Matematika Kelas 11 | Apa Manfaat dari Belajar Barisan dan Deret Aritmatika?

Matematika_11

Squad, pernahkah kamu terpikir mengapa kita harus mempelajari barisan dan deret aritmatika dalam pelajaran matematika? Memang apa sih manfaatnya? Hmm, pertanyaan seperti itu pasti akan muncul tiap kita merasa kesulitan dengan suatu topik pelajaran, apalagi matematika 'kan? Ngaku! Nah, sekarang kamu akan tahu betapa pentingnya memahami topik ini. Manfaatnya banyak banget, khususnya untuk pekerjaanmu di masa depan. Penasaran? Yuk baca penjelasannya di bawah ini!

APA ITU BARISAN DAN DERET

Barisan dan deret dalam matematika memiliki manfaat yang banyak dalam kehidupan sehari-hari. Ketika kamu ingin menjadi seorang pengusaha misalnya, perkembangan usaha yang konstan dari waktu ke waktu mengikuti baris hitung, lho. Kamu jadi bisa memprediksikan skala keuntungan dan kerugianmu. 

Secara umum, barisan itu artinya sebuah daftar bilangan yang mengurut dari kiri ke kanan. Setiap urutan bilangan juga memiliki karakteristik atau pola tertentu. Setiap bilangan yang ada pada barisan, merupakan suku dalam barisan itu sendiri.

Sementara itu, deret adalah penjumlahan suku-suku dari suatu barisan. Misalnya terdapat barisan U1, U2, U3, U4, ..... Un, maka deret itu adalah U1 + U2 + U3 + U4 +..... Un. Oh iya, “U” itu artinya suku ya.

BARISAN DAN DERET ARITMATIKA (1)

Nah, kalau aritmatika dapat diartikan sebagai ilmu hitung dasar dalam matematika yang mencakup penjumlahan, pengurangan, pembagian, juga perkalian. Kita bisa lihat pada bentuk barisan, jika selisihnya antara suku 1 dengan suku 2 dan seterusnya sama, maka dapat disebut baris aritmatika ya.

Sekarang kita lihat rumusnya. Misalnya terdapat barisan bilangan 1, 3, 5, 7, 9, 11, .....

a = suku pertama

b = beda atau selisih suku pertama dengan suku ke dua, suku ke dua dengan suku ke tiga, dan seterusnya.

Misalnya kita diminta mencari Un dari barisan bilangan tadi, misal Un nya adalah U7, maka rumusnya adalah:

barisan dan deret

Sekarang kita cari tahu rumus Sn dalam barisan dan deret aritmatika ya.

  • Contoh Penerapan Barisan dan Deret Aritmatika di Kehidupan Sehari-hari

Misalnya kamu ingin menabung di suatu bank dengan selisih kenaikan nominal yang kamu tabungkan setiap bulannya tetap. Untuk bulan pertama kamu menabung sebesar Rp100.000,00, kemudian bulan ke dua Rp110.000,00, bulan ke tiga Rp120.000,00, dan begitu seterusnya. Lalu kamu ingin tahu, berapa besar tabungan kalau kamu menabung selama 2 tahun? Nah, sekarang kita jawab dengan menggunakan rumus barisan dan deret aritmatika ya.

barisan dan deret

Lalu, jumlah tabungan kamu selama 2 tahun (24 bulan) adalah

S24 = rumus Sn  (2.100+(24-1)10)

= 12(200 + 230)  

= 5.160

Jadi, tabungan kamu selama 2 tahun adalah Rp5.160.000,00. Gimana? Bermanfaat 'kan mempelajari barisan dan deret aritmatika? Dengan kita memahaminya, kita bisa memprediksi segala sesuatu yang kita inginkan dan lakukan, tapi konteksnya harus hitung-hitungan lho ya.

Sampai di sini sudah paham 'kan? Kalau kamu ingin mendalami pemahamanmu tentang menghitung barisan dan deret aritmatika, kamu bisa belajar menggunakan video animasi bersama guru yang berpengalaman. Ada pula kumpulan soal-soal untuk menemanimu berlatih di mana saja dan kapan saja. Semua itu bisa kamu dapatkan melalui ruangbelajar di aplikasi ruangguru. So, jangan lupa download ya.

ruangbelajar

Beri Komentar