Latihan Soal Tryout UTBK 1 Tahun 2021: TPS Penalaran Umum

Shabrina Alfari Nov 16, 2020 • 28 min read


latihan soal utbk tps penalaran umum

Ayo, persiapkan dirimu sejak dini dalam menghadapi UTBK 2021! Lihat latihan soal tryout UTBK 1 tahun 2021 untuk materi TPS Penalaran Umum.

---

Sudah mengikuti tyout UTBK 1 dari ruanguji? Nah, masih penasaran mengenai pembahasan soal-soalnya? Yuk, lihat latihan soal tryout UTBK Episode 1 tahun 2021 untuk materi TPS Penalaran Umum. Jangan lupa untuk mempelajari lagi materi yang belum kamu kuasai ya.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 1-3!

     PT KAI menggelar KAI Online Travel Fair yang dimulai pada 13—17 Oktober 2018. Menurut Manajer Humas PT Kereta Api Daop 2 Bandung, Joni Martinus, untuk Online Travel Fair terdapat 9.930 tiket KA komersial jarak jauh dan menengah yang akan menerapkan tarif khusus. Terdapat 140 tempat duduk per hari yang disediakan khusus untuk promo ini. Tarif promo hanya berlaku pada kereta kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif untuk keberangkatan 13 Oktober 2018 sampai 15 Januari 2019.

     Promo KAI Online Travel Fair diadakan agar masyarakat lebih mudah dalam membeli tiket kereta, serta mendapatkan harga yang lebih terjangkau dari biasanya. Promo ini membuat masyarakat dapat membeli tiket seharga Rp50.000,00 untuk tiket KA kelas ekonomi, Rp60.000,00 untuk KA kelas bisnis, dan Rp100.000,00 untuk KA kelas eksekutif. Tiket promo Online Travel Fair dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dan website kai.id. Tiket promo ini memiliki beberapa ketentuan yang harus dipahami para pembeli tiket promo Online Travel Fair. Ketentuan tersebut, yaitu tiket promo pada KAI Online Travel Fair ini tidak dapat dibatalkan dan tidak dapat diubah jadwal, tidak berlaku reduksi dan tarif parsial, dan tidak dapat digabung dengan tarif reduksi atau diskon lainnya.

     Semenjak diresmikannya aplikasi All New KAI Access pada September 2017 lalu hingga Agustus 2018, sudah tercatat sebanyak 1.447.791 pengguna aktif aplikasi ini. Sementara itu, untuk pemesanan tiket KA melalui website kai.id, mulai Januari hingga September 2018 tercatat sebanyak 1.148.274 pengguna jasa telah melakukan transaksi pembelian tiket melalui website kai.id.

    Dengan adanya program KAI Online Travel Fair ini, semakin banyak orang yang menjadi pengguna aktif aplikasi KAI Access atau melakukan pemesanan tiket KA lewat website kai.id. Promo ini menjadi salah satu cara untuk mengurangi antrian di loket stasiun. Selanjutnya, PT KAI akan memikirkan cara- cara lain agar masyarakat dapat menggunakan pemesanan tiket melalui website kai.id. Berikut ini ditampilkan harga tiket kereta promo Online Travel Fair.

2-Nov-11-2020-04-08-29-34-AM

(Diadaptasi dari https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/travelling/)

 

1. Berdasarkan paragraf 2, apabila pembeli memesan melalui aplikasi KAI Access dan website kai.id, manakah di bawah ini simpulan yang PALING MUNGKIN benar?

  1. Pembeli pernah mendapatkan tiket diskon dari PT KAI.
  2. Pembeli sedang mendapatkan tiket dengan harga yang terjangkau.
  3. Pembeli telah mendapatkan tiket promo yang tidak dapat batalkan.
  4. Pembeli akan mendapatkan tiket promo KAI Online Travel Fair.
  5. Pembeli baru saja mendapatkan tiket promo dengan harga yang terjangkau.

 

Pembahasan:

Simpulan merupakan pendapat terakhir yang didasarkan pada uraian sebelumnya. Pada paragraf 2, disebutkan bahwa tiket promo Online Travel Fair dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access dan website kai.id (kalimat 3). Berdasarkan pernyataan tersebut, simpulan yang mungkin dari pernyataan apabila pembeli memesan melalui aplikasi KAI Access dan website kai.id, maka pembeli akan mendapatkan tiket promo Online Travel Fair. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

2. Berdasarkan paragraf 1, manakah pernyataan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar mengenai KAI Online Travel Fair?

  1. Akan memenuhi ketersediaan tempat duduk kereta kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif.
  2. Akan menampung kurang dari 140 orang pada kereta kelas ekonomi, bisnis, dan eksekutif setiap harinya.
  3. Tiket KA komersial jarak jauh dan menengah akan habis 9.930 tiket.
  4. Setelah bulan Januari 2019 akan diadakan kembali promonya.
  5. Sebelum bulan Oktober akan dipersiapkan 140 tempat duduk per hari untuk promo.

 

Pembahasan:

Pernyataan yang PALING MUNGKIN benar terdapat pada pilihan jawaban B. Pernyataan tersebut sesuai dengan kalimat Terdapat 140 tempat duduk per hari yang disediakan khusus untuk promo ini. Jadi, kemungkinan setiap harinya akan berisi kurang dari 140 atau sampai 140 orang yang membeli tiket promo tersebut. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

3. Berdasarkan tabel di atas, kereta api yang tidak memiliki perbedaan harga dalam setiap kelasnya?

  1. KA Harina relasi Bandung–Cirebon–Semarang.
  2. KA Argo Parahyangan relasi Bandung–Gambir.
  3. KA Turangga relasi Bandung–Surabaya Gubeng.
  4. KA Argo Wilis relasi Bandung–Surabaya Gubeng.
  5. KA Malabar relasi Bandung–Malang.

 

Pembahasan:

Kereta api yang tidak memiliki perbedaan harga dalam setiap kelasnya, yaitu KA Harina relasi Bandung–Cirebon–Semarang karena terdapat persamaan harga antara ekonomi dan eksekutif flash sale, yaitu 100.000. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

Bacalah teks di bawah ini untuk menjawab soal nomor 4-7!

Media Sosial Pemicu Terbesar Depresi Remaja Saat ini

     Para ahli menilai, media sosial telah menjadi faktor terbesar penyebab depresi dan masalah kesehatan mental para remaja saat ini. Temuan itu merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan para peneliti, yang diketuai oleh Patricia Conrod, di Rumah Sakit Sainte-Justine Montreal, yang menemukan bahwa peningkatan penggunaan media sosial memicu peningkatan gejala depresi pada remaja.

     Dalam penelitiannya, tim Conrod mengikuti sekitar 4.000 remaja Kanada berusia 12 hingga 16 tahun selama empat tahun. Setiap tahunnya, para remaja melaporkan sendiri berapa lama waktu yang dihabiskan dengan layar digital. Mereka menentukan jumlah waktu yang dihabiskan untuk berpartisipasi dalam empat jenis kegiatan layar, yaitu media sosial, televisi, permainan video, dan penggunaan komputer. Studi ini menemukan, saat remaja melaporkan peningkatan penggunaan media sosial dan menonton televisi, gejala depresi mereka juga meningkat. Namun, peningkatan permainan video tidak ditemukan sebagai prediktor untuk depresi.

     Meskipun demikian, Conrod menilai perlu ada penelitian lebih lanjut untuk mengetahui lebih detail bagaimana media sosial berpengaruh pada peningkatan tingkat depresi pada orang muda. Tetapi dia mengatakan, penelitian ini dapat menjadi acuan dalam melakukan intervensi kepada para remaja agar tidak candu ponsel.

(Sumber: diadaptasi dari http://republika.co.id)

 

4. Media sosial menjadi penyebab masalah kesehatan mental para remaja didasari atas ....

  1. hasil dari Rumah Sakit Sainte
  2. penelitian Justine Montreal
  3. penelitian para ahli
  4. peningkatan penggunaan media sosial
  5. penyakit setiap remaja

 

Pembahasan:

Pada kalimat satu paragraf pertama telah dijelaskan bahwa media sosial telah menjadi faktor terbesar penyebab depresi dan masalah kesehatan mental para remaja yang dijelaskan oleh para ahli. Tetapi, kalimat selanjutnya lebih meyakinkan pendapat para ahli tersebut, yaitu Temuan itu merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan para peneliti di Rumah Sakit Sainte-Justine Montreal, yang menemukan bahwa peningkatan penggunaan media sosial memicu peningkatan gejala depresi pada remaja. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

5. Fakta ungkapan dari para remaja tentang media sosial terdapat pada paragraf ....

  1. pertama
  2. kedua
  3. ketiga
  4. pertama dan ketiga
  5. kedua dan ketiga

 

Pembahasan:

Fakta yang dimaksud dari pertanyaan tersebut merupakan sebuah data yang benar-benar ada. Tentang ungkapan para remaja terdapat pada kalimat 2 paragraf kedua, yaitu Setiap tahunnya, para remaja melaporkan sendiri berapa lama waktu yang dihabiskan dengan layar digital. Data tersebut benar adanya karena telah dijelaskan pada kalimat sebelumnya yang menyatakan penelitian dari tim Conrod. Media sosial termasuk ke dalam sesuatu hal yang terdapat dalam layar digital. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

6. Berdasarkan bacaan tersebut, apabila aktivitas penggunaan media sosial oleh remaja meningkat, manakah simpulan di bawah ini yang PALING MUNGKIN benar?

  1. Peneliti perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui dampaknya.
  2. Aktivitas menonton televisi pada remaja juga meningkat.
  3. Gejala depresi pada remaja mengalami peningkatan.
  4. Penggunaan layar komputer menjadi menurun.
  5. Pengawasan orang tua terhadap aktivitas layar pada remaja sangat diperlukan.

 

Pembahasan:

Pada paragraf 2 disebutkan 'Studi ini menemukan, saat remaja melaporkan peningkatan penggunaan media sosial dan menonton televisi, gejala depresi mereka juga meningkat'. Hal ini menunjukkan bahwa apabila aktivitas penggunaan media sosial oleh remaja meningkat, gejala depresi pada remaja juga akan meningkat.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

7. Berdasarkan paragraf 2, manakah pernyataan yang PALING MUNGKIN benar?

  1. Para remaja lebih banyak menggunakan media sosial daripada menonton televisi.
  2. Peningkatan penggunaan komputer dapat mengurangi gejala depresi.
  3. Semua jenis kegiatan layar digital dapat memicu gejala depresi pada remaja.
  4. Media sosial merupakan satu-satunya faktor penyebab depresi.
  5. Permainan video bukan merupakan penyebab depresi pada remaja.

 

Pembahasan:

Pada paragraf kedua, dijelaskan pada kalimat terakhir 'Namun, peningkatan permainan video tidak ditemukan sebagai prediktor untuk depresi', Hal ini menunjukkan bahwa permainan video bukan merupakan penyebab depresi pada remaja.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

Teks di bawah ini digunakan untuk menjawab soal nomor 8-11.

     Kebutuhan air akan terus meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk. Akan tetapi, ironisnya ketersediaan air bersih yang layak konsumsi malah makin menipis. Itu berarti bahwa suatu saat nanti penduduk Indonesia akan makin sulit mendapatkan air bersih. Menurut mantan pengurus Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung—Cisadane, Dadang Hermawan, solusinya adalah mengoptimalkan pemanfaatan air hujan. Sayangnya, air hujan yang semestinya bisa menjadi solusi malah menjelma menjadi buah simalakama. “Saat kemarau, masyarakat teriak-teriak kekurangan air. Ketika musim hujan datang, masyarakat juga teriak-teriak karena kebanjiran,” katanya.

     Menurut Dadang, hal itu bisa terjadi lantaran maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan, perumahan, dan keperluan lainnya. Itu pula yang mengakibatkan resapan air tidak berfungsi secara optimal. Dadang memaparkan bahwa sebagian besar air hujan semestinya meresap ke dalam tanah untuk menjadi cadangan. Akan tetapi, kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, “Saat ini, 70 persen air hujan itu tergenang di permukaan sebelum dialirkan hingga ke lautan. Otomatis, hanya 30 persen yang meresap,” terangnya. Padahal, idealnya tidak semua air hujan dialirkan ke laut. Malahan, akan lebih baik jika air hujan tersebut bisa ditampung.

     Menurutnya, salah satu langkah yang bisa diambil adalah pembuatan sumur imbuhan atau retensi. Dengan pengelolaan secara maksimal, air hujan bisa meringankan krisis air di Indonesia. Menurut pengamat lingkungan ini, dengan membuat penampungan air hujan (sumur imbuhan), warga bisa mengelola air baku secara mandiri. Belum lagi, pembuatan sumur imbuhan yang terhitung mudah dan sederhana harusnya bisa dilakukan setiap anggota masyarakat. Dadang berharap penggunaan air tanah besar-besaran bisa diikuti dengan pengelolaan lingkungan yang maksimal pula. Hal tersebut dilakukan agar air hujan bisa meresap dan menjadi cadangan air demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

 

8. Berdasarkan paragraf 1, pernyataan yang paling BENAR adalah ...

  1. Peningkatan jumlah penduduk tidak memengaruhi tingkat kebutuhan air masyarakat.
  2. Meski ketersediaan air bersih menipis, penduduk tidak akan pernah kesulitan mendapatkan air
    bersih.
  3. Pemanfaatan air hujan sebagai sumber air bersih belum optimal.
  4. Air hujan tidak dapat memenuhi kebutuhan air bersih sebab tidak layak dikonsumsi.
  5. Air hujan sudah sejak lama menjadi solusi ketersediaan air bersih di Indonesia.

 

Pembahasan:

Paragraf pertama menjelaskan 'Solusinya, menurut mantan pengurus Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung—Cisadane, Dadang Hermawan, adalah mengoptimalkan pemanfaatan air hujan. Sayangnya, air hujan yang semestinya bisa menjadi solusi malah menjelma menjadi buah simalakama'. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan air hujan sebagai sumber air bersih belum optimal sehingga air hujan yang berlimpah justru malah menjadi masalah (banjir).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

9. Berdasarkan paragraf 3, pernyataan yang paling BENAR adalah ...

  1. Masyarakat dapat menggunakan air tanah secara besar-besaran demi memenuhi kebutuhan air.
  2. Pembuatan sumur imbuhan tidak dapat dilakukan oleh sembarang orang.
  3. Koordinasi dengan pemerintah daerah diperlukan untuk membuat sumur retensi.
  4. Krisis air di Indonesia dapat diringankan melalui pengelolaan air hujan yang maksimal.
  5. Pengelolaan lingkungan yang maksimal pasti membutuhkan penggunaan air secara besar- besaran.

 

Pembahasan:

Paragraf ketiga menjelaskan bahwa Dengan pengelolaan yang maksimal, air hujan bisa meringankan krisis air di Indonesia. Hal ini selaras dengan kalimat pada pilhan jawaban D, yaitu Krisis air di Indonesia
dapat diringankan melalui pengelolaan air hujan yang maksimal.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

10. Berdasarkan paragraf 2, apabila terjadi peningkatan lahan hutan yang dialihfungsikan menjadi perkebunan dan perumahan, manakah simpulan yang PALING MUNGKIN benar?

  1. Ketersediaan air tanah makin berlimpah.
  2. Penampungan air dibutuhkan untuk mengatasi kekurangan air bersih.
  3. Kebutuhan akan ketersediaan air bersih makin meningkat.
  4. Jumlah cadangan air tanah tidak optimal karena daerah resapan air berkurang.
  5. Keberadaan sumur imbuhan makin diperlukan di sekitar permukiman penduduk.

 

Pembahasan:

Pada paragraf 2 dijelaskan bahwa 'Hal itu bisa terjadi, kata dia, lantaran maraknya alih fungsi hutan menjadi perkebunan, perumahan, dan keperluan lainnya. Itu pula yang mengakibatkan resapan air tidak berfungsi secara optimal. Dadang memaparkan, sebagian besar air hujan semestinya meresap ke dalam tanah untuk menjadi cadangan'. Hal ini menunjukkan bahwa alih fungsi hutan yang meningkat mengakibatkan jumlah cadangan air tanah tidak optimal karena daerah resapan air berkurang.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

11. Pernyataan yang sesuai untuk menggambarkan rasio penyerapan air yang ideal adalah ...

  1. Sebanyak 70% cadangan air dalam tanah dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan manusia.
  2. Masyarakat mendapat lebih banyak manfaat dari penyerapan air yang maksimal.
  3. Sebanyak 50% air hujan yang turun ke bumi dapat ditampung oleh masyarakat.
  4. Hanya sedikit air hujan yang mengalir ke laut, tetapi sebagian besar diserap oleh tanah.
  5. Setengah dari air hujan yang turun ke bumi dapat mengalir ke laut.

 

Pembahasan:

Pernyataan yang benar untuk menggambarkan rasio penyerapan air yang ideal adalah Hanya sedikit air hujan yang mengalir ke laut, tetapi sebagian besar diserap oleh tanah. Pernyataan tersebut sesuai dengan informasi yang dapat ditemukan pada paragraf kedua, yaitu pada kalimat Dadang memaparkan, sebagian besar air hujan semestinya meresap ke dalam tanah untuk menjadi cadangan dan kalimat Akan tetapi, kenyataan yang terjadi malah sebaliknya, “Saat ini, 70 persen air hujan itu tergenang di permukaan sebelum dialirkan hingga ke lautan."

Berdasarkan penjelasan tersebut, tergambar bahwa rasio penyerapan air saat ini belum ideal. Dengan demikian, pernyataan yang sesuai untuk menggambarkan rasio penyerapan air yang ideal adalah Hanya sedikit air hujan yang mengalir ke laut, tetapi sebagian besar diserap oleh tanah. Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 12-13!

     Virus Corona merupakan salah satu virus yang menggemparkan dunia. Virus ini baru ditemukan di Wuhan, Cina pada Desember 2019 dan termasuk penyakit menular. Menurut situs WHO, virus Corona adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada adalah keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit pada hewan atau manusia. Pada manusia, Corona diketahui menyebabkan infeksi pernapasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang lebih parah, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

     Gejala orang yang terinfeksi virus Corona yang paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering. Beberapa pasien mungkin mengalami sakit dan nyeri, hidung tersumbat, pilek, sakit tenggorokan, atau diare. Gejala-gejala ini bersifat ringan dan terjadi secara bertahap. Namun, ada juga beberapa orang yang terinfeksi tanpa menunjukkan gejala apa pun dan tidak merasa demam.

     Kebanyakan orang (sekitar 80%) pulih dari penyakit akibat virus Corona tanpa perlu perawatan khusus. Sekitar 1 dari setiap 6 orang yang mengalami sakit parah dan mengalami kesulitan bernapas akibat virus Corona.

     Orang yang lebih tua dan mereka yang memiliki masalah medis, seperti tekanan darah tinggi, masalah jantung atau diabetes, lebih mungkin terkena penyakit serius jika orang tersebut juga terpapar virus Corona. Orang dengan demam, batuk, dan kesulitan bernapas harus mendapat perhatian medis.

     Menurut WHO, virus Corona menyebar orang ke orang melalui tetesan kecil dari hidung atau mulut yang menyebar ketika seseorang batuk atau menghembuskan napas. Tetesan ini kemudian jatuh ke benda yang disentuh oleh orang lain. Orang tersebut kemudian menyentuh mata, hidung, atau mulut. Berdasarkan studi yang ada saat ini belum ditemukan penyebaran virus Corona melalui udara bebas

(Dikutip dari www.cnbcindonesia.com)

    Virus Corona baru yang pertama kali muncul di provinsi Hubei Cina telah menyebar luas ke seluruh dunia. Menurut hitungan Johns Hopkins University, jumlah kasus secara global kini telah mencapai lebih dari 2,7 juta pasien. Lebih dari 190.000 orang meninggal dunia dan lebih dari 743.000 orang telah sembuh.

    Berikut ini gambaran perkembangan kasus Corona di dunia termasuk Indonesia.

3-Nov-11-2020-04-39-08-47-AM

(Dikutip www.bbc.com) 

 

12. Jika terdapat penambahan penderita virus Corona dengan komposisi 4 orang laki-laki dan 1 orang perempuan, perbandingan pasien virus Corona laki-laki dan perempuan akan menjadi ....

  1. 3:5
  2. 5:3
  3. 5:7
  4. 7:5
  5. 3:2

 

Pembahasan:

Terdapat informasi jumlah pasien laki-laki 38, perempuan 29, tidak terkonfirmasi 2.

Jika terdapat penambahan penderita, komposisi baru menjadi:

Laki-laki 42, perempuan 30, dan tidak terkonfirmasi 2.

4-Nov-11-2020-04-43-52-39-AM

Perbandingan pasien Corona laki-laki dan perempuan akan menjadi 7:5. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

13. Berdasarkan informasi yang terdapat pada grafik, dapat diketahui bahwa dibandingkan dengan Italia, kasus Corona di Iran memiliki selisih ... dari total kasus global.

  1. 2,64%
  2. 3,28%
  3. 3,84%
  4. 4,15%
  5. 4,45%

 

Pembahasan:

Dari grafik yang terdapat pada teks, dapat diketahui bahwa kasus di Italia sebanyak 187.327, sedangkan di Iran sebanyak 85.996.

Selisih kasus di Italia dan Iran = 187.327 – 85.996 = 101.331.

5-Nov-11-2020-04-52-56-47-AM

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

14. Perhatikan gambar berikut ini!

6-Nov-11-2020-04-54-52-17-AM

Nilai x adalah ....

  1. 37
  2. 49
  3. 53
  4. 68
  5. 77

 

Pembahasan:

Perhatikan pola berikut!

7-Nov-11-2020-04-54-52-07-AM

Dengan pola yang sama, kita dapatkan:

8-Nov-11-2020-04-54-52-17-AM

Nilai x yang memenuhi adalah 9-Nov-11-2020-04-54-52-07-AM

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

15. Perhatikan gambar di bawah ini!

10-Nov-11-2020-04-59-08-66-AM

Huruf yang tepat untuk mengisi “?” di atas adalah ....

  1. S
  2. T
  3. X
  4. Y
  5. Z

 

Pembahasan:

Untuk memperoleh pola secara lebih tepat, ubah terlebih dahulu huruf yang ada pada segitiga di atas menjadi sebuah bilangan.

Gunakan urutan abjad dari A sampai Z yang kita ubah menjadi bilangan dari 1 sampai 26. Maka diperoleh,

11-Nov-11-2020-04-59-08-67-AM

Perhatikan pola bilangan pada segitiga paling kiri. (10 ÷ 5) × 7 = 14

Perhatikan pola bilangan pada segitiga tengah. (8 ÷ 4) × 9 = 18

Maka pada segitiga yang paling kanan diperoleh,

(12 ÷ 3) × 5 = ?
20 = ?

Urutan huruf ke-20 dalam abjad, yaitu T.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

16. Seorang manajer pemasaran produk kosmetik kecantikan ingin memasang iklan sebanyak tiga baris. Rincian biaya per hari pemasangan iklan tersebut adalah Rp2.500,00 per baris untuk hari pertama, Rp15.000,00 per baris untuk lima hari berikutnya, dan Rp10.000,00 per baris untuk hari-hari berikutnya. Jika manajer pemasaran tersebut mengeluarkan biaya Rp352.500,00, iklan produk kecantikan tersebut akan terpasang selama ... hari.

  1. 10
  2. 15
  3. 20
  4. 25
  5. 30

 

Pembahasan:

Seorang manajer pemasaran produk kosmetik kecantikan ingin memasang iklan sebanyak tiga baris.

Untuk hari pertama = 3 x Rp2.500,00 = Rp7.500,00
Untuk hari ke-2 sampai ke-6 = 3 x 5 x Rp15.000,00 = Rp225.000,00
Total hari pertama sampai ke-6 = Rp7.500,00 + Rp225.000,00 = Rp232.500,00

Sisa setelah hari ke-6 = (Rp352.500,00) – (Rp232.500,00)
Sisa setelah hari ke-6 = Rp120.000,00
Maka per hari nya sama dengan 3 x Rp10.000,00 = Rp30.000,00

Jadi, Rp120.000,00 : Rp30.000,00 = 4 hari

Total iklan tersebut terpasang = 6 hari + 4 hari = 10 hari.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

17. Qisma membelikan sepasang sepatu untuk Asta seharga Rp480.000,00. Ternyata sepatu tersebut terlalu kecil untuk Asta, sehingga Qisma menjualnya kembali dengan menawarkan diskon 50% pada temannya. Jika Qisma ingin tetap mendapat keuntungan 30%, harga yang dia tawarkan adalah ....

  1. Rp624.000,00
  2. Rp824.000,00
  3. Rp1.040.000,00
  4. Rp1.248.000,00
  5. Rp2.248.000,00

 

Pembahasan:

Diketahui:

Harga beli (Hb) = Rp480.000,00

Persentase keuntungan = 30%

Sehingga,

12-Nov-11-2020-05-04-08-80-AM

Persentase harga jual = 100% + 30% = 130%

Maka harga jual agar mendapat keuntungan 30% adalah

13-Nov-11-2020-05-04-08-86-AM

Kemudian Qisma ingin menawarkan diskon sebesar 50% pada temannya. Sehingga harga jual di atas kita misalkan sebagai modal.

14-Nov-11-2020-05-04-08-81-AM

Maka harga yang ditawarkan Qisma adalah

15-Nov-11-2020-05-04-08-87-AM

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

18. Perhatikan deret angka di bawah ini!

4, 1, 2, 12, 3, 6, 36, 9, 18, a, b, c

Nilai pengganti a, b, dan c berturut-turut yang tepat pada barisan bilangan berikut adalah ....

  1. 32, 45, 88
  2. 56, 27, 90
  3. 72, 25, 52
  4. 108, 27, 54
  5. 144, 54, 36

 

Pembahasan:

16-Nov-11-2020-05-07-09-47-AM

Nilai yang ingin dicari tahu adalah nilai pada suku ke-10, 11, dan 12. Nilai tersebut dapat diketahui dengan menggunakan suku ketiga di belakangnya, yaitu suku ke-7, 8, dan 9 yang dioperasikan dengan nilai beda. Pada pola bilangan ini nilai beda memiliki pola x 3.

  • nilai a atau suku ke -10, yaitu
    17-Nov-11-2020-05-07-09-50-AM
  • nilai b atau suku ke-11, yaitu
    18-Nov-11-2020-05-07-10-16-AM
  • nilai c atau suku ke-12, yaitu
    19-Nov-11-2020-05-07-09-56-AM

Jadi, nilai a, b, dan c berturut-turut adalah 108, 27, 54. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

19. A, 1, A, 1, B, 2, C, 3, E, 5, H, 8, M, 13, ... , ....

  1. U, 20
  2. U, 21
  3. P, 19
  4. Q, 20
  5. Q, 21

 

Pembahasan:

Dari soal diketahui deret sebagai berikut.

A, 1, A, 1, B, 2, C, 3, E, 5, H, 8, M, 13, x, y

dengan x, y tidak diketahui. Dari pola, didapat x adalah huruf dan y adalah bilangan.

Berikut adalah deret pada soal jika huruf dihilangkan.

1, 1, 2, 3, 5, 8, 13

Dapat dilihat bahwa deret di atas merupakan deret Fibonacci.

Kemudian, berikut adalah deret pada soal jika bilangan dihilangkan.

A, A, B, C, E, H, M

Jika diasosiasikan, A adalah huruf pertama dalam alfabet sehingga A = 1. Dengan cara serupa, B = 2, C = 3, dan seterusnya, sehingga

A, A, B, C, E, H, M = 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13

yang juga merupakan deret Fibonacci.

Maka, pasangan selanjutnya dari deret pada soal adalah x, y = U, 21.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

image-png-Nov-10-2020-03-50-43-96-AM

UTBK memang masih akan dilaksanakan tahun depan, tapi nggak ada salahnya untuk kamu mencuri start dan mulai mempersiapkan diri sejak dini. Mau mengukur kemampuanmu dalam mengerjakan soal-soal UTBK? Ikuti tryout UTBK di ruanguji!

New call-to-action

Beri Komentar