Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: Biologi

Kresnoadi Okt 20, 2020 • 22 min read


try out latihan soal utbk biologi

Artikel ini berisi kumpulan soal tryout UTBK 2021 Saintek untuk bagian Biologi

--

1. Ditemukan dua organisme dimana organisme pertama memiliki alat gerak berupa pseudopodia dan bersifat heterotrof sedangkan organisme kedua memiliki alat gerak berupa flagel dan memiliki dinding sel yang tersusun oleh peptidoglikan. Kedua organisme yang ditemukan tersebut dimasukkan ke dalam kingdom berbeda berdasarkan ….

a. ada membran plasma yang membungkusnya
b. letak alat geraknya
c. kemampuan metabolismenya
d. ada tidaknya membran inti sel
e. reaksi terhadap suatu rangsangan partikel

 


Pembahasan:

Organisme pertama yang diamati adalah organisme yang termasuk kedalam kelas rhizopoda karena memiliki alat gerak berupa kaki semu (pseudopodia), kelas rhizopoda sendiri termasuk ke dalam kingdom protista, sedangkan organisme yang kedua adalah organisme yang berasal dari kingdom monera karena memiliki memiliki alat gerak berupa flagel, memiliki dinding sel yang tersusun oleh peptidoglikan. Organisme pertama yang berasal kingdom protista merupakan organisme eukariotik atau memiliki membran inti sel sedangkan organisme kedua yang berasal dari kingdom monera atau organisme yang tidak memiliki membran inti sel. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

2. Sebuah jaringan yang memiliki sel bentuk persegi panjang mengalami modifikasi menjadi sel yang berbentuk kipas yang dapat menyimpan molekul air, modifikasi tersebut disebut dengan ...

a. spina
b. bulliform cell
c. trikoma
d. stomata
e. velamen

 

 

Pembahasan:

Jaringan tersebut adalah jaringan epidermis. Jaringan epidermis adalah jaringan yang memiliki bentuk persegi panjang yang tersusun rapat dan terletak di bagian terluar. Jaringan epidermis dapat mengalami modifikasi menjadi alat-alat tambahan. Modifikasi atau derivat epidermis yang  berbentuk kipas yang dapat menyimpan air adalah sel kipas (bulliform cell). Sel kipas (bulliform cell) merupakan alat tambahan pada epidermis daun bagian atas, tersusun dari beberapa sel berdinding tipis, memiliki vakuola yang besar, tidak mengandung kloroplas, dan bentuk sel seperti kipas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan sel-sel epidermis di sekitarnya. Sel kipas berfungsi untuk menyimpan air dan mengurangi penguapan. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
3. Jika jumlah kromosom sel ovum sapi sebanyak 30 buah. Maka pernyataan di bawah ini yang benar adalah ….

a. jumlah kromosom pada sel sperma adalah 30 pasang
b. jumlah kromosom pada sel sperma adalah 60 pasang
c. jumlah kromosom pada sel otot sapi adalah 60 buah
d. jumlah kromosom pada conus cell sapi adalah 60 pasang
e. jumlah kromosom pada bacillus cell sapi adalah 30 buah

 

 

Pembahasan:

Sel sperma dan sel ovum adalah contoh dari sel gamet atau sel kelamin. Sel gamet memiliki kromosom haploid (n) atau setengah dari kromosom tubuhnya (autosom). Jika sel ovum terdapat 30 buah kromosom maka jumlah sel autosom adalah dua kali dari sel ovum karna sel autosom bersifat diploid (2n), sehingga jumlah sel autosom adalah 60 buah atau 30 pasang. Contoh autosom adalah sel otot, conus cell dan bacillus cell. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

4. Suatu daerah ditemukan banyak ditumbuhi jenis pohon yang sejenis dan pohonnya akan selalu berwarna hijau meskipun pada musim dingin ataupun musim panas. Daerah tersebut termasuk ke dalam bioma … dan tumbuhan yang hidup di daerah tersebut adalah ….


a. tundra ; gebang
b. taiga ; pohon cemara
c. gurun ; Eucalyptus acacia
d. stepa ; rumput gajah mini
e. chaparral ; rosmarin

 


Pembahasan:

Bioma yang memiliki jenis hutan yang hanya terdiri dari satu jenis pohon saja (hutan konifer) disebut dengan bioma taiga. Bioma taiga adalah bioma yang terdapat di Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska dan Amerika Utara. Ciri-ciri bioma taiga antara lain:

- Memiliki musim dingin yang panjang

- Hutan homogen atau variasi tumbuhan sedikit

- Tumbuhan yang mendominasi adalah tumbuhan konifer atau tumbuhan yang berdaun jarum
seperti pinus, cemara, juniper, cedar, dan balsam fir

- Daun selalu berdaun hijau pada musim dingin maupun musim panas


Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

5. Jenis sel jaringan ikat yang berasal dari diferensiasi monosit yang berfungsi sebagai fagositosis adalah ….


a. fibroblas
b. adiposit
c. makrofag
d. sel mast
e. sel plasma

 


Pembahasan:

Sel penyusun jaringan ikat yang berfungsi untuk fagositosis adalah makrofag atau histiosit. Makrofag sendiri berasal dari monosit yang terdapat pada sirkulasi darah, yang mana monosit ini ketika dewasa akan berdiferensiasi menjadi makrofag yang kemudian akan bermigrasi ke jaringan. Makrofag sendiri mampu bermigrasi hingga keluar sistem vaskuler dengan melintasi membran sel dari pembuluh kapiler dan memasuki area antara sel yang sedang diincar oleh patogen. Makrofag sendiri dapat ditemukan di jaringan penghubung saluran pencernaan, di dalam paru-paru, limpa dan sepanjang pembuluh darah tertentu. Dengan demikian, opsi pilihan yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

6. Perhatikan gambar di bawah ini!

jaringan tumbuhan

Jaringan yang akan menyebabkan terbentuk lingkaran tahunan ditunjukkan oleh huruf ….


a. U
b. V
c. W
d. X
e. Y

 


Pembahasan:

Lingkaran Tahun merupakan pola yang terbentuk pada batang tumbuhan akibat adanya aktivitas pembelahan sel pada kambium vaskuler. Kambium vaskuler sendiri merupakan jaringan meristem lateral yang berfungsi untuk membentuk xilem sekunder dan membentuk floem sekunder. Pertumbuhan xilem dan floem sekunder ini lah yang disebut sebagai lingkaran tahun. Untuk mengetahui letak dari kambium vaskular, dapat dilihat pada gambar berikut:

jawaban jaringan tumbuhan tryout utbk biologi

Dari informasi tesebut, dapat diketahui bahwa jaringan yang akan menyebabkan terbentuk lingkaran tahunan yaitu kambium vaskular ditunjukkan oleh huruf X. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

7. Bunga pers ian buttercup memiliki nama latin Ranunculus flammula ssp. flammula var, tenuifolis. Kata “Ranunculus” dan “tenuifolis” pada nama tersebut menunjukkan nama ….

a. spesies dan genus
b. genus dan petunjuk varietas
c. spesies dan petunjuk subspesies
d. subfilum dan petunjuk varietas
e. subgenus dan petunjuk ras

 


Pembahasan:

Penulisan nama latin ilmiah pertama kali dicetuskan oleh Carolus linnaeus yang menggunakan sistem tata nama ganda atau binomial nomenklatur. Sistem tata nama binomial nomenklatur mengikuti beberapa kaidah, yaitu sebagai berikut :


1. Menggunakan bahasa latin atau bahasa lain yang dilatinkan.

2. Terdiri atas dua kata, di mana kata pertama merupakan nama genus, sedangkan kata kedua
merupakan nama spesies yang spesifik.

3. Huruf pertama pada kata pertama ditulis dengan huruf besar (uppercase), huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil (lowercase).

4. Nama genus dan nama spesies dicetak miring jika diketik di komputer atau digarisbawahi secara
terpisah jika ditulis tangan.

5. Nama atau singkatan nama deskriptor dapat dituliskan di belakang nama spesies, dengan huruf
tegak dan tanpa garis bawah.

6. Subspesies dan varietas ditulis miring, ssp. (subspesies) ditulis setelah penunjuk spesies dan tidak
ditulis miring dan var.(varietas) ditulis setelah subspesies dan tidak ditulis miring.

Tanaman bunga persian buttercup yang memiliki nama latin Ranunculus flammula ssp. flammula var, tenuifolis. Di mana kata “Ranunculus” adalah petunjuk genus dan kata “tenuifolis” adalah petunjuk varietas. Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

8. Plasmodium vivax akan mengalami perubahan bentuk pada setiap fase dalam siklus hidupnya. Fase yang terjadi di dalam tubuh nyamuk Anopheles adalah ….

a. merozoit dan tropozoid
b. ookinet dan oosista
c. sporozoit dan merozoit
d. merozoit dan zigot
e. tropozoit dan gametosit

 

 

Pembahasan:

Penyebaran Plasmodium vivax melalui nyamuk Anopheles betina dengan siklus hidupnya sebagai
berikut:


1. Air liur nyamuk betina Anopheles yang mengandung sporozoit menggigit manusia dan
meninggalkan sporozoit di dalam jaringan darah tubuh manusia

2. Sporozoit masuk kedalam dalam hati dan berkembang menjadi hipnozoit yang kemudian menjadi merozoit.

3. Merozoit tumbuh dan bereproduksi secara berulang-ulang sehingga menghasilkan merozoit baru (tropozoit). Tropozoit keluar dari hati dan menyerang eritrosit secara berulang dengan interval waktu 48-72 jam akibatnya penderita mengalami demam dan menggigil secara periodik.

4. Merozoit berkembang menjadi gametosit jantan atau disebut mikrogametosit dan gametosit betina atau disebut makrogametofit

5. Jika nyamuk Anopheles betina kembali menggigit dan menghisap darah penderita, mikrogametosit dan makrogametosit pindah ke saluran pencernaan nyamuk dan berkembang menjadi mikrogamet dan makrogamet

6. Di saluran pencernaan mikrogamet dan makrogamet mengalami peleburan menjadi zigot (2n) yang kemudian berkembang menjadi ookinet

7. Ookinet berkembang menjadi oosista yang berdinding tebal. Oosista akan berkembang menjadi ribuan sporozoit

8. Sporozoit keluar dari usus dan berpindah ke kelenjar ludah nyamuk. Sporozoit akan mengalami siklus yang sama saat nyamuk menginfeksi orang sehat lainnya

Dengan demikian fase yang terjadi didalam tubuh nyamuk Anopheles adalah ookinet dan oosista. Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
9. Jenis protein yang menyusun rangka sel mikrofilamen adalah ….

a. tubulin a dan tubulin b
b. aktin G
c. keratin
d. dimer
e. metionin

 


Pembahasan:

Mikrofilamen adalah bagian dari kerangka sel (sitoskeleton) yang berupa batang padat berdiameter sekitar 7 nm. Mikrofilamen dalam sel berperan dalam proses pergerakan sel. Mikrofilamen tersusun atas protein yang disebut dengan aktin G. Aktin G akan bekerja sama dengan jenis protein lain berupa miosin dalam proses pergerakan sel, pembelahan sel dan streaming sitoplasma. Di dalam sel mikrofilamen biasanya ditemukan berkumpul disekitar pinggiran, tepatnya di bawah permukaan luar. Dengan demikian pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

10. Berdasarkan teori endosimbion, DNA yang terdapat pada organel kloroplas berasal dari ….

a. organisme prokariotik fotosintetik yang tertelan leluhur sel eukariotik
b. organisme prokariotik aerob yang tertelan leluhur sel eukariotik
c. organisme eukariotik fotosintetik yang tertelan leluhur sel prokariotik
d. peleburan materi genetik dari nukleus organisme eukariotik
e. fusi sel yang terjadi antara dua jenis organisme eukariotik

 

Baca juga: Latihan Soal Tryout 1 UTBK: Fisika


Pembahasan:

Teori endosimbion menjelaskan tentang proses asal-usul organel mitokondria dan kloroplas pada sel eukariotik. Kloroplas yang terdapat pada sel eukariotik berasal dari organisme prokariotik fotosintetik yang tertelan secara fagositosis oleh leluhur sel eukariotik. Organisme yang tertelan tersebut tidak dapat dicerna oleh sel sehingga sel prokariotik tersebut berkembang di dalam sel dengan memanfaatkan nutrisi yang ada di dalam sitoplasma. Organisme prokariotik yang tertelan tersebut lama-kelamaan akan berubah menjadi organel kloroplos. Bukti yang kuat yang menunjukkan kloroplas berasal dari sel prokariotik fotosintetik adalah RNA ribosomal kloroplas memiliki urutan basa nitrogen yang hampir sama dengan RNA bakteri fotosintetik tertentu dibandingkan RNA ribosomal yang ditranskripsikan dari nukleus sel eukariotik. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

11. Pernyataan di bawah ini berhubungan dengan pompa ion Na dan K adalah ….

1. Merupakan mekanisme transpor yang membutuhkan ATP untuk menggerakan ionnya
2. Bentuk bukaan protein kedalam sel memiliki afinitas yang tinggi terhadap K
3. Fosforilasi akan menyebabkan protein berubah bukaan dan menurunkan afinitasnya terhadap Na
4. Bentuk bukaan protein keluar sel memiliki afinitas yang tinggi terhadap Na

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 


Pembahasan:

Pompa ion adalah mekanisme transpor yang membutuhkan ATP untuk menggerakan ion melawan gradien konsentrasinya, yakni berpindah dari konsentrasi rendah ke konsentrasi tinggi. Di bawah ini merupakan proses pompa ion Na dan K:

1. Bentuk bukaan protein kearah dalam sel memiliki afinitas tinggi terhadap Na sehingga protein akan mengikat Na

2. Terjadinya fosforilasi atau pelepasan fosfat dari ATP dan fosfat yang lepas akan menempel pada protein

3. Fosforilasi menyebabkan protein berubah bukaan yang menyebabkan menurunkan afinitasnya terhadap Na dan mengeluarkannya ke luar sel.

4. Bentuk bukaan protein keluar sel memiliki afinitas yang tinggi terhadap K sehingga terjadi pengikatan K

5. Pengikatan ini memicu lepasnya fosfat yang awalnya menempel pada protein ini dan pelepasan fosfat membuat bentuk protein berubah dan membuka ke arah dalam sel

6. K yang diikat oleh protein membran akan masuk ke dalam sel. Protein akan membuka arah ke dalam sel sehingga memiliki afinitas tinggi terhadap Na

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan yang tepat terkait dengan pompa ion Na dan K terdapat pada pernyataan nomor 1 dan 3. Bentuk bukaan protein kedalam sel memiliki afinitas yang tinggi terhadap Na bukan K sehingga pernyataan nomor 2 salah dan bentuk bukaan protein keluar sel memiliki afinitas yang tinggi terhadap K bukan Na sehingga pernyataan nomor 4 salah. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

12. Berikut ini merupakan contoh penulisan nama famili pada tumbuhan yang tepat, yaitu ....

1. Arecaceae
2. Arecales
3. Graminae
4. Poales

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Famili atau suku merupakan kategori takson di bawah ordo. Nama famili pada tumbuhan biasanya menggunakan akhiran -aceae, misalnya famili Arecaceae, Solanaceae, Cucurbitaceae, Malvaceae, Rosaceae, Asteraceae, dan Poaceae. Namun, ada pula yang tidak menggunakan akhiran kata -aceae, misalnya Compositae (nama lain Asteraceae) dan Graminae (nama lain dari Poaceae).


Sedangkan Arecales dan Poales nerupakan contoh nama ordo pada tumbuhan. Nama ordo pada tumbuhan ini biasanya menggunakan akhiran -ales. Ordo sendiri merupakan kategori takson yang berada di bawah kelas. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka contoh nama famili pada tumbuhan yang tepat ditunjukan oleh nomor 1 dan 3 yaitu Arecaceae dan Graminae.
Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

13. Pada proses pembentukan gamet, kromosom 2n dapat ditemukan pada ….

1. Spermatogonium
2. Oogonium
3. Oosit primer
4. Spermatosit sekunder

Pilihlah:

a. jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
b. jika jawaban 1 dan 3 benar
c. jika jawaban 2 dan 4 benar
d. jika jawaban 4 saja yang benar
e. jika semua jawaban 1, 2, 3, dan 4 benar

 

 

Pembahasan:

Pembentukan gamet terjadi melalui spermatogenesis dan oogenesis. Spermatogenesis menghasilkan gamet jantan berupa sperma sedangkan oogenesis menghasilkan gamet betina berupa sel telur. Berikut adalah bagan dari keduanya:

spermatogenesis dan oogenesis

 

Berdasarkan bagan di atas, pada spermatogenesis yang memiliki kromosom 2n adalah spermatogonium dan spermatosit primer sedangkan pada oogenesis yang memiliki kromosom 2n adalah oogonium dan oosit primer. Spermatogonium, spermatosit primer, oogonium, maupun oosit primer dihasilkan dari hasil pembelaha mitosis, dimana dalam pembelahan mitosis tidak terjadi reduksi atau pengurangan jumlah kromosom sehingga sel yang dihasilkan akan memiliki jumlah kromosom yang sama dengan induknya yaitu 2n. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
14. Oxya chinensis memiliki darah yang terus beredar melalui pembuluh darah

SEBAB

Sistem peredaraan darah Oxya chinensis berfungsi untuk mengangkut sari makanan dan oksigen.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Oxya chinensis adalah nama latin dari belalang hijau. Belalang hijau termasuk ke dalam kelas insecta yang memiliki sistem peredaraan darah terbuka. Oxya chinensis atau belalang hijau memiliki ujung pembuluh darah yang terbuka, hal inilah yang menyebabkan darah tidak dialirkan secara terus menerus melalui pembuluh darah. Peredaran darah pada serangga cukup sederhana dimana jantung mengalirkan darah ke seluruh tubuh dengan cara mengalirkan darah ke rongga-rongga tubuh. Sistem peredaran darah terbuka tidak menggunakan pembuluh darah dalam sirkulasi darah.

Pada serangga, darah (atau lebih dikenal sebagai hemolimfe) tidak terlibat dalam peredaran oksigen karena tidak mengandung hemoglobin. Oksigen pada serangga diedarkan melalui sistem trakea berupa saluran-saluran yang menyalurkan udara secara langsung ke jaringan tubuh. Darah pada serangga hanya berfungsi untuk mengangkut sari makanan serta mengangkut sisa metabolisme. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan salah dan alasan pun salah. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
15. Klorofil pada tumbuhan Zea mays dapat menyerap cahaya hijau dan menggunakan energi cahaya tersebut untuk proses fotosintesis

SEBAB

tanaman memerlukan cahaya untuk memfotolisis air sehingga dapat menghasilkan ATP dan NADPH yang diperlukan dalam reaksi gelap fotosintesis.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 


Pembahasan:

Klorofil dapat menyerap cahaya matahari dan mengubahnya menjadi energi kimia. Cahaya matahari memiliki banyak warna dengan panjang gelombang yang berbeda. Klorofil hanya efektif menyerap cahaya biru dan merah yang merupakan warna paling efektif dalam fotosintesis. Sedangkan warna cahaya hijau akan dipantulkan, hal inilah yang menyebabkan daun tampak berwatna hijau.

Cahaya pada fotosintesis digunakan untuk memfotolisis air sehingga dihasilkan elektron untuk fotosistem. Fotolisis air merupakan bagian dari reaksi terang yang akan menghasilkan ATP, NADPH dan O2. ATP dan NADPH hasil reaksi terang akan digunakan dalam proses siklus calvin yang akan menghasilkan glukosa. Sehingga pernyataan salah sedangkan akibatnya benar. Dengan demikian,
pilihan jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

16. Untuk mendalami penyakit demam berdarah, maka cabang ilmu biologi yang harus kita pelajari adalah virologi

SEBAB

penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus dengue.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue. Virus ini masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus, yang hidup di wilayah tropis dan subtropis. Demam berdarah ditandai dengan gejala tubuh menggigil dan sakit kepala. Rasa sakit segera timbul, khususnya pada punggung, sendi, otot, dan bola mata. Suhu badan kembali normal setelah 5-6 hari dan meningkat kembali sekitar 5-8 hari kemudian. Bercak-bercak merah akan timbul dan berlangsung selama 24-72 jam. Kadar trombosit dalam darah akan menurun dan kondisi paling parah adalah terjadinya pendarahan yang menyebabkan kematian. Karena penyakit ini disebabkan oleh virus, maka cabang ilmu biologi yang perlu kita pelajari adalah virologi. Virologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang virus. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
17. Oparin menyatakan bahwa atmosfer penuh dengan senyawa yang berbentuk uap seperti H2O, CH4, NH3, dan H2

SEBAB

menurut oparin, proses evolusi berlangsung dari daratan menuju ke lautan.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

 

Pembahasan:

Menurut Alexander Oparin dalam bukunya yang berjudul The Origin of life yang terbit pada tahun 1936 menyatakan bahwa asal usul kehidupan terjadi bersamaan dengan evolusi terbentuknya bumi. Oparin menjelaskan bahwa pada mulanya atmosfer bumi purba terdiri atas metana (CH4), amonia (NH3), uap air (H2O),  dan gas hidrogen (H2). Karena adanya pemanasan dan energi alam, berupa sinar kosmik dan halilintar, gas-gas yang membentuk atmosfer bumi purba mengalami perubahan menjadi molekul organik sederhana, sejenis asam amino. Selama berjuta-juta tahun, senyawa organik terakumulasi di perairan (primordial soup). Proses evolusi ini berlangsung dari lautan menuju ke daratan. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
18. Escherichia coli adalah jenis bakteri gram negatif yang memiliki peptidoglikan tipis

SEBAB

bakteri gram negatif dapat resisten terhadap sistem imun karena memiliki lapisan lipopolisakarida pada dinding selnya.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan keduanya salah

 


Pembahasan:

Escherichia coli adalah jenis bakteri gram negatif yang umumnya dapat ditemukan di dalam usus halus manusia. Bakteri gram negatif memiliki peptidoglikan tipis yang terletak di antara dua membran. Pada bagian terluar dari membran luar bakteri gram negatif terdapat lapisan lipopolisakarida (polisakarida yang terikat pada lipid). Lapisan lipopolisakarida ini dapat menyebabkan bakteri resisten atau kebal terhadap antibiotik dan beberapa jenis obat. Dengan demikian pernyataan benar dan akibat salah karena lipopolisakarida hanya dapat ditemukan di bagian membran luar bukan di dinding selnya. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

19. Enzim amilase adalah enzim yang berperan dalam proses pencernaan yang memiliki kofaktor berupa ion Fe2+

SEBAB

enzim amilase adalah jenis enzim sederhana yang hanya tersusun atas protein saja.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 


Pembahasan:

Enzim amilase merupakan salah satu contoh holoenzim sehingga enzim ini memiliki komponen protein (apoenzim) dan nonprotein (kofaktor). Pada jenis enzim ini, apoenzim tidak dapat aktif tanpa adanya kofaktor. Kofaktor yang dimiliki oleh enzim amilase adalah , dengan demikian pernyataan salah dan akibat salah maka jawaban yang tepat adalah E.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM
20. Urin seorang penderita penyakit albuminuria mengandung glukosa dan asam amino

SEBAB

bagian ginjal yang rusak pada penyakit albuminuria adalah glomerulus.

Pilihlah:

a. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
b. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
c. pernyataan benar dan alasan salah
d. pernyataan salah dan alasan benar
e. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 


Pembahasan:

Albuminuria merupakan kondisi dimana protein (albumin) plasma yang banyak ditemukan dalam urin. Penyebab albuminuria yaitu filter pada ginjal (glomerulus) mengalami peradangan, hal tersebut menyebabkan ginjal tidak dapat melakukan proses penyaringan, khususnya penyaringan protein. Protein (albumin) yang tidak dapat disaring, akan keluar bersama urine. Gejala albuminuria yaitu adanya busa atau foam yang berlebihan dalam urin serta saat dilakukan uji protein menggunakan biuret menghasilkan warna ungu. Dengan demikian, pernyataan salah dan alasan benar sehingga jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_biologi-Oct-19-2020-04-26-26-78-AM

Hayo, sudah familiar dengan soal-soal di atas? Kira-kira, bagian mana dari materi-materi di atas yang perlu kamu tingkatkan lagi? Tenang aja, kamu masih bisa mengikuti tryout UTBK 2021 yang ke-2 di aplikasi ruanguji. Jangan sampai kelewatan, ya!

New call-to-action

Beri Komentar