirampok dua tahun lalu.” Lalu kiara menanyakan “___ pada saat perampokan itu terjadi?” Meskipun kalimat Galih dibuat dalam kalimat simple present tense (diketahui dari penggunaan V1 works), akan tetapi fokus pertanyaan Kiara adalah pada kejadian perampokan yang terjadi dua tahun lalu. Maka yang digunakan adalah simple past atau past continuous. “at the time of the robbery” adalah keterangan waktu spesifik, maka yang kita gunakan adalah kalimat tanya past continuous tense (was/were + S + Ving + O/C?). Jadi, jawaban yang benar adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

MATEMATIKA

Topik : Fungsi Komposisi

Subtopik : Pengertian Fungsi Komposisi

1. Perhatikan diagram panah berikut!

q

Nilai dari w-1 adalah ....

  1. -2
  2. -1
  3. 0
  4. 1
  5. tidak terdefinisi

Jawaban : E

Pembahasan :

Dari diagram panah, kita ketahui bahwa

e

Sehingga

r-2

Karena t tidak terdefinisi, maka w-1 tidak terdefinisi.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Relasi dan Fungsi

Subtopik : Fungsi

2. Diketahui 1-405577069127 Nilai fungsi jika 2-232 adalah ....

3-87

Jawaban : A

Pembahasan :

Untuk mencari nilai fungsi dengan 2-232, tinggal subtitusikan 2-232 ke rumus fungsi 7-52 Sehingga,

4-55

Jadi, nilai fungsi 5-75 dengan 2-232 adalah 6-79.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Fungsi Invers

Subtopik : Pengertian Fungsi Invers

3. Diketahui 8-54dengan 9-49 Nilai  10-40

  1. -4
  2. -2
  3. 0
  4. 2
  5. 4

Jawaban : A

Pembahasan :

Misalkan 11-146 Dengan menggunakan konsep invers, maka kita punya

12-34

Selanjutnya, kita cari nilai  yang memenuhi 12-34

13-31

Jadi, nilai 14-5577069094. Jawabannya adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Fungsi Trigonometri

Subtopik : Perbandingan Sisi (Trigonometri)

4. Perhatikan gambar berikut!

 

15-26

Nilai dari sec β adalah ....

16-22

Jawaban : A

Pembahasan :

Dari gambar di atas, dapat diketahui bahwa segitiga ABC adalah segitiga siku-siku di titik C.

Oleh karena itu, berdasarkan Teorema Pythagoras berlaku bahwa

17-19

Karena panjang sisi AB tidak mungkin bernilai negatif, maka AB = 5.

Jika ditinjau dari sudut β maka didapat sisi depannya adalah AC, sisi sampingnya adalah BC, dan sisi miringnya adalah AB.

Oleh karena itu, 

18-19

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Fungsi Invers

Subtopik : Invers Fungsi Komposisi

5. Diketahui 1-405577069128dan 2-233. Maka, 3-88=....

  1.  

4-56

Jawaban : B

Pembahasan :

Kita cari 5-76 terlebih dahulu.

6-80

Perhatikan bahwa

7-53

Sehingga

8-55

Lalu, kita cari .

9-50

Jadi,

10-41

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

GEOGRAFI

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Cuaca dan Iklim

1. Perubahan musim yang terjadi di muka bumi merupakan dampak dari ….

  1. gerak rotasi bumi
  2. jarak wilayah dari laut
  3. morfologi permukaan bumi
  4. pergerakan arus laut di bumi
  5. gerak perputaran bumi terhadap matahari

Jawaban : E

Pembahasan :

Revolusi bumi merupakan gerakan bumi mengelilingi matahari. Pergerakan ini ditambah dengan posisi bumi yang miring terhadap sumbunya menyebabkan kondisi iklim di bumi berbeda-beda dan berubah. Ada kalanya bagian bumi belahan utara lebih banyak menghadap ke matahari dan mengalami musim panas, lalu ada kalanya pula bagian bumi berada pada posisi membelakangi matahari dan mengalami musim dingin. Jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Udara

2. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak pada wilayah beriklim tropis. Berdasarkan informasi tersebut, maka karakteristik massa udara yang terbentuk di Indonesia adalah ….

  1. kering dan sejuk
  2. kering dan dingin
  3. kering dan panas
  4. lembap dan dingin
  5. lembap dan panas

Jawaban : E

Pembahasan :

Indonesia merupakan negara yang berada sangat dekat dengan garis ekuator. Oleh sebab itu, jenis massa udara yang berasal dari Indonesia adalah tipe ekuatorial yang panas. Bentuk negara Indonesia yang kepulauan juga turut memengaruhi karakteristik massa udaranya. Indonesia memiliki wilayah laut yang sangat luas sehingga massa udaranya memiliki karakteristik maritim yang lembap. Oleh sebab itu, jenis massa udara yang ada di Indonesia adalah maritim ekuatorial yang panas dan lembap. Jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Angin

3. Dampak dari angin muson timur terhadap wilayah Indonesia adalah ….

  1. terjadi bencana banjir
  2. ketersediaan air terancam
  3. produksi garam terhambat
  4. risiko tanah longsor meningkat
  5. menandakan tibanya musim tanam padi

Jawaban : B

Pembahasan :

Angin muson timur merupakan angin yang berhembus dari wilayah Australia menuju Asia. Angin ini bersifat kering karena membawa uap air yang sedikit. Akibatnya adalah Indonesia akan mengalami musim kemarau. Pada saat musim kemarau, ketersediaan air yang ada di Indonesia menjadi terancam karena tingginya penguapan air. Selain itu, musim kemarau juga menyebabkan risiko gagal panen dan kebakaran hutan meningkat. Jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Awan

4. Fenomena halo matahari merupakan hasil dari interaksi matahari dengan kristal-kristal es pada awan ….

  1. altokumulus
  2. altostratus
  3. kumulonimbus
  4. sirostratus
  5. stratus

 Jawaban : D 

Pembahasan :

Perhatikan gambar berikut ini!

11-147

Sumber: https://commons.wikimedia.org

Halo adalah fenomena optik yang terjadi saat cahaya matahari atau bulan berinteraksi dengan kristal es pada awan. Interaksi tersebut menyebabkan terjadinya refleksi, refraksi, dan dispersi cahaya. Peristiwa ini banyak terjadi pada awan-awan tinggi, seperti sirus dan sirostratus. Jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Dinamika Atmosfer

Subtopik : Hujan

5. Hujan yang terbentuk karena adanya pertemuan angin pasat disebut sebagai hujan ….

  1. frontal
  2. muson
  3. orografis
  4. siklonal
  5. zenithal

Jawaban : E

Pembahasan :

Angin pasat adalah angin yang bergerak dari wilayah subtropis atau lintang 30° LU/LS menuju ke arah khatulistiwa atau wilayah tropis. Massa udara yang dibawa oleh angin pasat mengalami pemanasan karena suhu udara di wilayah tropis yang tinggi. Massa udara yang mengalami pemanasan ini kemudian naik ke atas secara vertikal. Pada ketinggian tertentu, uap air pada massa udara akan mengalami kondensasi dan membentuk awan. Akibatnya adalah terjadi hujan yang sangat lebat. Hujan ini disebut dengan hujan konveksi atau hujan zenithal. Jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SOSIOLOGI

Topik : Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik : Mengenal Gejala Sosial di Masyarakat

1. Menjelang pemilihan calon legislatif di tingkat DPR, banyak masyarakat di lapangan menemui fenomena serangan fajar. Beberapa calon anggota legislatif memilih cara licik berupa membagikan uang atau sembako demi bisa mendapatkan suara dari rakyat dan mendapatkan jabatan sebagai anggota pemerintah. Ilustrasi tersebut menunjukkan dampak negatif sebuah gejala sosial, yaitu ….

  1. industri
  2. demokrasi
  3. urbanisasi
  4. industrialisasi
  5. keterbukaan sosial

 Jawaban : B

Pembahasan :

Sistem demokrasi dalam sebuah negara dapat kita pandang sebagai gejala sosial di masyarakat. Artinya, demokrasi ini bisa menimbulkan kondisi baru yang ada di masyarakat. Demokrasi memiliki sisi negatif, salah satunya perebutan kekuasaan politik yang dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya dalam kasus pada soal di mana menjelang pemilihan calon legislatif di tingkat DPR, banyak masyarakat di lapangan menemui fenomena cara licik para calon berupa membagikan uang atau sembako demi bisa mendapatkan suara dari rakyat.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Industri: proses mengolah suatu barang menggunakan sarana dan peralatan.

Urbanisasi: dipahami sebagai fenomena bertambahnya jumlah penduduk di suatu wilayah tertentu yang terjadi secara memusat.

Industrialisasi: artinya menggalakkan industri dalam suatu negara. Industrialisasi mengandalkan tenaga mesin untuk mengolah barang dan manusia bekerja sebagai pengawas jalannya produksi.

Keterbukaan sosial: penerimaan atau penghargaan dari masyarakat terhadap suatu kondisi atau hal tertentu. Misalnya, Sarita (Warga Negara Indonesia) yang menyukai berbagai budaya dari Korea.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Ragam Gejala Sosial di Masyarakat II

Subtopik : Pembentukan Kepribadian pada Individu

2. Geri pernah terjatuh saat belajar naik sepeda sehingga ia menjadi takut untuk belajar lagi. Akhirnya setelah dewasa pun, Geri jadi tidak bisa bersepeda dan bahkan takut untuk belajar mengendarai kendaraan roda dua lain karena dianggap menyerupai sepeda. Berdasarkan ilustrasi tersebut, pembentukan kepribadian dipengaruhi oleh faktor sosialisasi ….

  1. faktor geografis
  2. pengalaman unik
  3. faktor kebudayaan
  4. pengalaman kelompok
  5. perilaku warisan orang tua

Jawaban : B

Pembahasan :

Ilustrasi menunjukkan Geri telah mengalami suatu pengalaman terjatuh dari sepeda hingga membuatnya jadi takut. Hal ini menunjukkan kepribadian yang dipengaruhi faktor pengalaman unik. Apa yang terjadi pada satu orang berbeda dengan orang yang lain dalam suatu masyarakat. Meskipun latar belakang dan lingkungan sosial seseorang bisa sama dengan orang terdekatnya, tapi pengalaman unik ini hanya terjadi pada satu orang saja. Pengalaman yang dialami Geri belum tentu dialami juga oleh orang lain. Bahkan, jika ada orang yang juga pernah jatuh dari sepeda, dampaknya tidak akan sama. Hanya Geri yang mendapatkan dampak psikis dari kejadian saat ia terjatuh.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Faktor geografis: berkaitan dengan lingkungan tempat tinggal yang memengaruhi kepribadian individu. Misalnya, masyarakat pegunungan dikenal sebagai pribadi yang cenderung tertutup.

Faktor kebudayaan: nilai dan norma suatu kebudayaan yang dipraktekkan sejak kecil dapat membentuk pribadi diri kita di usia dewasa.

Pengalaman kelompok: Bergabungnya seseorang ke dalam suatu kelompok tertentu bisa membentuk kepribadiannya berdasarkan pengalaman pribadi bersama kelompoknya.

Perilaku warisan orang tua: berasal dari genetik anak dari orang tuanya. Misalnya tinggi badan, golongan darah, penyakit bawaan, dan ciri fisik lainnya yang bisa membentuk kepribadian seseorang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Norma Sosial di Masyarakat

Subtopik : Norma Sosial di Masyarakat

3. Contoh tindakan yang menunjukkan pelanggaran norma adat istiadat atau custom adalah ….

  1. perilaku untuk membuang ludah di sembarang tempat
  2. dikucilkan oleh masyarakat di desanya karena ketahuan mencuri
  3. membawa mengendarai mobil orang tuanya meski tidak memiliki SIM
  4. memiliki istri lebih dari satu atau berpoligami di Desa Penglipuran, Bali
  5. memacu motornya dengan kencang meski lampu lalu lintas menyala merah

Jawaban : D

Pembahasan :

Tingkatan norma sosial yang keempat, yaitu norma adat istiadat atau customs. Pada tingkatan ini, norma memiliki kekuatan untuk mengikat semua anggotanya agar bertingkah laku sesuai dengan ketentuan yang ada. Norma adat istiadat ini sangat kuat ikatannya pada masyarakat yang bersangkutan. Dengan adanya norma adat istiadat, diharapkan masyarakat berperilaku sesuai aturan yang ada. Norma adat istiadat juga dibuat untuk menjaga dan membuat kebudayaan masyarakat setempat tetap lestari. Siapapun yang melanggarnya, maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai dengan adat dan ketentuan yang berlaku pada masyarakat itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Penelitian Sosial

Subtopik : Teknik Pengambilan Sampel dalam Penelitian Kuantitatif

4. Raka melakukan penelitian di sekolahnya mengenai pengaruh aplikasi belajar online terhadap prestasi siswa di sekolah. Raka lalu mendata para siswa yang menggunakan aplikasi belajar online di seluruh kelas. Kemudian, ia mengambil nomor urut kelipatan lima dari seluruh pengguna tersebut. Teknik pengambilan sampel penelitian yang dilakukan Raka adalah ….

  1. kuota
  2. wilayah
  3. random
  4. purposive
  5. kelompok

 Jawaban : C

Pembahasan :

Teknik random sampling adalah teknik pengambilan sampel secara acak. Dalam teknik ini, semua individu memiliki kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel penelitian. Setiap subjek yang terdaftar dalam populasi diberi nomor urut sebanyak populasi yang ada sebelum diacak untuk dipilih sebagai sampel. Dalam kasus ini, cara yang digunakan Raka adalah dengan mengambil undian nomor urut kelipatan lima.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Kuota: peneliti menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan terpenuhi.

Wilayah: teknik yang dilakukan dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi. Biasa dilakukan apabila ada perbedaan antarwilayah dalam suatu populasi.

Purposive: berkaitan dengan tujuan tertentu dalam penelitian. Biasanya dilakukan dengan beberapa pertimbangan, seperti keterbatasan waktu, tenaga, atau biaya.

Kelompok: teknik yang dilakukan dengan memilih kelompok dan bukan individu yang terdapat dalam populasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik: Pengantar Penelitian Sosial

Subtopik: Cara Berpikir Seorang Peneliti

5. Berpikir objektif merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh seorang peneliti. Berpikir objektif sendiri dilakukan dengan cara ….

  1. menilai baik buruknya sebuah fenomena sosial di masyarakat
  2. menentukan permasalahan yang akan terjadi di masa yang akan datang
  3. mengambil sebuah sampel untuk menguji apakah masalah tersebut benar
  4. memisahkan antara pandangan atau perasaan pribadi dengan fakta yang ada
  5. mendengarkan semua informasi yang diterima di masyarakat dengan baik dan bijak

Jawaban : D

Pembahasan :

Berpikir objektif artinya adalah seorang peneliti harus memisahkan antara pandangan atau perasaan pribadi dengan fakta yang terjadi. Untuk itu, dengan berpikir objektif, maka peneliti perlu memfokuskan pada fakta yang terjadi atau temuan di lapangan, bukan pada keadaan yang seharusnya menurut kita. arah berpikir objektif ini memang masih ada hubungannya dengan ciri ilmu Sosiologi, yaitu non-etis. Untuk itu, dalam proses penelitian, peneliti tidak menilai dari baik atau buruknya fakta yang peneliti teliti. Akan tetapi, lebih kepada berupaya untuk mencari tahu apa yang menyebabkan fakta itu terjadi dan masalah apa yang muncul. Jadi jawaban yang benar adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

EKONOMI

Topik : Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia (NEW!)

Subtopik : Pengertian dan Peran BUMN dan BUMD

1. Perhatikan badan usaha berikut! 

  1. PDAM
  2. Bank Mandiri
  3. BTN
  4. Bank DKI
  5. Bus AKDP

Badan usaha yang merupakan milik pemerintah daerah ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1, 2, dan 3
  2. 1, 4, dan 5
  3. 2, 3, dan 4
  4. 2, 4, dan 5
  5. 3, 4, dan 5

Jawaban : B

Pembahasan :

Contoh badan usaha milik pemerintah daerah adalah sebagai berikut.

  • PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum)
  • BPD Jabar (Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat)
  • Perusahaan Daerah Angkutan Antarkota (Bus AKDP dan AKAP)
  • Perusahaan Daerah Rumah Potong Hewan (PDRPH)
  • Bank-bank daerah seperti Bank DKI, BJB, Bank Kaltim dan lain sebagainya.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Badan Usaha dalam Perekonomian Indonesia (NEW!)

Subtopik : Jenis BUMS dan Kelebihan serta Kekurangannya 2

2. Salah satu perbedaan CV dengan badan usaha lain adalah adanya dua jenis sekutu yang berhubungan dengan tanggung jawab, yaitu sekutu aktif dan sekutu pasif. Berikut ini pernyataan yang tepat mengenai sekutu aktif adalah …

  1. Memiliki tanggung jawab pengelolaan yang tak terbatas.
  2. Memiliki tanggung jawab pengelolaan yang terbatas.
  3. Memiliki tanggung jawab pengelolaan yang tak terhingga.
  4. Tidak mempunyai tanggung jawab untuk mengelola usaha.
  5. Tanggung jawab pengelolaan usaha lebih kecil dari sekutu pasif.

Jawaban : A

Pembahasan :

Sekutu aktif pada perusahaan berbentuk CV memiliki tanggung jawab pengelolaan yang tidak terbatas. Maksudnya adalah sekutu aktif akan bertanggung jawab atas kerugian maupun utang perusahaan. Ketika CV bangkrut, maka sekutu aktif harus menanggung kerugian dan utang yang masih tersisa dengan menggunakan kekayaan pribadi.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Perkoperasian (NEW!)

Subtopik : Pengelolaan Koperasi

3. Berikut ini manfaat seorang siswa menjadi anggota koperasi yang benar adalah ….

  1. menambah banyak waktu luang
  2. mengurangi jam mata pelajaran ekonomi
  3. mendapatkan SHU tertinggi di akhir periode
  4. memahami tata cara pengelolaan sebuah usaha
  5. dapat membeli alat tulis sekolah dengan jumlah banyak

Jawaban : D

Pembahasan :

Seorang siswa yang menjadi anggota koperasi akan mendapatkan banyak manfaat baik berupa profit dan benefit. Manfaat berupa profit yaitu mendapatkan SHU di akhir periode. Adapun manfaat lainnya seperti menambah pemahaman pengelolaan suatu usaha dan menambah teman.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Perkoperasian (NEW!)

Subtopik : Jenis-Jenis Koperasi

4. Koperasi sekunder yang biasanya berkedudukan di ibu kota provinsi adalah ….

  1. koperasi induk
  2. koperasi pusat
  3. koperasi primer
  4. koperasi provinsi
  5. koperasi gabungan

Jawaban : E

Pembahasan :

Koperasi gabungan beranggotakan paling sedikit 3 koperasi pusat dan biasanya berkedudukan di ibu kota provinsi. Salah satu contoh koperasi gabungan adalah Gabungan Koperasi Batik Indonesia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Manajemen (NEW!)

Subtopik : Fungsi Manajemen

5. Pak Andi sedang melakukan bimbingan, pengarahan dan instruksi dalam membuat tempe kepada karyawannya. Fungsi manajemen yang dilakukan oleh Pak Andi adalah ….

  1. planning
  2. organizing
  3. commanding
  4. controlling
  5. coordinating

Jawaban : C

Pembahasan :

Directing atau commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan mampu mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SEJARAH

Topik : Indonesia Zaman Kerajaan Islam

Subtopik : Teori dan Saluran Masuknya Agama Islam

1. Bukti pendukung teori Gujarat adalah ….

  1. dilaksanakan upacara Tabot
  2. ditemukannya batu nisan Sultan Malik Al-Saleh
  3. makam Fatimah binti Maimun di Gresik, Jawa Timur
  4. munculnya pedagang-pedagang muslim di sekitar pantai Jawa
  5. adanya pemukiman Islam tahun 674 di Baros, pantai barat Sumatra

 Jawaban : B

Pembahasan :

Teori Gujarat didukung oleh Prof. Dr. C. Snouck Hurgronje, W.F. Stutterheim, B.H.M. Vlekke. Menurut teori ini, Islam tidak masuk ke Indonesia langsung dari Arab namun berasal dari para pedagang Gujarat, India. Daerah yang pertama dikunjungi adalah Samudra Pasai pada abad ke-13. Bukti pendukung teori ini adalah adanya batu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang bercorak Gujarat serta adanya tulisan Marcopolo yang mendapati banyak penduduk Perlak pada 1292 sudah beragama Islam.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Indonesia Zaman Kerajaan Islam

Subtopik : Pengaruh Kebudayaan Kerajaan Islam

2. Pada masa berlangsungnya kerajaan Islam di Nusantara, gelar raja diganti dengan ….

  1. teuku
  2. sultan
  3. pangeran
  4. panembahan
  5. yang dipertuan

Jawaban : B

Pembahasan :

Pada masa Islam, gelar “raja” diganti dengan “sultan” atau “sunan” (susuhunan) yang berasal dari bahasa Arab yang artinya yang disembah atau yang dihormati. Konsep dewa raja yang memandang raja sebagai titisan dewa diganti dengan konsep sultan sebagai khalifah, yang berarti pemimpin umat. Misalnya Raja Parameswara berganti nama menjadi Sultan Iskandar Syah setelah ia memeluk agama Islam. Di Jawa, di belakang nama sultan masih disertakan nama Jawa seperti Sultan Trenggono, Sultan Agung, dan Sunan Amangkurat.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Peradaban Awal Dunia

Subtopik : Peradaban Tiongkok Kuno

3. Tembok Besar Cina (The Great Wall) didirikan pada masa pemerintahan dinasti ….

  1. Xia
  2. Qin
  3. Tang
  4. Qing
  5. Zhou

Jawaban : B

Pembahasan :

Tembok Besar Cina atau The Great Wall didirikan pada masa Dinasti Qin. Tembok ini memiliki panjang 6400 km dengan lebar 8 meter dan tinggi 16 m. Tembok Besar Cina dikerjakan selama 1800 tahun (18 abad). Pembangunannya baru diselesaikan pada masa Dinasti Ming. Tujuan dibangunnya Tembok Besar China adalah untuk menghadapi ancaman dari Bangsa Mongol dan serangan bangsa-bangsa yang datang dari wilayah Utara.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Peradaban Awal Dunia

Subtopik : Peradaban Tiongkok Kuno

4. Peradaban bangsa Romawi Timur hancur karena serangan dari bangsa ….

  1. Turki
  2. Arya
  3. Jerman
  4. Spanyol
  5. Mongol

Jawaban : A

Pembahasan :

Peradaban Romawi pernah terbagi menjadi dua yang terdiri dari Kekaisaran Romawi Barat dengan ibukota Roma dan Kekaisaran Romawi Timur dengan ibukota Konstantinopel. Masa ini juga merupakan akhir dari Kekaisaran Romawi setelah tahun 476 M. Kekaisaran Romawi Barat hancur oleh penyerangan bangsa Jerman. Kemudian pada tahun 1543, Kekaisaran Romawi Timur hancur oleh serangan bangsa Turki yang dipimpin oleh Sultan Mehmed II atau Muhammad Al-Fatih.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik: Peradaban Awal Dunia

Subtopik: Peradaban Mesopotamia

 5. Fungsi dari piramida yang merupakan peninggalan dari Peradaban Mesir Kuno adalah ….

  1. makam para raja
  2. tempat tinggal raja Mesir
  3. sarana pemujaan dewa ra
  4. tempat menyimpan harta karun
  5. simbol kemajuan peradaban Mesir

Jawaban : A

Pembahasan :

Salah satu peninggalan dari peradaban Mesir adalah piramida. Piramida adalah tempat yang digunakan sebagai makam raja-raja Mesir. Bangunan ini terbuat dari batu yang disusun secara rapi dan memiliki bentuk yang berundak-undak, di kota Giza terdapat piramida yang yang memiliki tinggi 137 meter.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA_KELAS_11

BAHASA INDONESIA

 Topik : Drama

Subtopik : Mengenal Drama

1. Pernyataan yang benar mengenai struktur drama adalah …

  1. Secara umum, struktur drama terdiri atas prolog, dialog, monolog, dan epilog.
  2. Dialog terbagi menjadi tiga bagian, yaitu orientasi, konflik, dan resolusi.
  3. Epilog dalam drama berisi ringkasan cerita yang disertai amanat.
  4. Bagian prolog sebuah drama biasanya dibacakan oleh sutradara. 
  5. Dalam drama, monolog menjadi struktur yang bersifat opsional.

Jawaban : B

Pembahasan :

Secara garis besar, struktur drama terbagi menjadi tiga bagian, yaitu sebagai berikut.

  • Prolog, yaitu bagian yang berupa kata-kata awal, pembuka, pengantar, ataupun latar belakang drama. Biasanya, bagian prolog disampaikan oleh dalang atau narator, bahkan bisa juga oleh tokoh tertentu.
  • Dialog, yaitu percakapan yang melibatkan antartokoh yang dapat menggambarkan kehidupan, watak, dan konflik yang dialami manusia beserta cara penyelesaiannya. Struktur dialog terbagi menjadi tiga bagian, yaitu orientasi, komplikasi, dan resolusi.
  • Epilog, yaitu kata-kata penutup yang berupa simpulan maupun amanat tentang keseluruhan isi dialog.

Berdasarkan penjelasan di atas, pernyataan yang benar mengenai struktur drama terdapat pada pilihan jawaban B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Drama

Subtopik : Bentuk Drama

2. Berdasarkan bentuk sastra sastra cakapannya, drama dibagi menjadi dua jenis, yaitu drama prosa dan drama puisi. Perbedaan kedua jenis drama tersebut adalah ….

A. drama prosa: naskah drama ditulis oleh pengarang prosa

drama puisi: naskah drama ditulis oleh pengarang puisi

B. drama prosa: diadaptasi dari cerita dalam sebuah prosa

drama puisi: diadaptasi dari cerita dalam sebuah puisi

C. drama prosa: berisi dialog dan monolog yang panjang

drama puisi: memiliki cerita yang singkat dan diisi dialog pendek

D. drama prosa: dialog drama disusun dalam bentuk prosa

drama puisi: sebagian besar dialognya disusun dalam bentuk puisi

E. drama prosa: sebelum pementasan drama dimulai, ada pembacaan prosa

drama puisi: saat drama berlangsung, pemain drama membacakan sebuah puisi

Jawaban : D

Pembahasan :

Drama dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, mulai dari berdasarkan bentuk sastra cakapannya, sajian isinya, kuantitas cakapannya, pengaruh seni lainnya, serta bentuk drama yang tidak termasuk ke dalam kategori-kategori tersebut. Berdasarkan bentuk sastra cakapannya, drama dibedakan menjadi dua jenis, yaitu sebagai berikut.

  • Drama prosa, yaitu drama yang cakapan atau dialognya disusun dalam bentuk prosa.
  • Drama puisi, yaitu drama yang sebagian besar cakapan atau dialognya disusun dalam bentuk puisi atau menggunakan unsur-unsur puisi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Drama

Subtopik : Bentuk Drama

3. Perhatikan ciri drama berikut!

  1. Menonjolkan seni suara atau musik.
  2. Menonjolkan seni drama dan tari.
  3. Disajikan dalam bentuk tarian dan tanpa dialog.
  4. Lazimnya diiringi oleh musik gamelan.
  5. Tidak memiliki dialog atau gerak yang menonjol.
  6. Menampilkan kisah dengan laku pemain yang dibantu oleh narator.

Ciri opera terdapat pada nomor ….

  1. hanya 1
  2. 1 dan 4
  3. 2, 3, dan 4
  4. 3, 4, dan 5
  5. 1, 3, 5, dan 6

Jawaban : A

Pembahasan :

Opera termasuk jenis drama yang dibedakan berdasarkan pengaruh seni lainnya. Berdasarkan pengaruh seni lainnya, drama dibedakan menjadi tiga jenis, yaitu opera, sendratari, dan tablo. Opera adalah drama yang menonjolkan seni suara atau musik. Namun, musik yang digunakan tidak hanya terpaku pada musik gamelan. Ciri opera hanya ditunjukkan oleh nomor 1. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Drama

Subtopik : Menganalisis Drama, Unsur Intrinsik Drama

4. Perhatikan kutipan drama berikut!

  1. Orang tua : “Tunggu! Jangan tergesa. Mari kita tentukan dulu tegak kita masing-masing. Agar jangan silap menafsirkan peran kita masing-masing. Yang mematikan atau yang dimatikan.”
  2. Anak muda : “Maksud Bapak?”
  3. Orang tua : “Tingkah laku harus senantiasa sesuai dengan watak yang ingin digambarkan. (Ia bisa mengambil mitraliur dari tangan anak muda) Sifat lahir harus sesuai dengan sifat rohani, agar … (Anak muda sadar dan mendepak mitraliur. Terdengar serentetan tembakan) … agar dicapai kesatuan waktu, kesatuan ruang, kesatuan laku.
  4. Anak muda : “Bapak ingin bunuh saya?”
  5. Orang tua : “Membunuh kau? Aku? Hendak bunuh kau?”

(Sumber: Bulan Bujur Sangkar karya Iwan Simatupang)

Karakter tokoh orang tua yang tergambar dalam dialog (1) adalah ….

  1. penyayang
  2. penyabar
  3. pemarah
  4. terburu-buru
  5. bijaksana

Jawaban : E

Pembahasan :

Karakter tokoh dalam drama dapat tergambar melalui perilaku maupun dialog yang diucapkannya. Melalui dialog (1), dapat disimpulkan bahwa watak tokoh orang tua adalah bijaksana. Kebijaksanaan tokoh orang tua terlihat dari saran yang diberikannya, seperti pada kalimat Mari kita tentukan dulu tegak kita masing-masing. Agar jangan silap menafsirkan peran kita masing-masing. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Drama

Subtopik : Menganalisis Drama, Kebahasaan Drama

5. Perhatikan kutipan drama berikut!

Si Tua : (menerima pecel) “Sedikit sekali.”

(Simbok tak menghiraukan dan terus melayani yang lain)

Si Peci : “Ya, sedikit sekali.” (menyuapi mulutnya)

Si Tua : “Tempe lima rupiah sekarang.”

Si Kacamata : “Beras mahal. (membuang cekodongnya) Kemarin istriku mengeluh.”

Si Peci : “Semua perempuan ya ngeluh.”

Si Kurus : “Semua orang pengeluh.”

Si Kacamata : “Kemarin sore istriku berbelanja ke warung Nyonya Pungut. Pulang-pulang ia menghempaskan napasnya yang kesal. Harga beras naik lagi, katanya.”

Si Peci : “Apa yang tidak naik?”

Si Tua : “Semua naik.”

Si Kurus : “Gaji kita tidak naik?”

(Sumber: Matahari di Sebuah Jalan Kecil karya Arifin C. Noer)

Berdasarkan unsur kebahasaannya, persamaan dialog yang diucapkan oleh tokoh si Kacamata dan si Tua adalah ….

  1. hanya mengandung kata kerja aksi
  2. hanya mengandung kata kerja mental
  3. mengandung setidaknya satu kata sifat
  4. mengandung satu konjungsi kronologis
  5. tidak mengandung kata kerja dan kata sifat

Jawaban : C

Pembahasan :

Kutipan drama di atas menunjukkan percakapan atau dialog beberapa tokoh. Dari segi kebahasaan, analisis dialog yang diucapkan oleh tokoh si Kacamata dan si Tua dapat dilihat pada tabel berikut.

Unsur Kebahasaan

Dialog si Kacamata

Dialog si Tua 

Kata kerja aksi

mengeluh, berbelanja, menghempaskan

-

Kata kerja mental

naik

naik

Kata sifat

mahal, kesal

sedikit

Konjungsi kronologis

-

-

Berdasarkan tabel di atas, dapat disimpulkan bahwa persamaan dialog si Kacamata dan si Tua berdasarkan unsur kebahasaannya adalah keduanya mengandung setidaknya satu kata sifat. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

BAHASA INGGRIS

Topik : Passive Voice

Subtopik : Passive Voice in Simple Tenses, Passive Voice in Continuous Tenses, Passive Voice in Perfect Tenses, Passive Voice with Modals

1.Which of the following is an active sentence?

  1. She is ordered to go to bed at 9PM.
  2. She is being informed that tomorrow will be sunny.
  3. She had been sent to dormitory by her parents.
  4. She is tired because she haven’t been sleeping well.
  5. She should have been told that today’s schedule had been cancelled.

Jawaban : D

Pembahasan :

Ciri-ciri passive voice adalah penggunaan:

Be (to be, being or been) + Verb 3 + By + Object

A dan B salah karena is ordered dan is informed merupakan passive voice untuk present tense (be + verb 3). C salah karena had been sent adalah passive voice untuk past perfect tense (had + been + verb3). E juga salah karena should have been told merupakan passive voice untuk past modal: should (should have been + Verb 3).

Yang merupakan kalimat aktif adalah D karena tired adalah kata sifat dan haven’t been sleeping adalah kata kerja aktif dari present perfect continuous. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Personal Letter

Subtopik : Aspects of Personal Letter

Dear Reva,

I and your uncle are delighted to hear that you have passed your graduation with flying colors. Accept my heartiest congratulations on your success. It must be a proud moment for you and your parents that you have completed your degree without any backlogs. I am overjoyed that you are reaping the fruits of your labor. Keep working hard, make bigger goals and try to achieve them. I also feel the parental pride in your success.

We know you have achieved it because of your hard work and perseverance. I genuinely feel this is quite an achievement as well as a call for special celebrations. Youngsters like you constantly remind me that anything can be achieved by patience and hard work. My best wishes are with you; keep yourself focused and determined.

Love,

Aunt and Uncle

2. What is the writer trying to do through her letter?

  1. She is encouraging the recipient to study harder in order to pass the graduation test.
  2. She is expressing her gratitude since the recipient had helped through the graduation test.
  3. She is asking for forgiveness for not being able to attend the recipient’s graduation celebration.
  4. She is giving a piece of advice regarding how to pass a test with flying colors.
  5. She is congratulating the recipient on her graduation.

 Jawaban : E

Pembahasan

I and your uncle are delighted to hear that you have passed your graduation with flying colors. Accept my heartiest congratulations on your success.” artinya “Saya dan pamanmu sangat gembira mendengar bahwa kamu sudah lulus dengan sangat baik. Terimalah ucapan selamat yang tulus dariku atas kesuksesanmu.” Jadi, melalui suratnya tersebut E. Penulis sedang mengungkapkan ucapan selamat atas kelulusan penerima surat tersebut yaitu Reva. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Explanation Text

Subtopik : Let's Explain Something

We all know that rain is good for our planet. It gives us fresh water to drink, helps farmers grow crops, keeps everything green and lush. However, have you ever wondered how rain could fall from the sky?

First of all, the heat from the sun turns moisture from the ground, such as from sea, lake, river and even your sweat, into water vapor. Then, this vapor rises, cools and changes into tiny water droplet forming the clouds. As the air rises and cools, the water droplet then join one another becoming a bigger droplets. When the droplets get too big and heavy, they fall from from the sky as rain. 

What happens then after the rain has fallen? Well, the rain water becomes groundwater and in time would go over the water cycle again to fall yet again as rain. 

(adapted from: https://science.howstuffworks.com/nature/climate-weather/atmospheric/weather6.html)

3. What is the purpose of the text?

  1. to describe water cycle
  2. to show why rain falls
  3. to explain how rain is formed
  4. to tell about why rain falls from the sky
  5. to inform about what happens in the earth atmosphere.

Jawaban : C

Pembahasan :

Dalam teks seringkali disebutkan kata ‘rain’. Baik diawal, ditengah maupun di akhir paragraf. Pada paragraf pertama juga terdapat kalimat, “have you ever wondered how rain could fall from the sky?” artinya ‘apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana hujan bisa turun dari langit?’. Paragraf kedua lalu menjelaskan terjadinya proses tersebut, dari awal hingga akhirnya hujan turun. Dari hal ini, jelas bahwa teks ini ditulis sebagai explanation text untuk menjelaskan bagaimana proses terbentuknya hujan. Maka, jawaban yang tepat adalah C, to explain how rain is formed.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Exposition

Subtopik : Connective Words

4. Although the Spaniards made a valiant effort to fight back, the fleet suffered extensive damage. During the eight hours of battle, the Armada drifted perilously close to the rocky coastline. 

The word that functions as a connective word in the sentence above is ….

  1. although
  2. valiant
  3. during
  4. perilously
  5. close to

Jawaban : A

Pembahasan :

“although” artinya “meskipun”. Kata ini digunakan untuk menghubungkan klausa “the Spaniards made a valiant effort to fight back” dan “the fleet suffered extensive damage”. “valiant” artinya “berani”, digunakan sebagai kata sifat untuk menerangkan kata benda “effort”. “during” artinya “selama” merupakan kata keterangan waktu. “perilously” artinya “berbahaya”, merupakan kata keterangan cara yang digunakan untuk menjelaskan kata kerja “drifted” dan “close to” artinya “dekat”, merupakan kata sifat yang digunakan untuk menunjukkan posisi. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Exposition

Subtopik : Hortatory Exposition

Anybody who is over the age of six knows that there is nowhere safe for skateboarders to skate. This prevents young people from enjoying an active, energetic and adventurous pastime.

Just watch a local street for a short while and note the steady stream of skaters speeding up and down the footpaths. Toddlers can be trampled on and old ladies can be knocked down as they struggle home carrying their cat food from supermarkets.

Skateboarding is a serious sport that improves young people’s health. It increases fitness, improves balance and strengthens the joints in knees and ankles. Although it appears to be a solo sport, when groups practice together and compete to perform stunts or runs they form firm friendships.

Young people should be prevented from becoming overweight couch potatoes. If they are actively involved in skating, they do not smoke, take drugs or break laws for fun.

Kids will always seek thrills and excitement. They need to practice their 180s, 360s and Ollie’s free from restrictions. We must build skate parks in the suburbs so that streets are safe for small children and senior citizens and skaters have spaces where they can race, chase, speed, and soar towards the sun. 

5. The writer’s purpose in writing the text is ….

  1. To invite the local teenagers to skate in a park built specifically for skaters
  2. To convince the readers that they need a safe place for skaters to skate
  3. To provoke youngsters into the local government policy
  4. To promote the writer’s business of skateboarding class
  5. To inform parents about the goodness of skateboarding

Jawaban : B

Pembahasan :

Pada paragraf pertama penulis mengatakan bahwa saat ini tidak ada lagi tempat yang aman (nowhere safe) untuk skateboarder berselancar. Pada paragraf kedua dan ketiga, penulis menjelaskan keuntungan yang bisa didapatkan oleh orang-orang muda dengan melakukan skateboarding. Lalu pada paragraf terakhir, penulis menyatakan perlunya membangun tempat untuk berselancar bagi skateboarders. Jadi, dapat disimpulkan bahwa teks tersebut adalah teks hortatory yang tujuannya adalah untuk meyakinkan dan mengajak pembaca bahwa apa yang mereka rekomendasikan di dalam teksnya perlu dilakukan. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

MATEMATIKA

Topik : Turunan I

Subtopik : Gradien Garis Singgung

1. Jika 1-405577069129 maka  2-234

3-89

JAWABAN : B

PEMBAHASAN :

Ingat kembali bahwa turunan dari sebuah fungsi 4-57 adalah

5-77

Sehingga,

6-81

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Turunan I

Subtopik : Gradien Garis Singgung

2. Gradien garis singgung kurva 7-54 di titik (2, 6) adalah ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

JAWABAN : D

PEMBAHASAN :

Diketahui:

8-56

Maka,

9-51

Sehingga diperoleh turunan kurva terebut adalah

10-42

Kemudian gradien garis singgung kurva di titik (2,6) adalah 11-148.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Turunan I

Subtopik : Turunan Aljabar

3. Diketahui 1-405577069130, maka nilai  2-235=….

  1. -2
  2. -1
  3. 0
  4. 2
  5. 3

JAWABAN : C

PEMBAHASAN :

1-405577069130

Misalkan 3-90, maka 4-58.

Sehingga turunan pertama dari fungsi tersebut yaitu

5-78

Maka nilai dari 2-235 adalah

6-82

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Turunan I

Subtopik : Turunan Aljabar

4. Diketahui 1-405577069131 dan 2-236. Nilai dari 3-91 adalah ….

  1. -4
  2. -1
  3. 0
  4. 1
  5. 4

 JAWABAN : C

PEMBAHASAN :

Diketahui:

1-405577069131

2-236

Turunan pertama dari 4-59 adalah

5-79

Karena pada soal diketahui bahwa 2-236, sehingga didapat nilai p sebagai berikut.

6-83

Diperoleh fungsi 4-59 secara lengkap yaitu

7-55

Jadi, nilai dari 3-91= 0. Jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Turunan I

Subtopik : Turunan Aljabar

5.Diketahui 8-57. Jika nilai dari 9-52, maka nilai dari 10-43 adalah ….

  1. 4
  2. 6
  3. 8
  4. 12
  5. 14

JAWABAN : C

PEMBAHASAN :

Diketahui :

8-57

Misalkan:

11-149

Maka,

12-35

Sehingga jika kita misalkan 13-32 maka turunan dari 14-5577069095 adalah

15-27

Maka,

16-23

Jadi, 10-43= 8.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

GEOGRAFI

Topik : Dinamika Kependudukan di Indonesia

Subtopik : Permasalahan Dinamika Kependudukan

1. Indonesia memiliki pertumbuhan penduduk yang tinggi. Hal ini bisa menjadi ancaman bagi kondisi perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Oleh sebab itu, Indonesia perlu menekan angka pertumbuhan penduduknya agar mencegah dampak tersebut terjadi. Langkah tepat bagi pemerintah untuk merealisasikan hal tersebut adalah ….

  1. mendorong program transmigrasi
  2. menggiatkan program otonomi daerah
  3. membatasi usia pernikahan penduduk
  4. membuka banyak lapangan pekerjaan
  5. menggiatkan kegiatan bedol desa

 Jawaban : C

Pembahasan :

Indonesia memiliki permasalahan berupa angka pertumbuhan penduduk yang tinggi. Hal ini bisa mendorong timbulnya permasalahan lain di masa yang akan datang, seperti meningkatnya angka pengangguran. Oleh sebab itu, angka kelahiran di Indonesia perlu ditekan. Salah satu caranya dengan membatasi usia pernikahan penduduk. Dengan demikian, maka kelahiran anak dapat ditunda dan ditekan. Jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Dinamika Kependudukan di Indonesia

Subtopik : Sumber Data Kependudukan

2. Menurut KTP-nya, Siska tercatat sebagai penduduk Kota Bekasi. Namun, ia tinggal sehari-hari di Kota Bandung. Pada saat sensus penduduk tiba, ia sedang berada di Kota Bandung dan dicatat keberadaannya sebagai penduduk kota tersebut. Kasus tersebut menunjukkan penerapan dari sensus ….

  1. de jure
  2. canvasser
  3. de facto
  4. house holder
  5. penduduk

 Jawaban : C

Pembahasan :

Ada dua jenis sensus penduduk yang bisa dilakukan, yaitu sensus de jure dan sensus de facto. Sensus de facto adalah pencatatan kependudukan yang dikenakan kepada mereka yang berada di dalam daerah atau negara tempat sensus penduduk dilakukan tanpa memperhatikan asal penduduk. Jadi, ketika penduduk ada di satu wilayah pada saat sedang diadakan sensus, maka dia ikut dicatat dan didata keberadaannya. Oleh sebab itu, kasus yang dialami oleh Siska berkaitan dengan jenis sensus de facto. Jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Gambaran Umum Tentang Budaya

3. Bali merupakan salah satu daerah yang berhasil mengembangkan kebudayaannya sebagai aset dalam mendorong perekonomian mereka. Bali berhasil mendorong kebudayaannya sebagai daya tarik utama dalam memikat turis-turis untuk datang ke wilayahnya. Namun, kedatangan para turis ini tidak lantas menyebabkan degradasi pada kebudayaan di Bali. Hal ini dikarenakan ….

  1. kebudayaan Bali telah diangkat sebagai kebudayaan nasional
  2. masyarakat Bali berhasil menyadari nilai dari kebudayaan yang dimilikinya
  3. adanya kewajiban bagi turis di Bali untuk mengikuti kebudayaan yang berlaku di sana
  4. masyarakat Bali banyak mengadaptasi kebudayaannya agar sesuai dengan selera dan preferensi turis
  5. adanya larangan bagi turis di Bali untuk melihat kebudayaan yang bersifat sakral di sana

 Jawaban : B

Pembahasan : 

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang berhasil mengembangkan kebudayaannya sebagai daya tarik utama pariwisata di sana. Masyarakat Bali memanfaatkan objek kebudayaan untuk mengembangkan kegiatan pariwisatanya dan menambah pendapatan daerah. Selain itu, kegiatan pariwisata budaya ini juga ditujukan sebagai media untuk promosi dan perkembangan kebudayaan Bali. Namun, adanya perkembangan pariwisata budaya yang ada di Bali tidak serta merta menyebabkan degradasi budaya asli Bali. Hal ini dikarenakan masyarakat Bali telah menyadari arti pentingnya budaya bagi diri mereka dan juga daerahnya. 

Masyarakat Bali telah dapat membedakan manakah kebudayaan yang dapat dipublikasikan dan dijadikan sebagai atraksi wisata, dan manakah kebudayaan yang bersifat sakral dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Dengan demikian, masyarakat Bali dapat terus mempertahankan kebudayaan aslinya sembari memanfaatkannya untuk meningkatkan perekonomian mereka. Jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Pengaruh Faktor Geografis Terhadap Keragaman Budaya di Indonesia

4. Permukiman penduduk yang ada di tepian Sungai Musi biasanya berbentuk rumah panggung. Hal ini bertujuan untuk ….

  1. menghindari bahaya tsunami
  2. melindungi diri dari hewan buas
  3. mencegah terjadinya kekeringan saat kemarau panjang
  4. melindungi diri dari suhu dingin saat musim hujan
  5. menghindari banjir saat musim hujan

Jawaban : E

Pembahasan :

Beberapa rumah tradisional yang berada di tepian Sungai Musi dibangun dengan bentuk rumah panggung. Hal ini dilakukan dengan suatu tujuan tertentu. Tujuan pembangunan rumah panggung adalah untuk menghindari banjir ketika Sungai Musi meluap saat musim hujan. Jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Keragaman Budaya Indonesia

Subtopik : Pembentukan Kebudayaan Nasional

5. Salah satu identitas nasional bangsa Indonesia adalah lambang negara, Garuda Pancasila. Pada lambang tersebut, tampak bahwa ada perisai yang di dalamnya terdapat lima simbol. Simbol-simbol tersebut mewakili lima dasar negara Indonesia. Sila ketiga pada Pancasila dilambangkan dengan ….

  1. bintang
  2. pohon beringin
  3. kepala banteng
  4. padi dan kapas
  5. rantai

 Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu identitas bangsa Indonesia adalah lambang negara, Garuda Pancasila. Setiap aspek dalam lambang negara memiliki maknanya masing-masing. Salah satunya adalah simbol-simbol yang ada pada perisai burung Garuda. Simbol-simbol tersebut mewakili isi dari Pancasila, yaitu:

  • Sila pertama yaitu “Ketuhanan Yang Maha Esa” dilambangkan dengan simbol bintang
  • Sila kedua yaitu “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dilambangkan dengan simbol rantai
  • Sila ketiga yaitu “Persatuan Indonesia” dilambangkan dengan simbol pohon beringin
  • Sila keempat yaitu “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan” dilambangkan dengan simbol kepala banteng
  • Sila kelima yaitu “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” dilambangkan dengan simbol padi dan kapas

Jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SOSIOLOGI

Topik: Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik: Sikap pemicu konflik

1. Ketika seseorang memiliki nilai budaya namun, orang tersebut menilai kebudayaan lain dengan sudut pandang budaya yang berlaku hanya di lingkup masyarakat orang tersebut. Hal ini menandakan adanya sikap ....

  1. primordialisme
  2. politik dumping
  3. etnosentrisme
  4. revitalisasi
  5. kompromi

Jawaban : C

Pembahasan : 

Primordialisme merupakan suatu pandangan atau paham yang menunjukkan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang dibawa sejak lahir, seperti suku, agama, ras maupun klan. Namun ketika sikap primordial telah tertanam kuat dan berlebihan, ternyata hal tersebut dapat mendorong sikap untuk memicu konflik maka hal ini disebut sebagai etnosentrisme. Etnosentris sendiri memiliki arti sebuah sikap yang menilai kebudayaan suatu masyarakat dengan menggunakan sudut pandang atau ukuran yang berlaku di masyarakatnya. Ukuran tersebut bisa berwujud ciri fisik, adat istiadat, tradisi, atau sistem keyakinan tertentu. Maka jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik : Konflik In Group dan Out Group

2. Berdasarkan beberapa sumber media mengatakan jika konflik antara etnis Rohingya dan mayoritas penduduk Myanmar yang mayoritas beragama Budha merupakan konflik horizontal karena ….

  1. adanya upaya untuk menghilangkan satu golongan yang dilakukan oleh golongan mayoritas dominan terhadap minoritas
  2. bentuk penindasan kepada golongan yang lebih rendah karena salah satu kelompok memiliki kedudukan status, dan kelas sosial yang rendah
  3. adanya kesenjangan pembangunan yang menghasilkan kecemburuan sosial ekonomi
  4. adanya upaya untuk menghilangkan satu golongan yang dilakukan oleh golongan minoritas dominan terhadap mayoritas
  5. perpecahan di masyarakat tidak bisa di hindari

Jawaban : A

Pembahasan :

Konflik sosial horizontal merupakan konflik yang terjadi antara pihak-pihak yang memiliki kedudukan yang sederajat atau setara. Dalam hal ini, konflik tersebut dapat digambarkan dari adanya konflik antarsuku, ras, agama, antarprofesi, antarwarga, antarkelompok preman, maupun antarpelajar. Hal ini disebut dengan genosida.  Genosida dalam istilah sosiologi merupakan akan tindakan atau perilaku apa pun dari kelompok atau komunitas tertentu untuk menghancurkan dan menghilangkan seluruh atau sebagian suatu kelompok etnis, ras, bangsa, bahkan agama yang dilakukan secara besar-besaran. Maka jawaban yang benar adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Konflik sosial dan kekerasan

Subtopik : Konflik In Group dan Out Group

3. Kasus penggusuran yang terjadi antara warga dengan pemerintah merupakan bentuk konflik vertikal yang sering terjadi didasari pada ….

  1. kepemilikan usaha dan kekuatan tenaga ahli
  2. kepemilikan kuasa dan kewenangan yang kuat
  3. tindakan yang meresahkan warga
  4. konflik internal antara pemerintah dengan masyarakat
  5. kuasa atas dasar kepemilikan tanah yang selama ini dimiliki oleh swasta

Jawaban : B

Pembahasan :

Kasus penggusuran yang melibatkan konflik antara sekelompok warga dengan pemerintah. Dalam hal ini, karena sekelompok warga relatif tidak memiliki sumber daya, seperti perlindungan hukum yang kuat berkaitan dengan tanah atau tempat tinggal, sedangkan pemerintah memiliki kekuasaan dan kewenangan yang kuat, maka seringkali mereka kalah secara hukum dalam beberapa kasus penggusuran ini. Maka jawaban yang benar adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik :  Perbedaan dan Kesetaraan II (Stratifikasi Sosial)

Subtopik : Mengenal Stratifikasi Sosial

4. Stratifikasi sosial menurut Pitirim Sorokin adalah perbedaan anggota masyarakat dalam kelas-kelas yang bersifat hierarkis yang berwujud pada terbaginya lapisan sosial, di mana ada orang-orang yang menduduki kelas tinggi dan ada pula yang rendah. Namun terdapat indikator yang menentukan stratifikasi tersebut adalah ....

  1. Stratifikasi usia, jabatan, dan jenis profesi
  2. Startifikasi jabatan, kekayaan, dan kelas sosial
  3. Stratifikasi ras, suku, dan budaya
  4. Starifikasi kekuasaan politik, pekerjaan, dan kelompok status
  5. Stratifikasi ekonomi, kekuasaan politik, dan pekerjaan

 Jawaban : E

Pembahasan : 

Pitirim Sorokin juga menjelaskan indikator yang membentuk stratifikasi sosial, diantaranya ketidaksetaraan peran, hak-hak, tanggung jawab, pekerjaan, privatisasi, kekuasaan, dan pengaruh yang dimiliki dalam masyarakat yang kemudian menciptakan adanya ketidaksetaraan (unequal). Pitirim menyatakan adanya tiga wujud stratifikasi sosial dalam masyarakat, yaitu 

  • Stratifikasi berdasarkan ekonomi
  • Stratifikasi berdasarkan kekuasaan politik, dan
  • Stratifikasi berdasarkan pekerjaan

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik: Integrasi dan Reintegrasi Sosial 

Subtopik: Pengantar Integrasi Sosial

5. Masa orientasi Siswa (MOS) merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan siswa ketika memasuki tahun ajaran baru merupakan salah satu kegiatan penting untuk melakukan penyesuaian terhadap siswa karena sekolah sebagai lembaga pendidikan di dalam masyarakat memiliki peran dalam mengembangkan karakteristik siswa. Maka berdasarkan pernyataan tersebut kegiatan MOS dalam hal ini bertujuan untuk ….

  1. pembentukan integrasi sosial yang dimulai pada tingkat individu
  2. peningkatan kemampuan siswa dalam mata pelajaran tertentu
  3. mengarahkan minat siswa dalam kegiatan ekstrakulikuler yang ada di sekolah tersebut
  4. membentuk kemandirian siswa dengan menyesuaikan tahapan usia dan kemampuan analisis
  5. menentukan peran siswa di sekolah dengan menanamkan nilai di masyarakat

Jawaban : A

Pembahasan : 

Siswa baru yang masuk ke Sekolah Menengah Atas (SMA) yang kemudian mengikuti kegiatan Masa Orientasi Siswa. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk mengenalkan dan mensosialisasikan berbagai nilai, norma, dan peraturan sekolah. Dalam hal ini, sekolah sebagai lembaga pendidikan di dalam masyarakat memiliki peran dalam mengembangkan karakteristik siswa yang dapat memahami, menghargai, bahkan terbuka terhadap adanya keragaman dan perbedaan dalam masyarakat, seperti keragaman kebudayaan yang kemudian menunjukkan adanya perbedaan dalam berbahasa dan berperilaku. Hingga akhirnya para siswa pun melakukan penyesuaian yang menghasilkan kesepakatan atau sepakat untuk menjunjung nilai-nilai yang sama di sekolah tersebut. Berkaitan dengan integrasi sosial yang terbentuk dalam lembaga pendidikan, hal ini menunjukkan sebagai proses awal pembentukan integrasi sosial tersebut dimulai tingkat individu. Maka jawaban yang benar adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

EKONOMI

Topik : APBN dan APBD (NEW!)

Sub Topik : Sumber - Sumber Penerimaan Negara dan Daerah

1. Berikut ini penerimaan negara yang berasal dari kegiatan perdagangan internasional adalah ….

  1. Pajak Pertambahan Nilai (PPN)
  2. Pajak Penghasilan (PPh)
  3. Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM)
  4. bea impor
  5. hibah

Jawaban : D

Pembahasan :

Penerimaan negara yang berasal dari kegiatan perdagangan internasional di antaranya adalah bea impor dan bea ekspor.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : APBN dan APBD (NEW!)

Sub Topik : Sumber - Sumber Penerimaan Negara dan Daerah

2. Pemerintah membangun jalan raya, jalan tol, dan bandara di berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut merupakan jenis belanja negara berupa ….

  1. belanja pegawai
  2. belanja modal
  3. belanja barang
  4. belanja bunga utang
  5. bantuan sosial

Jawaban : B

Pembahasan :

Jalan raya, jalan tol, dan bandara merupakan infrastruktur publik yang berfungsi sebagai sarana pembangunan ekonomi. Jenis belanja negara yang digunakan untuk pembangunan tersebut dikategorikan sebagai belanja modal.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Perpajakan (NEW!)

Sub Topik : Konsep Dasar Perpajakan

3. Setiap warga negara yang memenuhi kriteria tertentu wajib membayar pajak pada negara tanpa terkecuali. Hal tersebut merupakan salah satu karakteristik pajak berupa ….

  1. diatur oleh undang-undang
  2. bersifat memaksa
  3. tidak mendapat imbalan secara langsung
  4. besarnya sama untuk setiap warga negara
  5. bersifat adil

Jawaban : B

Pembahasan

Salah satu karakteristik pajak adalah bersifat memaksa bagi warga negara yang sudah memenuhi kriteria tertentu. Jika tidak menunaikan kewajiban membayar pajak maka akan dikenakan sanksi baik sanksi administrasi maupun pidana. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Perpajakan (NEW!)

Sub Topik : Menghitung Pajak

4. Besarnya penghasilan tidak kena pajak bagi seseorang yang belum menikah adalah ….

  1. Rp.4.500.000,00 
  2. Rp9.000.000,00 
  3. Rp13.500.000,00 
  4. Rp19.000.000,00 
  5. Rp54.000.000,00 

Jawaban : E

Pembahasan :

Berdasarkan Peraturan Direktorat Jenderal Pajak Nomor: Per-16/PJ/2016 besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) bagi orang pribadi yang belum menikah adalah sebesar Rp54.000.000,00 per tahun. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Perdagangan Internasional (NEW!)

Sub Topik : Kebijakan Perdagangan Internasional

5. Kebijakan pemerintah yang ingin mendorong ekspor barang dan mengurangi penjualan barang di pasar domestik dengan menggunakan pembayaran langsung, pinjaman berbunga rendah, keringanan pajak untuk pengekspor disebut ....

  1. diskriminasi harga
  2. premi
  3. subsidi
  4. kuota
  5. tarif

Jawaban : C

Pembahasan :

Subsidi adalah kebijakan pemerintah yang ingin mendorong ekspor barang dan mengurangi penjualan barang di pasar domestik dengan menggunakan pembayaran langsung, pinjaman berbunga rendah, keringanan pajak untuk pengekspor, atau iklan di negara lain yang didanai oleh pemerintah.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SEJARAH

TOPIK : Tokoh Perjuangan Kemerdekaan

SUB TOPIK : Tokoh Nasional

1. Saat Tan Malaka ditunjuk menjadi agen Comintern Asia Tenggara yang bermarkas di Tiongkok, beliau membuat sebuah buku yang berjudul “Naar de ‘Republiek Indonesia’” atau dalam bahasa Indonesia disebut ….

  1. Republik Indonesia Merdeka
  2. Berdirinya Republik Indonesia
  3. Republik Indonesia Jaya
  4. Menuju Republik Indonesia
  5. Lahirnya Republik Indonesia

 Jawaban : D

Pembahasan :

Saat Tan Malaka ditunjuk menjadi agen Comintern Asia Tenggara yang bermarkas di Tiongkok, beliau membuat sebuah buku yang berjudul “Naar de ‘Republiek Indonesia’” atau “Menuju Republik Indonesia”. Buku yang disusun tahun 1925 ini menjadi tulisan pertamanya yang menyebut konsep “Republik Indonesia” yang mengacu pada perjuangan kemerdekaan Indonesia. Buku inilah yang kemudian dipelajari oleh tokoh-tokoh pergerakan nasional seperti Soekarno, Hatta, Sjahrir dan lain-lain.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

SUBTOPIK : Peristiwa Sekitar Proklamasi

2. Makna yang dapat kita ambil sebagai pelajar dari Peristiwa Rengasdengklok adalah ….

  1. sebagai seorang pelajar kita harus memiliki sikap yang kuat disertai mampu menerima perbedaan, saran dan kritik dari orang lain
  2. sebagai seorang pelajar kita dituntut untuk harus siap menerima semua saran dari orang lain
  3. sebagai seorang pelajar sikap menggalang persatuan dan kesatuan sangat dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik
  4. sebagai seorang pelajar sikap toleransi selalu dikedepankan
  5. sebagai seorang pelajar harus menghormati orang yang lebih tua

 Jawaban : A

Pembahasan :

Peristiwa pengamanan yang dilakukan oleh golongan muda terhadap Soekarno dan Hatta karena terjadi perselisihan mengenai kapan waktu yang tepat untuk Indonesia merdeka. Meskipun, pada terjadi perbedaan pendapat namun sikap yang kuat, mampu menerima perbedaan, menerima kritik dan saran dari golongan muda dan dipertimbangkan sesuai dengan kondisi Indonesia maka Soekarno dan Hatta setuju dengan saran dari golongan muda. Melalui Peristiwa Rengasdengklok, sebagai seorang pelajar kita dapat menarik makna bahwa berpikiran terbuka dengan menerima perbedaan, kritik dan saran serta mampu menganalisa setiap permasalahan akan sangat membantu dalam kehidupan sehari-hari dan menggapai cita-cita

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Perang Dunia I dan II

SUBTOPIK : Perang Dunia II

3. Pecahnya Perang Dunia II tidak lepas dari gagalnya Liga Bangsa-Bangsa menjalankan perannya sebagai lembaga yang diharapkan mampu menciptakan stabilitas dunia. Faktor penyebab kegagalan LBB adalah ….

  1. bubarnya kesepakatan negara-negara Balkan
  2. bangkitnya nasionalisme negara-negara Arab
  3. negara anggota LBB tidak membayar iuran bulanan
  4. adanya ambisi negara anggota LBB yang ingin menjadi presiden dunia 
  5. tidak semua negara bergabung dalam LBB sehingga mereka merasa tidak terikat dengan aturan LBB

 Jawaban : E

Pembahasan :

Sebab khusus pecahnya Perang Dunia II adalah karena gagalnya Liga Bangsa-Bangsa menjalankan peran mereka sebagai penjaga perdamaian dunia. Sejak didirikan pada tahun 1920, Liga Bangsa-Bangsa diharapkan dapat menyelesaikan konflik antar negara di dunia sebagai upaya untuk mencegah perang. Namun dalam kenyataannya LBB gagal menjalankan tugasnya tersebut, sehingga banyak negara anggota yang akhirnya keluar dari LBB. Adapun penyebab kegagalan LBB dapat disimpulkan dalam poin-poin berikut:

  • Liga Bangsa-Bangsa tidak memiliki tentara sendiri, sehingga tidak bisa memberikan tekanan militer terhadap negara yang melakukan agresi militer.
  • Mekanisme pengambilan keputusan yang lamban dalam Liga Bangsa-Bangsa, sehingga tidak bisa menghasilkan resolusi secara cepat untuk mencegah konflik.
  • Tidak semua negara bergabung ke dalam LBB, sehingga aturan dalam LBB dianggap tidak mengikat semua negara di dunia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme Eropa

SUBTOPIK : Respon Bangsa Indonesia Terhadap Kolonialisme dan Imperialisme Eropa di Bidang Ekonomi

4. Faktor yang melatarbelakangi terjadinya perlawanan rakyat Bali terhadap pemerintah Kolonial Belanda adalah ….

  1. dihapuskannya Hak Tawan Karang yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda
  2. penguasaan perdagangan wilayah Bali oleh Belanda
  3. kekalahan rakyat Bali dalam perang antar suku
  4. kerajaan Bali menentang pembangunan jalan raya pos Daendels
  5. intervensi yang dilakukan oleh pemerintah kolonial Belanda terhadap rakyat Bali

 Jawaban : A

Pembahasan :

Hak Tawan Karang merupakan hak yang dimiliki oleh raja-raja Bali untuk menyita kapal beserta isinya jika terdampar di Pulau Bali. Hak Tawan Karang ini dianggap merugikan bagi pemerintah kolonial Belanda. Maka dari itu, Pemerintah Kolonial Belanda mendesak raja-raja Bali untuk menghapuskan Hak Tawan Karang. Desakan ini kemudian mendapatkan reaksi dari I Gusti Ketut Jelantik yang kemudian bersama kerajaan-kerajaan di Bali melakukan perlawanan.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Akar Nasionalisme, Demokrasi, dan Strategi Pergerakan

SUBTOPIK : Akar Nasionalisme dan Demokrasi

5. Dalam sejarah perjalanan bangsa, Indonesia pernah beberapa kali menerapkan model demokrasi. Mulai dari Demokrasi Liberal, Demokrasi Terpimpin, Demokrasi Pancasila. Analisis yang menunjukkan faktor penyebab terjadinya bongkar pasang sistem demokrasi di Indonesia karena .... 

  1. Indonesia mencegah masuknya paham komunis
  2. Indonesia tergolong sebagai negara yang lahir secara prematur 
  3. Indonesia mencoba menerapkan konsep demokrasi yang melampaui zaman
  4. Indonesia bermaksud untuk menyaingi demokrasi mapan ala Amerika Serikat
  5. Indonesia mencari formula penerapan sistem demokrasi yang dianggap sesuai dengan jati diri bangsa

 Jawaban : E

Pembahasan :

Secara lini masa, penerapan sistem demokrasi di Indonesia terbagi ke dalam tiga periode: 1945-1959 Indonesia menerapkan Sistem Demokrasi Parlementer atau Sistem Demokrasi Liberal. Pada periode 1959-1965 Indonesia menerapkan Sistem Demokrasi Terpimpin. Pada periode 1966-1998 Indonesia menganut Sistem Demokrasi Pancasila. Demokrasi Pancasila yang berlangsung selama 32 tahun harus juga berakhir dengan mundurnya Soeharto dari jabatan Presiden akibat desakan massa yang menuntutnya mundur. Pasca mundurnya Soeharto, era demokrasi Indonesia memasuki era baru. Demokrasi Indonesia menjadi lebih substantif yang ditandai dengan adanya keterbukaan dalam berbagai bidang, partisipasi publik, penegakan hukum, kebebasan sipil dan pers dalam mengontrol jalannya pemerintahan. Terjadinya bongkar pasang sistem demokrasi yang diterapkan di Indonesia faktor utamanya adalah karena dari semenjak merdeka demokrasi Indonesia dalam masa pencarian jati diri, alias masa mencoba, sistem demokrasi mana yang dianggap terbaik dan cocok untuk diterapkan di Indonesia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA_KELAS_12

BAHASA INDONESIA

 Topik : Teks Artikel (NEW!)

Subtopik : Mengenal Teks Artikel

1. Artikel opini biasanya dimuat dalam surat kabar atau majalah. Artikel opini berisi ….

  1. pendapat untuk membandingkan dua hal tertentu
  2. gagasan yang merupakan hasil imajinasi penulis artikel
  3. opini penulis tentang data, fakta, fenomena, atau kejadian tertentu
  4. kisah menarik dari orang terkenal yang dapat menginspirasi pembaca
  5. cerita-cerita yang telah lama ada dan berkembang dalam suatu masyarakat

Jawaban : C

Pembahasan :

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, atau kritik terhadap persoalan yang berkembang di masyarakat. Sementara itu, artikel opini adalah artikel yang berisi pendapat penulis tentang data, fakta, fenomena, atau kejadian tertentu yang biasanya dimuat dalam surat kabar atau majalah. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Teks Artikel (NEW!)

Subtopik : Menganalisis Teks Artikel

Perhatikan kutipan teks artikel opini berikut!

Selain Ruang Terbuka Hijau (RTH), ada bentukan lahan yang sama pentingnya dengan RTH, yaitu Ruang Terbuka Biru (RTB). RTB merupakan penampung air permukaan yang berupa bendungan, waduk, situ, atau embung. Bicara soal situ, unit wadah air permukaan yang tergolong paling kecil, kini berkurang jumlahnya. Sepanjang sepuluh tahun terakhir (2007 s/d 2017), sebanyak 33 situ hilang di kawasan Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Mengingat fungsi ekologisnya, berkurangnya situ mengancam tatanan ekologi di kawasan Jabodetabek.

(Sumber: https://bebas.kompas.id/baca/utama/2019/10/10/situ-hilang-ekologi-terbilang/)

2. Perbaikan yang tepat untuk kutipan teks di atas adalah ….

  1. mengganti kata bentukan pada kalimat pertama menjadi pembentukan
  2. menghilangkan tanda koma (,) setelah kata situ pada kalimat kedua
  3. menulis kata waduk, situ, dan embung dengan huruf awal kapital
  4. menulis kata s/dpada kalimat keempat menjadi d.
  5. mengganti kata ekologi pada kalimat kelima menjadi ekologis

Jawaban : D

Pembahasan :

Kutipan teks di atas perlu diperbaiki karena terdapat kesalahan penggunaan ejaan. Kesalahan terdapat pada kalimat keempat, yaitu pada penulisan s/d. Singkatan tersebut dibaca sampai dengan. Penulisan yang tepat adalah s.d. (setiap huruf diikuti dengan tanda titik (.) di belakangnya). Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Novel (BETA)

Subtopik : Menganalisis Novel

Perhatikan kutipan novel berikut!

Ada sesuatu yang menggerakkan Raia untuk menyimpan iPod dan notebook-nya dan berjalan ke arah lelaki itu saat itu juga. Tetapi Raia mengurungkan niatnya. Rasanya tidak enak mengganggu ketenangan lelaki itu dua kali setelah dia masuk tanpa diundang tadi malam.

(Sumber: The Architecture of Love karya Ika Natassa)

3. Watak Raia berdasarkan kutipan novel di atas adalah ....

  1. pengecut
  2. tidak sabaran
  3. sopan dan ramah
  4. penuh pengertian
  5. pendiam

Jawaban : D

Pembahasan :

Watak merupakan sifat batin manusia yang memengaruhi segenap pikiran dan tingkah laku. Watak dapat pula disamakan dengan budi pekerti, tabiat. Watak Raia yang ditunjukkan dalam kutipan novel di atas adalah penuh pengertian. Watak tersebut ditunjukkan melalui tindakan atau perilaku tokoh. Dalam kutipan di atas, tampak bahwa Raia akhirnya tidak mendekati tokoh “lelaki itu” karena khawatir ia akan mengganggu ketenangan “lelaki itu”. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Kritik Sastra dan Esai (NEW!)

Subtopik : Kebahasaan Kritik Sastra dan Esai

4. Untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan suatu karya diperlukan ….

  1. gambaran konkret berupa data
  2. alat untuk mengukur kekurangan dan kelebihan suatu karya
  3. kepekaan terhadap isi bacaan
  4. kalimat yang bersifat menilai atau mengomentari
  5. pemahaman terhadap makna tersirat suatu karya

Jawaban : D

Pembahasan :

Dengan membaca sebuah kritik sastra, pembaca akan mudah memahami karya sastra yang dikritik serta mengetahui kelebihan maupun kelemahan dari sebuah karya sastra. Oleh karena itu, kalimat yang bersifat menilai atau mengomentari sangat diperlukan untuk mengetahui kurang dan lebihnya suatu karya dan nantinya akan menjadi bahan evaluasi bagi penulis. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Teks Editorial (NEW!)

Subtopik : Menganalisis Teks Editorial

Perhatikan kutipan artikel berikut!

(1) Internet memang telah menjadi instrumen agar warga bisa mendapat hak ekonomi, sosial, dan budaya sepenuhnya lewat transparansi pemerintahan. (2) Sebelum adanya akses ke informasi yang memadai, gagasan akan transparansi, akuntabilitas pejabat publik, pemberantasan korupsi, ataupun partisipasi publik dalam proses penyusunan kebijakan tidak pernah terwujud. (3) Namun, di sisi kemajuan, peran internet terbukti telah membuat pemerintah di banyak negara risau. (4) Kerisauan pemerintah ditunjukkan dengan berbagai tindakan untuk memblokir konten, memata-matai (surveillance), dan mengidentifikasi aktivis dan mengkriminalisasi pendapat atau ekspresi yang sah. (5) Hal ini, tidak bisa tidak, harus segera diatasi.

5. Opini pada paragraf di atas ditunjukkan pada kalimat ....

  1. (1)
  2. (2)
  3. (3)
  4. (4)
  5. (5)

Jawaban : E

Pembahasan :

Opini merupakan pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang. Opini cenderung bersifat subjektif dan tidak (atau belum) bisa dibuktikan kebenarannya. Opini dalam paragraf di atas terdapat pada kalimat (5), yaitu “Hal ini, tidak bisa tidak, harus segera diatasi”. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

BAHASA INGGRIS

Topic : News Item

Subtopic : Aspects of News Item

Football players of Catalonia's Teressa Football Club were expelled from competition after they've proffered sexist insults at the female club mates during a match, sparking a broader discussion on social media about sexism in male-dominated sports.

On February 2, the Terrassa veterans, who play in the Spanish league's third division, had a match scheduled to kick off immediately after another match between the club's second division female team and rival Villadecals. As the male players warmed up, a female footballer suffered a severe injury on the field, which delayed the end of the match.

The veterans turned restless and began demanding the women's match to be concluded, while also insulting the players. According to the referee's minutes, the veteran players yelled: “get off the field, it's time for us to play. This game should have been suspended. You shouldn't [even] be playing.”

The female players rebuked them and were quickly joined by some members of the public. Then the men's insults turned sexist, “Go to the kitchen, go wash dishes, you pieces of shit. You're sluts,” were some of the expletives cited in the minutes of the match.

Fearing further escalation, the referee suspended the women's match, to which the female athletes from both teams responded by sitting at the center of the field to impede the men's match from taking place.

Catalonian football team expelled from competition after players insult female squad · Global Voices. (2019, February 23). Retrieved June 25, 2019, from https://globalvoices.org/2019/02/23/catalonian-football-team-expelled-from-competition-after-players-insult-female-squad/

1. The communicative purpose of the text is …

  1. to inform the insult done by Catalonia’s football team
  2. to explain the suspension of Catalonia’s football team from the competition
  3. to ask the readers to avoid Catalonian football players from getting expelled
  4. to inform the readers about the expulsion of Catalonia’s football team from the competition
  5. to persuade the readers to expel Catalonia's TeressaFootball players of Catalonia's from competition

 Jawaban : D 

Pembahasan :

Teks di atas adalah adalah teks berita atau news item. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi kepada pembaca tentang hal yang dianggap penting. Dalam teks di atas, newsworthy eventnya adalah tentang pemain bola Catalonian yang dikeluarkan dari pertandingan karena menghina tim perempuan lain. Jadi, jawaban yang benar adalah D, karena Expulsion bersinonim dengan expelling.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Review Text

Subtopic : Aspect and Examples of News Item

Magenta Balloon is Magdalena’s second book. This fiction book is a part of her “Colorful Balloon” trilogy. The book has 500 pages.

The book consists of 50 chapters which continue the unfinished story in the first book about an 8-year old boy named Jose Padilla. In this book, similar to the previous one, the boy meets several new characters that help him to understand what Neoground is. However, this time Jose focuses on how to find a way to go home, to the real world.

I really enjoy reading this book because the writer develops the fictional realm ‘Neoground’ well that helps the readers imagine the situation vividly. Nonetheless, if you don’t read the first book, you will not get the background story of why the boy lives in that world at the first place.

This book is really recommended for people who enjoy fiction as their readings.

2. According to the writer, what should people do to understand the origin of Jose’s existence in Neoground realm?

  1. Read the previous book
  2. Discuss the first chapter
  3. Imagine vividly the world
  4. Analyze the chapters thoroughly
  5. Try to combine several character’s stories

 Jawaban : A

Pembahasan :

“Nonetheless, if you don’t read the first book, you will not get the background story of why the boy lives in that world at the first place. (par.3)” artinya “Akan tetapi, jika kamu tidak membaca buku yang pertama, kamu tidak akan tahu latar belakang cerita kenapa si laki-laki hidup di dunia yang seperti itu.” Oleh karena itu, untuk mengetahui asal-usul mengapa pemeran utama bisa berada di dunia yang berbeda ini, kita harus membaca buku pertama dari seri ini. Jadi, jawaban yang benar adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

King Louis XVI and Queen Marie Antoinette ruled France from 1774 to 1789, a time when the country was fighting bankruptcy. However, the royal couple did not let the situation limit their excessive spending. Even though the minister of finance repeatedly warned them not to waste money, they continued to spend great fortunes on their personal pleasure. This lavish spending greatly enraged the people of France. They felt that the royal couple bought its luxurious lifestyle at the poor people’s expense.

Marie Antoinette seemed uncaring about her subjects’ misery. While French citizens begged for lower taxes, the queen embellished her palace with extravagant works of art. She also surrounded herself with artists, writers, and musicians, who encouraged the queen to spend even more money.

While the queen liked to have huge feasts at the royal table, many people in France were starving. The French government obliged the citizens to pay high taxes. When the minister of finance tried to stop these royal spendthrifts, the queen replaced him. The intense hatred that the people felt for Louis XVI and Marie Antoinette kept building until it led to the French Revolution. During this time of struggle and violence (1789-1799), thousands of aristocrats, as well as the king and queen themselves, lost their lives at the guillotine. Perhaps, if Louis XVI and Marie Antoinette had reined in their extravagant spending, the events that rocked France would not have occurred.

3. The text mainly focuses on ….

  1. The unfortunate minister of France
  2. The marriage life of a king and a queen
  3. A royal family’s lavish spending for personal pleasure
  4. The spending of King Louis XVI and Queen Marie Antoinette
  5. The reign of King Louis XVI and Queen Marie Antoinette over France

 Jawaban : C

Pembahasan :

Pada paragraf pertama, penulis menjelaskan bahwa Raja Louis XVI dan Ratu Marie Antoinette memerintah Prancis dari tahun 1774 sampai 1789. Pada saat itu Prancis sedang mengalami kebangkrutan, namun hal tersebut tidak menghalangi keluarga kerajaan untuk menghabiskan uang banyak (hidup mewah/berfoya-foya). Paragraf kedua membahas apa saja yang dilakukan Ratu untuk menghabiskan uang dalam jumlah fantastis. Paragraf ketiga menjelaskan bahwa ratu senang mengadakan pesta makan besar sedangkan rakyat kelaparan dan rakyat juga dipaksa untuk membayar pajak dalam jumlah yang tinggi. Hal ini menuntun terjadinya revolusi Prancis dan pada saat itu banyak kaum bangsawan termasuk raja dan ratu yang mati dengan cara kepalanya dipenggal. Jadi, bacaan tersebut secara umum membahas tentang C. 

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

King Louis XVI and Queen Marie Antoinette ruled France from 1774 to 1789, a time when the country was fighting bankruptcy. However, the royal couple did not let the situation limit their excessive spending. Even though the minister of finance repeatedly warned them not to waste money, they continued to spend great fortunes on their personal pleasure. This lavish spending greatly enraged the people of France. They felt that the royal couple bought its luxurious lifestyle at the poor people’s expense.

Marie Antoinette seemed uncaring about her subjects’ misery. While French citizens begged for lower taxes, the queen embellished her palace with extravagant works of art. She also surrounded herself with artists, writers, and musicians, who encouraged the queen to spend even more money.

While the queen liked to have huge feasts at the royal table, many people in France were starving. The French government obliged the citizens to pay high taxes. When the minister of finance tried to stop these royal spendthrifts, the queen replaced him. The intense hatred that the people felt for Louis XVI and Marie Antoinette kept building until it led to the French Revolution. During this time of struggle and violence (1789-1799), thousands of aristocrats, as well as the king and queen themselves, lost their lives at the guillotine. Perhaps, if Louis XVI and Marie Antoinette had reined in their extravagant spending, the events that rocked France would not have occurred.

4. What is true according to the text?

  1. Queen Marie Antoinette was uncaring and egoistic
  2. King Louis XVI sentenced some aristocrat to death.
  3. King Louis XVI and Queen Marie Antoinette story was a happy ending.
  4. King Louis XVI and Queen Marie Antoinette were loved by their citizen.
  5. King Louis XVI and Queen Marie Antoinette ruled France for more than 15 years.

 Jawaban : A

Pembahasan :

“Even though the minister of finance repeatedly warned them not to waste money, they continued to spend great fortunes on their personal pleasure.” artinya “Meskipun menteri keuangan berulang kali mengingatkan mereka supaya tidak menghambur-hamburkan uang, mereka (raja dan ratu), tetap saja melakukannya untuk kesenangan pribadi. “While the queen liked to have huge feasts at the royal table, many people in France were starving.” artinya “Ketika ratu sering mengadakan jamuan makan besar di meja kerajaan, banyak rakyat Prancis yang menderita kelaparan.” Kedua kalimat tersebut menandakan bahwa A. Ratu Marie Antoinette adalah seorang yang tidak peduli (uncaring) dan keras kepala (stubborn).

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topic : Recount Text

Subtopic : Types of Recount Text

Majapahit empire, the last Indianized kingdom in Indonesia; based in eastern Java, it existed between the 13th and 16th centuries. The founder of the empire was Vijaya, a prince of Singhasari, who escaped when Jayakatwang, the ruler of Kediri, seized the palace. In 1292 Mongol troops came to Java to avenge an insult to the emperor of China, Kublai Khan, by Kertanagara, the king of Singhasāri, who had been replaced by Jayakatwang. Vijaya collaborated with Mongol troops in defeating Jayakatwang; Vijaya then turned against the Mongols and expelled them from Java.

Under his rule the new kingdom, Majapahit, successfully controlled Bali, Madura, Malayu, and Tanjungpura. The power of Majapahit reached its height in the mid-14th century under the leadership of King Hayam Wuruk and his Prime Minister, Gajah Mada. Some scholars have argued that the territories of Majapahit covered present-day Indonesia and part of Malaysia, but others maintain that its territory was confined to eastern Java and Bali. Nonetheless, Majapahit became a significant power in the region, maintaining regular relations with China, Champa, Cambodia, Annam, and Siam (Thailand). The golden era of Majapahit was short-lived; the empire began to decline after the death of Gajah Mada in 1364, and it was further weakened after the death of Hayam Wuruk in 1389. The spread of Islam and the rise of the Islāmic states along the northern coast of Java eventually brought the Majapahit era to an end in the late 15th or early 16th century.

5. From the text we know that .…

  1. Vijaya expelled Gajah Mada from Java.
  2. Siam was once a part of Majapahit territory.
  3. Hayam Wuruk died not long before Gajah Mada’s death.
  4. Hayam Wuruk and Gajah Mada had the biggest impact on Majapahit empire.
  5. Majapahit empire had a good relation with Singhasari during the reign of Vijaya.

 Jawaban : D

Pembahasan :

Pada paragraf kedua dijelaskan bahwa puncak masa kejayaan Majapahit terjadi pada pertengahan abad ke 14 di bawah pemerintahan Raja Hayam Wuruk dan Perdana Menterinya, Gajah Mada. Lalu kerajaan tersebut mengalami kemunduran setelah Gajah Mada wafat tahun 1364 dan semakin lemah setelah Raja Hayam wuruk wafat tahun 1389. Dari keterangan tersebut, kita tahu bahwa kedua tokoh tersebut memiliki pengaruh paling besar pada kerajaan Majapahit. Maka jawaban yang benar adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

MATEMATIKA

TOPIK : Aturan Pencacahan

SUBTOPIK : Aturan Penjumlahan dan Perkalian

1. Banyak bilangan ratusan dengan angka kedua dan angka ketiga mempunyai selisih 2 atau 4 adalah ....

  1. 76
  2. 108
  3. 136
  4. 144
  5. 252

JAWABAN : E

PEMBAHASAN :

Pertama, angka kedua dan ketiga mempunyai selisih 2. Pasangan angka kedua dan angka ketiga yang mungkin adalah

0 dan 2,

1 dan 3,

2 dan 4,

3 dan 5,

4 dan 6,

5 dan 7,

6 dan 8,

7 dan 9.

Terdapat 8 pasangan dan setiap pasangan dapat bertukar tempat.

Digit pertama dapat diisi oleh angka 1 sampai 9.

Sehingga banyak bilangan yang mungkin dari bagian ini adalah

9.8.2! = 144

(9 dari kemungkinan digit pertama, 8 dari 8 pasangan, 2! dari setiap pasangan yang dapat bertukar tempat)

Selanjutnya, angka kedua dan ketiga mempunyai selisih 4. Pasangan angka kedua dan angka ketiga yang mungkin adalah

0 dan 4,

1 dan 5,

2 dan 6,

3 dan 7,

4 dan 8,

5 dan 9.

Terdapat 6 pasangan dan setiap pasangan dapat bertukar tempat.

Digit pertama dapat diisi oleh angka 1 sampai 9.

Sehingga banyak bilangan yang mungkin dari bagian ini adalah

9.6.2! = 108

(9 dari kemungkinan digit pertama, 6 dari 6 pasangan, 2! dari setiap pasangan yang dapat bertukar tempat)

Jadi, banyak bilangan yang dimaksud adalah 144 + 108 = 252.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Statistika Deskriptif

SUBTOPIK : Ukuran Pemusatan Data Tunggal

2. Berikut adalah tabel berat badan siswa kelas X.

1-405577069132

Jika siswa dengan berat badan di atas rata-rata diharuskan mengikuti program diet, maka banyak siswa yang mengikuti progam diet tersebut adalah ....

  1. 46%
  2. 48%
  3. 50%
  4. 52%
  5. 54%

 JAWABAN : B

PEMBAHASAN :

Pertama, kita cari nilai rata-ratanya dengan bantuan tabel berikut.

2-237

3-92

Sehingga, siswa yang mengikuti program diet adalah yang berat badannya di atas 58,56 kg. Lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut.

4-60

cell yang berwarna kuning menandakan bahwa siswa tersebut mengikuti program diet. Terdapat 12 siswa, sehingga persentase siswa yang mengikuti program diet adalah

5-80

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Barisan dan Deret

SUBTOPIK : Latihan Barisan dan Deret

3. Jika a,b,c adalah barisan aritmetika dan a,b,a+c adalah barisan geometri, maka 1-405577069133 

  1. 6
  2. 4
  3. 3
  4. 2
  5. 1

JAWABAN : C

PEMBAHASAN :

Diketahui a,b,c adalah barisan aritmetika, maka

2-238

Diketahui a,b,a+c adalah barisan geometri, maka 3-93 dan

4-61

Subtitusikan persamaan (1) ke persamaan (2) sehingga kita peroleh

5-81

Karena 6-84, maka haruslah 7-56 sehingga persamaan (1) dapat diubah menjadi

8-58

Jadi, 9-53.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Matriks

SUBTOPIK : Pengertian Dasar Matriks

4.Diketahui 1-405577069134 dan 2-239 Jika 3-94 maka nilai c adalah ....

  1. 2
  2. 5
  3. 8
  4. 11
  5. 14

JAWABAN : C

PEMBAHASAN :

4-62
Sehingga

5-82

dari persamaan matriks di atas, kita peroleh

6-85

Subtitusikan nilai 7-57 sehingga

8-59

Kemudian subtitusikan nilai 9-54 sehingga

10-44

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

TOPIK : Sistem Persamaan & Pertidaksamaan Linear-Kuadrat Dua Variabel

SUBTOPIK : Sistem Persamaan Linier Kuadrat Dua Variabel (SPLKDV)

5. Jika a dan b bilangan bulat dengan 11-150

  1. 36
  2. 6
  3. 0
  4. -6
  5. -36

JAWABAN : B

PEMBAHASAN :

Misalkan 1-405577069135 Perhatikan jika bentuk 1-405577069135 maka kita peroleh

2-240

Subtitusikan 3-95 ke persamaan di atas sehingga

4-63

Diketahui pada soal bahwa a dan b bilangan bulat dengan a > b, maka a - b bernilai positif. Jadi, 5-83

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

GEOGRAFI

Topik : Kerja Sama Negara Maju dan Berkembang

Subtopik : Klasifikasi Negara Maju dan Negara Berkembang

1.Indikator kesehatan pada IPM dilihat dari ….

  1. tingkat gizi balita
  2. angka kematian bayi
  3. angka kelahiran bayi
  4. angka harapan hidup
  5. angka beban ketergantungan

 Jawaban: D

Pembahasan:

Indikator kesehatan pada IPM dapat dilihat berdasarkan angka harapan hidup. Angka harapan hidup adalah perkiraan rata-rata tambahan umur seseorang yang diharapkan dapat terus hidup. Negara maju biasanya memiliki angka harapan hidup yang tinggi. Jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Kerja Sama Negara Maju dan Berkembang

Subtopik : Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang

2. Selain Amerika Serikat, negara maju yang berada di kawasan Amerika Utara adalah ….

  1. Chili
  2. Greenland
  3. Kanada
  4. Kuba
  5. Meksiko

 Jawaban : C

Pembahasan :

Tidak semua negara yang ada di kawasan Amerika Utara adalah negara maju. Negara maju yang berada di kawasan Amerika Utara adalah Amerika Serikat dan Kanada. Kanada yang terletak di sebelah utara Amerika Serikat memiliki IPM sebesar 0,926 dan berada pada peringkat ke-12 di dunia pada tahun 2017 lalu. Sementara itu, negara lain yang berada di kawasan Amerika Utara, yaitu Meksiko, masih dikategorikan sebagai negara berkembang. Jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Kerja Sama Negara Maju dan Berkembang

Subtopik : Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang

3. Perhatikan kondisi berikut ini!
  1. sumber daya alam yang tinggi
  2. angka pertumbuhan ekonomi tinggi
  3. angka pertumbuhan penduduk yang tinggi
  4. rendahnya kemampuan penduduk untuk memenuhi kebutuhan

Karakteristik yang dimiliki oleh India sebagai negara berkembang ditunjukkan oleh nomor ….

  1. 1 dan 2
  2. 1 dan 3
  3. 2 dan 3
  4. 2 dan 4
  5. 3 dan 4

 Jawaban : E

Pembahasan :

India merupakan salah satu negara di kawasan Asia Selatan yang digolongkan sebagai negara berkembang. Negara ini ditetapkan sebagai negara berkembang karena memiliki angka pertumbuhan penduduk yang tinggi. Namun, negara ini memiliki kesejahteraan penduduk yang rendah. Rata-rata penduduk di India hanya mengenyam pendidikan hingga kelas 6 SD saja, dan menjadikan tingkat pendidikan di negara ini rendah. Selain itu, negara ini juga memiliki perekonomian yang rendah, di mana sebagian besar masyarakatnya belum mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

Subtopik : Konsep Wilayah dan Tata Ruang

 4. Perhatikan berbagai ciri wilayah berikut ini!

  1. dinamis
  2. heterogen
  3. homogen
  4. statis

Ciri-ciri wilayah formal ditunjukkan oleh nomor ….

  1. (1) dan (2)
  2. (1) dan (3)
  3. (2) dan (3)
  4. (2) dan (4)
  5. (3) dan (4)

Jawaban : E

Pembahasan :

Wilayah formal adalah wilayah yang terbentuk karena keseragaman karakteristiknya. Contohnya adalah wilayah pegunungan, wilayah kutub, dan wilayah hutan.  Ciri-ciri dari wilayah formal adalah homogen dan cenderung statis (tidak berubah dalam waktu yang lama). Maka, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Interaksi Keruangan Desa dan Kota

Subtopik : Pola dan Faktor-faktor Interaksi Desa dan Kota

5.Suatu rumah sakit akan dibangun di antara kota A dan kota B. Kota A memiliki jumlah penduduk sebesar 10.000 jiwa. Sedangkan, kota B memiliki penduduk sebesar 40.000 jiwa. Jarak antara kota A dan B adalah 12 km. Lokasi rumah sakit yang tepat adalah ....

  1. 3 km dari kota A
  2. 3 km dari kota B
  3. 4 km dari kota A
  4. 4 km dari kota B
  5. 6 km dari kota A

Jawaban : C

Pembahasan :

Diketahui:

Jarak antara kota A dan kota B (dAB) = 12 km

Jumlah penduduk kota yang lebih kecil (PA) = 10.000 (kota A)

Jumlah penduduk kota yang lebih besar (PB) = 40.000 (kota B)

Ditanya:

Jarak lokasi titik henti (rumah sakit) diukur dari wilayah yang jumlah penduduknya lebih kecil (DAB)?

Jawab:

6-86

Berdasarkan perhitungan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SOSIOLOGI

Topik : Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Subtopik : Perubahan Komunitas Lokal Karena Globalisasi

1. Salah satu bentuk perubahan komunitas lokal pada lembaga pendidikan yang diakibatkan oleh globalisasi adalah ….
  1. ditetapkannya kebijakan sekolah lima hari
  2. berkembangnya sistem pembelajaran jarak jauh
  3. hilangnya nilai-nilai pendidikan berbasis keluarga
  4. munculnya kebijakan sekolah selama 8 jam setiap hari
  5. berkembangnya sistem pembelajaran berbasis pendidikan karakter

 Jawaban : B

Pembahasan :

Salah satu bentuk globalisasi dalam ranah pendidikan adalah berkembangnya sistem pembelajaran jarak jauh. Dalam sistem pembelajaran jarak jauh, pihak sekolah dan siswa benar-benar mengandalkan teknologi internet untuk setiap kegiatan pembelajaran. Misalnya, aplikasi bimbel online yang merupakan salah satu produk dan layanan yang mengandalkan sistem pembelajaran jarak jauh. 

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Diterapkannya kebijakan sekolah lima hari: berkaitan dengan kebijakan pemerintah, namun tidak menggunakan teknologi dalam penerapannya.

Hilangnya nilai-nilai pendidikan berbasis keluarga: berkaitan dengan perubahan komunitas lokal, tapi belum tentu disebabkan oleh globalisasi.

Munculnya kebijakan sekolah selama 8 jam setiap hari: berkaitan dengan kebijakan pemerintah, namun tidak menggunakan teknologi dalam penerapannya.

Berkembangnya sistem pembelajaran berbasis pendidikan karakter: berkaitan dengan perubahan konten pembelajaran, tapi tidak disebabkan secara langsung oleh teknologi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi

Subtopik : Konsep Ketimpangan Sosial

2. Surat keterangan sehat jasmani dan rohani sebagai prasyarat dalam lamaran pekerjaan cenderung mengesampingkan kualifikasi-kualifikasi lain, seperti tingkat pendidikan, keterampilan, dan pengalaman kerja yang sebenarnya dimiliki. Kondisi ini membuat penyandang disabilitas kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan dan menunjukkan kemampuan mereka. Kasus ini menunjukkan sebuah bentuk ketidakadilan sosial berupa ….

  1. stereotip
  2. segregasi
  3. prasangka
  4. subordinasi
  5. marginalisasi

 Jawaban : D

Pembahasan :

Persoalan yang dihadapi oleh para penyandang disabilitas menggambarkan bahwa kedudukan mereka di masyarakat masih mengalami penomorduaan atau subordinasi. Subordinasi adalah suatu proses yang seolah menomorduakan, mengesampingkan, atau membedakan perlakuan terhadap identitas sosial tertentu. Menghilangkan stigma negatif terhadap penyandang disabilitas memang merupakan hal pertama yang harus dilakukan untuk menghapus subordinasi yang dialami oleh mereka. Namun, suatu kebijakan yang ramah terhadap mereka juga diperlukan, seperti pendidikan inklusif, pelatihan keterampilan, lapangan kerja, atau bahkan fasilitas-fasilitas publik.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Stereotip: generalisasi yang berlebihan terhadap seseorang berdasarkan sifat-sifat yang ada pada kelompoknya (ras, suku, atau agamanya), namun tidak selalu bersifat negatif.

Segregasi: pemisahan, pengasingan, atau pengucilan suatu golongan dari golongan lainnya.

Prasangka: sikap dan perasaan negatif terhadap suatu kelompok dan seluruh anggota kelompoknya.

Marginalisasi: proses pembatasan atau peminggiran terhadap seseorang atau kelompok dalam berbagai aspek yang mengakibatkan mereka tersingkir dari masyarakat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi

Subtopik : Upaya mengatasi ketimpangan sosial

3. Tenaga pengajar sangat dibutuhkan di sekolah, terutama di desa terpencil. Sayangnya, guru-guru di desa terpencil terkadang tidak diperhatikan. Ada yang bahkan tidak mendapatkan penghasilan dari kegiatan mengajarnya. Padahal jika dibandingkan dengan guru-guru di perkotaan, mereka paling tidak lebih sejahtera dan mendapatkan gaji setiap bulannya. Upaya yang perlu dilakukan pemerintah untuk mengatasi ketimpangan ini adalah ….

  1. pemerataan kualitas dan kesejahteraan guru
  2. memperketat seleksi guru terutama di kota besar
  3. pemerataan sarana dan prasarana pengajaran di sekolah
  4. memperbaiki akses jalan ke sekolah untuk siswa dan guru
  5. menambah jumlah guru di kota besar karena lebih sejahtera

 Jawaban : A

Pembahasan :

Ketimpangan yang muncul di soal adalah perbandingan antara kesejahteraan guru di desa terpencil dan guru-guru di perkotaan. Maka itu, peningkatan kualitas pendidikan tidak hanya perlu mempertimbangkan pemerataan sarana dan prasarana, tetapi perlu juga memperhatikan tenaga pengajarnya. Upaya yang perlu diperhatikan berkaitan dengan pemerataan jumlah, kualitas, maupun kesejahteraan para guru di pedesaan. Hal ini untuk mengurangi bahkan jika bisa menghapuskan ketimpangan tenaga pengajar di desa dan di kota.

Penjelasan pilihan jawaban yang lain:

Memperketat seleksi guru terutama di kota besar: tidak berkaitan dengan kualitas guru di pedesaan yang menjadi fokus dalam soal.

Pemerataan sarana dan prasarana pengajaran di sekolah: sarana dan prasarana pengajaran lebih mengarah pada alat perlengkapan seperti gedung sekolah, buku, dan sebagainya. Tidak berkaitan langsung dengan kesejahteraan guru-guru.

Memperbaiki akses jalan ke sekolah untuk siswa dan guru: berkaitan dengan kebijakan pembangunan, bukan kualitas tenaga pengajar.

Menambah jumlah guru di kota besar karena lebih sejahtera: tidak berkaitan dengan kualitas guru di pedesaan yang menjadi fokus dalam soal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Sosial I

Subtopik : Jenis-Jenis Kearifan Lokal

4. Mitos-mitos mengenai pohon angker atau pohon yang memiliki roh penunggu cenderung masih dipercayai oleh masyarakat, terutama masyarakat pedesaan yang masih tradisional. Mitos pohon angker tersebut menunjukkan kearifan lokal ….

  1. tidak berwujud dan berfungsi sebagai konservasi alam
  2. berwujud tekstual dan berfungsi sebagai sebuah petuah
  3. berwujud tekstual dan berfungsi sebagai pendidikan moral
  4. tidak berwujud dan berfungsi mengembangkan ilmu pengetahuan
  5. tidak berwujud dan berfungsi mengembangkan sumber daya manusia

 Jawaban : A

Pembahasan :

Berdasarkan jenisnya, mitos tersebut menjadi sebuah kearifan lokal berbentuk tidak nyata karena menjadi mitos atau cerita masyarakat lokal disampaikan secara verbal dan turun-temurun. Meskipun dalam cerita tersebut terdapat unsur gaib, namun masyarakat terutama yang bersifat tradisional relatif dapat mengikuti perintah yang secara tersirat dalam cerita tersebut.

Berdasarkan fungsinya, kearifan lokal ini memiliki fungsi di masyarakat untuk melestarikan dan menjaga secara turun-temurun agar lingkungan alam dan budaya manusia setempat tidak hilang. Kearifan lokal ini menciptakan cara berperilaku yang tidak jauh dengan prinsip konservasi. Dalam prinsip konservasi yang dibutuhkan adalah rasa saling menghormati dan menjaga alam. Masyarakat cenderung akan berpikir ulang jika melakukan kegiatan di tempat-tempat yang dianggap memiliki roh penunggu. Mereka akan menjaga dan menghormati tempat-tempat tersebut. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Sosial II

Subtopik : Agen Pemberdayaan Komunitas

5. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pendekatan bisnis dengan memberikan kontribusi terhadap pembangunan yang berkelanjutan dengan memberikan manfaat ekonomi, sosial, dan lingkungan bagi seluruh pemangku kepentingan. CSR merupakan contoh program pemberdayaan yang dijalankan oleh ….

  1. individu
  2. komunitas
  3. pemerintah
  4. pihak swasta
  5. masyarakat penggerak

 Jawaban : D

Pembahasan :

Tanggung jawan sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah pihak swasta. Para perusahaan memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat tanpa mementingkan imbalan. Perusahaan sebagai agen pemberdayaan komunitas menjalankan program tanggungjawab sosial perusahaan atau CSR kepada komunitas yang membutuhkan pemberdayaan. Misalnya, pemberdayaan komunitas petani karet dalam program Kebun Karet Unggul. Bentuk pemberdayaan yang dilakukan oleh perusahaan tambang tersebut melalui CSR-nya adalah pemberian bibit karet unggul dan obat tanaman karet. Pemberdayaan komunitas seperti ini merupakan contoh dari pemberdayaan yang digerakkan oleh pihak swasta. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

EKONOMI

Topik : Tahap Pencatatan Perusahaan Dagang (NEW!)

Subtopik : Rekapitulasi dan Buku Besar Perusahaan Dagang

1. Tujuan dibuatnya rekapitulasi jurnal khusus adalah ….

  1. memudahkan pembuatan buku besar pembantu
  2. memudahkan proses pencatatan jurnal khusus
  3. mengetahui saldo akhir setiap utang dan piutang pihak ketiga
  4. memudahkan pembuatan buku besar umum
  5. mengetahui keseimbangan saldo debit dan kredit pada awal periode akuntansi

Jawaban : D

Pembahasan :

Pembuatan rekapitulasi jurnal khusus bersifat opsional dan dapat digunakan untuk memudahkan pembuatan buku besar umum.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Tahap Pengikhtisaran Perusahaan Dagang (NEW!)

Subtopik : Neraca Saldo dan Penyesuaian Perusahaan Dagang

2. Neraca saldo suatu perusahaan menunjukkan saldo akun gedung Rp100.000.000,00. Penyusutan gedung diperkirakan sebesar 5% per tahun. Ayat jurnal penyesuaian yang tepat berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....

A. Beban penyusutan gedung (D) Rp5.000.000,00

Akumulasi penyusutan gedung (K) Rp5.000.000,00

B. Akumulasi penyusutan gedung (D) Rp5.000.000,00

Beban penyusutan gedung (K) Rp5.000.000,00

C. Beban penyusutan gedung (D) Rp100.000.000,00

Akumulasi penyusutan gedung (K) Rp100.000.000,00

D. Akumulasi penyusutan gedung (D) Rp100.000.000,00

Beban penyusutan gedung (K) Rp100.000.000,00

E. Beban penyusutan gedung (D) Rp5.000.000,00

Gedung (K) Rp5.000.000,00

Jawaban : A

Pembahasan :

Berdasarkan ilustrasi tersebut, penyusutan gedung sebesar 5%xRp100.000.000,00 = Rp5.000.000,00. Ayat jurnal penyesuaian yang benar adalah sebagai berikut.

Beban penyusutan gedung (D) Rp5.000.000,00

Akumulasi penyusutan gedung (K) Rp5.000.000,00

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Tahap Pelaporan Perusahaan Dagang (NEW!)

Subtopik : Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

3. Suatu perusahaan dagang memiliki nilai penjualan yang lebih kecil dibandingkan dengan harga pokok penjualan dan beban operasional usahanya. Berdasarkan pernyataan tersebut, kondisi perusahaan tersebut adalah ….

  1. laba
  2. rugi
  3. berimbang
  4. surplus
  5. break even point

Jawaban : B

Pembahasan :

Suatu perusahaan yang memiliki nilai penjualan lebih kecil dibandingkan dengan harga pokok penjualan dan beban operasionalnya berarti mengalami kerugian. Hal tersebut karena penjualan merupakan pendapatan di perusahaan dagang, sedangkan harga pokok penjualan dan beban merupakan biaya yang harus ditanggung perusahaan.  

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Tahap Pengikhtisaran Perusahaan Dagang (NEW!)

Subtopik : Neraca Saldo dan Penyesuaian Perusahaan Dagang

4. Data akhir periode PD Ruang Belanja menyebutkan gaji pegawai yang belum dibayar sebesar Rp2.500.000,00. Ayat jurnal penyesuaian yang benar adalah ….

A. Utang gaji (D) Rp2.500.000,00

Beban gaji (K) Rp2.500.000,00

B. Beban gaji (D) Rp2.500.000,00

Utang gaji (K) Rp2.500.000,00

C. Utang gaji (D) Rp2.000.000,00 

Beban gaji (K) Rp2.000.000,00

D. Beban gaji (D) Rp2.000.000,00

Utang gaji (K) Rp2.000.000,00

E. Utang gaji (D) Rp500.000,00

Beban gaji (K) Rp500.000,00

Jawaban :  B

Pembahasan :

Gaji yang belum dibayar oleh PD Ruang Belanja menyebabkan menyebabkan bertambahnya utang (dikredit) dan beban (didebit). Ayat penyesuaiannya sebagai berikut.

       Beban gaji (D) Rp2.500.000,00

Utang gaji (K) Rp2.500.000,00

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Tahap Pelaporan Perusahaan Dagang (NEW!)

Subtopik : Laporan Perubahan Modal Perusahaan Dagang

5. Perhatikan sebagian data keuangan PD Ruang Usaha berikut!

Modal awal   Rp24.500.000,00

Rugi              Rp1.200.000,00

Prive             Rp2.500.000,00

Besarnya modal akhir PD Ruang Usaha yang benar adalah …. 

  1. Rp20.800.000,00 
  2. Rp23.200.000,00
  3. Rp23.300.000,00
  4. Rp25.800.000,00
  5. Rp28.200.000,00 

Jawaban : A

Pembahasan :

Modal akhir = Modal awal - Rugi - Prive

Modal akhir = Rp24.500.000,00 - Rp1.200.000,00 - Rp2.500.000,00

Modal akhir = Rp20.800.000,00

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

SEJARAH

Topik : Peran Bangsa Indonesia dalam Perdamaian Dunia

Subtopik : Gerakan Non-Blok

 1. Perang Dingin sudah selesai, tidak ada lagi Blok Barat dan Blok Timur. Analisa yang tepat terkait kesesuaian organisasi Gerakan Non Blok dengan era sekarang adalah ….

  1. Negara-negara Non Blok bubar saja
  2. Negara-negara Non Blok perlu mendekati Rusia
  3. Negara-negara Non Blok perlu mendekati Amerika Serikat
  4. Negara-negara Non Blok bebas menentukan arah dan kebijakannya masing-masing
  5. Negara-negara Non Blok ikut aktif menyelesaikan persoalan-persoalan dunia kontemporer

 Jawaban : E

Pembahasan :

Seiring dengan bubarnya Uni Soviet pada 1991 maka secara otomatis Perang Dingin ikut berakhir. Dalam hal ini, Blok Barat tampil sebagai pemenang Perang Dingin. Namun demikian, masalah dunia tidak berhenti sampai di situ. Jika selama masa Perang Dingin masalah dunia berkisar pada pertempuran ideologi dan perebutan pengaruh dua kekuatan besar maka pasca berakhirnya perang ideologi tersebut kini dunia dihadapkan dengan masalah-masalah baru yang tidak kalah menantang dibandingkan dengan masalah yang harus dihadapi saat masa Perang Dingin. Dunia saat ini dihadapkan pada masalah-masalah serius nan kompleks seperti penjajahan Palestina oleh Israel, radikalisme, ekstrimisme, dan terorisme. Dunia dewasa ini juga dihadapkan pada masalah ketimpangan dan kemiskinan, masalah perubahan iklim, masalah kejahatan transnasional seperti penyelundupan obat-obatan terlarang, perdagangan manusia, kejahatan cyber, dan sebagainya. Negara-negara non blok yang saat ini berjumlah 120 negara bisa mengalihkan perhatiannya dengan ikut aktif menyelesaikan persoalan-persoalan besar dunia di atas. Peran aktif negara-negara non blok yang mencakup 2/3 keanggotaan PBB dan merepresentasikan 55 persen penduduk dunia sangatlah vital dalam ikut serta menyelesaikan masalah-masalah masa kini. Keberanian serta langkah-langkah konkret negara-negara non blok sangat dinanti dalam rangka menyelesaikan masalah-masalah dunia dewasa ini. Inilah kesesuaian antara organisasi Gerakan Non Blok dengan era sekarang.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Prestasi IPTEK Indonesia di Era Kemerdekaan

Subtopik : Revolusi Hijau

2. Perhatikan pernyataan berikut ini!

“Pada permulaan tahun 1970-an pemerintah Indonesia meluncurkan suatu program pembangunan pertanian yang dikenal secara luas dengan program Revolusi Hijau yang di masyarakat petani dikenal dengan program Bimas. Konsep Revolusi Hijau yang di Indonesia dikenal sebagai gerakan Bimas adalah program nasional untuk meningkatkan produksi pangan, khususnya swasembada beras”

Hubungan antara pernyataan di atas dengan kondisi para petani di Indonesia adalah ….

  1. Para petani semakin gencar menanam tanaman yang tahan hama dan mempunyai produktivitas yang tinggi
  2. Petani hanya fokus untuk meningkatkan produksi padi agar dapat mencapai swasembada beras
  3. Pelaksanaan Bimas berdampak pada menurunnya kualitas tanaman yang ditanam pada petani, terutama tanaman padi
  4. Penerapan Bimas di masyarakat telah menimbulkan adanya kesenjangan sosial antara masyarakat perkotaan dengan masyarakat pedesaan
  5. Program Bimas telah berhasil mengubah sikap para petani, dari “anti” teknologi menjadi lebih memanfaatkan teknologi pertanian modern

 Jawaban : E

Pembahasan :

Bimas yang merupakan singkatan dari Bimbing Massal, dalam pengertian resmi dan aslinya merupakan suatu sistem Penyuluhan yaitu pembimbingan petani ke arah usaha tani yang lebih baik dan lebih maju, sehingga ia mampu meningkatkan usaha taninya. Bimas berintikan tiga komponen pokok, yaitu penggunaan teknologi yang sering disebut Panca Usaha Tani, penerapan kebijakan harga sarana dan hasil reproduksi serta adanya dukungan kredit dan pertanian modern. Revolusi Hijau atau program Bimas meskipun memakan waktu yang relatif lama kurang lebih 20 tahun, telah berhasil mengubah sikap para petani, khususnya para petani subsektor pangan, dari “anti” teknologi ke sikap yang mau memanfaatkan teknologi pertanian modern, seperti pupuk kimia, obat-obatan pelindung, dan bibit padi unggul.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Peristiwa Kontemporer Dunia

Subtopik : Reunifikasi Jerman

3. Korelasi antara Runtuhnya Tembok Berlin dengan Uni Soviet adalah ….

  1. Gorbachev menerapkan kebijakan yang memudahkan negara-negara bawahannya untuk merdeka
  2. Gorbachev menarik mundur pasukan Uni Soviet dari wilayah Jerman Timur
  3. Gorbachev mendukung aksi rakyat demonstrasi rakyat untuk meruntuhkan Tembok Berlin
  4. Gorbachev memberikan kemerdekaan penuh pada Jerman Timur dan Barat untuk bersatu
  5. Kebijakan Gorbachev mempengaruhi demonstran untuk melakukan perlawanan pada Erich Honecker

Jawaban : B

Pembahasan :

Gorbachev menerapkan berbagai kebijakan yang melonggarkan ideologi komunis dan memberikan ruang kepada demokratisasi salah satu kebijakan luar negeri yang dikenal dengan koeksistensi secara damai di Eropa Timur. Kebijakan ini dilakukan dengan menarik mundur pasukan Uni Soviet dari wilayah Jerman Timur, mengizinkan Hungaria membuka perbatasan wilayahnya dengan Austria yang kemudian menyebabkan banyaknya gelombang migrasi rakyat Jerman Timur ke Jerman Barat. Keadaan ini tidak mampu diatasi oleh pemerintah Jerman Timur yang kemudian mengundurkan diri hingga pada 9 November 1989 rakyat berbondong-bondong ke perbatasan dan merobohkan tembok dengan peralatan yang seadanya.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik : Konflik Timur - Tengah

4. Saddam Hussein mengaitkan invasi Irak terhadap Kuwait serupa dengan kasus pendudukan Israel terhadap Palestina. Bagaimana keterkaitan dua kasus tersebut?

  1. Irak ingin menguasai seluruh wilayah Teluk Persia
  2. cadangan minyak Irak habis akibat perang dengan Iran
  3. Kuwait dianggap sebagai wilayah Irak yang menjadi milik warga Palestina
  4. Irak ingin menguasai wilayah Timur Tengah dengan tujuan mengusir Israel
  5. Irak ingin menguasai wilayah Palestina dengan menguasai Kuwait lebih dahulu

 Jawaban : C

Pembahasan :

Pada masa Perang Teluk II, Irak melakukan invasi terhadap Kuwait. Irak mengaitkan invasi tersebut dengan pendudukan Israel di Palestina. Menurut Irak, sejak masa pemerintahan Umar bin Khattab (634-644) daerah tersebut sudah menjadi milik orang-orang Arab Palestina, selain itu Kuwait dahulu merupakan bagian dari wilayah Irak. Jika Irak ditekan mundur dari wilayah Kuwait, Saddam Hussein menuntut agar Israel juga mundur dari wilayah Palestina.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Topik : Konflik di Berbagai Belahan Dunia

Subtopik : Konflik di Amerika

5. Gagalnya invasi Teluk Babi berdampak serius terhadap keharusan Amerika Serikat menanggung kerugian berupa ….

  1. masuknya paham komunisme ke wilayah Amerika Serikat
  2. Kuba memiliki hubungan yang semakin dekat dengan Uni Soviet
  3. keharusan membayar 53 juta dolar untuk ditukar dengan tahanan
  4. semakin tingginya tingkat imigran yang berasal dari Kuba masuk ke Amerika
  5. permintaan masyarakat terhadap Presiden J.F. Kennedy untuk turun dari jabatannya

 Jawaban : D

Pembahasan :

Pada masa pemerintahan Presiden J.F. Kennedy, Amerika Serikat mengalami kegagalan besar dalam melakukan invasi ke Teluk Babi. Invasi dilakukan dengan tujuan utama untuk menggulingkan kekuasaan Fidel Castro di Kuba dan membentuk pemerintahan non komunis yang ramah terhadap Amerika. Invasi ini awalnya dijanjikan oleh Central Intelligence Agency (CIA) sebuah biro rahasia Amerika Serikat, bahwa Amerika akan dengan mudah meraih keberhasilan. Pada kenyataannya, justru niat invasi yang akan dilakukan Amerika Serikat sudah diketahui oleh Kuba sehingga dapat digagalkan oleh Kuba dalam waktu 72 jam. Banyak pasukan Amerika Serikat yang kemudian dijadikan tahanan. Sebagai konsekuensinya, Amerika Serikat diharuskan untuk membayar 53 juta dollar untuk ditukar dengan tahanan asal Amerika tersebut.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_+_Corona_SMA

Jangan sampai kamu melewatkan Sekolah Online Ruangguru setiap hari Senin-Jumat, pukul 08.00-12.00 WIB ya. Setelah itu, kerjakan juga soal-soalnya untuk menguji pemahaman kamu terhadap materi yang baru saja disampaikan oleh Master Teacher Ruangguru. Ayo, #TetapSehatTetapBelajar!

New call-to-action

Beri Komentar