Sedih Besok Senin? Mending Maksimalkan Harimu di Hari Minggu!

Ruangguru Mar 6, 2016 • 5 min read


Besok hari Senin? Teringat segala rutinitas yang akan dijalani seminggu kedepan? Mulai dari sekolah, kuliah, mengajar, atau bahkan kegiatan tambahan seperti ekskul, organisasi atau bahkan les. Huft, membayangkannya saja sudah bikin kita lelah duluan. Ini membuat kita langsung patah semangat, meski baru hari Minggu dan belum memulai semua kegiatan itu.

Ini sering membuat kita merasa tidak pernah cukup dengan weekend, terutama hari Minggu. Well, kalau kita merasa selalu kurang waktunya. Sebaiknya kita harus bisa menikmati waktu yang dimiliki semaksimal mungkin! Bagaimana caranya? Yuk, coba deh terapkan cara-cara berikut ini:

 

1. Jangan berfokus pada hari esok, be present! 

Hiduplah di saat ini Hiduplah di saat ini

Seringkali yang membuat kita kurang menikmati hari adalah pikiran kita sendiri. Kenapa? Karena bisa saja di hari Minggu ini kita sedang berkumpul bersama teman atau keluarga, tetapi pikiran kita fokusnya ke hari esok. Apapun yang sedang dilakukan kita jadi tidak bisa menikmati momen sepenuhnya, karena pikiran kita berada di waktu yang lain.

Ini semua karena kita terlalu khawatir dengan apa yang akan terjadi, daripada apa yang sedang terjadi. Coba deh, kontrol pikiran kita untuk berfokus dengan apa yang ada di depan mata. Hilangkan semua pikiran mengganggu, biarkan semua itu dipikirkan sesuai jadwalnya masing-masing ya. Dan jadwal hari Minggu adalah saatnya untuk bersenang-senang!

Kalau misalkan kamu tidak berfokus hari ini maupun esok, apa pikiranmu terlalu fokus pada masa lalu? Hati-hati, jangan sampai terjebak nostalgia ya! Hihi. Ayo move on! :)

 

2. Lakukan hal yang ingin kamu lakukan, hari ini! 

Now Jangan ditunda, lakukan lah sekarang!

Mungkin ada saja hal yang ingin kita lakukan dari dulu tapi tidak terlaksana juga. Dan, kita selalu beralasan “tidak punya waktu”. Yaah.. mungkin ada benarnya waktu luang yang kita miliki jadi terbatas karena banyaknya kegiatan yang harus dilakukan. Tapi ketahuilah, setiap orang di dunia ini memiliki jatah waktu yang sama setiap harinya. Jadi, permasalahan utama bukanlah di jumlah waktunya, melainkan bagaimana kita memanfaatkan waktu.

Untuk weekdays, mungkin kegiatan kita sudah penuh dengan rutinitas atau misalnya hari Sabtu sudah sibuk dengan nongkrong bersama teman, maka hari Minggu adalah waktu yang tepat untuk melakukannya! Coba luangkan waktu untuk membaca buku yang sudah menunggu untuk dibaca, movie marathon, atau bahkan sekedar berolahraga. Sekecil apapun perubahan yang dibuat, lakukanlah! Percaya deh lama-kelamaan kita akan merasa lebih bahagia di hari Minggu.

 

3. Jangan biasakan tunda tugas atau kerjaan di akhir pekan 

Sunday Work Jangan pikirkan tugas maupun kerja

Kadang, yang membuat kita sulit untuk menikmati hari Minggu karena ada pikiran mengenai tugas maupun kerjaan yang belum terselesaikan. Jangan dibiasakan ya! Ini dampaknya akan buruk untuk diri kita, karena di mana pun dan apapun yang kita lakukan masih ada beban pikiran untuk menyelesaikan kewajiban tersebut.

Nah, cara untuk menghindarinya kita harus maksimalkan kerjaan kita di weekdays saja ya! Supaya di akhir minggu, kita tidak akan terus-terusan terbebani pikiran masalah tugas dan kerjaan. Kan, kalau semuanya sudah beres kita bisa lebih tenang bukan menjalani hari? So, finish your tasks on weekdays!

 

4. Meski libur, tetaplah bangun di pagi hari! 

Wake Up Mulai hari lebih awal!

Meski godaan untuk bangun siang di hari libur itu besar, tetapi usahakanlah untuk tetap bangun pagi ya! Dengan bangun dari pagi, secara psikologis bisa memberikan efek perasaan bahwa hari berjalan lebih lama dibanding bangun siang. Alasannya, karena kita bisa mulai berbagai kegiatan lebih awal dan bisa lebih fleksibel untuk melakukan hal yang ingin dilakukan.

Coba misalkan kalau kita bangun siang, belum sempat melakukan apa-apa, tiba-tiba hari sudah mau gelap saja. Lalu kalau sudah gelap, dipikiran kita akan segera berganti hari Senin dan harus cepat istirahat untuk memulai beraktivitas kembali esoknya. Kalau sudah seperti ini, malah tidak jadi melakukan kegiatan apapun bukan? Jadi, ayo bangun pagi!

 

5. Treat yourself 

Treat Yourself Beri apresiasi ke diri sendiri

Di weekdays, mungkin kita sudah bekerja keras untuk mencapai cita-cita. Belum lagi menjalankan berbagai kewajiban sebagai murid maupun sebagai anak dan berbakti kepada orang tua. Sadarkah kalau kita terkadang suka lupa untuk mengapresiasi kerja keras sendiri? Maka dari itu, di hari Minggu ini yuk beri apresiasi diri kita dengan melakukan hal yang kita sukai!

Caranya sederhana kok, bisa dengan ‘mentraktir’ diri kita sendiri dengan makanan kesukaan kita atau kalau ada tabungan lebih, boleh juga dengan membeli barang yang kita inginkan selama ini. Untuk yang perempuan, mungkin bisa coba sesekali ke salon untuk menyenangkan diri. So, be nice to yourself!

 

Yup, itulah hal-hal yang bisa dilakukan untuk bisa menikmati hari Minggu lebih baik lagi. Kalau kita berhasil menerapkannya, bahkan di hari lainnya pun akan terasa lebih baik pula. Jadi, masihkah kamu bersedih besok hari Senin?

Enjoy today, cause it’s Sunday. Be happy! :D

Beri Komentar