Macam-macam Sumber Sejarah

Macam-Macam Sumber Sejarah

Squad, siapa di antara kalian yang senang dengan hal-hal tentang sejarah? Sejarah sangat menarik untuk dipelajari lho. Dengan mempelajari sejarah, kamu bisa mengetahui peristiwa yang terjadi di masa lalu dengan detail. Oleh karena itu, kamu juga bisa mengetahui mengapa beberapa hal di masa sekarang bisa terjadi.

Nah, bagaimana sih kita mengenal sejarah? Seperti hal-hal lain yang kita temui di hidup ini, sejarah juga memiliki sumber sejarah. Sumber sejarah inilah yang menjadi dasar untuk mengidentifikasi suatu peristiwa sejarah. Bentuk sumber sejarah bisa bermacam-macam, lho! Beberapa sumber sejarah juga memiliki replika, seperti yang terdapat di museum. Kira-kira ada berapa sumber sejarah, ya? Masa sih cuma 1? Nah, ternyata ada 3 sumber sejarah nih, Squad! Yuk, kita kenalan dengan macam-macam sumber sejarah! 

Baca Juga: Pengertian Sejarah Sebagai Kisah dan Peristiwa

Sumber-Sumber Sejarah

Squad, ada 3 jenis sumber sejarah yang bisa digunakan untuk menelaah peristiwa sejarah. Apa saja, ya? 

1. Sumber lisan, yaitu keterangan langsung dari orang-orang yang mengalami peristiwa sejarah tersebut. Selain diperoleh dari orang-orang yang mengalami langsung peristiwa tersebut, sumber lisan juga bisa diperoleh dari kerabat atau orang lain yang mengetahui peristiwa tersebut secara rinci. 

2. Sumber tulisan, yang merupakan keterangan tertulis berupa catatan yang berasal dari suatu peristiwa sejarah, misalnya prasasti, dokumen, piagam, naskah, surat kabar, dan laporan.

2jpg-BXtl.jpg

Prasasti Ciaruteun peninggalan Kerajaan Tarumanegara (sumber: sportourism.id)

3. Sumber benda, yaitu benda-benda yang berasal dari suatu zaman atau peristiwa tertentu, misalnya bangunan, senjata, perkakas dari batu, patung, perhiasan, dan candi.

Nah, Squad, semoga setelah membaca artikel ini, kamu semakin tertarik mempelajari sejarah, ya! Siapa di antara kalian yang mau menjadi sejarawan? Semangat terus belajarnya agar cita-citamu bisa tercapai, ya! Supaya makin seru belajarnya, yuk, belajar pakai ruangbelajar! Kamu bisa akses video belajar, latihan soal, dan rangkuman hanya lewat gadget kamu, lho. Sekarang, belajar nggak mesti ke tempat bimbel, kamu juga bisa belajar di mana saja dan kapan saja! Yuk, pakai ruangbelajar sekarang!

New Call-to-action

Beri Komentar