Lebih dari 200.000 Guru Akses Pelatihan Daring Ruangguru selama Pandemi

KR_-_Lebih_dari_200.000_Guru_Akses_Pelatihan_Daring_Ruangguru_selama_Pandemi-01

Selama masa pandemi, telah ada lebih dari 200.000 guru yang mengakses pelatihan daring gratis dari Ruangguru

Jakarta, 25 November 2020 – Selama masa pandemi Covid-19, Ruangguru membuka akses pelatihan guru daring secara gratis dengan tujuan untuk memperkaya keterampilan mengajar para guru, terutama di tengah situasi pandemi. Hingga kini, layanan pelatihan guru daring gratis dari Ruangguru telah diakses lebih lebih dari 200.000 guru di Indonesia. Para guru menerima berbagai materi pengayaan seperti pembelajaran berbasis teknologi informasi, strategi pembelajaran, perencanaan kurikulum, wawasan pendidikan, strategi menjadi guru yang memotivasi dan komunikatif. 

Untuk memperkuat implementasi pelatihan guru daring tersebut, Ruangguru juga menyelenggarakan rangkaian webinar bagi para guru bertepatan dengan peringatan Hari Guru Nasional. Webinar diadakan pada tanggal 18 – 24 November 2020 dengan beberapa topik antara lain, strategi menghadapi keterbatasan selama pandemi, tips sehat dan produktif mengajar di masa pandemi, mengajar kreatif dengan metode pengajaran abad ke-21. Ruangguru menggandeng pembicara dari beberapa pegiat pendidikan, seperti Indonesia Mengajar dan Kalananti.

Pelatihan Guru Daring Ruangguru 2Pelatihan guru daring Ruangguru

“Selamat Hari Guru Nasional. Kegigihan dan pengabdian para guru di Indonesia selalu menginspirasi kami untuk menghadirkan solusi praktis dan efektif yang dapat membantu para guru mencerdaskan anak bangsa. Pada peringatan Hari Guru Nasional di tengah masa pandemi ini, kami memberikan pelatihan daring gratis dan rangkaian webinar dengan harapan agar para guru dapat terus semangat menjadi pengajar yang hebat demi masa depan anak bangsa. Terima kasih kepada seluruh guru di tanah air, jasamu tak akan pernah dapat tergantikan,” tutur Belva Devara, Pendiri dan Direktur Utama Ruangguru.  

Survei internal Ruangguru menunjukkan bahwa para guru masih membutuhkan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Skor rata-rata kemampuan guru dalam melaksanakan PJJ adalah 3,95 dari skala 5. Beberapa tantangan yang dihadapi guru selama PJJ antara lain, metode penyampaian materi, platform PJJ yang sesuai bagi siswa, pengelolaan waktu, komunikasi secara virtual, kesulitan mengembangkan motivasi belajar untuk siswa, dan komunikasi dengan orang tua siswa.

Pelatihan dan webinar Ruangguru memfasilitasi para guru untuk menghadapi tantangan dan kesulitan selama PJJ tersebut. Di samping pembinaan karakter dan pencapaian tujuan akademis, para guru juga diharapkan mampu mengembangkan kompetensi peserta didik dalam mengikuti PJJ. 

Pelatihan Guru Daring Ruangguru 1Pelatihan guru daring Ruangguru

“Saya bersyukur dapat kesempatan mengikuti pelatihan dan webinar Ruangguru karena saya belajar banyak tentang bagaimana menerapkan proses belajar mengajar secara digital selama pandemi ini,” ucap Ibu Christina Wahyu, guru SDN 10 Toho, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. 

“Pelatihan dan webinar yang diadakan Ruangguru ini sangat bermanfaat sekali untuk meningkatkan keterampilan saya sebagai pengajar. Terlebih lagi, dapat menjadi sarana berbagi dan ‘sesi curhat’ kepada pembicara atas permasalahan yang ada, berbagi solusi, serta memperluas perspektif dalam pemecahan masalah,” terang Ibu Vania Emeralda, pengajar privat untuk para siswa SMA di Surabaya, Jawa Timur.

“Rangkaian pelatihan dan webinar Ruangguru sangat relevan dengan kebutuhan saya sekarang sebagai volunteer mengajar apalagi saya harus membuat video pembelajaran untuk adik-adik binaan. Saya jadi tahu cara membuat konten pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan,” ungkap Ibu Riris Aleyda, volunteer pengajar dan pembuat konten Bahasa Inggris untuk siswa SD di Cilegon, Banten.

 

Tentang Ruangguru

Ruangguru merupakan perusahaan teknologi terbesar di Asia Tenggara yang berfokus pada layanan pendidikan. Saat ini, Ruangguru telah memiliki lebih dari 17 juta pengguna terdaftar dan memberikan akses kepada lebih dari 300.000 guru privat.

Ruangguru menyediakan layanan bimbingan belajar online dan marketplace guru melalui aplikasi Ruangguru, pelatihan soft skills untuk umum dan profesional secara online melalui platform Skill Academy, pusat pembelajaran blended learning secara online-offline di 18 cabang Brain Academy di 10 kota seluruh Indonesia, serta platform pelatihan bagi korporasi di aplikasi ruangkerja. Ruangguru juga telah melakukan ekspansi layanan dan produk ke pasar Vietnam  dan Thailand.

 

Ruangguru