Latihan Soal UAS IPA Terpadu SMP Kelas VII

Aisya Maura Mei 21, 2018 • 8 min read


Squad, bagaimana persiapan kamu menghadapi Ujian Akhir Semester yang akan datang dalam waktu dekat ini? Bulan puasa bukan alasan bagi kalian untuk malas-malasan, ya! Daripada kalian bingung mau ngapain sambil nunggu buka puasa, yuk belajar dengan latihan soal beserta pembahasannya di bawah ini!

Early Christmas Treat

Sub topik: Pencemaran Air

1. Perhatikan zat-zat di bawah ini!

     1) Timbal (Pb)

     2) Air raksa (Hg)

     3)Nikel (Ni)

     4) Oksigen (O2)

Berikut ini merupakan contoh dari zat pencemar pada sungai adalah …

a. 1,2, dan 3

b. 1 dan 4

c. 2 dan 4

d. 4

Jawab: A

Pembahasan: 

Salah satu penyebab pencemaran pada sungai adalah bahan anorganik. Bahan anorganik ini jika masuk ke dalam suatu perairan akan meningkatkan ion logam di dalam air, seperti unsur logam timbal (Pb), air raksa (Hg), dan nikel (Ni). Adanya loga berat alam perairan akan menyebabkan matinya organisme air sehingga akan mengganggu keseimbangan rantai makanan dalam ekositem. Sedangkan oksigen merupakan salah satu zat yang harus ada di dalam suatu perairan yang berfungsi dalam proses respirasi organime perairan.

Untitled design

Sub topik: Pencemaran Udara

2. Industri batu bara dan kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab tejadinya hujan asam karena menghasilkan senyawa … 

      a. Karbon dioksida

      b. CFC

      c. Sulfur dioksida

      d. Hidrogren peroksida

Jawab: C

Pembahasan:

Gas sulfur dioksida merupakan salah satu kelompok dari gas-gas oksida sulfur (SOx). Gas ini sangat mudah larut di dalam air, memiliki bau, namun tidak berwarna. Gas ini berasal dari hasil pembakaran batu bara pada kegiatan industri dan transportasi. Kelembaban udara dapat mempengaruhi kecepatan perubahan gas ini menjadi asam sulfat maupun asam sulfit yang akan berkumpul bersama awan yang akhirnya akan jatuh sebagai hujan asam. 

Early Christmas Treat-2-1

Sub topik: Dampak pemanasan global

3. Berikut ini yang merupakan salah satu efek rumah kaca adalah… 

   a. Perubahan iklim yang mengakibatkan kekeringan

   b. Penipisan lapisan ozon

   c. Terjadi hujan aSAM

   d. Gunung meletus

   e. Tsunami

Jawab: A

Pembahasan: 

Efek rumah kaca merupakan proses meningkatnya suhu permukaan Bumi yang disebabkan oleh perubahan pada kondisi dan komposisi atmosfer sehingga panas dari matahari tetap berada di Bumi dan tidak bisa dipantulkan secara sempurna keluar atmosfer. Dampak utama yang ditimbulkan dari peristiwa efek rumah kaca adalah terjadinya pemanasan global. Selain itu dampak lain dari efek rumah kaca antara lain dapat mengakibatkan  terjadinya kekeringan, perubahan musim yang tidak menentu, dan mencairnya es di kutub utara dan selatan.

Untitled design

Sub topik: Usaha penanggulangan pemanasan global

4. Salah satu cara pemanfaatan gas metana (CH4)  yang merupakan limbah dari pertanian dan peternakan dapat dilakukan dengan cara… 

   a. Pupuk organik

   b. Biofuel

   c. Biogas

   d. Bioremediasi

Jawab: C

Pembahasan: 

Metana (CH4) merupakan gas yang tidak berwarna dan tidak berbau, namun merupakan gas beracun. Sumber-sumber metana di alam berasal dari sawah, lahan basah (rawa), dan peternakan. Metana dapat diolah menjadi salah satu sumber energi alternatif  yaitu biogas. Biogas dapat dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), limbah pertanian, dan  sampah biodegradable lainnya dalam kondisi anaerobik.

Early Christmas Treat-3

Sub topik: Atmosfer

5. Atmosfer bumi tersusun atas banyak komponen. Komponen utama penyusun atmosfer bumi berupa…

   a. Gas

   b. Padatan

   c. Cairan

   d. Batuan

Jawab: A

Pembahasan: 

Atmosfer adalah lapisan gas yang melingkupi seluruh permukaan suatu planet termasuk bumi. Atmosfer Bumi terdiri atas campuran dari gas, serta sedikit cairan dan padatan yang menyelimuti Bumi mulai dari permukaan Bumi hingga ke luar angkasa. Komponen gas penyusun atmosfer antara lain adalah Nitrogen, Oksigen, Argon, Neon, Helium, Hidrogen dan Xenon.

Untitled design

Sub topik: Atmosfer

6.  Atmosfer bumi sangat penting untuk dunia penerbangan saat ini. Pesawat terbang yang kita lihat terbang di udara tersebut sebenarnya berada pada lapisan... 

   a. Mesosfer

   b. Trofosfer

   c. Statosfer

   d. Eksosfer

Jawab: C

Pembahasan:

Pesawat yang melintas terlihat seperti terbang di atas awan. Namun sebenarnya pesawat tersebut berada di lapisan stratosfer. Stratosfer memiliki ketinggian antara 10-50 km dpl. Lapisan stratosfer memiliki sedikit awan, namun tidak ada aktivitas cuaca, sehingga tidak mengganggu penerbangan.

Untitled design

Sub topik: Atmosfer

7. Urutan lapisan atmosfer yang tepat dari yang paling dalam ke luar berturut-turut adalah…

   a. eksosfer – termosfer– statosfer – mesosfer – troposfer 

   b. eksosfer – termosfer – mesosfer – statosfer – troposfer

   c. troposfer – statosfer – mesosfer – termosfer – eksosfer

   d. troposfer – termosfer – mesosfer –statosfer – eksosfer

Jawab: B

Pembahasan: 

Atmosfer adalah lapisan uap yang menyelimuti bumi yang tersusun atas gas (78% nitrogen, 21% oksigen, gas-gas lainnya seperti karbon dioksida, argon, dan gas lainnya), cairan (tetesan air), dan padatan (debu). Atmosfer memiliki beberapa lapisan yaitu bagian bawah tersusun dari troposfer dan stratosfer, sedangkan dan bagian atas  tersusun atas mesosfer, termosfer, dan eksosfer. 

Untitled design

Sub topik: Litosfer 

8. Urutan lapisan bumi dari dalam hingga ke permukaan Bumi adalah… 

   a. inti bumi – kerak Bumi – mantel Bumi 

   b. mantel Bumi – kerak Bumi – inti bumi

   c. kerak Bumi – inti bumi – mantel Bumi 

   d. inti bumi – mantel Bumi – kerak Bumi 

Jawab: D

Pembahasan:

Urutan lapisan bumi dari dalam hingga kepermukaan bumi secara berurutan adalah Inti Bumi – mantel Bumi – kerak Bumi. Kerak Bumi merupakan bagian terluar yang terdiri atas kerak benua dan kerak samudra. Mantel Bumi terdiri atas mantel atas dan mantel bawah, merupakan lapisan antara kerak Bumi dan inti Bumi. Inti Bumi merupakan bagian yang paling dalam dari Bumi.

Early Christmas Treat-4

Sub topik: Planet

9. Berikut ini yang tergolong ke dalam planet dalam (planet terrestrial) dalam sistem tata surya adalah…

   a. Mars

   b. Jupiter

   c. Saturnus

   d. Uranus

Jawab: A

Pembahasan: 

Planet dalam disebut juga dengan planet terestrial. Planet terestrial adalah planet yang letaknya dekat dengan Matahari. Planet dalam terdiri atas: Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Planet luar disebut juga dengan planet Jovian. Planet Jovian adalah planet yang letaknya jauh dengan Matahari. Planet luar terdiri atas Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Jadi pilihan jawaban yang paling tepat adalah A. 

Untitled design

Sub topik: Komet

10. Bagian komet yang berukuran lebih panjang daripada bagian komet lainnya, arah struktur ini selalu menjauhi Matahari dikarenakan dorongan yang berasal dari angin dan radiasi Matahari. Bagian yang dimaksud adalah…

   a. Inti komet

   b. Koma

   c. Ekor komet

   d. Mantel komet

Jawab: C

Pembahasan: 

Pilihan jawaban yang tepat adalah C. Komet tersusun atas tiga bagian utama, yaitu inti komet, koma, dan ekor komet. Inti komet merupakan bagian komet yang berukuran lebih kecil, padat, tersusun dari debu dan gas. Koma adalah daerah kabut di sekitar inti. Ekor komet merupakan bagian komet yang berukuran lebih panjang. Arah ekor komet selalu menjauhi matahari dikarenakan dorongan yang berasal dari angin dan radiasi matahari.

Bagaimana, Squad? Apakah sudah lebih paham dengan materi IPA untuk Ujian Akhir Semester nanti? Untuk menguji kemampuan kalian, kalian bisa ikut latihan uji di ruanguji, lho! Banyak tersedia soal latihan yang dapat kalian kerjakan untuk menguji kemampuan kalian. Semangat, Squad!

New call-to-action

Beri Komentar