Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: Sosiologi

Shabrina Alfari Okt 15, 2020 • 25 min read


latihan soal utbk sosiologi

Ayo, persiapkan dirimu sejak dini dalam menghadapi UTBK 2021! Lihat latihan soal tryout UTBK 1 tahun 2021 untuk mata pelajaran Sosiologi.

---

Sudah mengikuti tyout UTBK 1 dari ruanguji? Nah, masih penasaran mengenai pembahasan soal-soalnya? Yuk, lihat latihan soal tryout UTBK Episode 1 tahun 2021 mata pelajaran Sosiologi. Jangan lupa untuk mempelajari lagi materi yang belum kamu kuasai ya.

Baca juga: Pembahasan Soal Tryout UTBK Episode 1: Matematika IPS

latihan soal utbk sosiologi

1. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Bagi sebagian kalangan, kabar bohong (hoax) adalah musuh bersama. Namun, tak sedikit pula yang memanfaatkan hoax untuk kepentingan pribadi, kelompok, dan tentu saja politik. Sejak media sosial (medsos) eksis dan dimanfaatkan secara luas untuk berkomunikasi, sekaligus menyampaikan isi hati dan pikiran, hoax pun bermunculan. Dalam dunia politik Indonesia, hoax mulai muncul pada perhelatan Pilpres 2014. Dewan Pers mencatat sejarah munculnya berita tidak benar atau hoax sejak Pilpres 2014. Ketua Dewan Pers, Yosep Stanley Adi Prasetyo, mengatakan pada waktu itu banyak berita yang diproduksi oleh media abal-abal acap kali tidak benar. Hoax menjadi semakin masif dengan berkembangnya media sosial.

Bentuk interaksi sosial yang terjadi pada kutipan artikel tersebut adalah ….

  1. kompetisi
  2. kontravensi
  3. konflik
  4. kontroversi
  5. koalisi

Diadaptasi dari beritasatu.com

Pembahasan: 

Salah satu bentuk interaksi sosial (disosiatif) dapat berupa kontravensi. Kontravensi adalah proses sosial yang berada di antara persaingan dan pertentangan (konflik sosial). Kontravensi ditandai adanya gejala-gejala ketidakpastian diri seseorang. Ketidakpastian suatu rencana, perasaan tidak suka yang disembunyikan, atau kebencian maupun keraguan terhadap kepribadian seseorang. Dalam kontravensi, umumnya lawan tidak diserang secara fisik, tetapi secara psikologis. Salah satu contoh kontravensi ialah menyebarkan berita bohong kepada publik atau yang biasa dikenal dengan berita hoax. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

2. Menurut Herbert Blumer, interaksi sosial manusia dapat dikaji melalui pendekatan interaksionisme simbolik yang memiliki tiga pokok pikiran, yaitu act, thing, dan meaning. Contoh dari interaksi sosial tersebut adalah …

  1. Rani berdiskusi dengan juru adat dalam rangka mempersiapkan pernikahannya.
  2. Masyarakat Hindu memperlakukan sapi dengan istimewa karena dianggap hewan suci.
  3. Rista mengirimkan pesan kepada Saeful via WhatsApp, namun tidak dibalas dan hanya dibaca saja.
  4. Seorang ayah yang menangis histeris ketika melihat anaknya sudah terbujur kaku akibat kecelakaan.
  5. Askar mencoba menelepon Nadia, tetapi tidak mendapat respon.

 

Pembahasan:

Contoh dari interaksi sosial berdasarkan pendekatan interaksionisme simbolik menurut Herbert Blumer yang mengandung act, thing, dan meaning adalah masyarakat Hindu memperlakukan sapi dengan istimewa karena dianggap hewan suci. Menurut Herbert Blumer, interaksi sosial manusia dapat dikaji melalui pendekatan interaksionisme simbolik yang memiliki tiga pokok pikiran, yaitu act, thing, dan meaning. Seseorang bertindak (act) terhadap sesuatu (thing) berdasarkan arti sesuatu itu bagi dirinya (meaning). Seperti tindakan (act) masyarakat Hindu yang memperlakukan sapi (thing) dengan istimewa karena dianggap hewan suci (meaning). Berbeda dengan tindakan masyarakat Muslim terhadap sapi karena makna (meaning) hewan tersebut berbeda bagi kedua masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

3. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Sekolah/Madrasah sebagai lembaga pendidikan dan tempat untuk belajar dan mengajar akan bermutu ketika lembaga tersebut mendapatkan pengakuan dan penilaian dari beberapa pihak yang berwenang. Pengakuan dan hasil penilaian tersebut dinamakan akreditasi. Untuk menilai kelayakan suatu program lembaga pendidikan atau satuan pendidikan dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional secara bertahap, maka dalam hal ini pemerintah sebagai pihak berwenang melakukan upaya akreditasi. Pelaksanaan yang dimaksud selain tidak hanya secara bertahap, tetapi juga terencana dan terukur sesuai Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional BAB XVI Bagian Kedua Pasal 60 tentang Akreditasi.

Proses akreditasi termasuk unsur-unsur dalam lembaga pendidikan berupa ....

  1. ideologi
  2. pola perilaku
  3. budaya manfaat
  4. budaya simbolis
  5. kode spesialisasi

 

Pembahasan:

Unsur-Unsur Lembaga Pendidikan adalah sebagai berikut:

  1. Kode Perilaku: cinta pengetahuan, kehadiran, belajar.
  2. Simbol Kebudayaan: seragam sekolah, maskot, logo, lagu-lagu sekolah.
  3. Budaya Manfaat: kelas, perpustakaan, buku.
  4. Kode Spesialisasi: akreditasi, tata tertib, kurikulum, tingkatan/starta.
  5. Ideologi : keberhasilan akademis, pendidikan progesif, inovatif.

Setiap empat tahun sekali, sekolah melaksanakan penilaian akreditasi untuk memperoleh gambaran secara umum tentang kinerja sekolah. Proses akreditasi tersebut merupakan salah satu bagian dari kode spesialisasi yang perlu dijalankan oleh sekolah sebagai perwujudan lembaga pendidikan. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

4. Dalam struktur sosial, dokter dan perawat dapat dikategorikan sebagai diferensiasi sosial berdasarkan profesi, karena ….

  1. memiliki jenjang pendidikan yang berbeda-beda
  2. memiliki penghasilan yang berbeda-beda
  3. memiliki fungsi yang berbeda-beda
  4. berasal dari keturunan yang berbeda
  5. memiliki wewenang yang serupa

 

Pembahasan:

Diferensiasi profesi merupakan pengelompokkan masyarakat yang didasarkan pada jenis pekerjaan atau profesinya. Perbedaan profesi biasanya juga akan berpengaruh pada perilaku, fungsi dan peran sosialnya di masyarakat, namun tidak pada tingkatan sosialnya. Contohnya, perilaku, fungsi, dan peran sosial seorang dokter akan berbeda dengan seorang perawat ketika keduanya melaksanakan pekerjaannya meskipun pekerjaannya sama-sama di bidang kesehatan. Namun apapun profesi seseorang, sikap profesional lah yang akan dihargai masyarakat. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

5. Seorang peneliti sosial sedang melakukan studi tentang jaringan kriminal. Sebagai peneliti, ia harus merahasiakan identitas informan yang ditelitinya, yaitu para pelaku kriminal. Di sisi lain, sebagai warga negara, ia harus melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui posisi pelaku kriminal tersebut. Jenis peran yang dialami oleh peneliti tersebut berupa ….

  1. peran ganda
  2. konflik peran
  3. kegagalan peran
  4. ketegangan peran
  5. kesenjangan peran

 

Pembahasan:

Dalam menjalani suatu peran, terkadang seseorang mengalami kesulitan untuk melakukan peran sosial yang dimiliki, yang bisa terjadi karena ketidaksesuaian antara kewajiban yang harus dijalankan dan tujuan peran sosial itu sendiri sehingga dirinya dapat mengalami yang namanya ketegangan peran. Ketegangan peran juga dapat terjadi ketika seseorang merasa bingung dalam menjalankan peran yang memiliki dua kewajiban diwaktu yang bersamaan. Dampaknya, ketika seseorang mengalami kondisi ini, maka ada suatu peran atau kewajiban yang perlu dikorbankan untuk menjalan peran atau kewajiban yang lain yang menyebabkan dirinya mengalami kegagalan dalam satu peran tersebut. Contohnya, seorang peneliti sosial yang sedang melakukan studi tentang jaringan kriminal. Sebagai peneliti ia harus merahasiakan identitas informan yang ditelitinya, yaitu para pelaku kriminal. Sebagai warga negara, ia harus melaporkan kepada pihak yang berwenang apabila mengetahui posisi pelaku kriminal. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

6. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Pasca banjir bandang dan operasi tanggap darurat di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), pemerintah daerah setempat melanjutkan dengan masa transisi dalam waktu yang tidak ditentukan. Bupati Konawe Utara mengungkapkan, selama masa transisi menuju pemulihan, pihaknya akan melakukan relokasi sejumlah penduduk di tiga desa ke tempat yang lebih aman dari banjir dan tanah longsor, mengingat masyarakat yang masih berada di tenda-tenda pengungsian sudah tidak bisa kembali kerumahnya karena rumah-rumah mereka sudah ambruk diterjang banjir, khususnya desa tepuwatu yang hanya menyisakan lumpur dan puing-puing bangunan. 

Diadaptasi dari rri.co.id

Berdasarkan kutipan artikel tersebut, penduduk Kabupaten Konawe Utara melakukan mobilitas sosial….

  1. lateral
  2. vertikal naik
  3. vertikal turun
  4. antargenerasi
  5. intragenerasi

 

Pembahasan:

Mobilitas memiliki arti pergerakan, sesuatu yang bergerak dapat diartikan sebagai sebuah perubahan. Sehingga mobilitas sosial merupakan perubahan posisi seseorang dalam masyarakat. Salah satu bentuk mobilitas sosial berupa mobilitas lateral atau geografis. Mobilitas lateral atau geografis adalah perpindahan orang atau kelompok dari daerah yang satu ke daerah yang lain. Menurut batas-batas wilayah, perpindahan itu ada yang dinamakan imigrasi (masuk), emigrasi (keluar), dan transmigrasi (melintasi batas wilayahnya). Berdasarkan penjelasan tersebut, mobilitas yang dilakukan oleh penduduk Kabupaten Konawe Utara termasuk dalam mobilitas lateral. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

7. Zaman sekarang, anak-anak yang hidup di perkotaan lebih menyukai permainan modern karena permainannya sangat canggih serta sering membuat merasa tertantang untuk memainkannya. Oleh sebab itu, permainan tradisional menjadi kurang menarik lagi dan semakin ditinggalkan. Perubahan permainan tradisional menjadi modern tersebut merupakan fenomena sosial yang terjadi karena pengaruh ….

  1. mobilitas vertikal naik
  2. mobilitas vertikal turun
  3. mobilitas horizontal
  4. mobilitas antargenerasi
  5. mobilitas intragenerasi

 

Pembahasan:

Mobilitas sosial vertikal adalah perpindahan status individu atau kelompok ke status lain yang tidak sederajat dengan status sosial asalnya. Individu atau kelompok yang mengalami mobilitas vertikal naik atau social climbing akan berpindah dari status sebelumnya ke status sosial yang lebih tinggi. Individu yang mulanya memiliki status lebih rendah akan melakukan mobilitas naik untuk mencapai status sosial yang lebih tinggi. Pergeseran permainan tradisional menjadi modern dapat dipengaruhi oleh peningkatan penghasilan suatu keluarga. Peningkatan penghasilan tersebut membuat para orang tua mampu memenuhi kebutuhan tersier anaknya dalam bentuk permainan modern, seperti playstation, sehingga perlahan dapat menggeser pola permainan anak, dari tradisional menjadi modern. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

8. Terbukanya pasar perdagangan internasional akibat globalisasi membuat mudahnya transaksi ekspor impor. Namun, banyak masyarakat yang lebih mempercayai produk luar negeri sebagai produk unggulan, sehingga kuantitas impor lebih menguasai pasar perdagangan di Indonesia. Contohnya adalah produk sepatu Nike dan Adidas yang lebih banyak dipakai masyarakat kalangan menengah ke atas karena kualitas produknya yang lebih baik daripada produk lokal. Dampak negatif dari permasalahan sosial tersebut adalah ….

  1. semakin banyak barang-barang bekas yang menjadi sampah
  2. kesulitan menghentikan dorongan untuk membeli barang-barang
  3. sulit untuk mengatur prioritas karena banyaknya kebutuhan masyarakat
  4. membantu masyarakat untuk belajar mengatur prioritas dalam berbelanja
  5. hilangnya sikap menghargai masyarakat karena mulai terbiasa melihat banyak barang

 

Pembahasan:

Pada zaman globalisasi, dunia menjadi the borderless world. Kegiatan t r a de (perdagangan), travel (wisata), dan telekomunikasi dapat berlangsung cepat dan singkat. Permasalahan yang muncul di soal adalah semakin mudahnya produk-produk dari negara lain masuk sehingga berdampak negatif bagi masyarakat. Pilihan A lebih mengarah pada dampak negatif terhadap lingkungan. Pilihan B dan C lebih mengarah pada dampak dari banyaknya kebutuhan, bukan dari banyaknya produk yang ada di pasaran. Pilihan D lebih mengarah pada upaya mengatasi dampak negatif yang muncul. Pilihan E menunjukkan dampak banyaknya produk di pasaran, namun kurang tepat jika hal tersebut dikaitkan dengan penyebab hilangnya sikap menghargai masyarakat. Pilihan B yang paling tepat karena menunjukkan perilaku masyarakat yang berubah menjadi konsumtif karena banyaknya produk di pasaran dan semakin mudahnya produk-produk berkualitas dari berbagai negara lain ditemukan di negaranya. Permasalahan ini dapat diatasi oleh individu masing-masing dengan cara mencoba membatasi jumlah konsumsi setiap minggu atau bulan sesuai dengan kebutuhannya. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

9. Tampil dengan tas mewah merupakan bagian dari identitas kelas. Tindakan membeli tas mewah ini bisa merupakan tindakan untuk menunjukkan identitas kelas. Dalam masyarakat yang demikian, biasanya terdapat komunitas-komunitas yang memiliki ukuran dan simbol kelas tertentu. Dengan mengonsumsi ukuran-ukuran kelas itu, mereka lalu memiliki posisi tawar yang kuat dalam komunitas. Fenomena tersebut menunjukkan nilai dominan bagi masyarakat karena ….

  1. masyarakat meyakini suatu nilai harus dilaksanakan
  2. anggota masyarakat telah lama menganut suatu nilai
  3. suatu kebanggaan bagi masyarakat terhadap suatu nilai
  4. adanya keseriusan seseorang dalam melaksanakan suatu nilai
  5. banyaknya jumlah orang masyarakat yang menganut suatu nilai

 

Pembahasan:

Nilai dominan adalah nilai yang dianggap lebih penting dibandingkan nilai lainnya. Ukuran dominan atau tidaknya suatu nilai didasarkan pada hal-hal, seperti banyaknya penganut nilai tersebut, lamanya nilai tersebut dianut atau digunakan, tinggi rendahnya usaha pemberlakuan nilai tersebut, dan prestise/kebanggaan penganut nilai tersebut di masyarakat. Pilihan A dan D kurang tepat karena lebih merujuk pada tinggi rendahnya usaha pemberlakukan nilai tersebut, sedangkan kepemilikan barang mewah bukanlah sebuah kewajiban yang harus dimiliki. Pilihan B kurang tepat karena lebih merujuk lamanya nilai tersebut dianut, sedangkan kepemilikan barang mewah bukan sebuah hal yang ada sejak dulu melainkan ada usaha untuk mendapatkannya. Pilihan E kurang tepat karena lebih merujuk pada banyaknya penganut nilai tersebut, sedangkan kepemilikan barang mewah tidak bersifat massal melainkan hanya kalangan tertentu saja. Pilihan C tepat karena merujuk pada kebanggaan terhadap suatu nilai. Dalam kasus ini, tas mewah yang berhasil diraih oleh seseorang dapat menaikkan status sosial mereka. Hal tersebut akan berdampak pada munculnya kehormatan yang mereka dapatkan dari orang-orang di lingkungan sekitarnya dan status sosial mereka akan naik. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

10. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Tak henti menebar empati, ITB kembali hadir berkontribusi melalui Keluarga Mahasiswa ITB (KM-ITB) yang mengirimkan relawan, dana, dan logistik bagi korban banjir Bandung Selatan. Para mahasiswa tersebut menyumbangkan tenaganya dengan cara turun langsung ke daerah bencana pada Jumat-Minggu (18-20/03/16). Relawan KM-ITB turut berpartisipasi dalam ketersediaan pangan, logistik, dan kebutuhan medis.

Diadaptasi dari itb.ac.id

Berdasarkan ilustrasi tersebut, kelompok sosial yang terbentuk adalah kelompok ….

  1. paguyuban
  2. okupasional
  3. patembayan
  4. volunter
  5. kerumunan

 

Pembahasan:

Ilustrasi pada soal menggambarkan terbentuknya kelompok secara sukarela untuk membantu para korban banjir. Kelompok volunter adalah kelompok yang terdiri atas berbagai anggota yang memiliki kepentingan yang sama. Namun, yang membedakan kelompok ini dengan kelompok okupasional adalah keberadaan kelompok ini tidak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Umumnya, pembentukan kelompok ini dilandasi oleh kepentingan primer dan sekunder yang harus terpenuhi . Dengan adanya kelompok volunter ini, kepentingan individu diharapkan dapat terpenuhi tanpa harus mengganggu kepentingan umum. Contohnya tim sukarelawan yang membantu korban bencana alam. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah D.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

11. Sejak tiba di Solo, Erin selalu berbicara dengan suara yang keras dan cepat sehingga Devina merasa sulit berkomunikasi dengan Erin. Cara bicara Erin terbiasa keras karena ia tinggal di dekat pantai sehingga harus bersuara lebih keras untuk melawan deru ombak. Perbedaan kepribadian ini dipengaruhi oleh faktor geografis

SEBAB

secara geografis, ada perbedaan wilayah tempat tinggal di mana Devina tinggal di Kota Solo sedangkan Erin terbiasa tinggal di pesisir pantai.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Kalimat pernyataan benar karena perbedaan kepribadian Erin dan Devina dipengaruhi oleh faktor geografis. Faktor geografis menunjukkan bahwa perbedaan perilaku kelompok disebabkan oleh perbedaan iklim, topografi, dan sumber alam. Devina yang tinggal di kota Solo terbiasa berbicara dengan suara yang pelan dan lembut, sedangkan Erin terbiasa dengan suara keras karena tinggal di dekat pantai sehingga harus bersuara lebih keras untuk melawan deru ombak. Perbedaan kepribadian mereka disebabkan oleh pengaruh sosialisasi faktor geografis. Hal ini disebabkan perbedaan wilayah tempat tinggal, Devina tinggal di Solo yang notabene berbicara dengan suara yang pelan dan lembut, sedangkan Erin tinggal di pesisir pantai yang membuatnya berbicara kencang karena suara deras arus laut yang juga kuat. Ini menunjukkan kalimat alasan benar. Kalimat pernyataan dan kalimat alasan memiliki hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

12. Penelitian kualitatif tidak mutlak memiliki hipotesis dalam rancangan penelitiannya

SEBAB

hipotesis diperlukan dalam penelitian kuantitatif.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Kalimat pernyataan benar. Dalam penelitian kualitatif tidak mutlak memerlukan hipotesis dalam rancangan penelitiannya. Penelitian kualitatif bersifat induktif atau berakhir dengan hipotesis. Selanjutnya, kalimat alasan juga benar. Dalam penelitian kuantitatif yang bersifat deduktif, dimulai dengan hipotesis. Keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab akibat karena kalimat pernyataan menunjukkan karakteristik penelitian kualitatif, sedangkan kalimat alasan kegunaan hipotesis pada penelitian kuantitatif. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

13. Konsep kelompok sosial tidak dapat disamakan dengan konsep perkumpulan dan konsep kategori sosial

SEBAB

dalam konsep perkumpulan dan konsep kategori sosial selalu dijumpai pula unsur interaksi.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Kelompok sosial adalah kumpulan individu yang memiliki hubungan dan saling berinteraksi sehingga tidak dapat dikatakan hanya sebagai perkumpulan ataupun kategori sosial. Sementara itu, konsep kategori sosial adalah kesatuan manusia yang terwujud dengan adanya suatu ciri-ciri yang objektif yang dikenakan kepada manusia-manusianya, misalnya jenis kelamin, usia, pekerjaan, dan lain-lain. Suatu kelompok perkumpulan dapat dikatakan sebagai kelompok sosial ketika memenuhi ciri-ciri dan syarat terbentuknya kelompok sosial. Untuk itu, berdasarkan pengertian konsep kategori sosial yang telah dijelaskan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa konsep kategori sosial tidak memiliki unsur interaksi. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka kalimat pernyataan benar dan kalimat alasan salah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

14. Durkheim mengungkapkan bahwa prinsip keteraturan sosial pada dasarnya adalah karena setiap orang atau individu baik secara kognitif, emosional dan seluruh perilakunya selalu dan didasari pada keadaan fakta sosial yang terjadi di masyarakat

SEBAB

keteraturan yang dibentuk berdasarkan adanya pemikiran teologis, pembagian kerja merupakan konsep yang diungkapkan oleh Auguste Comte terlebih dahulu sebelum Durkheim.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Emile Durkheim melihat jika prinsip keteraturan setiap individu memiliki rasa emosional, kemampuan pengembangan yang didasari pada keadaan fakta sosial. Kalimat pernyataan benar. Kemudian, keteraturan yang dibentuk berdasarkan adanya pemikiran teologis, pembagian kerja merupakan konsep yang diungkapkan oleh Auguste Comte terlebih dahulu sebelum Durkheim, selain itu Auguste Comte juga melihat peranan agama yang sangat besar mendorong individu untuk lebih disiplin, mengembangkan emosional hingga mempersatukan individu dalam keteraturan sosial. Kalimat alasan juga benar, namun tidak menunjukkan hubungan sebab akibat karena kalimat pernyataan merupakan pemikiran menurut Emile Durkheim sedangkan kalimat alasan merupakan pemikiran dari Auguste Comte. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

15. Dalam komunitas K-Pop, sering dijumpai seseorang yang berpenampilan seperti tokoh K-Pop yang diidolakannya

SEBAB

dalam interaksi sosial sering terjadi seseorang yang berupaya untuk menyamakan diri dengan tokoh idolanya sebagai proses identifikasi diri.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Interaksi yang ditimbulkan dalam suatu komunitas akan membentuk suatu pola, di mana akan terjadi imitasi dan identifikasi yang mengacu pada peniruan gaya yang menyerupai orang lain. Kalimat pernyataan benar karena dalam komunitas K-Pop akan dijumpai seseorang yang berpenampilan meniru tokoh K-Pop yang diidolakannya. Hal ini sebagai bentuk rasa suka mereka terhadap idoalanya. Peniruan dilakukan bisa dari gaya rambut, cara berpakaian, dan cara berbicara idolanya. Bahkan, tak jarang ada yang meniru secara keseluruhan agar menyerupai wajah idolanya. Hal ini menunjukkan adanya proses identifikasi diri. Identifikasi sendiri mengacu pada peniruan secara keseluruhan. Maka itu, kalimat alasan benar. Dalam hal ini, kalimat penyataan dan alasan memiliki hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

16. Seringnya media massa menayangkan tindak kejahatan menjadi penyebab tumbuhnya anggapan perilaku menyimpang sebagai suatu hal yang wajar

SEBAB

proses belajar dari perilaku menyimpang sebagai sesuatu yang biasa dan boleh dilakukan.

Pilihlah:

  1. pernyataan benar, alasan benar, keduanya ada hubungan sebab akibat
  2. pernyataan benar, alasan benar, keduanya tidak ada hubungan sebab akibat
  3. pernyataan benar dan alasan salah
  4. pernyataan salah dan alasan benar
  5. pernyataan dan alasan, keduanya salah

 

Pembahasan:

Media massa mempunyai peran untuk menginformasikan segala sesuatu kepada masyarakat, termasuk mengenai perilaku menyimpang yang terjadi, baik dalam skala daerah maupun nasional, individu maupun kelompok. Informasi mengenai penyimpangan yang diterima masyarakat tanpa disaring terlebih dahulu nantinya akan menimbulkan persepsi bahwa tindakan ini akan ditoleransi oleh masyarakat karena pemberitaan mengenai penyimpangan tersebut seolah-olah terjadi berulang-ulang dengan intensitas yang sering. Sehingga menggeser anggapan “tidak boleh” menjadi “tidak apa-apa”. Oleh karena itu, kalimat pernyataan dan alasan benar, keduanya memiliki hubungan sebab akibat. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

17. Menurut Soerjono Soekanto, fungsi lembaga sosial bagi masyarakat adalah sebagai ….

  1. pedoman perilaku masyarakat
  2. penjaga keutuhan masyarakat
  3. pegangan untuk kontrol masyarakat
  4. aturan hukum masyarakat

Pilihlah:

  1. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
  2. Jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. Jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. Jika jawaban 4 saja yang benar
  5. Jika semua jawaban benar

 

Pembahasan:

Fungsi lembaga sosial menurut Soerjono Soekanto adalah sebagai berikut.

  1. Memberikan pedoman pada anggota-anggota masyarakat, bagaimana mereka harus bersikap atau bertingkah laku dalam menghadapi masalah-masalah yang muncul atau berkembang di lingkungan masyarakat, termasuk yang menyangkut hubungan pemenuhan kebutuhan.
  2. Menjaga keutuhan masyarakat yang bersangkutan
  3. Memberikan pengarahan kepada masyarakat untuk mengadakan sistem pengendalian/kontrol sosial, yaitu sistem pengawasan masyarakat terhadap anggota-anggota.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. nomor 1, 2, dan 3.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

18. Berikut ini yang merupakan karakteristik lembaga sosial adalah ….

  1. memiliki simbol sendiri
  2. memiliki tradisi
  3. memiliki sistem gagasan yang dimiliki
  4. beranggotakan lebih dari satu

Pilihlah:

  1. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
  2. Jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. Jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. Jika jawaban 4 saja yang benar
  5. Jika semua jawaban benar

 

Pembahasan:

Karakteristik dari lembaga sosial adalah sebagai berikut.

  1. Simbol sebagai ciri khas suatu lembaga. Contoh: simbol timbangan pada lembaga hukum dan tut wuri handayani pada lembaga pendidikan.
  2. Memiliki tata tertib dan tradisi. Ini dibuat sebagai panutan secara tertulis dan tidak tertulis oleh anggotanya. Contoh: lembaga keluarga ada aturan (tidak tertulis) untuk menghormati anggota keluarga yang lebih tua.
  3. Adanya ideologi/sistem gagasan yang dimiliki, dan, dianggap ideal oleh anggotanya. Contoh: lembaga politik atau lembaga hukum yang mempunyai ideologi pancasila.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A, poin 1, 2, dan 3.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

19. Di Indonesia, saat ini banyak bermunculan motivator handal di berbagai bidang yang mampu memberi motivasi dan saran-saran membangun yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Hal tersebut menunjukkan bahwa motivasi adalah ….

  1. meniru dan menyamakan perilaku orang lain dan diterapkan pada diri sendiri
  2. ketertarikan terhadap orang lain yang disebabkan oleh faktor fisik dan penampilan
  3. perasaan yang mendalam, yang seolah-olah merasakan penderitaan orang lain
  4. dorongan yang berasal dari dalam diri maupun berasal dari orang lain

Pilihlah:

  1. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
  2. Jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. Jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. Jika jawaban 4 saja yang benar
  5. Jika semua jawaban benar

 

Pembahasan:

Faktor yang memengaruhi terjadinya interaksi adalah adanya motivasi. Motivasi merupakan dorongan yang dirasakan dalam diri, yang bisa berasal dari dalam diri sendiri maupun orang lain. Motivator-motivator yang terkenal di Indonesia memiliki pekerjaan yang berkaitan dengan psikis, yaitu memberikan motivasi atau dorongan atau support membangun yang dapat memengaruhi masyarakat untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah D, poin 4 saja.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

20. Berikut ini yang menunjukkan wujud dari diferensiasi sosial adalah …

  1. Ibu Nana dialihtugaskan dari seorang guru menjadi kepala sekolah di sebuah daerah.
  2. Siswa baru yang diterima di SMA Nusantara berasal dari berbagai SMP Negeri dan SMP Swasta.
  3. Pegawai Negeri Sipil di Indonesia terdiri dari berbagai pangkat dan golongan gaji.
  4. Penduduk Indonesia berasal dari berbagai suku bangsa, agama, ras, dan etnis.

Pilihlah:

  1. Jika jawaban 1, 2, dan 3 benar
  2. Jika jawaban 1 dan 3 benar
  3. Jika jawaban 2 dan 4 benar
  4. Jika jawaban 4 saja yang benar
  5. Jika semua jawaban benar

 

Pembahasan:

Diferensiasi sosial adalah perbedaan dalam struktur sosial secara horizontal yang sederajat, atau tidak ada perbedaan lebih tinggi maupun lebih rendah dalam suatu kedudukan. Sedangkan stratifikasi sosial merupakan perbedaan dalam struktur secara vertikal. Pada soal, yang menunjukkan diferensiasi sosial adalah penduduk Indonesia berasal dari berbagai suku bangsa, agama, ras, dan etnis dan siswa baru yang diterima di SMA Nusantara berasal dari berbagai SMP Negeri dan SMP Swasta, yaitu pada angka 2 dan 4. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Separator_Latihan_Soal_sosiologi-1

UTBK memang masih akan dilaksanakan tahun depan, tapi nggak ada salahnya untuk kamu mencuri start dan mulai mempersiapkan diri sejak dini. Mau mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal UTBK? Tunggu tryout UTBK Episode 2 dari ruanguji!

New call-to-action

Beri Komentar