Lawan Malas Masuk Sekolah dengan 5 Cara Ini

Shabrina Alfari Jul 16, 2019 • 4 min read


lawan malas masuk sekolah

Artikel ini memberikan tips untuk melawan malas masuk sekolah di minggu awal tahun ajaran baru

--

Squad, seru nggak nih liburannya? Setelah puas melakukan berbagai kegiatan yang kamu sukai selama liburan, kini saatnya kamu harus kembali pada rutinitas sekolah. Nah pasti banyak di antara kamu yang kurang bersemangat dan malas untuk menghadapi kenyataan yang harus kamu hadapi. Jika dibiarkan, performa belajar kamu bisa menurun lho Squad. Padahal, tahun ajaran baru ini adalah saat yang tepat untuk kamu kembali memulai dan memperbaiki prestasi kamu di tahun sebelumnya. Yuk, lawan rasa malas untuk masuk sekolah dengan beberapa tips ampuh berikut ini.

1. Bangun lebih awal

lawan malas masuk sekolahBangun lebih awal (Sumber: decode.uai.ac.id)

Menurut psikolog Anna Surti Arianti seperti yang dikutip dari okezone.com, cara yang bisa dilakukan untuk melawan rasa malas setelah libur panjang adalah dengan membiasakan diri melakukan rutinitas saat hari-hari sekolah seperti bangun lebih awal. Sebaiknya, kamu membiasakan diri sejak sebelum libur usai, supaya nanti ketika masuk sekolah kamu jadi lebih mudah bangun pagi.

Tak hanya itu, kamu juga harus menghindari tidur terlalu malam. Tidur terlalu malam akan membuat waktu tidurmu menjadi lebih singkat dan membuat kamu lebih malas untuk bangun keesokan harinya. Rasa ngantuk ini akan membuat kamu nggak bersemangat dan malas-malasan untuk berangkat ke sekolah.

Baca juga: Benarkan Bangun Lebih Pagi Bisa Bikin Lebih Produktif?

2. Siapkan mental dengan menggunakan kalender

lawan malas masuk sekolahMenandai kalender (Sumber: eige.europa.eu)

Psikolog Anna Surti Arianti juga menambahkan, cara lain untuk menyikapi rasa malas bersekolah setelah libur panjang adalah dengan mengingatkan diri dengan menggunakan kalender. Hal ini dilakukan untuk menyiapkan mental kamu saat harus masuk sekolah kembali. Misalnya, tanggal 15 Juli 2019 adalah hari pertama masuk sekolah, kamu bisa menandai tanggal tersebut agar terlihat dengan jelas. Jadi mental kamu pun siap saat harus masuk sekolah lagi.

3. Selesaikan semua tugas liburan yang kamu punya

lawan malas masuk sekolahSelesaikan semua tugas liburan (Sumber: usnews.com)

Sebagian besar sekolah biasanya memberikan tugas kepada siswanya sebelum libur sekolah. Pastikan tugas-tugas ini telah selesai kamu kerjakan sebelum kamu kembali ke sekolah. Jangan sampai kamu lalai dan menunda-nunda pekerjaan sekolahmu hingga mendekati hari masuk sekolah. Bisa-bisa pekerjaan sekolahmu nggak selesai. Mengerjakan tugas selama libur juga akan mengatasi rasa malasmu untuk kembali belajar.

4. Buat rencana yang matang

lawan malas masuk sekolahBuat persiapan yang matang (Sumber: houseofwellness.com.au)

Seperti yang sudah dibilang tadi Squad, tahun ajaran baru ini adalah kesempatan baru untuk meningkatkan prestasi kamu dari tahun sebelumnya. So, sebelum kamu kembali ke rutinitasmu sebagai seorang pelajar, sebaiknya buat dulu persiapan dan rencana yang jelas. Mulai dari mempersiapkan peralatan sekolah, seragam, hingga membuat target perkembangan belajarmu. Misalnya nih, di tahun ajaran sebelumnya kamu berhasil meraih ranking 10 besar, di semester baru ini kamu bisa membuat rencana dan target untuk bisa masuk 5 besar. Target ini pun akan mendorong kamu untuk lebih semangat.

5. Siapkan amunisimu dengan ruangbelajar

Squad, apa amunisi kamu untuk menghadapi tahun ajaran baru? Terutama untuk kamu yang tahun depan akan menghadapi Ujian Nasional, UTBK, SBMPTN, dan sebagainya. Kamu tentu perlu amunisi ampuh untuk menemani kamu belajar di luar pelajaran di sekolah. Nah sekarang, kamu bisa curi start dari teman lainnya dengan menggunakan ruangbelajar sebelum masuk sekolah.

Capture1-10

Dengan mengusung konsep fun learning, kamu akan merasa terhibur dan menemukan hal baru selama proses belajar. Bimbel online dari Ruangguru ini juga tidak mengharuskan kamu untuk hadir di kelas karena kamu diberi kemudahan untuk mengakses pelajaran hanya dari satu genggaman smartphone saja.

Psst, aplikasi Ruangguru juga punya fitur-fitur baru lho. Apa saja? Ada video belajar baru untuk melengkapi sumber belajar kamu, video timeline yang memungkinkan kamu memilih materi pelajaran pada menit tertentu, tingkatan latihan topik mulai dari mudah, sedang, sulit, dan HOTS, fitur banksoal untuk semua mata pelajaran dan jenjang, serta Ruangguru Live yang berisi live teaching dan live quiz.

Menarik banget ‘kan? Yakin nih belum mau berlangganan? Sudah banyak banget lho yang merasakan kemudahan dan keseruan dari ruangbelajar. Yuk, tingkatkan prestasimu di tahun ajaran baru bareng ruangbelajar!

ruangbelajar

Beri Komentar