Latihan Soal TPS UTBK 2020 Pengetahuan Umum

latihan soal tps utbk pengetahuan umum

Artikel ini memberikan latihan soal TPS UTBK 2020 untuk materi Pengetahuan Umum

--

Pada materi TPS UTBK 2020, kamu akan berhadapan dengan beberapa tipe soal yaitu Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan, Pengetahuan Umum, dan Pengetahuan Kuantitatif. Agar kamu lebih siap menghadapi SBMPTN 2020, yuk kita berlatih menggunakan latihan soal TPS UTBK 2020 Pengetahuan Umum berikut ini.

Baca juga: Latihan Soal TPS UTBK 2020 Penalaran Umum

latihan soal tps utbk pengetahuan umum

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 1-4.

(1) Indonesia disebut sebagai negara terbesar kedua penyumbang sampah plastik lautan di dunia sehingga Indonesia memiliki target ambisius untuk mengurangi sampah plastik lautan hingga 70 persen pada tahun 2025. (2) Pemerintah Indonesia mungkin harus mempertimbangkan beberapa hal untuk mencapai target tersebut. (3) Penelitian di tahun 2018 mengindikasikan bahwa Sungai Ciliwung, yang membelah ibu kota negara, Jakarta, berada dalam daftar sungai terkotor di dunia. (4) Penelitian yang melibatkan ilmuwan dari Indonesia dan Belanda serta bekerja sama dengan Waste4Change tersebut menemukan bahwa sampel yang diambil dari Sungai Ciliwung tercemar lebih parah ketimbang setidaknya 20 sungai di Eropa dan Asia Tenggara yang juga menjadi subyek penelitian.

(5)Telah dilakukan pengawasan terhadap makroplastik atau plastik dengan ukuran lebih dari 5 milimeter, di lima lokasi sepanjang Sungai Ciliwung pada Mei 2018. (6) Hasilnya, sebanyak 20.000 barang berbahan plastik mengalir ke Laut Jawa setiap jam. (7) Angka tersebut jauh lebih tinggi daripada Sungai Chao Phraya di Thailand sebanyak 5.000 barang per jam, Sungai Seine di Perancis sebanyak 700 per jam, dan Sungai Rhine di Belanda dengan 80 per jam. (8) Selain itu, studi ini juga menghitung berat total sampah plastik dari semua kali-kali di Jakarta mencapai 2,1 juta kilogram. (9) Ini setara dengan 1.000 mobil Tesla Model S.

(10) Penemuan menarik lainnya dari lima lokasi yang telah disurvei, ditemukan lebih banyak kantong plastik dan bungkusan makanan plastik. (11) Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat banyak membuang sampah rumah tangga mereka langsung ke sistem air. (12) Selain itu ditemukan bahwa jumlah sampah plastik lebih tinggi saat lebih banyak air. (13) Hal ini menjadi penting karena menunjukkan bahwa sampah plastik akan lebih banyak dialirkan pada musim hujan, yang menjadi puncak aliran air. (14) Apabila Jakarta ingin berkontribusi dalam penurunan polusi plastik global, maka perlu menurunkan sampah plastik sebelum memasuki musim puncak, yaitu musim hujan.

(Diadaptasi dari https://sains.kompas.com/)

 

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

1. Pernyataan yang sesuai dengan isi bacaan tersebut adalah …
  1. Pada Mei 2018, Sungai Ciliwung dinyatakan sebagai sungai terkotor di dunia dan lebih parah ketimbang setidaknya 20 sungai di Eropa.
  2. Pemerintah mempertimbangkan untuk membuat Indonesia menjadi negara yang bebas sampah pada tahun 2025.
  3. Sungai Ciliwung merupakan sungai yang paling tercemar dibandingkan dengan 20 sungai di Eropa dan Asia Tenggara.
  4. Terdapat 20.000 barang berbahan plastik yang melewati Sungai Ciliwung setiap jamnya.
  5. Sungai Chao Phraya di Thailand menjadi sungai yang paling banyak dilewati sampah berbahan plastik setiap jamnya.

Jawaban: C

Pembahasan:

Pernyataan yang sesuai dengan kutipan teks tersebut terdapat pada pilihan jawaban C. Terdapat pernyataan yang menyatakan Penelitian yang melibatkan ilmuwan dari Indonesia dan Belanda serta bekerja sama dengan Waste4Change tersebut menemukan bahwa sampel yang diambil dari Sungai Ciliwung tercemar lebih parah ketimbang setidaknya 20 sungai di Eropa dan Asia Tenggara yang juga menjadi subyek penelitian sehingga pernyataan pada pilihan jawaban C tepat.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

2. Ide pokok paragraf kedua pada teks tersebut adalah ….

  1. penelitian lima lokasi di sepanjang Sungai Ciliwung
  2. pengawasan terhadap makroplastik di Sungai Ciliwung
  3. Sungai Ciliwung menjadi sungai dengan sampah plastik tertinggi
  4. data jumlah sampah makroplastik di Sungai Ciliwung per jam
  5. perbandingan pengawasan sampah makroplastik setiap negara

Jawaban: B

Pembahasan:

Ide pokok merupakan topik paragraf yang terdapat dalam kalimat utama. Kalimat utama dalam paragraf kedua terdapat pada kalimat pertama. Kalimat utama paragraf kedua pada teks di atas menginformasikan mengenai pengawasan terhadap makroplastik atau plastik dengan ukuran lebih dari 5 milimeter di lima lokasi sepanjang Sungai Ciliwung. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

 Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

3. Kalimat yang tidak efektif adalah kalimat ….

  1. (4)
  2. (6)
  3. (8)
  4. (11)
  5. (13)

Jawaban: C

Pembahasan:

Kalimat (8) merupakan kalimat tidak efektif karena terdapat pemborosan kata, yaitu pada kata semua dan kali-kali. Kata semua sudah mengartikan seluruh kali yang ada, tanpa harus menggunakan reduplikasi dari kata kali. Penulisan kalimat yang tepat agar menjadi efektif adalah Selain itu, studi ini juga menghitung berat total sampah plastik dari semua kali di Jakarta mencapai 2,1 juta kilogram. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

4. Penulisan kalimat (12) menjadi benar jika diperbaiki dengan cara ….

  1. menghilangkan kata lebih agar menjadi kalimat efektif
  2. mengganti kata bahwa dengan kata merupakan
  3. menambahkan tanda baca koma (,) setelah kata plastik
  4. menambahkan tanda baca koma (,) setelah konjungsi selain itu
  5. menambahkan tandabaca titik dua (:) setelah kata jumlah

Jawaban: D

Pembahasan:

Kesalahan yang terdapat pada kalimat (12) adalah kurangnya tanda baca koma setelah konjungsi selain itu. Konjungsi tersebut merupakan konjungsi antarkalimat sehingga diperlukan tanda baca koma (,) setelah kata tersebut. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 5-8.

(1) Memasuki musim penghujan, warga di berbagai daerah diminta mewaspadai bencana yang bisa terjadi. (2) Di Kabupaten Indramayu Jawa Barat pemerintah daerah setempat mewanti-wanti soal bencana alam yang biasa terjadi sepanjang musim hujan. (3) Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana, menjelaskan bahwa Kabupaten Indramayu tidak luput dari bencana selama musim penghujan. (4) Bencana yang mungkin terjadi saat musim penghujan, yaitu angin puting beliung, banjir, dan longsor.

(5) Dalam beberapa waktu lalu telah terjadi beberapa bencana di sejumlah daerah di Kabupaten Indramayu. (6) Angin puting beliung telah melanda tiga kecamatan di Kabupaten Indramayu, yaitu Kecamatan Bangodua, Widasari, dan Cikedung. (7) Dampaknya memang tidak terlalu parah, hanya menerbangkan genting rumah warga. (8) Terkait bencana banjir, menurut Edi, saat ini belum terjadi, tetapi potensi tanggul sungai longsor bisa terjadi sewaktu-waktu. (9) Adapun tanggul yang berpotensi longsor terdapat di sepanjang aliran Sungai Cimanuk, terutama di titik yang telah dipetakan kritis. (10) Selain itu, BPBD Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengingatkan masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir bandang dan puting beliung. (11) Pasalnya, beberapa kali hujan deras kadang kala disertai angin kencang.

(12) Di sisi lain, Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Mochammad Irfan Sofyan mengatakan, bersamaan dengan mulai tingginya intensitas curah hujan, potensi bencana yang kerap terjadi tidak hanya banjir dan tanah longsor, tetapi juga puting beliung dan banjir bandang. (13) Pemerintah selalu menghimbau masyarakatnya agar selalu waspada terhadap bencana karena dalam waktu dekat akan terjadi hujan deras yang disertai dengan angin kencang.

(Diadaptasi dari https://mediaindonesia.com/)

 

Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

5. Kesalahan penulisan ditemukan pada kalimat ….

  1. (2)
  2. (3)
  3. (6)
  4. (8)
  5. (10)

Jawaban: A

Pembahasan:

Kesalahan penulisan terdapat pada kalimat (2) karena tidak menggunakan tanda baca koma pada penulisan nama tempat atau wilayah, yaitu Kabupaten Indramayu Jawa Barat. Menurut Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), tanda baca koma (,) digunakan untuk penulisan, tanda baca koma (,) dipakai di antara bagaian-bagian nama tempat atau wilayah yang ditulis berurutan. Berdasarkan hal tersebut penulisan yang tepat adalah Di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, pemerintah daerah setempat mewanti-wanti soal bencana alam yang biasa terjadi sepanjang musim hujan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

6. Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada isi bacaan di atas adalah….

  1. Siapa yang mengetahui tanggul yang berpotensi longsor  di Kabupaten Indramayu?
  2. Di mana tempat pengungsian yang disediakan pemerintah jika terjadi bencana longsor di Kabupaten Indramayu?
  3. Apa imbauan dari pemerintah terkait hujan deras yang melanda Kabupaten Indramayu?
  4. Mengapa aliran Sungai Cimanuk, terutama di titik yang telah dipetakan kritis terjadi bencana longsor?
  5. Bagaimana cara warga Kabupaten Indramayu mencegah bencana longsor dan angin puting beliung?

Jawaban: C

Pembahasan:

Pertanyaan yang jawabannya terdapat pada isi bacaan di atas terdapat pada pilihan jawaban C. Jawaban dari pertanyaan tersebut adalah Pemerintah selalu mengimbau masyarakatnya agar selalu waspada terhadap bencana karena dalam waktu dekat akan terjadi hujan deras yang disertai dengan angin kencang. Pilihan jawaban lain tidak tepat karena pertanyaan hanya bersangkutan dengan isi teks, tetapi tidak ditemukan jawabannya.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

7. Bagaimana hubungan isi antarparagraf ke-1 dan ke-2 dalam teks di atas?

  1. paragraf ke-1 merupakan masalah utama dari paragraf ke-2
  2. paragraf ke-2 membahas dampak yang dibahas pada paragraf ke-1
  3. paragraf ke-2 menjelaskan alasan dari masalah pada paragraf ke-1
  4. paragraf ke-1 memerinci penyebab yang dijelaskan pada paragraf ke-2
  5. paragraf ke-1 membahas masalah yang dijelaskan lebih rinci pada paragraf ke-2

Jawaban: C

Pembahasan:

Pada paragraf satu memiliki masalah utama, yaitu warga di berbagai daerah diminta mewaspadai bencana yang bisa terjadi yang terdapat pada kalimat utama dalam kalimat (1). Pada paragraf kedua memiliki masalah utama, yaitu telah terjadi beberapa bencana alam di Kabupaten Indramayu pada kalimat utama dalam kalimat (5). Dengan demikian,  paragraf ke-2 menjelaskan alasan dari masalah pada paragraf ke-1, dapat dijelaskan bahwa terjadi banyak bencana alam di Kabupaten Indramayu sehingga warga di daerah tersebut diminta mewaspadai bencana. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

8. Penggunaan kata yang TIDAK baku terdapat dalam kalimat….
  1. (4)
  2. (7)
  3. (11)
  4. (12)
  5. (13)

Jawaban: E

Pembahasan:

Kata yang tidak baku terdapat pada kalimat (13), yaitu terdapat pada kata menghimbau. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata tersebut memiliki kata dasar imbau  sehingga penulisan kata yang benar adalah mengimbau. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Teks berikut digunakan untuk menjawab soal nomor 9-12.

(1) Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Ponorogo, Arim Kamandoko, mengatakan bahwa Reog Ponorogo masih memerlukan waktu untuk mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO). (2) Reog adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari Jawa Timur bagian barat-laut dan Ponorogo dianggap sebagai kota asal Reog yang sebenarnya. (3) Ia mengungkapkan bahwa Reog Ponorogo sudah didaftarkan kembali pada tahun 2016 yang sebelumnya sudah didaftarkan pada tahun 2010.

(4) Sudah mulai membicarakan permohonan agar Reog Ponorogo diakui sebagai warisan budaya sejak tahun 2019. (5) Berdasarkan rencana, UNESCO akan menggelar pleno pada tahun 2020 untuk memutuskan tentang persetujuan permohonan Indonesia agar Reog Ponorogo menjadi warisan budaya. (6) Sebenarnya, Reog Ponorogo sendiri sudah mendapat hak paten dalam negeri melalui Kementerian Kehakiman sejak tahun 1997. (7) Ketika nomenklatur Kementerian Kehakiman berubah menjadi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, reog kembali dipatenkan kembali.

(8) Salah satu pendiri yayasan Reog Ponorogo mengungkapkan ada beberapa persyaratan agar Reog mendapat pengakuan dari UNESCO, salah satunya ialah pelestarian Reog Obyog yang merupakan seni pertunjukkan Reog. (9) Seni ini tidak terikat oleh pakem, berbeda dengan Reog Garapan yang ditujukan untuk panggung festival. (10) Selama ini yang lebih banyak digarap adalah reog garapan, sementara para pelaku Reog Garapan menganggap Reog Obyog secara sebelah mata. (11) Padahal UNESCO mensyaratkan orisinalitas yang hanya dimiliki Reog Obyog. (12) Syarat lain untuk mendapatkan pengakuan ialah dengan dimainkan dan dinikmati di 10 negara. (13) Saat ini, Reog sudah dimainkan oleh gabungan warga Indonesia dan warga lokal di Malaysia, Suriname, dan Australia sehingga masih diperlukan setidaknya tujuh negara lainnya.

(Diadaptasi dari https://www.indozone.id/news/)

 

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

9. Apa simpulan teks tersebut?

  1. UNESCO masih mempertimbangkan hingga tahun 2020 tentang persetujuan yang diajukan oleh Indonesia terhadap Reog Ponorogoyang ingin dijadikan warisan budaya.
  2. Kabupaten Ponorogo berusaha keras agar Reog Ponorogo dapat diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO.
  3. Warga Ponorogoberusaha agar semua jenis Reog tidak dipandang sebelah mata sehingga dapat dimainkan oleh 10 negara di dunia.
  4. Reog Ponorogo masih memerlukan usaha dan waktu untuk memenuhi persyaratan agar dapat diresmikan sebagaiwarisan budaya oleh UNESCO.
  5. Reog Ponorogo perlu diperkenalkan lagi ke negara-negara di dunia agar dapat diakui sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

Jawaban: D

Pembahasan:

Sebuah simpulan harus sesuai dan dapat mencakup gagasan yang dibicarakan di dalam teks. Simpulan dapat mencakup seluruh gagasan dari tiap paragraf yang dibicarakan dalam teks. Simpulan pada teks tersebut adalah Reog Ponorogo masih memerlukan usaha dan waktu untuk memenuhi persyaratan agar dapat diresmikan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.  Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Kepaduan dan Keefektifan Wacana

10. Apa kelemahan paragraf pertama pada teks?

  1. Terdapat kalimat yang banyak menggunakan kata tidak baku.
  2. Terdapat kalimat yang tidak padu dengan gagasan utamanya.
  3. Penjelasan Ketua Dewan Kesenian Kabupaten Ponorogo terlalu berlebihan.
  4. Penggunaan bahasa kurang dipahami oleh pembaca.
  5. Terlalu banyak menggunakan kata istilah.

Jawaban: B

Pembahasan:

Pada paragraf pertama memiliki gagasan utama atau kalimat utama pada kalimat pertama sehingga ide pokok atau masalah yang dibahas adalah Reog Ponorogo masih memerlukan waktu untuk mendapatkan pengakuan sebagai warisan budaya oleh UNESCO. Kelemahan yang ditemukan dalam paragraf pertama adalah terdapat kalimat yang tidak pada, yaitu pada kalimat dua. Kalimat dua menjelaskan tentang definisi secara umum tentang Reog Ponorogo yang tidak sesuai dengan gagasan utamanya. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

 11. Kalimat yangtidak efektif adalah kalimat….

  1. (3)
  2. (4)
  3. (8)
  4. (12)
  5. (13)

Jawaban: B

Pembahasan:

Kalimat yang tidak efektif terdapat pada kalimat (4) karena pada kalimat tersebut tidak terdapat subjek di dalam kalimat. Kalimat efektif harus memiliki subjek dan predikat. Predikat dalam kalimat tersebut terdapat pada kata membicarakan, tetapi tidak diketahui pelaku atau subjek yang mendukung kata tersebut. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Subtopik : Pengetahuan Kebahasaan

12. Makna kata pakemdalam kalimat (9) adalah….

  1. kuat mencekam
  2. kemurnian
  3. aturan
  4. asal usul
  5. unsur-unsur

Jawaban: C

Pembahasan:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata pakem memiliki banyak makna, seperti kuat mencekam (tentang rem); cerita asli (tentang wayang dan sebagainya),  pedoman pokok (tentang aturan, tata cara, dan sebagainya); keaslian; kemurnian. Jika dilihat dari konteks kalimatnya, makna kata pakem lebih condong ke pedoman pokok (tentang aturan, tata cara, dan sebagainya) karena membahas tentang keharusan atau tindakan atau perbuatan yang harus dijalankan. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Questions 13 - 16 are based on the following passage.

How are we able to find things in the dark? It is because our brain is able to store information in such a way that it can be retrieved by different senses. It turns out that the ability to recognise objects across different senses is present in the tiny brains of an insect. Researchers at Queen Mary University of London and Macquarie University in Sydney have published new work in the journal Science showing that bumblebees can also find objects in the dark they've only seen before.

In the light, but barred from touching the objects, bumblebees were trained to find rewarding sugar water in one type of object (cubes or spheres) and bitter quinine solution in the other shape. When tested in the dark, bees preferred the object that was previously rewarding, spending more time exploring them.

Dr Cwyn Solvi is the lead author on the paper who was based at Queen Mary University of London and is now at Macquarie University in Sydney. She said: "The results of our study show that bumblebees don't process their senses as separate channels -- they come together as some sort of unified representation."

Selene Gutierrez Al-Khudhairy, co-author on the paper, and now PhD student at the University of York, said: "This is an amazing feat when you consider the miniscule size of a bee's brain. Future investigations of the neural circuitry underlying this ability in bees may one day help reveal how our own brains imagine the world as we do."

(Adapted from: https://www.sciencedaily.com. Accessed November 15, 2019)

 

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Extracting Core Information

13. What is the writer’s purpose in writing the passage?

  1. To explain how bumblebees react to the light.
  2. To motivate the readers to preserve bumblebees in the wild.
  3. To reveal how important bumblebees are to human survival.
  4. To inform a study on the ability of bumblebees in the absence of light.
  5. To report the procedure of a study on bumblebees conducted by Dr Cwyn Solvi. 

Jawaban : D

Pembahasan: 

Pada paragraf pertama, penulis menjelaskan tentang temuan bahwa lebah dapat mengenali benda yang mereka lihat sebelumnya, dalam gelap. Paragraf kedua membahas percobaan yang melibatkan aktivitas lebah dalam situasi terang dan gelap. Paragraf ketiga dan keempat membahas tentang pendapat para ahli mengenai hasil penelitian tentang kemampuan melihat lebah dalam gelap Jadi, tujuan penulis menuliskan teks tersebut adalah D. Untuk menginformasikan penelitian tentang kemampuan lebah tanpa adanya cahaya.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Understanding Specific Information

14. The word “barred” in paragraph two can be best replaced by….

  1. blocked
  2. distracted
  3. permitted
  4. provided
  5. unsealed

Jawaban : A

Pembahasan :

“In the light, but barred from touching the objects” menunjukkan bahwa penelitian terhadap lebah tersebut dilakukan dalam terang, tetapi si lebah terhalang dari menyentuh objek yang ia lihat. Sinonim dari kata “barred” yang artinya terhalang adalah “blocked” sehingga jawaban yang tepat adalah A.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Extracting Core Information

15. In which paragraph is it mentioned about the benefits of the research for humans?

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5

Jawaban: D

Pembahasan:

Informasi mengenai manfaat penelitian bagi manusia dapat ditemui pada paragraf keempat: “Future investigations of the neural circuitry underlying this ability in bees may one day help reveal how our own brains imagine the world as we do.” yang artinya penelitian lebih lanjut tentang sirkuit saraf yang mendasari kemampuan ini (kemampuan “melihat” dalam gelap pada lebah) dapat suatu saat mengungkap bagaimana otak kita membayangkan dunia.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Understanding Specific Information

16. The writer’s intention in writing the sentence “It turns out that the ability to recognise objects across different senses is present in the tiny brains of an insect.” in paragraph 1 is to…

  1. confirm that humans and insects are quite similar.
  2. emphasize the need for a research on certain insects.
  3. prove that bumblebees can see in the dark as well as humans.
  4. exemplify the kinds of insects which are able to sense objects in the dark.
  5. pinpoint that humans are not the only one who possess the ability mentioned.

Jawaban : E

Pembahasan:

Pada kalimat tersebut, penulis secara tersirat menyatakan bahwa kemampuan untuk “melihat” dalam gelap ternyata bukanlah sesuatu yang hanya dimiliki oleh manusia. Ada makhluk lain yang juga memiliki kemampuan tersebut, yaitu lebah.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Questions 17 - 20 are based on this passage.

Thomas Matulessy, also known as Kapitan Pattimura or Ahmad Lussy or simply Pattimura, was an Ambonese soldier and National Hero of Indonesia.

Pattimura was born on 8 June 1783 in Saparua, Maluku; the name Pattimura was his pseudonym. His parents were Frans Matulessia and Fransina Tilahoi, and he had a little brother named Yohanis.

Pattimura joined the British army after they took the Maluku islands from the Dutch colonials. When the islands were returned to the Dutch in 1816, he was dismissed. Concerned that the Dutch would implement programs that limited his people, Pattimura led an armed rebellion that captured Fort Duurstede on 16 May 1817. Killing the inhabitants of the fortress and fighting off Dutch reinforcements, on 29 May he was declared the leader of the Maluku people.

Due to betrayal from Booi's king, Pati Akoon, and Tuanakotta, Pattimura was arrested on 11 November 1817. He and his fellows were sentenced to death. On 16 December 1817, Pattimura together with Anthony Reebok, Philip Latumahina, and Said Perintah were hanged in front of Fort Nieuw Victoria in Ambon.

Pattimura and his war have been used as symbols for both Maluku independence, such as with the short-lived Republic of South Maluku, and Indonesian patriotism. In Ambon, he is commemorated in the names of the University of Pattimura, Pattimura Airport, and a street, as well as a statue; there are also streets named after him throughout the archipelago.

 

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Extracting Core Information

17. What is the topic of the passage?

  1. The life and struggle of Thomas Matulessy.
  2. Pattimura as the leader of the Maluku people.
  3. Indonesian National Revolution led by Pattimura.
  4. Controversy over the capture of Thomas Matulessy.
  5. The causal effect of Indonesian War of Independence.

Jawaban : A

Pembahasan:

Awal teks menceritakan awal kehidupan seorang Pattimura. Pertengahan teks menceritakan perjuangannya melawan penjajah Belanda. Teks diakhiri dengan bagaimana bangsa ini berterima kasih dan mengenang jasa Pattimura. Dengan demikian dapat diketahui bahwa topik dari teks di atas adalah kehidupan dan perjuangan Pattimura (A).

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Understanding Specific Information

18. It can be predicted from the passage that ...

  1. Indonesia was backed up by the British army during the war.
  2. the war of Maluku is considered as the heaviest independence war.
  3. had Pattimura not been betrayed, the Dutch would have lost the war.
  4. the Dutch would have sold Indonesian women and children to other countries.
  5. King of Booi would have been the leader of the Maluku people after he cooperated with the Dutch.

Jawaban : C

Pembahasan:

Soalnya meminta kita memprediksi kemungkinan yang terjadi. Jawaban A dan B salah karena bukan merupakan prediksi tetapi kesimpulan.

Prediksi yang tepat adalah C, yang artinya jika Pattimura tidak dikhianati, maka Belanda akan kalah perang. Prediksi ini sesuai dengan ceritanya di mana Belanda kewalahan dalam mengalahkan Pattimura.

Prediksi D salah karena tidak ada informasi pada teks yang dapat dibuat prediksi bahwa wanita dan anak-anak akan dijual oleh Belanda.

Prediksi E salah karena gelar pemimpin rakyat Maluku ditujukan kepada pejuang yang melawan Belanda sehingga tidak tepat jika Raja Booi menginginkan gelar tersebut. Ia justru bekerjasama dengan Belanda untuk menangkap si pemimpin rakyat Maluku (Pattimura).

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Understanding Specific Information

19. The best restatement for the sentence “Due to betrayal from Booi's king, Pati Akoon, and Tuanakotta, Pattimura was arrested on 11 November 1817.” is….

  1. Pattimura was captured on 11 November 1817 for King of Booi, Pati Akoon, and Tuanakotta disagreed with him.
  2. On 11 November 1817, King of Booi cooperated with the Dutch to execute Pattimura and the other combatants.
  3. Booi’s king, Pati Akoon, and Tuanakotta arrested Pattimura on 11 November 1817 because he betrayed the Dutch.
  4. The Dutch, with the help of King of Booi and his colleagues, managed to find Pattimura on 11 November 1817.
  5. King of booi together with Pati Akoon and Tuanakotta sold Pattimura out and made him captured on 11 November 1817.

Jawaban : E

Pembahasan: 

Arti kalimat pada soal adalah “Akibat pengkhianatan Raja Booi, Pati Akoon, and Tuanakotta, Pattimura ditangkap pada tanggal 11 November 1817.” Kalimat yang memiliki makna yang sama adalah E, yang artinya Raja Booi bersama dengan Pati Akoon dan Tuanakotta mengkhianati Pattimura dan membuatnya tertangkap pada tanggal 11 November 1817.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Topic : Pengetahuan Umum

Subtopic : Understanding Specific Information

20. Which statement is inappropriate with the information provided in the passage?

  1. A sculpture was erected to salute Pattimura.
  2. A life sentence handed down to Pattimura for his action against the Dutch.
  3. As well as King of Booi, Tuanakotta objected to Pattimura’s standpoint.
  4. Pattimura no longer served the Kingdom of Great Britain when he ambushed Fort Duurstede.
  5. Fort Nieuw Victoria witnessed the execution of Pattimura, Anthony Reebok, Philip Latumahina, and Said Perintah.

Jawaban : B

Pembahasan: 

Pernyataan yang tidak sesuai dengan teks adalah B. Pernyataan yang benar adalah Pattimura dijatuhi hukuman mati (death sentence), bukan hukuman seumur hidup (life sentence).

Jawaban A sesuai teks. Sebuah patung didirikan untuk mengenang Pattimura.

Jawaban C juga sesuai. Sama seperti Raja Booi, Tuanakotta tidak sependapat dengan perjuangan Pattimura.

Jawaban D sesuai teks. Ketika Pattimura memimpin penyerangan terhadap benteng Duurstede, ia sudah tidak lagi mengabdi kepada tentara Inggris.

Jawaban E juga sesuai teks. Benteng Victoria menjadi saksi bisu pelaksanaan eksekusi Pattimura, Anthony Reebok, Philip Latumahina, dan Said Perintah.

LS_-_Separator_Semua_Mapel_TPS-3

Mau memperbanyak latihan soal-soal TPS UTBK? Kamu bisa melihat video pembahasan TPS UTBK atau berlatih lebih banyak soal TPS UTBK di ruangbelajar. Lihat juga tips dan trik mengerjakan soal TPS UTBK di tps.ruangguru.com.

TPS UTBK 2020

Beri Komentar