Latihan Soal UNBK SMA Sosiologi Tahun 2020

latihan soal unbk sma sosiologi 2020

Artikel ini menyediakan beberapa soal latihan mata pelajaran Sosiologi SMA sebagai bahan persiapanmu untuk menghadapi UNBK 2020.

--

Topik: Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Sosiologi sebagai Ilmu Sosial

Level Kognitif: (LOTS)

 

1. Dalam sebuah ilmu pengetahuan, teori merupakan konsep yang penting. Begitu pula dengan ilmu sosiologi. Beberapa teori sosiologi disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Kemudian teori tersebut mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai kondisi/fakta terbaru dalam masyarakat. Uraian tersebut merupakan karakteristik dari sosiologi yang bersifat …

A. Empiris.

B. Nonetis.

C. Kumulatif.

D. Teoretis.

E. Sistematis.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Karakteristik sosiologi yang tepat berdasarkan soal adalah kumulatif. Kumulatif, artinya teori-teori sosiologi disusun berdasarkan teori yang sudah ada. Teori-teori tersebut mengalami perbaikan, perluasan, dan penguatan sesuai fakta terbaru. Teoretis artinya sosiologi berusaha memberikan teori yang berasal dari abstraksi hasil observasi sehingga menunjukkan pernyataan atau proporsi secara fugis untuk menjelaskan hubungan sebab akibat. Empiris artinya kajian sosiologi berdasarkan hasil observasi logis. terhadap fakta sosial, bukan berdasarkan hasil spekulasi. Nonetis artinya sosiologi tidak bertujuan menilai baik atau buruknya suatu fakta, tetapi menjelaskan fakta secara analitis. Adapun sistematis bukan karakteristik ilmu sosiologi. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial

Subtopik: Teori Interaksi Sosial

Level Kognitif: (MOTS)

 

2. Perhatikan contoh interaksi berikut!

1) Dian berjabat tangan dan mencium tangan ketika berpamitan dengan ayahnya.

2) Ronald tersenyum saat bertemu dengan Amanda di depan kelas.

3) Galih berdiskusi dengan Hesti terkait program kompetisi futsal antarkelas di sekolahnya.

4) Bu Tasya melambaikan tangan saat melepas anaknya yang akan pergi merantau untuk berkuliah.

5) Seno dan Hamid membicarakan tentang rencana bisnis kedai kopi yang akan mereka rintis bersama.

Contoh kontak sosial ditunjukkan oleh angka …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 1), 3), dan 5)

D. 2), 3), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kontak sosial merupakan aktivitas individu/kelompok dalam bentuk isyarat yang memiliki makna bagi pelaku dan penerima. Kontak sosial merupakan syarat terjalinnya interaksi sosial. Kontak sosial berfungsi sebagai penanda bahwa seseorang ingin berkomunikasi. Tindakan tersebut tercermin pada pernyataan angka 1), 2), dan 4). Tersenyum, berjabat tangan, dan melambaikan tangan merupakan kontak sosial yang diberikan komunikator kepada komunikan. Adapun angka 4) dan 5) tidak tepat karena menunjukkan aktivitas komunikasi sehingga kedua tindakan tersebut dapat disebut sebagai interaksi sosial. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Fungsi Sosiologi untuk Mengenali Gejala Sosial di Masyarakat II

Subtopik: Gejala Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

3. Saat ini telah semakin banyak perusahaan multinasional yang mendirikan restoran cepat saji di Indonesia. Secara tidak langsung fenomena tersebut juga berpengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat, terutama bagi kalangan anak muda. Dampak negatif dari adanya gejala sosial tersebut adalah …

A. Memperlambat proses westernisasi pada suatu daerah.

B. Menghambat dominasi jaringan restoran cepat saji.

C. Mengubah pola konsumsi masyarakat menjadi kebarat-baratan.

D. Menurunkan tingkat konsumsi masyarakat terhadap produk impor.

E. Meningkatkan daya konsumsi masyarakat terhadap produk olahan lokal.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Konsumsi makanan cepat saji ala Barat merupakan gejala sosial akibat perubahan sosial. Pengadopsian masyarakat terhadap makanan Barat didasarkan atas anggapan modernisasi. Dampak sosial gejala sosial tersebut adalah mengubah pola konsumsi menjadi kebarat-baratan atau westernisasi. Masyarakat berangsur meninggalkan makanan lokal dan menganggap makanan ala Barat sebagai standar makanan masyarakat modern. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat

Subtopik: Sosialisasi dalam Pembentukan Kepribadian

Level Kognitif: (HOTS)

 

4. Pak Danang dan keluarganya baru saja pindah rumah ke sebuah desa. Sebagai warga baru, keluarga Pak Danang berusaha membaur dengan warga lain di desa tersebut. Pak Danang mengikuti perkumpulan rutin bapak-bapak dan juga ikut meronda serta kerja bakti setiap minggu, istri Pak Danang mengikuti kegiatan PKK dan arisan ibu-ibu RT, kemudian anak Pak Danang mengikuti kegiatan karang taruna. Mereka selalu aktif dalam kegiatan sosial di desanya. Mereka sadar hidup di lingkungan masyarakat harus saling menolong. Proses sosialisasi yang dilakukan oleh keluarga Pak Danang dikategorikan dalam tahap generalized other karena …

A. Memahami peran yang dilakukan dalam masyarakat.

B. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia luar.

C. Menyadari adanya peraturan yang mengatur kehidupan sosialnya.

D. Melakukan peniruan terhadap perilaku dan tindakan orang lain.

E. Menyadari keberadaan diri dan orang-orang terdekat di sekitarnya.

 

Jawaban: A

Pembahasan:

llustrasi pada soal menunjukkan tahap penerimaan norma kolektif (generalized other) yaitu proses pendewasaan dan mengetahui kehidupan bermasyarakat dengan jelas. Dalam tahap ini seseorang mampu memahami peran yang seharusnya dilakukan dalam masyarakat. Pada ilustrasi soal Pak Danang, istrinya, dan anaknya mampu memahami kewajibannya sebagai anggota masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan sosial masyarakat. Perilaku tersebut menunjukkan keluarga Pak Danang berada dalam tahap sosialisasi generalized other. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Perbedaan dan Kesetaraan II (Stratifikasi Sosial)

Subtopik: Dasar Pembentukan Stratifikasi Sosial

Level Kognitif: (LOTS)

 

5. Perhatikan piramida stratifikasi sosial berikut!

soal unbk sma sosiologi

Latar belakang terbentuknya pelapisan sosial pada piramida tersebut adalah …

A. Kekayaan.

B. Keturunan.

C. Kekuasaan.

D. Pekerjaan.

E. Pendidikan.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Gambar struktur sosial pada soal menunjukkan stratifikasi sosial atas dasar kekuasaan. Pada gambar menunjukkan lapisan paling atas diduduki oleh direktur. Direktur merujuk pada seseorang yang memiliki kekuasaan tinggi dibanding senior manager dan junior manager. Junior manajer memiliki kekuasaan di bawah senior manajer dan kinerjanya dipantau senior manajer. Adapun junior manajer berada di bawah senior manajer dan direktur. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian

Subtopik: Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian

Level Kognitif: (HOTS)

 

6. Dalam kelompok-kelompok agama cenderung memegang erat nilai-nilai yang sesuai pedomannya. Oleh karena itu, setiap kelompok agama tidak dapat disamakan dengan kelompok lainnya. Agar tiap-tiap kelompok tersebut tidak terjerumus ke arah konflik, upaya yang perlu dilakukan adalah …

A. Mengembangkan pola hidup sederhana.

B. Mengembangkan perilaku multikultural.

C. Membentuk struktur sosial majemuk.

D. Menumbuhkan kelompok sosial kreatif.

E. Menjalankan norma hidup yang dinamis.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kunci untuk menjawab pertanyaan pada soal yaitu "setiap kelompok-kelompok agama cenderung memegang erat nilai sesuai pedomannya". Dengan demikian, masyarakat pada soal merupakan masyarakat multikultural. Dalam masyarakat multikultural diperlukan perilaku multikultural untuk menciptakan harmoni sosial di tengah-tengah perbedaan sosial budaya. Perilaku multikultural merupakan perilaku yang menjunjung tinggi persamaan derajat di antara perbedaan secara horizontal seperti perbedaan ras, suku bangsa/etnik, agama, dan budaya. Mengembangkan perilaku yang mencerminkan kehidupan masyarakat multikultural dapat menghindari terjadinya konflik horizontal dalam masyarakat. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Perbedaan dan Kesetaraan I

Subtopik: Mengenal Diferensiasi Sosial

Level Kognitif: (MOTS)

 

7. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Kehidupan masyarakat sehari-hari bersifat inklusif.

2) Kesadaran untuk bertoleransi dan menghargai perbedaan antarwarga sangat tinggi.

3) lntegrasi sosial berlangsung secara lambat, terjadi karena paksaan, dan cenderung tidak bertahan lama.

4) Keberagaman dalam masyarakat menyebabkan kesepakatan bersama cenderung sulit untuk dikembangkan.

5) Terdapat perbedaan struktur sosial antarmasyarakat yang tidak saling mendukung atau bersifat nonkomplementer.

Karakteristik masyarakat majemuk ditunjukkan oleh angka …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 3), dan 5)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Karakteristik masyarakat majemuk antara lain mengalami segmentasi dalam kelompok-kelompok dengan subkebudayaan berbeda, memiliki struktur sosial yang terbagi dalam lembaga-lembaga non komplementer, kurang mengembangkan konsensus, relatif sering terjadi konflik, dan integrasi terjadi karena paksaan. Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh angka 3), 4), dan 5). Adapun angka 1) dan 2) merupakan karakteristik masyarakat multikultural. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Dimensi, Pola, dan Dinamika Kelompok Sosial

Subtopik: Dinamika Kelompok Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

8. Program transmigrasi diselenggarakan oleh pemerintah dalam rangka untuk meratakan persebaran jumlah penduduk di Indonesia. Penduduk yang mengikuti program transmigrasi harus mampu beradaptasi dan berbaur dengan penduduk lokal. Sehingga antarpenduduk dapat saling mengenal dan bekerja sama. Berdasarkan uraian tersebut, mobilitas sosial yang dilakukan oleh masyarakat transmigran tersebut dapat menyebabkan dinamika kelompok sosial karena …

A. Terjadi disintegrasi antaranggota masyarakat.

B. Terjadi mobilitas sosial vertikal turun.

C. Terjadi mobilitas sosial antargenerasi.

D. Terjadi mutual akulturasi dengan penduduk lokal.

E. Muncul culture lag akibat persaingan antarkebudayaan.

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Mutual akulturasi merupakan tahap awal terjadinya integrasi sosial yang ditandai dengan sikap terbuka dan saling menerima berbagai perbedaan. Mutual akulturasi berdasarkan uraian pada soal terjadi ketika masyarakat transmigran dan penduduk lokal saling membaur serta menyesuaikan diri dengan perbedaan budaya. Kondisi tersebut dapat mencegah konflik sosial antara masyarakat pendatang dan penduduk lokal. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Permasalahan Sosial dalam Masyarakat

Subtopik: Masalah Sosial sebagai Realitas Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

9. Tingginya jumlah pengangguran tidak hanya disebabkan oleh rendahnya pendidikan. Kenyataannya, banyak orang berpendidikan tinggi menjadi pengangguran. Kondisi ini menunjukkan permasalahan sosial dalam masyarakat. Salah satu cara mengatasi permasalahan sosial tersebut adalah …

A. Meningkatkan pemerataan pembangunan dalam masyarakat.

B. Memberi bantuan berupa uang kepada masyarakat miskin.

C. Memberi keterampilan, seperti menjahit, memasak, dan mengukir.

D. Menjalin kerja sama dengan perusahaan asing untuk menciptakan lapangan kerja.

E. Mendukung usaha kecil menengah (UKM) dengan membantu menyediakan modal.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah yang digunakan untuk menyebut orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Oleh karena itu, untuk mengatasinya adalah dengan membuka lapangan pekerjaan lewat UKM. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Lembaga Sosial

Subtopik: Lembaga Sosial untuk Terciptanya Tatanan dan Tertib Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

10. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Kasat Lantas Polres Gowa, AKP Religia Faradikta menghimbau kepada warga Gowa agar segera menyesuaikan diri dengan Sistem ETLE yang akan dilaunching dalam waktu dekat di Kota Makassar. Sistem ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) atau sistem tilang elektronik ini adalah suatu inovasi yang digagas menggunakan perkembangan teknologi untuk mempermudah kepolisian dalam rangka pengawasan dan penegakan hukum di jalanan.

“Jadi, saya himbau warga Gowa yang hendak ke Makassar agar tidak melanggar lalu lintas karena akan ada sistem ETLE, dimana nantinya setiap pelanggaran lalu lintas akan terekam dan terpantau langsung oleh petugas,” terang Fara, sapaan akrabnya.

Sumber: https://www.sulselsatu.com/2018/11/29/sulsel/gowatamapan/e-tilang-segera-diberlakukan-ini-imbauan-satlantas-polres-gowa.html

Imbauan Kasat Lantas Polres Gowa pada kutipan artikel tersebut bertujuan …

A. Mempertahankan integrasi sosial dengan cara memanfaatkan perkembangan teknologi.

B. Meningkatkan kinerja aparat hukum dengan memantau pelanggar lalu lintas melalui kamera CCTV.

C. Mempercepat proses pembangunan dengan mengoptimalkan penggunaan internet di berbagai lini.

D. Meringankan kinerja aparat negara dan mempercayakan kekuatan teknologi CCTV dalam memantau pengendara lalu lintas.

E. Meningkatkan kesadaran taat aturan pada masyarakat dan meminimalisasi kecurangan administrasi kendaraan bermotor.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Berdasarkan ilustrasi pada soal, Kasat Lantas Polres Gowa memberikan himbauan penerapan ETLE dengan CCTV di Kota Makassar. Pemanfaatan CCTV untuk ETLE membuat pengendara harus menaati tata tertib meskipun tidak dipantau secara langsung oleh pihak kepolisian. Bagi pengendara yang melanggar akan diberikan tagihan denda. Sistem ini akan memberikan efek jera bagi para pengendara. Selain itu, pengendara mulai menyadari menaati peraturan meskipun tidak ada aparat yang menjaga secara langsung. Tindak kecurangan administrasi juga dapat diminimalisasi karena pemerintah memiliki data yang terhubung menggunakan sistem online. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Ragam Gejala Sosial di Masyarakat I

Subtopik: Diferensiasi Sosial sebagai Komponen Struktur Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

11. Perhatikan gambar berikut!

soal unbk sma sosiologi

Keterangan:

X: Bali, pedagang, Hindu

Y: Minahasa, pengusaha, Katolik

Pernyataan yang tepat sesuai gambar di atas adalah …

A. Muncul dominasi suku Bali terhadap suku Minahasa.

B. Adanya penguatan anggota pada tiap-tiap kelompok.

C. Terjadi pertentangan antara kelompok X dan kelompok Y.

D. Terjadi koalisi dari dua suku, dua profesi, dan dua agama.

E. Terjadi pembauran dua budaya yang membentuk identitas baru.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Gambar pada soal menunjukkan komposisi masyarakat yang terdiri atas suku bangsa, mata pencaharian, dan agama berbeda. Kondisi tersebut cenderung membentuk struktur sosial berbentuk konsolidasi karena antaranggota kelompok memperkukuh ikatan kelompok masing-masing. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Perubahan Sosial Sosial

Subtopik: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Level Kognitif: (MOTS)

 

12. Kepadatan penduduk di kota besar dapat disebabkan oleh penduduk yang melakukan perpindahan ke kota besar secara musiman. Beberapa penduduk musiman ini tidak mempunyai tempat tinggal jelas dan tidak mempunyai pekerjaan yang jelas sehingga menambah jumlah pengangguran. Akibatnya, timbul permasalahan sosial yang menyebabkan terhambatnya proses pembangunan. Faktor penyebab perubahan sosial berdasarkan uraian tersebut adalah …

A. Demografi.

B. Pertentangan.

C. Penemuan baru.

D. Pengaruh kebudayaan luar.

E. Perubahan lingkungan fisik.

 

Jawaban: A

Pembahasan:

Demografi berkaitan dengan kependudukan. Uraian pada soal menunjukkan terjadinya migrasi atau perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah lain. Jumlah penduduk di kota besar yang terus meningkat menyebabkan permasalahan seperti kemacetan dan lingkungan kumuh. Faktor demografi atau kependudukan menyebabkan perubahan sosial dalam masyarakat kota. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Dampak Perubahan Sosial

Subtopik: Dampak Negatif Perubahan Sosial

Level Kognitif: (HOTS)

 

13. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Terjadinya peningkatan tren perdagangan elektronik (e-commerce) marketplace, dan toko online maka diperlukan suatu pembayaran yang lebih mudah dan praktis bagi pelanggan maupun perusahaan. Dari sekian banyaknya metode pembayaran, banyak orang yang lebih memilih transfer sebagai pilihan utama dalam bertransaksi. Dari sekian banyaknya metode pembayaran, terdapat satu yang mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, yaitu virtual account. Pembayaran elektronik (virtual account) berguna untuk mempersingkat proses transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus adanya konfirmasi terlebih dahulu dari kedua pihak. Metode ini telah banyak digunakan oleh layanan e-commerce terkemuka di Tanah Air.

Sumber: https://www.payfazz.com/blog/selangkah-lebih-mudah-dengan-transaksi-virtual-account

Dampak positif perubahan sosial yang ditunjukkan kutipan artikel tersebut adalah …

A. Terbentuk struktur sosial baru.

B. Terjadi culture shock dan cultural lag.

C. Akses pembayaran barang atau jasa lebih mudah dan cepat.

D. Kemajuan di berbagai bidang seperti politik dan hukum.

E. Eksistensi lembaga ekonomi dalam masyarakat semakin menurun.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Berdasarkan kutipan artikel pada soal, dampak positif perubahan sosial yang tepat ditunjukkan oleh pilihan C. Kutipan artikel pada soal menunjukkan kemajuan di bidang teknologi. Munculnya virtual account semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi pembayaran. Masyarakat dapat memanfaatkan smartphone yang terkoneksi internet dan melakukan pembayaran secara mudah. Pembayaran elektronik (virtual account) berguna untuk mempersingkat proses transaksi antara penjual dan pembeli tanpa harus adanya konfirmasi terlebih dahulu dari kedua pihak. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Metode Penelitian Sosial

Subtopik: Metode Penelitian Sosial

Level Kognitif: (LOTS)

14. Perhatikan tabel berikut!

soal unbk sma sosiologi

Berdasarkan tabel tersebut, pasangan yang tepat ditunjukkan oleh kombinasi …

A. A1) dan B1), A2) dan B2), serta A3) dan B3).

B. A1) dan B2), A2) dan B3), serta A3) dan B1).

C. A1) dan B3), A2) dan B1), serta A3) dan B2).

D. A1) dan B1), A2) dan B3), serta A3) dan B2).

E. A1) dan B3), A2) dan B2), serta A3) dan B1).

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Jenis penelitian dilihat berdasarkan tujuannya terdiri atas penelitian eksploratif, penelitian deskriptif, penelitian verifikatif, penelitian tindakan, dan penelitian pengembangan. Adapun jenis penelitian dilihat berdasarkan tempat penelitiannya terdiri atas penelitian field research, library research, dan laboratory research. Adapun jenis penelitian dilihat berdasarkan manfaatnya terdiri alas basic research, dan applied research. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Metode Penelitian Sosial

Subtopik: Mengolah dan Menganalisis Data

Level Kognitif: (HOTS)

15. Tabel Kompetensi Nilai Sosiologi SMA.

soal unbk sma sosiologi

Dari tabel tersebut, dapat disimpulkan bahwa …

A. Siswa yang tidak memenuhi kriteria baik dianggap tidak lulus.

B. Siswa kurang memahami materi perilaku menyimpang dan pengendalian sosial.

C. Kompetensi memahami konflik dan integrasi sosial merupakan materi yang paling sukar bagi siswa.

D. Kriteria ketuntasan minimal yang baik adalah di bawah 75.

E. Kemampuan siswa mendeskripsikan perilaku menyimpang dan pengendalian sosial berada di atas rata-rata.

 

Jawaban: E

Pembahasan:

Berdasarkan tabel pada soal, dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa mendeskripsikan perilaku menyimpang dan pengendalian sosial berada di atas rata-rata. Hal tersebut berarti siswa telah memahami perilaku menyimpang yang akan ditelitinya. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Metode Penelitian Sosial

Subtopik: Merumuskan dan Menyajikan Hasil Penelitian

Level Kognitif: (HOTS)

16. Aziz telah melakukan penelitian tentang peran taman kota sebagai Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) bagi masyarakat Kecamatan Tebet. Berdasarkan penelitian tersebut ditarik kesimpulan sebagai berikut.

1) Ruang terbuka hijau di Kecamatan Tebet mengalami penyusutan akibat pembangunan.

2) Masyarakat membutuhkan ruang terbuka hijau terutama tempat bermain yang ramah bagi anak-anak.

3) Taman kota kurang terawat dan minim fasilitas umum yang memadai.

Saran penelitian bagi pemerintah daerah sesuai kesimpulan tersebut adalah …

A. Menjaga keamanan kendaraan bermotor di taman kota.

B. Menjaga fasilitas umum agar dapat dimanfaatkan dengan baik.

C. Merawat taman kota dengan tidak membuang sampah sembarangan.

D. Menata kembali taman kota agar dapat difungsikan secara maksimal.

E. Mengajari anak untuk lebih aktif bermain di luar (taman) daripada bermain gawai.

 

Jawaban: D

Pembahasan:

Saran penelitian merupakan solusi yang diberikan peneliti berdasarkan simpulan hasil penelitian sebagai upaya menyelesaikan permasalahan. Saran penelitian dapat diberikan kepada pihak-pihak yang dirasa memiliki kuasa/andil terkait objek yang diteliti. Berdasarkan simpulan pada soal, saran yang sesuai diberikan kepada pemerintah daerah ditunjukkan oleh pilihan D. Pemerintah daerah dapat melakukan penataan kembali dan memaksimalkan fungsi taman kota dengan menggerakkan dinas terkait seperti dinas tata kota dan dinas kebersihan.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Subtopik: Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal

Level Kognitif: (HOTS)

 

17. Globalisasi menyebabkan suatu hasil budaya dapat mendunia, misalnya kain tenun. Kain tenun tidak hanya berkembang di Nusantara, tetapi di negara lain. Bahkan, banyak masyarakat luar negeri menggemari pakaian menggunakan kain tenun. Berdasarkan ilustrasi tersebut, dapat disimpulkan manfaat globalisasi bagi budaya Indonesia adalah …

A. Meningkatkan jumlah perajin kain tenun di luar negeri.

B. Mengurangi pandangan positif tentang negara Indonesia.

C. Meningkatkan eksistensi budaya Indonesia di mata dunia.

D. Mengurangi eksistensi budaya tradisional dalam masyarakat.

E. Mempengaruhi negara lain untuk mengembangkan budayanya di Indonesia.

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Berkembangnya kain tenun di dunia internasional dapat meningkatkan eksistensi budaya bangsa di mata dunia. Artinya, keberadaan budaya bangsa Indonesia diakui dan dinilai positif oleh masyarakat dunia sehingga mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial

Subtopik: Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial II

Level Kognitif: (HOTS)

 

18. Perhatikan kutipan artikel berikut!

Kecanduan game online seperti Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) banyak dialami anak-anak maupun remaja masa kini. Saking asyiknya, sering kali mereka menjadi lupa waktu, sehingga cenderung mengalami penurunan prestasi di bidang akademik. Nilai-nilai menurun lantaran anak yang kecanduan game online dikarenakan mereka menggunakan waktu belajar untuk bermain. Sebelum tidur pun mata mereka masih menatap layar ponsel atau komputer. Akibatnya, tidur menjadi tidak tepat waktu, kualitas tidur menurun, hingga nilai-nilai di sekolah pun ikut menurun.

Perubahan pada kutipan artikel tersebut termasuk kategori perubahan regress karena …

A. Mendorong kemajuan dalam teknologi informasi.

B. Membawa kemunduran bagi kehidupan masyarakat.

C. Memengaruhi beberapa golongan atau kelompok sosial.

D. Menyebabkan perubahan yang tidak diinginkan masyarakat.

E. Mempengaruhi berbagai aspek kehidupan masyarakat secara luas.

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Perubahan regress merupakan perubahan yang membawa dampak negatif bagi masyarakat. Kutipan artikel pada soal menunjukkan penyalahgunaan internet terutama pada game online yang menyebabkan penyimpangan, yaitu penurunan prestasi belajar. Kondisi tersebut membawa kemunduran bagi kehidupan masyarakat. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Hubungan antara Struktur Sosial dengan Mobilitas Sosial

Subtopik: Faktor yang Mempengaruhi Mobilitas Sosial

Level Kognitif: (MOTS)

 

19. Evelyn sangat sering mengikuti kelas tata boga yang diselenggarakan oleh beberapa restoran dan hotel yang membuka kelas seminar dan pelatihan. la sering mengikuti pelatihan agar restorannya sendiri dapat berkembang pesat dan mengikuti tren kekinian. Saluran mobilitas sosial yang digunakan oleh Evelyn adalah …

A. Organisasi ekonomi di bidang wirausaha

B. Organisasi pendidikan nonformal

C. Hubungan dengan pengusaha yang mapan

D. Lingkungan keluarga yang cukup harmonis

E. Lingkungan sosial tempat sosialisasi individu

 

Jawaban: B

Pembahasan:

Kunci untuk menjawab pertanyaan pada soal yaitu Evelyn yang sangat sering mengikuti pelatihan dalam bidang tata boga agar dapat mengembangkan usahanya. Mengikuti pelatihan tata boga merupakan upaya untuk melakukan mobilitas sosial melalui organisasi pendidikan nonformal. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

latihan soal unbk sma sosiologi

Topik: Pembentukan Kelompok Sosial

Subtopik: Bentuk Kelompok Terstruktur

Level Kognitif: (MOTS)

 

20. Perhatikan pernyataan berikut!

1) Perkumpulan guru SD se-Kabupaten Wonosobo melakukan studi banding sekolah di Bali.

2) Keluarga Mailangkay selalu mengadakan pertemuan keluarga menjelang hari raya keagamaan.

3) Kelompok ibu-ibu PKK Desa Karangjati mengadakan silaturahmi ke kelompok ibu-ibu PKK di Desa Mejasem.

4) Para pemuda di Dusun Margahayu membentuk kelompok karang taruna sebagai wadah pengembangan generasi muda.

5) Para relawan Yayasan Pita Kuning Anak Indonesia mengunjungi Rumah Sakit Budhi Asih untuk menghibur anak-anak yang penderita kanker.

Kelompok gemeinschaft (paguyuban) ditunjukkan oleh angka …

A. 1), 2), dan 3)

B. 1), 2), dan 4)

C. 2), 3), dan 4)

D. 2), 4), dan 5)

E. 3), 4), dan 5)

 

Jawaban: C

Pembahasan:

Kelompok gemeinschaft atau paguyuban adalah bentuk kehidupan bersama yang bersifat alami, memiliki solidaritas mekanis, dan kekal. Penyataan angka 1) dan 5) menunjukkan patembayan karena perkumpulan yang terbentuk untuk waktu yang pendek. Angka 2), 3), dan 4) menunjukkan paguyuban karena menunjukkan hubungan yang mekanis, alami, dan kekal. Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah C.

latihan soal unbk sma sosiologi

Nah, semoga soal-soal latihan di atas dapat membantumu dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN) nanti, ya. Supaya hasilnya semakin optimal, kamu juga perlu makan-makanan yang bergizi serta istirahat yang cukup. Jadi, belajar terus menerus tanpa henti juga nggak baik lho bagi otak dan kesehatanmu.

Kalau kamu merasa soal di atas masih kurang, kamu bisa kok berlatih lebih banyak soal lagi di ruangbelajar. Semangat belajar dan semoga hasil ujianmu memuaskan, ya!

New Call-to-action

Beri Komentar