Macam-Macam Sistem Ekonomi & Karakteristiknya | Ekonomi Kelas 10

macam dan karakteristik sistem ekonomi

Ada yang tau kalo sistem ekonomi itu banyak macamnya? Nah, di artikel ini akan dijelaskan mengenai macam-macam sistem ekonomi. Simak sama-sama, yuk!

Sebagai warga negara Indonesia, pasti kamu pernah dengar pernyataan ini, deh, “sumber daya atau barang yang sangat penting bagi eksistensi negara dan kebutuhan hidup orang banyak dikelola oleh negara”. Pernah, kan? Itu artinya, di Indonesia, pihak swasta nggak boleh mengelola sesuatu yang menjadi kebutuhan banyak orang, seperti listrik misalnya.

Nah, hal itu memang sudah diatur oleh sistem ekonomi yang digunakan di Indonesia. Tapi, belum tentu berlaku buat negara-negara lain. Masing-masing negara pasti memiliki preferensinya sendiri terhadap sistem ekonomi yang ideal. Pada bahasan kali ini, aku akan membahas macam-macam sistem ekonomi. Yuk, simak pembahasannya!

Baca Juga: Pengertian Supply dan Demand serta Faktor yang Mempengaruhinya

 

Pengertian Sistem Ekonomi

Sebelum kita bahas macam-macamnya, kita harus tau dulu, apa sih, sistem ekonomi itu? Sistem ekonomi adalah susunan unsur-unsur ekonomi yang saling berhubungan dan bekerja untuk memecahkan masalah ekonomi serta mencapai tujuan tertentu. Kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi, itu semua berperan besar dalam sebuah sistem ekonomi. Selain itu, sistem ekonomi dibagi menjadi banyak macam, guys. Nah, sekarang pertanyaannya adalah, kenapa sistem ekonomi banyak macamnya, ya? 

Baca juga: Perkembangan Sistem Perekonomian di Indonesia dari Masa ke Masa

 

Macam-Macam Sistem Ekonomi

Secara umum, hal mendasar yang membedakan sistem ekonomi yang satu dengan lainnya terlihat pada faktor produksinya. Misalnya, menurut sistem A, sumber daya alam diolah oleh pemerintah. Tapi menurut sistem B, sumber daya alam boleh diolah oleh individu atau kelompok tertentu. 

Untuk lebih jelasnya, simak empat macam sistem ekonomi yang akan jadi bahasan kita kali ini, ya! Macam-macam sistem ekonomi antara lain ada sistem ekonomi tradisional, komando, liberal, dan campuran. Yuk guys, kita bahas satu-satu!

 

Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional memiliki hubungan yang erat dengan tradisi dan adat-istiadat. Biasanya, negara yang menggunakan sistem ekonomi tradisional adalah negara yang masih sangat bergantung dengan sektor pertanian. 

Produktivitas pada sistem ekonomi ini umumnya juga masih rendah. Hal ini disebabkan karena masyarakatnya yang belum atau nggak memiliki hasrat untuk mengembangkan hartanya. 

Yaaa… bisa dibilang, orang-orang yang hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan pokok hidupnya aja. Kalau kebutuhan harian seputar makan dan tempat tinggalnya sudah terpenuhi, maka tidak perlu lagi menambah harta untuk keperluan lainnya. Sederhana banget, kan? Mungkin kalau kayak gini, nggak perlu mikirin kuota internet lagi buat mabar Mobile Legend kali, ya hehehe.

sistem ekonomi tradisional

Pada sistem ekonomi tradisional, kelebihan yang dapat dirasakan adalah terjaganya kondisi alam dan sumber daya karena tidak adanya eksploitasi yang berlebihan. Tetapi, kekurangannya, biasanya peradaban dengan sistem ini lebih susah maju dan berkembang. Ini juga dapat dipengaruhi oleh tradisi dan adat yang masih kuat, sehingga dapat menghambat kemajuan teknologi akibat adanya penolakan dari masyarakat.

 

Sistem Ekonomi Komando

Dalam sistem ekonomi komando, pemerintah memiliki kuasa penuh atau dominan terhadap kegiatan ekonomi negaranya. Sistem ini biasa juga disebut sistem ekonomi terpimpin. Jadi, faktor produksi dipegang penuh oleh pemerintah, sehingga tidak ada pihak swasta atau perorangan yang menguasai barang atau sumber daya tertentu. Kalaupun ada masyarakat yang memegang sektor produksi, tentunya dalam pengawasan dan batasan oleh pemerintah.

sistem ekonomi komando

Kamu pasti pernah dengar kan, ada istilah blok barat dan blok timur, ada poros kanan dan poros timur.  Nah, sistem ekonomi komando bergantung pada ideologi sosialisme dan komunisme. Jadi, biasanya, sistem ini digunakan oleh negara blok timur atau poros kiri, seperti Tiongkok, Rusia, dan Korea Utara. 

Kelebihan dari sistem ekonomi komando adalah perekonomian masyarakat yang dijamin oleh negara. Selain itu, negara juga lebih mudah mengendalikan harga dan inflasi. Tetapi, kekurangan yang dapat dirasakan adalah inovasi masyarakat dapat terhambat karena terlalu mengandalkan solusi dari pemerintah. Ini juga dapat menjadi masalah baru apabila negara justru nggak mampu memenuhi kebutuhan masyarakatnya karena konflik politik ataupun masalah internal lainnya.

 

Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ekonomi liberal adalah sistem ekonomi yang memberikan kebebasan seluas-luasnya kepada masyarakat dalam melakukan kegiatan ekonomi. Sistem ekonomi ini dikenal juga dengan sebutan sistem ekonomi kapitalis atau sistem ekonomi pasar. 

Prinsip yang paling jelas dari sistem ini adalah adanya keperluan untuk mencari keuntungan pribadi, tanpa mementingkan keperluan pihak lain. Dalam hal perekonomian, pemerintah nggak memiliki pengaruh yang kuat untuk membatasi perekonomian individu atau masyarakatnya.

sistem ekonomi liberal

Berbanding terbalik dengan sistem ekonomi komando, sistem ekonomi liberal bergantung pada ideologi kapitalisme dan liberalisme. Itulah mengapa negara yang menggunakan sistem ini biasanya merupakan negara blok barat atau poros kanan, seperti Amerika Serikat, Jerman, dan Belanda.

Kelebihan dari sistem ekonomi liberal antara lain adalah adanya kebebasan individu di bidang ekonomi dan produktivitas yang tinggi karena masyarakatnya memiliki ambisi yang tinggi untuk menambah harta. 

Namun, kelemahan dari sistem ini adalah terciptanya kesenjangan ekonomi antara golongan kaya dengan golongan miskin, serta tingginya persaingan dan monopoli untuk merebut pasar.

 

Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah gabungan dari sistem ekonomi komando dan liberal. Pada sistem ekonomi ini, baik pihak pemerintah maupun swasta memiliki peran dalam sektor perekonomian. Masyarakat memiliki kebebasan dalam sektor ekonomi, namun pemerintah juga memiliki kendali dalam sektor perekonomian. Ini bertujuan untuk mencegah adanya penguasaan penuh oleh segelintir masyarakat.   

sistem ekonomi campuran

Beberapa negara yang menggunakan sistem ekonomi campuran di antaranya India, Filipina, dan Malaysia. Kelebihan dari penggunaan sistem ekonomi campuran adalah kestabilan ekonomi lebih terjamin dan mencegah adanya monopoli pasar oleh sekelompok masyarakat tertentu. Namun, kekurangan dari sistem ekonomi ini, keuntungan sektor swasta kurang maksimal apabila dibandingkan dengan sistem ekonomi liberal, dan kadang bisa ditemukan ketidakjelasan mengenai batasan pemerintah dan swasta dalam sektor perekonomian.

Baca juga: Apa Itu Ilmu Ekonomi?

Nah, itu dia macam-macam sistem ekonomi dengan berbagai kelebihan dan kekurangannya. Walaupun secara umum hanya dibagi menjadi empat macam, tapi tiap negara biasanya juga memiliki kebijakannya masing-masing yang membuat ada sedikit perbedaan tertentu. 

Jadi, nggak jarang tuh kalau ada beberapa negara yang menggunakan sistem ekonomi yang sama, tapi kebijakannya beda-beda. Misalnya, sistem ekonomi Indonesia yang termasuk ke sistem ekonomi campuran, tetapi punya ciri khas sendiri dan diberi nama sistem ekonomi Pancasila. Lebih jelasnya, yuk kita bahas lebih detail tentang sistem ekonomi Pancasila!

 

Sistem Ekonomi Pancasila

Secara normatif, Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan idiil sistem perekonomian di Indonesia. Dasar politiknya tertuang dalam UUD 1945 pasal 33 yang berbunyi berikut:

1. Ayat 1:  Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas azas kekeluargaan.

2. Ayat 2: Cabang-cabang produksi yang penting bagi negara dan yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara.

3. Ayat 3: Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

4. Ayat 4: Perekonomian nasional diselenggarakan berdasar atas demokrasi ekonomi dengan prinsip kebersamaan, efisiensi berkeadilan, berkelanjutan, berwawasan lingkungan, kemandirian, serta dengan menjaga keseimbangan kemajuan dan kesatuan ekonomi nasional.

5. Ketentuan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pasal ini diatur dalam undang-undang.

nilai dasar ekonomi indonesia

Mengapa Indonesia menerapkan sistem ekonomi Pancasila? Dalam proses pembangunan sistem ekonomi di suatu negara dipengaruhi faktor internal maupun eksternal

Faktor-faktor internal bisa terdiri atas kondisi fisik, lokasi geografi, jumlah, serta kualitas sumber daya alam dan manusia. Sementara itu, faktor-faktor eksternal diantaranya perkembangan teknologi, kondisi perekonomian dan politik dunia, serta keamanan global. 

Pemerintah kita memilih sistem ekonomi Pancasila karena di dalamnya terkandung makna demokrasi ekonomi. Untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, coba perhatikan karakter sistem ekonomi Pancasila berikut:

 

Karakteristik sistem ekonomi Indonesia

 

1. Kegiatan ekonomi dilakukan secara gotong royong dengan mengutamakan hubungan kekeluargaan.

2. Cabang-cabang produksi yang bersifat strategis dan melibatkan hajat hidup banyak orang diambil alih oleh negara.

3. Produksi produk-produk strategis yang dikuasai oleh negara semata-mata untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat.

4. Sistem ekonomi Indonesia menggunakan sistem ekonomi campuran yang disebut dengan sistem ekonomi Pancasila.

5. Seluruh kegiatan ekonomi harus berdasarkan prinsip berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

6. Pemerintah turut mengawasi kegiatan ekonomi yang dilakukan swasta demi terhindar dari praktik-praktik kecurangan misalnya penipuan, monopoli yang merugikan, dan mafia perdagangan agar dapat menegakkan keadilan di tengah masyarakat.

Kalau mau memperdalam lagi wawasan kamu tentang materi ini atau materi lain di pelajaran ekonomi, langsung cobain ruangbelajar, ya! Banyak video animasi menarik yang bisa bikin kamu lebih semangat lagi untuk terus belajar. Apalagi, sekarang ruangbelajar juga sudah dilengkapi fitur-fitur baru yang keren banget. Tentunya, jadi makin betah dong ya, hihi. 

IDN CTA Blog ruangbelajar Ruangguru

Referensi:

Alam S., (2016) Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga

 

Artikel ini telah diperbarui pada 2 September 2022

Kak Ali MT Soshum