Latihan Soal Try Out UTBK 1 Tahun 2021: Sejarah

latihan soal try out sejarah

Artikel ini merupakan kumpulan latihan soal try out untuk UTBK tahun 2021 soshum mata pelajaran sejarah.

1. Proses pengujian keaslian sumber sejarah berdasarkan informasi dari luaran dokumen disebut dengan ….

a. kredibilitas
b. autentisitas
c. eksplanasi
d. sintesis
e. objektivitas

 

Pembahasan:

Dalam penelitian sejarah, terdapat proses untuk pengujian keaslian sumber sejarah berdasarkan informasi dari luaran dokumen yang disebut dengan kritik ekstern atau autentisitas. Dalam kritik ini peneliti berusaha menguji apakah sumber sejarah itu masih utuh atau sudah diubah. Aspek yang dikaji adalah waktu (penanggalan), bahan pembuat sumber dan pembuktian keaslian. Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal try out utbk sejarah

2. Situs Sangiran merupakan salah satu situs sejarah di Indonesia yang memberikan informasi mengenai kehidupan proses evolusi manusia, budaya dan lingkungannya selama dua juta tahun yang lalu. Berbagai jenis fosil dan manusia purba ditemukan di Sangiran. Salah satu temuan manusia purba yang ditemukan oleh von Koenigswald di situs ini adalah ….

a. Homo wajakensis
b. Pithecanthropus soloensis
c. Homo erectus
d. Homo floresiensis
e. Homo sapiens

 

Pembahasan:

Situs Sangiran yang pada saat ini sudah ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO merupakan salah satu situs penting bagi umat manusia untuk mengetahui bagaimana evolusi manusia, budaya dan lingkungannya yang sudah berumur jutaan tahun lalu. Dalam situs ini sering ditemukan berbagai jenis fosil binatang dan juga manusia. Sejak tahun 1864 P.E.C Schemulling sudah berhasil menemukan fosil Vertebrata. Lalu pada tahun 1934 Gustav Heindrich Ralph von Koenigswald menemukan artefak litik di wilayah Ngebung di dekat wilayah Sangiran. Setelah penemuan tersebut ditemukan fosil Homo erectus oleh von Koenigswald yang menjadi pengetahuan paling penting bagi sejarah manusia. Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal try out utbk sejarah

3. Kerajaan Sriwijaya sering dikaitkan dengan pusat pendidikan agama Buddha di Asia Tenggara. Pernyataan tersebut didasari oleh ….

a. catatan Tome Pires yang berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya pada abad ke-11
b. catatan I-Tsing yang menyebut di Kerajaan Sriwijaya (Fosih) sebagai pusat pendidikan Buddha
c. banyaknya para pedagang India yang berkunjung ke Kerajaan Sriwijaya
d. berkembangnya pemukiman brahmana di sekitar pusat Kerajaan Sriwijaya
e. adanya bangunan candi yang bercorak Buddha di dekat Ratu Boko

 

Pembahasan:

Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan yang bercorak Buddha di Nusantara. Hal tersebut diperkuat dengan temuan-temuan sejarah seperti penyataan I Tsing yang mengatakan bahwa Kerajaan Sriwijaya (Fosih) adalah pusat pendidikan agama Buddha di Asia Tenggara sebelum belajar langsung ke India. Selain itu dalam prasati Nalanda juga disebutkan bahwa banyak pelajar yang berasal dari Kerajaan Sriwijaya yang memperdalam ilmu pengetahuan khususnya agama Buddha. Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

separator latihan soal try out utbk sejarah

4. Teori Makkah yang mengatakan bahwa masuknya Islam ke Nusantara dibawa langsung oleh para musafir Arab merupakan teori yang dicetuskan oleh Van Leur, Buya Hamka H.Johns dan T.W Arnold. Pernyataan teori ini dikuatkan oleh fakta yang ditemukan, berupa ….

a. adanya kesamaan tradisi Tabuik/Tabut di beberapa wilayah Sumatra
b. Raden Patah (Raja Demak) merupakan salah satu raja keturunan Arab
c. adanya persamaan penggunaan gelar Al-Malik oleh raja-raja Pasai
d. peringatan hari Asyura yang dirayakan dibeberapa daerah di Indonesia
e. Berkembangnya syair seperti kisah 1001 malam di Indonesia

 

 

Pembahasan:

Teori Makkah merupakan teori yang mengatakan bahwa masuknya Islam ke Nusantara dibawa langsung oleh para musafir Arab yang memiliki semangat untuk menyebarkan Islam ke seluruh dunia pada abad ke-7. Teori ini dikuatkan oleh beberapa fakta yang ditemukan seperti adanya sebuah perkampungan Arab di Barus Sumatera Utara. Selain itu, di Samudera Pasai mazhab yang terkenal adalah mahzab Syafi’i. Mazhab ini di anut sebagian besar masyarakat di Arab dan Mesir pada saat itu. Kemudian yang terakhir adalah digunakannya gelar Al-Malik pada raja-raja Samudera Pasai seperti budaya Islam di Mesir. Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal try out utbk sejarah

5. Kebijakan Verplichte Leverantie yang dikeluarkan VOC menyebabkan penderitaan bagi masyarakat Nusantara pada saat itu. Kebijakan ini mengatur tentang ….

a. kewajiban masyarakat bumiputera menanam kopi dan teh
b. pembatasan tanaman rempah-rempah yang melebihi ketentuan
c. pembatasan perdagangan bagi penduduk bumiputera oleh VOC
d. penyerahan wajib hasil bumi yang harganya sudah ditentukan oleh VOC
e. kewajiban rakyat Hindia-Belanda untuk menanam kopi

 

 

Pembahasan:

Verplichte Leverantie merupakan kebijakan yang mengatur tentang penyerahan wajib hasil bumi kepada VOC. Selain itu dalam kebijakan ini VOC juga mengatur harga hasil bumi yang diserahkan. Sehingga hal tersebut menyebabkan kerugian yang besar pada penduduk Nusantara karena mau tidak mau harus menyerahkan hasil buminya kepada VOC dan harga yang ditentukan oleh VOC jauh lebih rendah dari harga pasar. Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal try out utbk sejarah

6. Direbutnya Konstantinopel oleh bangsa Turki Ustmani memberikan dampak pada kerajaan kerajaan di Nusantara, karena ….

a. semakin kuatnya hubungan antara kerajaan Islam Nusantara dengan Turki Ustmani
b. semakin terbukanya hubungan perdagangan Asia dengan benua Eropa
c. adanya jaminan pelayaran pedagang Islam Nusantara ke Laut Tengah
d. munculnya pedagang-pedagang Eropa ke Nusantara
e. sulitnya para pedagang Nusantara mengekspor rempah-rempah ke benua Eropa

 

 

Pembahasan:

Dikuasainya Konstantinopel oleh bangsa Turki Ustmani ternyata memberikan dampak pada kehidupan masyarakat Nusantara. Pada saat itu Konstantinopel merupakan kota yang sangat strategis karena kota ini menjadi penghubung antara benua Eropa dan Asia sekaligus menjadi kota yang terhubung dengan jalur sutera ekonomi dua benua. Namun setelah direbutnya Konstantinopel, para pedagang Eropa memilih untuk mencari jalan baru yang mana akhirnya mulai muncul penjelajahan samudra bangsa Eropa hingga sampai ke Nusantara yang tujuan awalnya salah satunya untuk berdagang dan mencari rempah-rempah.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal try out utbk sejarah

7. Tanam paksa merupakan salah satu kebijakan pemerintah kolonial Hindia Belanda yang diterapkan setelah Belanda mengeluarkan banyak dana untuk keperluan perang, di antaranya adalah ….

a. Perang Aceh dan Perang Padri
b. Perang Diponegoro dan Perang puputan Margarana
c. Perang Diponegoro dan Perang Banjar
d. Perang Diponegoro dan Revolusi Belgia
e. Perang Padri dan Perang Bali

 

Pembahasan:

Tanam paksa yang diberlakukan di Indonesia oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada tahun 1930 yang dicetuskan oleh Johannes Van Den Bosch merupakan salah satu langkah pemerintah Belanda untuk mengisi kekosongan kas negara akibat banyaknya pengeluaran untuk kebutuhan perang. Di Nusantara, Belanda harus melawan perlawanan dari Pangeran Diponegoro sedangkan di Eropa, Belanda harus melawan perlawanan Belgia yang berusaha merdeka dari Belanda atau yang dikenal dengan peristiwa Revolusi Belgia.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal try out utbk sejarah

8. Berakhirnya Perang Dunia II ternyata tidak menurunkan eskalasi ketegangan politik di dunia. Hal ini bisa dilihat dari ketegangan politik yang terjadi di Semenanjung Korea. Adapun pernyataan tersebut diperkuat dari adanya fakta bahwa ….

a. terjadinya perang saudara di Semenanjung Korea
b. direbutnya Semenanjung Korea oleh pasukan Uni Soviet
c. adanya krisis pangan yang terjadi di Semenanjung Korea
d. adanya invansi militer Amerika Serikat ke Semenanjung Korea
e. munculnya aksi balas dendam rakyat Korea pada tentara Jepang

 

 

Pembahasan:

Setelah berakhirnya Perang Dunia II, Semenanjung Korea diperebutkan oleh Amerika Serikat dan Uni Soviet karena sebelumnya wilayah ini merupakan bagian dari daerah pendudukan Jepang. Pada bulan Agustus 1945 semenanjung Korea dibagi menjadi dua, yaitu Korea Selatan yang diduduki oleh Amerika Serikat dan Korea Utara yang diduduki oleh Uni Soviet. Kedua negara adidaya tersebut akhirnya mendukung berdirinya negara merdeka dengan ideologi yang mengikuti negara adidaya, Korea Utara menjadi negara komunis dan Korea Selatan menjadi negara demokrasi dan liberal. Perbedaan di antara kedua negara ini akhirnya memicu perang saudara di Semenanjung Korea. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal try out utbk sejarah

9. Meskipun sudah mengenal logam, sebagian masyarakat pada masa perundagian masih banyak yang menggunakan alat-alat yang berasal dari batu dan tulang berulang, hal itu karena ….

a. batu merupakan bahan yang mudah ditemukan
b. keberadaan logam yang masih langka dan mahal
c. logam memiliki massa yang lebih berat dibandingkan batu
d. adanya kepercayaan bahwa batu dan tulang memiliki kekuatan supranatural
e. batu dan tulang merupakan alat yang dianggap sakral yang dipertahankan turun temurun

 

Pembahasan:

Masyarakat pada masa perundagian manusia purba sudah mengenal peralatan yang berasal dari logam. Namun ternyata pada masa ini belum semua manusia menggunakan logam untuk aktivitas sehari-harinya. Hal itu dikarenakan masih sulitnya bahan-bahan (biji) logam untuk ditemukan dan juga peralatan yang terbuat dari logam merupakan barang yang mahal sehingga kepemilikan barang logam ini hanya dimiliki oleh golongan tertentu yang mengisyaratkan terjadinya juga kegiatan perdagangan sederhana berupa barter antar masyarakat pada saat itu. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Baca juga: Latihan Soal Try Out UTBK 1 Tahun 2021: Ekonomi

separator latihan soal try out utbk sejarah

10. Pada masa awal Orde Baru, pemerintah Indonesia melakukan normalisasi hubungan dengan beberapa negara seperti Malaysia dan Singapura. Tetapi selain melakukan normalisasi, pemerintah Orde Baru juga memutuskan hubungan diplomatik dengan beberapa negara, di antaranya ….

a. Inggris dan Filipina
b. Uni Soviet dan Belanda
c. Amerika Serikat dan Inggris
d. Korea Selatan dan Uni Soviet
e. Republik Rakyat Tiongkok dan Kuba

 

 

Pembahasan:

Di awal periode Orde Baru, pemerintah Indonesia berusaha melakukan normalisasi hubungan dengan berbagai negara yang sebelumnya bersitegang seperti dengan Malaysia dan Singapura. Meski demikian, pemerintah Orde Baru juga memilih memutuskan hubungan diplomatik dengan beberapa negara seperti Republik Rakyat Tiongkok, Uni Soviet dan Kuba. Adanya perbedaan pandangan orientasi politik Soeharto dengan pemerintah masa Soekarno merupakan alasan utama dari pemutusan hubungan diplomatik tersebut. Pemerintah Soeharto berusaha membatasi segala gerak komunis dalam pemerintahannya termasuk dalam hubungan luar negeri. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal try out utbk sejarah

11. Sumpah Pemuda yang disepakati dalam Kongres Pemuda II menunjukkan perubahan pesat dan radikal dari organisasi-organisasi pemuda Indonesia pada saat itu, karena ….

a. organisasi pemuda bersepakat untuk bergerak non-kooperatif dengan Belanda

b. pemuda Indonesia akan berjuang untuk meraih kemerdekaan dengan semangat loyalitas
kedaerahan

c. pemuda-pemuda Indonesia mulai meninggalkan loyalitas kedaerahan menuju perjuangan yang
lebih luas

d. para pemuda Indonesia akan berjuang untuk kemerdekaan dengan mengangkat senjata melawan Belanda

e. para pemuda Indonesia bersepakat berjuang untuk menuntut kemerdekaan dengan jalur kooperatif dengan Belanda

 

Pembahasan:

Sumpah pemuda merupakan tonggak perubahan radikal yang dilakukan oleh pemuda-pemuda Indonesia pada saat itu. Perjuangan pemuda di Indonesia bukan lagi hanya sebatas kedaerahan melainkan menjadi perjuangan nasional yang meninggalkan loyalitas dan ego masing-masing untuk bersatu atas nama perjuangan bangsa Indonesia. Hal tersebut bisa dilihat dari isi ikrar sumpah pemuda Indonesia yang berisi tiga poin penting mengenai persatuan Indonesia. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal try out utbk sejarah

12. Pada masa Demokrasi Liberal, Presiden memiliki peran sebagai kepala pemerintahan sekaligus kepala negara

SEBAB

kabinet disusun oleh perimbangan kekuatan kepartaian dalam parlemen dan sewaktu-waktu dapat dijatuhkan oleh wakil-wakil partai dalam parlemen. Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Pernyataan salah karena pada masa Demokrasi Liberal peran Presiden Indonesia pada saat itu hanya sebagai kepala negara saja dan tidak memiliki wewenang sebagai kepala pemerintahan. Kepala pemerintahan pada masa Demokrasi Liberal dipegang oleh Perdana Menteri yang dipilih dalam parlemen. Alasan benar karena pada masa Demokrasi Liberal pembentukan kabinet disusun oleh kekuatan partai yang berada di parlemen. Kabinet yang terbentuk biasanya merupakan suatu koalisi antar partai di parlemen yang menguasai lebih dari setengah suara yang ada di parlemen. Namun koalisi tersebut sewaktu-waktu bisa dijatuhkan jika wakil-wakil partai dalam kabinet merasa kecewa pada keputusan kabinet/perdana menteri yang dianggap merugikan sehingga kabinet bisa jatuh. Pernyataan salah, sedangkan alasan benar. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

separator latihan soal try out utbk sejarah

13. Keberadaan pesawat pembom dalam Perang Dunia II sangat menentukan kemenangan sebuah negara dalam peperangan

SEBAB

pada tanggal 6 Agustus 1945, Pesawat pembom Amerika Serikat B-29 Superfortress bernama Enola
Gay berhasil menghancurkan kota Hiroshima dengan bom atom yang bernama Little Boy. Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

 

Pembahasan:

Pernyataan benar karena keberadaan pesawat pembom dalam Perang Dunia II sangat menentukan kemenangan dalam perang. Pada Perang Dunia II hampir semua negara yang terlibat dalam Perang Dunia II mempunyai pesawat pembom seperti Inggris yang memiliki pesawat Avro Lancaster, Amerika Serikat memiliki B-29 Superfortress, Jerman dengan pesawat JU-88 dan Jepang dengan pesawat Mitsubishi A6M Zero. Alasan benar karena pada tanggal 6 Agustus 1945, Pesawat pembom Amerika Serikat B-29 Superfortress bernama Enola Gay berhasil menghancurkan kota Hiroshima dengan bom atom yang bernama Little Boy. Kota ini berhasil diporak-porandakan dengan pesawat pembom yang membawa bom atom. Sehingga dua minggu kemudian berhasil memaksa Jepang untuk menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Pernyataan benar dan alasan benar, keduanya menunjukkan keterkaitan Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal try out utbk sejarah

14. Pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi pada masa Orde Baru karena pelaksanaan pembangunan berusaha diiringi dengan pemerataan pembangunan di Indonesia. Upaya pemerintah Orde Baru tersebut diwujudkan dengan ditetapkannya kebijakan Delapan Jalur Pemerataan, di antaranya berisi ….

1. Pemerataan pembagian pendapatan

2. Pemerataan kesempatan kerja

3. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya bagi generasi muda dan wanita

4. Pemerataan kesempatan untuk menjadi Dewan Perwakilan Rakyat

 

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2 dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Delapan Jalur Pemerataan Pembangunan merupakan rancangan pembangunan yang ditetapkan oleh pemerintah Orde Baru dalam Rencana Pembangunan Lima Tahun (Repelita) Tahap III. Adapun isi dari Delapan Jalur Pemerataan Pembangunan adalah sebagai berikut.:

1. Pemerataan pembagian pendapatan

2. Pemerataan kesempatan kerja

3. Pemerataan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan, khususnya bagi generasi muda dan wanita

4. Pemerataan pemenuhan pokok rakyat, khususnya pangan, sandang dan perumahan

5. Pemerataan penyebaran pembangunan di seluruh tanah air

6. Pemerataan kesempatan pemerataan memperoleh keadilan

7. Pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan dan pelayanan kesehatan

8. Pemerataan kesempatan berusaha

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal try out utbk sejarah

15. Pada tahun 1802 kapal uap pertama kali ditemukan oleh James Watt

SEBAB

kapal uap pertama yang diciptakan di dunia digunakan sebagai kapal untuk keperluan militer. Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Pernyataan Salah karena kapal uap yang ditemukan pada tahun 1802 adalah merupakan karya dari Symington. Adapun James Watt merupakan tokoh yang berhasil menemukan mesin uap pada tahun 1763 di masa Revolusi Industri. Penemuannya ini menandai perkembangan industri di Inggris dan berdampak pada pemanfaatan mesin uap dalam berbagai aspek salah satunya adalah kapal uap yang berhasil dikembangkan oleh Symington. Alasan Salah karena kapal uap yang pertama kali ditemukan oleh Symington pada awalnya berfungsi sebagai kapal penumpang, itupun setelah disempurnakan oleh Robert Fulton. Kapal penumpang ini mampu menempuh perjalanan New York – Albany sejauh 300 mil. Pernyataan salah, alasan salah. Maka jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal try out utbk sejarah

16. Disintegrasi yang terjadi pada Yugoslavia menyebabkan negara tersebut terpecah menjadi beberapa negara, di antaranya ….

1. Estonia
2. Kroasia
3. Armenia
4. Slovenia

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Adanya konflik antar etnik dan ketidakstabilan politik di Yugoslavia menyebabkan terjadinya disintegrasi yang terjadi pada negara Yugoslavia. Satu persatu negara federasi di Yugoslavia memilih untuk merdeka, pecahan dari negara Yugoslavia, di antaranya:

Kroasia
Slovenia
Makedonia
Bosnia & Herzegovina
Montenegro
Serbia
Kosovo

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

separator latihan soal try out utbk sejarah

17. Pada masa pergerakan nasional, berbagai ideologi mulai muncul dan berkembang dalam organisasi- organisasi pergerakan yang ada di Indonesia, ideologi tersebut antara lain ….

1. Liberalisme
2. Nasionalisme
3. Komunisme
4. Pan-Islamisme

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Beberapa ideologi yang berkembang di Indonesia pada masa pergerakan nasional, yaitu: Paham liberalisme merupakan suatu paham yang mengutamakan kemerdekaan individu atau kehidupan kebebasan di masyarakat. Paham liberalisme dikembangkan oleh organisasi-organisasi politik di Indonesia seperti Indische Partij.

Ideologi nasionalisme merupakan salah satu ideologi barat yang berhasil menyadarkan bangsa Indonesia untuk melawan belenggu penjajahan. Salah satu organisasi pergerakan yang mengusung nasionalisme adalah Partai nasional Indonesia (PNI). Pada masa pergerakan Indonesia, komunisme merupakan salah satu ideologi yang digunakan oleh organisasi pergerakan di Indonesia, yakni Partai Komunis Indonesia. Organisasi ini bergerak sangat radikal, bahkan pada tahun 1926-1927 melakukan perlawanan secara terang-terangan pada pemerintah Hindia-Belanda.

Ideologi Pan-Islamisme merupakan salah satu ideologi yang berjuang untuk mempersatukan umat Islam sedunia. Ideologi ini berhasil memunculkan berbagai organisasi-organisasi pergerakan di Indonesia, seperti Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan lain-lain. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal try out utbk sejarah

18. Penulisan sejarah Indonesia yang bercorak historiografi tradisional sudah dimulai sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha berlangsung di Indonesia. Ciri-ciri historiografi tradisional umumnya adalah ….

1. Feodal-aristokratis
2. Banyak mengandung anakronisme
3. Mempunyai subyektivitas tinggi
4. Penulisannya disusun secara ilmiah

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Di Indonesia, penulisan sejarah yang bercorak historiografi tradisional sudah berlangsung sejak zaman kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha. Adapun ciri-ciri dari penulisan sejarah historiografi tradisional adalah sebagai berikut:

1) Istana-sentris karena berpusat pada keinginan dan kepentingan raja

2) Feodal-aristokratis karena berfokus pada kehidupan kaum bangsawan feodal

3) Subjektivitas tinggi karena penulis hanya mencatat peristiwa penting di kerajaan

4) Tujuan melegitimasi dan melanggengkan kekuasaan serta kedudukan raja

5) Banyak mengandung anakronisme dalam penyusunannya

6) Umumnya, penulisan tidak ditulis secara ilmiah serta banyak data yang bercampur baur antara mitos dan realitas

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal try out utbk sejarah

19. Dalam bidang ilmu pengetahuan, bangsa Romawi banyak menerapkan teori-teori yang telah ada sejak zaman Yunani

SEBAB

peradaban Yunani mempunyai perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. PIlihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Pernyataan Benar karena dalam bidang ilmu pengetahuan, bangsa Romawi banyak menerapkan teori-teori yang telah ada sejak zaman Yunani. Pengaruh kebudayaan Yunani di Peradaban Romawi sudah ada sejak tahun 146 SM setelah Yunani berhasil ditaklukan Romawi. Yunani menjadi tujuan para siswa dari Romawi untuk mempelajari berbagai ilmu pengetahuan khususnya ilmu filsafat. Alasan Benar karena Peradaban Yunani mempunyai perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat. Ilmu pengetahuan yang berkembang pada masa peradaban Yunani meliputi berbagai ilmu dari ilmu kedokteran, matematika, seni, budaya, hukum, politik dan filsafat. Pernyataan Benar, Alasan Benar keduanya memiliki keterkaitan maka jawaban yang tepat adalah A.

separator latihan soal try out utbk sejarah

20. Pada mulanya VOC merupakan sebuah kongsi dagang yang dibentuk oleh para pedagang Belanda. Namun dalam perkembangannya VOC memiliki wewenang dan bertindak sebagai sebuah negara setelah VOC mendapatkan Hak Oktroi dari pemerintah Belanda. Wewenang VOC setelah mendapatkan Hak Oktroi antara lain adalah ….

a. hak untuk membangun pelabuhan perdagangan
b. hak untuk membagi daerah kekuasaan
c. hak untuk menentukan referendum
d. hak untuk membagikan hasil pajak
e. hak untuk membentuk angkatan perang

 

 

Pembahasan:

Sebagai kongsi dagang yang didirikan oleh para pedagang Belanda, VOC mendapatkan hak istimewa yang diberikan oleh pemerintah Kerajaan Belanda yang disebut dengan Hak oktroi. Hak istimewa ini mengatur beberapa hal, antara lain:

– Hak monopoli perdagangan
– Hak istimewa membentuk angkatan perang
– Hak dalam mendirikan benteng
– Hak membentuk tentara
– Hak untuk mengangkat pegawai
– Hak untuk memberi pengadilan
– Hak untuk mencetak dan mengedarkan uang

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

separator latihan soal try out utbk sejarah

Gimana, dari materi-materi di atas, kira-kira bagian mana yang masih kamu belum kuasai? Yuk, sebelum terlambat, evaluasi dan pahami materi-materi tadi. Sebelum nyesel, lho! Kalau masih ada yang perlu kamu tingkatkan, jangan khawatir, ikutin aja try out eksklusif dari ruanguji untuk persiapan UTBK-mu!

IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

Kresnoadi