Lingkungan Kerja yang Sehat dan Manfaatnya bagi Perusahaan

Oktaviani Satyaningtyas

Dec 5, 2018 • 2 min read

sukses kerja


Ruang kerja merupakan tempat Anda menghabiskan sebagian besar waktu setiap harinya. Karena itulah, penting sekali menciptakan lingkungan kerja yang sehat agar dapat membuat para pekerjanya merasa nyaman. Namun tidak hanya itu, lingkungan kerja yang sehat ternyata juga memiliki manfaat besar bagi perusahaan.

Apa saja manfaat memiliki lingkungan kerja yang sehat bagi perusahaan? Tim ruangkerja telah merangkumnya untuk Anda seperti berikut ini.

1. Ruang kerja yang bersih mencegah banyak penyakit datang

lingkungan kerja

Ruang kerja yang kotor dapat menjadi sumber penyakit (Sumber: thejakartapost.com)

Debu, sanitasi buruk, dan ruangan yang pengap tentu membuat Anda merasa tidak nyaman saat bekerja di kantor. Bukan hanya tidak nyaman, situasi tersebut juga dapat membuat banyak penyakit seperti diare, flu, dan masalah pernapasan datang mengganggu. Oleh karena itu, pastikan kantor Anda memiliki fasilitas kebersihan yang baik agar penyakit tidak mudah datang.

Baca juga: Pentingnya Perusahaan Pahami Masalah Kesehatan Mental Karyawan

2. Memiliki lingkungan kerja yang bersih meningkatkan produktivitas

lingkungan kerja

Karyawan yang sehat akan bekerja lebih baik dan produktif (Sumber: getminute.com)

Selain mencegah banyak penyakit datang, melansir WHO, lingkungan kerja yang sehat juga dapat membuat produktivitas kerja meningkat sehingga menguntungkan perusahaan. Ketika tingkat kesehatan karyawan lebih tinggi, mereka tentu akan bekerja dengan baik dan lebih produktif. Bandingkan jika dalam suatu perusahaan banyak karyawan Anda yang tidak masuk akibat sakit, tentu pekerjaan akan terhambat dan menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

3. Perbanyak pencahayaan alami di ruang kerja

lingkungan kerja

Cahaya alami matahari dapat membuat tubuh sehat dan mengurasi risiko terkena depresi (Sumber: hok.com)

Salah satu cara yang dapat Anda coba untuk membuat lingkungan kerja yang sehat adalah dengan memperbanyak cahaya alami dalam kantor. Sebisa mungkin pastikan matahari mampu menembus ruang kerja Anda dan menyinari ruangan. Dilansir dari Healthline (2018), kekurangan cahaya matahari dapat mempengaruhi level serotonin, hormon yang mempengaruhi tingkat depresi dan mempengaruhi suasana hati. Jadi, agar karyawan Anda tetap merasa senang dan memiliki kesehatan mental yang baik, pastikan pencahayaan alami dalam ruangan tetap terjaga ya.

 

Rekan Kerja, meskipun terlihat sepele, lingkungan kerja yang sehat harus selalu diperhatikan agar karyawan merasa bahagia, mampu bekerja dengan produktif sehingga memberikan kontribusi besar bagi perusahaan. Ingat, sebagus apapun kantor Anda, jika lingkungan kerjanya tidak sehat, maka akan terasa sia-sia.

Selain lingkungan kerja yang sehat, cari tahu informasi menarik seputar bisnis dan karier di blog atau aplikasi ruangkerja yang dapat Anda unduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini.

New call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts