Blog Ruangguru

    Macam-Macam Ekosistem di Bumi

    By Rabia Edra · Dec 5, 2017
    Biologi_7.jpg

    Apa RG Squad tahu soal gurun terpanas di Ethiopia? Atau pernah mendengar berita mengenai kebakaran hutan di Sumatera dan Kalimantan? Fenomena tersebut terkait langsung dengan contoh ekosistem di bumi, lho. Wawasan mengenai ekosistem sangat penting sebagai dasar pengetahuan untuk kesejahteraan makhluk hidup, termasuk manusia. Well, ingin tahu lebih banyak macam-macam ekosistem di bumi? Let’s check this out!  

    Definisi & Komponen Ekosistem

    Ekosistem adalah salah satu unit dasar dari ilmu ekologi. Pengertian dari ekologi sendiri adalah ilmu yang mempelajari interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Jika kita berbicara mengenai ekosistem, maka terdapat hubungan timbal balik antara organisme dan lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, suatu proses ekosistem melibatkan komponen biotik (makhluk hidup) dan abiotik (tidak hidup).    

    1. Komponen Biotik

    Komponen ini meliputi makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme.

    2. Komponen Abiotik

    Komponen abiotik terdiri dari faktor fisik maupun kimia yang ada di lingkungan. Contoh dari komponen abiotik daratan ialah hujan, angin, suhu, tanah, ketinggian, dan cahaya matahari. Sementara contoh komponen abiotik perairan meliputi kedalaman air,  pH, oksigen terlarut, dan kekeruhan.      

    Jenis-Jenis Ekosistem   

    Pernahkah kalian mendengar kata “bioma”? Bioma terkait dengan ekosistem tetapi memiliki makna yang berbeda. Jika suatu wilayah memiliki tipe iklim dan jenis-jenis tumbuhan dominan yang sama, maka itulah bioma. Contoh dari bioma antara lain seperti hutan, gurun, dan padang rumput. Sebuah ekosistem bisa memiliki lebih dari satu bioma, tergantung kepada ukuran ekosistem yang dimaksud. Menurutmu, apa saja bioma yang ada di ekosistem darat maupun air?    

    a. Ekosistem Darat

    Bioma yang ada di ekosistem darat di antaranya:

    • Hutan Tropis

    Hutan tropis merupakan bioma yang terletak di wilayah tropis dan kaya akan keanekaragaman hayati. Curah hujan di wilayah hutan tropis ini cukup tinggi sehingga dapat disebut sebagai “hutan hujan”. Indonesia memiliki banyak bioma hutan tropis di setiap pulaunya. Hal itulah yang menjadikan Indonesia sebagai negara kedua dengan biodiversitas tertinggi di dunia.  

    • Gurun

    Gurun adalah bioma yang memiliki suhu yang cukup ekstrim dan curah hujan yang sangat rendah. Kondisi gurun yang cukup ekstrim membuatnya hanya dapat ditempati oleh beberapa jenis makhluk hidup saja. Contohnya adalah kaktus, unta, ular, dan lain-lain.    

    macam-macam ekosistem

    Gurun Danakil, Ethiopia (sumber: africa-discovery.com)

    • Taiga dan Tundra  

    Apakah persamaan maupun perbedaan taiga dan tundra? Taiga dan Tundra merupakan bioma yang memiliki tipe iklim dingin. Perbedaannya terletak pada vegetasinya atau tumbuhan yang hidup di kedua ekosistem tersebut. Bioma taiga didominasi oleh jenis tumbuhan konifer (pohon) sehingga dapat disebut hutan boreal.  Sementara tundra didominasi oleh lumut kerak karena terletak di kutub utara atau selatan.

    macam-macam ekosistemTaiga (sumber: nomadictrails.com)

    b. Ekosistem Air

    Ekosistem air sendiri dibedakan menjadi 2 macam, yaitu air tawar dan air laut. Masing-masing ekosistem memiliki bioma dengan karakter yang berbeda.   

    • Air Tawar

    Air tawar merupakan perairan yang memiliki konsentrasi garam yang rendah atau kurang dari 1%. Bioma air tawar meliputi danau, sungai, dan rawa-rawa (wetland). Danau atau kolam merupakan perairan tawar yang memiliki luasan tertentu. Sementara sungai adalah badan air yang mengalir dari hulu ke hilir. Kemudian, rawa-rawa sendiri merupakan genangan air yang mendukung kehidupan tanaman-tanaman air.  

    • Air Laut  

    Air laut mendominasi permukaan bumi hingga 75%. Sumber air yang ada di bumi 97% berasal dari laut. Bioma air laut terdiri dari lautan dan estuari. Lautan adalah ekosistem terbesar yang ada dengan keanekaragaman hayati yang tinggi. Bioma estuari merupakan perairan payau yang terbentuk akibat percampuran air laut dan air tawar.   

    macam-macam ekosistemNah RG Squad, itulah macam-macam ekosistem yang ada di bumi kita. Yuk, sama-sama kita rawat dan jaga seluruh ekosistem yang ada.

    Mau dengan mudah mempelajari materi biologi lainnya? Semua bisa kamu dapatkan hanya di ruangbelajar.

    ruangbelajar

    Share this:

    Tags: konsep pelajaran, SMP, Kelas VII, biologi vii

    Tulis Komentarmu

    Paling Banyak Dibaca

    Subscribe Blog Ruangguru