Macam-Macam Produk Bank | Ekonomi Kelas 10

Ekonomi_10

Pernah belanja di toko online gak, Squad? Kalau kamu pernah, berarti sudah tahu dong ya cara pembayaran di toko online? Rata-rata, kalau kamu belanja secara online itu pasti pembayarannya lewat bank. Ada yang pakai transfer, ada yang lewat kartu kredit, dan lain-lain. Semua yang itu ialah macam-macam produk bank. Apa saja sih yang termasuk produk bank tersebut? Simak artikel berikut ya.

animasi transfer macam-macam produk bank

(sumber: financialmoneytips.com)

Begini Squad, produk- produk bank itu terbagi menjadi 4 ya. Ada, kredit, transfer, Safe Deposit Box (SDB), dan Bank Card. Kita bahas satu per satu ya.

1. Kredit

Kredit merupakan dana yang sudah ditarik dari masyarakat yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman. Pasti nggak asing dong mendengar kata kredit? Yaaa, seperti orangtua kamu ingin membeli kendaraan ada pilihan tipe pembayaran mau tunai (cash) atau dengan kredit (cicil).

Eh tapi nggak sembarangan loh bank mau memberikan fasilitas kredit. Ada 5 prinsip dalam analisis kredit. Apa saja itu?

prinsip analisis kredit macam-macam produk bank

2. Transfer

Kalau kalian sering berbelanja simak tips belanja online agar selalu aman dan pasti udah nggak asing sama produk bank yang satu ini. Transfer itu jasa bank yang memberikan layanan pengiriman uang antarrekening maupun antarbank atas permintaan nasabah kepada penerima di tempat lain.

3. Safe Deposit Box (SDB)

Pernah mendengar Safe Deposit Box (SDB)? Produk ini memang nggak terlalu familiar di telinga kita ya Squad. SDB ini merupakan jasa yang ditawarkan kepada nasabah dalam bentuk penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat berharga. Bentuk SDB itu seperti ini ya Squad.

safe deposit box macam-macam produk bank

Safe Deposit Box disediakan oleh bank, bisa digunakan untuk menyimpan emas atau surat-surat berharga. (sumber: scmp.com)

4. Bank Card

Kalau ini mungkin Squad sudah ada yang punya ya. Bank Card merupakan kartu yang dikeluarkan bank bagi nasabahnya sebagai alat pembayaran. Ada beberapa kartu yang diterbitkan oleh bank, seperti kartu kredit, kartu debit, dan kartu uang elektronik (e-money card)

Apakah cuma itu saja produk-produk bank? Eits… bukan cuma itu, ternyata jenis produk perbankan itu ada yang terbagi dua loh, Squad. Ada kredit pasif dan kredit aktif. Kredit pasif merupakan aliran dana dari masyarakat yang masuk ke bank, sedangkan kredit aktif ialah dana yang digunakan masyarakat untuk kegiatan produktif. Sekarang kita bahas satu per satu ya.

Baca Juga: Pengertian Fungsi, Jenis, dan Syarat Uang

Produk Perbankan Kredit Pasif

1. Simpanan/Tabungan

Kalau kamu punya kartu ATM, pasti punya buku tabungan dong. Nah, simpanan ini bisa ditarik melalui ATM, buku tabungan, atau slip penarikan. Oh iya, simpanan/tabungan ini juga memiliki tingkat bunga/bagi hasil yang telah ditetapkan oleh pihak bank.

2. Giro

Giro merupakan simpanan yang penarikannya itu bisa dilakukan setiap saat. Tidak menggunakan kartu ATM atau buku tabungan ya, Squad. Penarikannya menggunakan cek atau bilyet giro. Simpanan giro ini memiliki bunga yang lebih rendah.

3. Deposito

Deposito merupakan simpanan berjangka dengan syarat waktu tertentu seperti 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun, dan seterusnya. Perlu kamu ingat nih Squad, nasabah tidak dapat menarik uang yang didepositokan dari bank sebelum masa jatuh tempo.

Deposito juga terbagi menjadi dua nih Squad

a. Deposito on call

Deposito on call merupakan simpanan berjangka waktu antara 3 sampai 30 hari. Jumlah uang yang disimpan biasanya relatif besar dan besar bunga yang dibayarkan dihitung per bulan dan besar bunga ditentukan dengan negosiasi antara nasabah dengan pihak bank.

b. Deposito automatic roll over (ARO)

Deposito ARO ini bentuk lain dari deposito berjangka yang sudah jatuh tempo tapi deposan (nasabah pemilik deposito) belum mengambilnya. Kemudian, bank secara otomatis melakukan perpanjangan waktu tanpa menunggu persetujuan deposan.

produk perbankan kredit pasif

 

Produk Perbankan Kredit Aktif

a. Kredit rekening koran

Kredit rekening koran merupakan kredit yang diberikan kepada nasabah dalam bentuk mutasi (pemindahbukuan) kepada rekening nasabah.

b. Kredit reimburs (Letter of Credit)

Kredit reimburs merupakan pinjaman yang diberikan ke nasabah atas pembelian sejumlah barang dan yang membayar adalah bank. Kredit ini merupakan jasa bank yang ditujukan untuk memudahkan pelayanan arus barang ekspor atau impor.

c. Kredit aksep

Kredit aksep merupakan pinjaman dengan mengeluarkan wesel yang bisa diperdagangkan.

d. Kredit dokumenter

Kredit dokumenter ini merupakan kredit yang diberikan setelah nasabah menyerahkan dokumen pengiriman barang yang sudah disetujui kapten kapal yang mengangkut barang tersebut.

e. Kredit dengan jaminan surat berharga

Kredit jaminan surat berharga diberikan dengan membeli surat-surat berharga kepada nasabah dan sekaligus surat-surat berharga tersebut sebagai jaminannya.

macam-macam produk bank

Sekarang Squad sudah paham kan macam-macam produk bank yang ada itu apa saja? Nah, untuk menguji sejauh mana pemahaman kamu, coba daftar di ruanguji deh. Di ruanguji kamu bisa ikut tryout online secara gratis lho. Coba sekarang yuk!

 IDN CTA Blog ruanguji Ruangguru

 

Referensi:

Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.

 

Sumber Foto:

Foto ‘Ilustrasi Transfer Uang’ [daring] Tautan: https://financialmoneytips.com/how-to-choose-an-online-money-transfer-service/

Foto ‘Safe Deposit Box’ [daring] Tautan: https://www.scmp.com/news/hong-kong/article/1287259/safety-deposit-box-shortage-hong-kong-banks-sees-rise-home-safe-sales

 

Artikel ini diperbarui pada 1 Desember 2020.

Tedy Rizkha Heryansyah