Macam-macam Kandungan Zat dalam Menu Berbuka Puasa

Header IPA 8 Menu Buka Puasa 

Squad, saat kamu berbuka puasa, kira-kira minuman dan makanan apa yang menjadi favorit kamu? Pasti nggak jauh-jauh dari minuman dingin seperti es dan makanan pembuka seperti gorengan kan? Tapi, perlu kamu ketahui nih Squad. Selama puasa kan banyak energi yang kita keluarkan, otomatis minuman dan makanan pembuka yang pertama kali masuk ke dalam tubuh tentunya juga harus menyehatkan tubuh.

Dalam artikel ini kita akan bahas tentang macam-macam kandungan zat dalam menu berbuka puasa. Buat kamu yang baca artikel ini saat menjalankan puasa, jangan sampai tergiur dan tergoda untuk membatalkan puasa ya. Harapannya sih setelah kamu baca artikel ini, bisa lebih bijak memilih menu berbuka puasa supaya badan selalu sehat.

menu berbuka puasa

 Awas, jangan sampai membayangkan menu-menu berikut ya

(sumber: giphy.com)

Kamu tahu kan, ada banyak zat yang diperlukan oleh tubuh untuk beraktivitas. Ada apa saja?

Yaps, benar sekali. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral. Sekarang, coba deh perhatikan menu berbuka puasa berikut.

Terserah IPA 8 Menu Buka Puasa

Gimana Squad? Kamu nggak tergoda untuk buka puasa kan? Oke, kita lanjut ya pembahasannya. Menu berbuka puasa di atas terdiri dari, air mineral, buah kurma, kolak pisang, dan sup ayam. Yuk, kita cari tahu maca-macam kandungan zatnya.

1. Air Mineral

Namanya air mineral ya pastinya mengandung mineral. Mineral berfungsi membangun pembentukan sel, membantu reaksi kimia tubuh, mengangkut oksigen, pembentukan dan pemeliharaan tulang. Ada 7 mineral yang terdapat di dalam air mineral, yakni Fluorida, Natrium, Kalsium, Magnesium, Silika, dan Zinc. So, selama puasa kan tubuh tidak diberi asupan air. Oleh karena itu, ketika berbuka puasa sebaiknya minum sebanyak 1 gelas air mineral.

2. Kurma

Kamu doyan buah kurma nggak? Ternyata banyak lho kandungan gizinya. Coba lihat ringkasan gizi dalam 1 buah kurma berikut ini

Infografik IPA 8 Menu Buka Puasa

Coba lihat persentase kandungan nilai gizinya. Ternyata 96% ialah karbohidrat. Karbohidrat itu sendiri berfungsi sebagai sumber energi utama. Artinya, saat berbuka puasa sebaiknya kita mengonsumsi makanan atau minuman yang manis. Kenapa? Ya karena dalam makanan yang manis atau minuman yang manis terdapat sumber karbohidrat.

Baca Juga: Apa Saja Gangguan pada Organ Pencernaan Manusia?

3. Kolak pisang

Saat bulan puasa tiba, kolak pisang seperti jamur saja ya Squad. Ada di mana-mana dan banyak orang yang menjualnya. Kamu sendiri suka nggak dengan kolak pisang? Ternyata, dalam kolak pisang itu mengandung banyak vitamin lho. Yaps, vitamin dalam buah pisang. Vitamin itu sendiri berfungsi mengatur fungsi tubuh dan mencegah dari serangan penyakit.

Tahukah Kamu IPA 8 Menu Buka Puasa

4. Sup Ayam

Squad, untuk menu sup ayam ini memang dihidangkan dengan nasi. Kalau kamu sendiri termasuk tim yang mana nih? Makan nasi pas berbuka puasa atau makan nasinya saat sepulang tarawih?

Kandungan dalam sup ayam itu, terutama daging ayamnya ya, memenuhi kebutuhan akan lemak dan protein lho Squad. Kamu tahu nggak apa sih manfaat protein dan lemak?

Protein memiliki funsgsi sebagai sumber energi, mengganti sel-sel yang rusak, pembuat enzim dan hormon, serta pembentuk antibodi. Kalau lemak, berfungsi sebagai sumber energi, melarutkan vit A, D, E, K, menyediakan asam lemak esensial.

Itu tadi Squad, penjelasan tentang macam-macam kandungat zat dalam menu berbuka puasa. Mau lebih tahu tentang kandungan dalam zat-zat makanan lainnya? Coba cek di ruangbelajar yuk. Ada video belajar dengan animasi yang keren lho. Ditambah lagi dengan soal latihan dan rangkumannya, dijamin bikin kamu makin paham.

ruangbelajar

Beri Komentar