Macam-Macam Sendi pada Manusia dan Contohnya | Biologi Kelas 8

Macam-Macam Sendi pada Manusia dan Contohnya

Sendi pada manusia mempunyai jenis, fungsi, sifat, dan arah gerak yang berbeda-beda, lho. Yuk, kita pelajari macam-macam sendi manusia pada artikel Biologi kelas 8 berikut!

Mari bersyukur bahwa di dalam tubuh kita ada sesuatu yang bernama sendi. Apa yang dimaksud dengan sendi? Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang-tulang kita. Selain sebagai penghubung tulang, sendi juga memberikan fleksibilitas untuk bergerak. Bayangkan, tanpa sendi, tulang-tulang kita hanya akan mengambang di dalam otot tanpa ada yang menyatukan. Tulang hanya akan berdekatan, tapi tak bisa menyatu. Tanpa sendi, tulang jadi sendu. Jiaaakhh..

Total Jumlah Sendi dalam Tubuh Manusia

 

Ternyata, total jumlah sendi dalam tubuh manusia itu ada 360 lho, gais! Ya ya ya, banyak sekali bukan? Bayangkan semua sendi itu mengisi tubuh kita. Tiga. Ratus. Enam. Puluh. Sadis. Yah, meskipun ada begitu banyak sendi di dalam tubuh kita, tapi hanya dia seorang yang mengisi hatiku. Hmm, sebentar… ini kenapa mendadak curhat, ya?

Oke, lanjut. Karena jumlahnya ada 360 alias buanyak banget, jadi nggak mungkin kan kalau kita membahas semuanya satu per satu. Bisa-bisa malah jadi nyeri sendi leher bacanya. Jadi, kita bakal bahas materi yang esensial aja di artikel ini, okey? Okey!

Baca Juga: Pengertian, Fungsi, Jenis & Cara Kerja Otot

Pertama-tama, kita harus tahu dulu, seperti apa sih bentuk sendi itu? Benda seperti apa yang katanya “menghubungkan” tulang-tulang kita? Apakah cair menyerupai lem? Atau lembek kayak nasi?

Well, jawabannya… beda-beda.

sendi engsel

Ada yang tahu ini sendi apa? Coba jawab di kolom komentar! (Sumber: giphy.com)

 

Meskipun fungsinya sebagai penghubung antartulang, tapi sendi tidak berbentuk cair seperti lem. Sendi juga tidak selembek nasi. Sendi juga tidak keriting, bersuara indah, dan jago main gitar karena kalau itu mah namanya… Sendi Sandhoro.

shandy sondoro

ITU SHANDY BHANG! (Sumber: medcom via YouTube)

 

Satu hal yang pasti, sendi ini menyerupai bantalan yang letaknya ada di antara tulang-tulang kita. Dan, sama halnya seperti tulang, bentuk sendi juga berbeda-beda. Kok bisa gitu? Ya karena sendi kita itu bentuknya seperti “menyesuaikan” dengan bentuk tulangnya. Contohnya, sendi yang ada di tulang lutut berbeda bentuknya dengan sendi yang ada di tulang pergelangan tangan kita. Kenapa berbeda? Karena bentuk tulangnya pun berbeda juga. Inilah yang dimaksud dengan “menyesuaikan”.

Seperti yang dibahas di awal, sendi dapat membantu kita untuk bergerak. Tapi, tidak semua sendi membantu menggerakkan tulang-tulang kita. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali. Makanya, berdasarkan sifat gerakannya, kita dapat membagi sendi ke dalam 3 jenis:

Macam-Macam Sendi berdasarkan SIfat Gerakan

 

1. Sendi Mati (Sinartrosis)

Sedih banget sendi yang ini. Dari namanya, jelas kalau sendi mati adalah sendi yang tidak bisa bergerak. Diam. Mati. Mungkin, awal mula dari sendi mati adalah keseringan sendi… rian. Contoh: sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.

Baca juga: Kram Anthony Ginting, Satu dari Beberapa Macam Gangguan Sistem Gerak

 

2. Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkan, tapi terbatas. Memang agak-agak posesif gitu dia. Tidak bisa bebas dan agak terkekang. Contoh: sendi yang terdapat pada tulang antarruas tulang belakang dan tulang rusuk.

 

3. Sendi Gerak (Diartrosis)

Seperti namanya, sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Nah, sendi gerak inilah yang paling populer di antara sendi lainnya. Bukan, ini bukan karena dia paling gaul dan masuk ke dalam jajaran selebgram, tapi karena jenis dari sendi ini cukup banyak, sehingga bisa kita kategorikan lagi ke dalam beberapa macam sendi.

Waw, ada apa aja tuh?

Berikut adalah macam-macam sendi berdasarkan arah gerakannya:

 

Macam-Macam Sendi berdasarkan Arah Gerakan

 

A. Sendi Geser (Plane)

Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contoh: sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

 

B. Sendi Engsel (Hinge)

Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Ada yang sudah kebayang sendi ini ada di mana? Yak, betul. Sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.

 

C. Sendi Gulung (Condylar)

Sendi gulung adalah sendi yang punya gerakan dua arah. Bisa bergerak ke depan dan ke belakang, bisa juga ke kanan dan ke kiri. Contoh: sendi antara tulang pengumpil (radius) dan tulang pergelangan tangan.

 

sendi-engsel,-geser,-dan-gulung

Sendi geser, engsel, dan gulung (Sumber: Crashcourse via YouTube)

 

D. Sendi Putar (Pivot)

Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana. Hayo, kayak apa? Yak, betul. Sendi inilah yang membuat kepala kita bisa berputar menoleh ke kiri dan kanan. Beda kan, cara kita menoleh dengan ikan yang hanya bisa menengok ke kiri dan kanan. Cuma matanya aja lirak-lirik. Contoh sendi putar: sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak.

Baca juga: Macam-Macam Gerak pada Hewan dan Tumbuhan

 

E. Sendi Peluru (Ball and Socket)

Bukan. Ini bukan sendi yang bisa nembak kok. Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Salah satu tulangnya berbentuk mirip bola dan tulang lainnya seperti mangkuk. Contoh: hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.

 

sendi-putar,-peluru,-pelana

Sendi putar, peluru, dan pelana (Sumber: Crashcourse via YouTube)

 

F. Sendi Pelana (Saddle)

Pasti pernah denger kata pelana kan? Iya, ada sendi yang bentuknya mirip seperti pelana kuda. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Sendi pelana bisa kita temuin di tulang pangkal ibu jari.

Gimana, sudah paham kan, tentang macam-macam sendi yang ada di dalam tubuh manusia beserta dengan fungsi dan contohnya? Kalau kamu penasaran dan ingin melihat materi tentang sendi ini dalam bentuk video, tonton aja di ruangbelajar!

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTS Edisi Revisi 2017. Jakarta: Balitbang Kemendikbud.

Kresnoadi