Fisika Kelas 9 | Macam-Macam Sifat Tanah Liat dan Gelas

Seno Aji May 28, 2018 • 6 min read


IPA_9Squad, kamu sudah membaca artikel sifat serat dan kayu belum? Kalau sudah membacanya, masih satu tema dengan artikel tersebut, pada artikel ini kamu akan dijelaskan tentang sifat bahan yang biasa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti gelas dan tanah liat. Nah biar kamu lebih paham, mending langsung baca dan simak yuk penjelasan di bawah ini!

A. TANAH LIAT

Banyak manusia menggunakan tanah liat sebagai bahan dasar dalam membuat keramik atau gerabah. Tanah liat juga memiliki beberapa sifat bahan, setiap sifatnya tergantung pada kondisi yang dialaminya.

tanah liatTanah liat (sumber: dickblick.com)

Jika kondisi tanah liat itu mengandung banyak air atau basah, maka tanah liat akan memiliki sifat yang elastis. Sedangkan jika kering, maka tanah liat akan menjadi keras, kemudian tanah liat akan memadat dan kuat pada saat dibakar.

proses membakar tanah liatProses pembakaran tanah liat (sumber: tnneutron.com)

Tanah liat ini terbentuk dari proses pelapukan kerak bumi, yang sebagian besar tersusun oleh batuan feldspatik (batuan yang terdiri dari batuan granit dan batuan beku). Tanah liat biasanya berwarna hitam keabu-abuan.

Jika dilihat jenisnya, tanah liat mempunyai 2 jenis yang berbeda yaitu;

TANAH LIAT PRIMER

tanah liat primerTambang tanah liat primer (sumber: tnneutron.com)

Merupakan jenis tanah liat yang terbentuk dari pelapukan batuan feldspatik dan dilakukan oleh tenaga endogen yang tidak berpindah dari batuan induk atau asalnya. Karena tanah ini tidak berpindah tempat, maka tanah ini memiliki sifat yang lebih murni, dalam artian tidak tercampur dengan jenis tanah dan bahan lain.

Tanah liat primer ini memiliki ciri-ciri berwarna putih kusam, biasanya terdapat di tempat yang tinggi, sangat tahan panas dan memiliki butiran yang besar. Suhu matang tanah liat primer ini jika di bakar adalah 1300 hingga 1400 derajat celcius, bahkan ada yang dapat mencapai 1750 derajat celcius. Sehingga dibutuhkan api yang sangat besar jika ingin memadatkan tanah liat primer.

TANAH LIAT SEKUNDER

tanah liat sekunderSerbuk tanah liat sekunder (sumber: rumahtanahliatcitra.com)

Tanah ini merupakan kebalikan dari tanah liat primer. Tanah ini terbentuk dari pelapukan batuan feldspatik, tetapi dilakukan oleh tenaga eksogen. Hal ini menjadikan partikel-partikel tanah terbawa ke tempat lain dan mengendap di tempat yang lebih rendah seperti, rawa, danau, atau aliran sungai. Karena terbawa dari tempatnya berasal, maka tanah liat ini pasti tercampur dengan tanah dan bahan lain.

Jika tanah liat primer berwarna putih kusam, maka tanah liat sekunder adalah tanah liat yang biasa kita kenal cenderung berwarna cokelat, krem, kuning, kemerahan, hingga cenderung hitam. Selain itu, suhu matang tanah liat sekunder ini cenderung lebih rendah dibandingkan dengan tanah liat primer. Berkisar antara 900 hingga 1180 derajat celcius.

Dalam kehidupan sehari-hari, tanah liat biasa kita kenal sebagai bahan pembuatan keramik. Tapi squad, perlu kamu ketahui, kalau suhu dan bahan dasar tanah liat yang berbeda, akan menghasilkan produk akhir yang berbeda pula lho.

cara membuat tembikarKerajinan tanah liat (sumber: giphy.com)

Hasil dari pembakaran tanah liat adalah tembikar, gerabah, keramik batu, dan porselen. Selain itu tanah liat juga digunakan untuk membuat bata merah, genting, atau pun tempayan/gentong air.

Nah setelah mengetahui sifat dan kegunaan tanah liat, sekarang kita lihat sifat bahan berikutnya, yaitu kaca atau gelas.

B. GELAS ATAU KACA

Gelas adalah produk yang bersifat bening, tembus pandang secara optik, dan cukup keras. Tetapi walaupun keras, sebenarnya gelas rapuh :( dan gak bisa kena benturan yang terlalu keras, karena nanti bisa pecah si gelas ini.

gelas kacaGelas, lengkap dengan es teh manisnya (sumber: dagelan.co)

Gelas ini dihasilkan dari beberapa bahan, antara lain silikon oksida atau pasir, kapur, soda, dan oksida logam. Nah bahan-bahan tersebut digodok dengan suhu yang sangat tinggi sehingga menyatukan mereka menjadi sejenis jel yang amat sangat panas.

seni membuat gelasMembuat kuda dari kaca yang dipanaskan (sumber: giphy.com)

Nah karena kalau kena panas jadinya berbentuk jel, maka kaca bisa dengan mudah di bentuk dalam kondisi seperti di atas, sehingga menghasilkan karya-karya gelas yang memukau.

Selain untuk dibuat menjadi gelas hias, ada satu karya dari kaca lagi yang tak kalah indah dari gelas hias yang bernama kaca patri.

kaca patriKaca patri, selain sebagai kesenian, biasanya juga digunakan untuk menggambrkan suatu peristiwa (sumber: pixabay.com)

Di sini kaca dipotong sesuai warna dan bentuk hingga menghasilkan sebuah lukisan atau gambar dengan pola yang indah.

toples kaca lebaranGelas sebagai wadah penyimpanan (sumber: news.lewatmana.com)

Manusia biasanya membuat tempat penyimpanan berbahan dasar gelas. Hal ini sejalan dengan adanya beberapa sifat gelas, selain tembus air, gelas tidak bereaksi dengan bahan yang dikemas, kedap gas dan bau-bauan, sehingga cocok untuk dibuat tempat penyimpanan.

Nah itu dia Squad, sifat-sifat yang bisa kamu temukan pada tanah liat dan gelas. Ternyata dari bahan sederhana seperti gelas dan tanah liat, jika diolah dengan benar, maka bisa menghasilkan produk yang bisa membantu dan mempermudah kehidupan manusia.

Kalau kamu mau, kamu bisa lho coba mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan pembahasan artikel ini di ruanguji. Selain itu masih banyak soal lain dari seluruh mata pelajaran yang pastinya menarik dan menantang untuk di kerjakan!

New call-to-action

Beri Komentar