Biologi Kelas 10 | Manfaat Biologi dalam Berbagai Bidang Kehidupan Manusia

Created by : Hani Ammariah
on Jul 11, 2018 2:20:21 PM
7 min read
Biologi_10
Pada artikel Biologi kelas X kali ini, kita akan membahas tentang apa saja manfaat Biologi di berbagai bidang kehidupan manusia.
--

Pada dasarnya, dalam setiap ilmu yang kita pelajari pasti ada manfaat yang dapat kita peroleh, lho. Termasuk ilmu Biologi ini. Ternyata, ilmu Biologi punya banyak manfaat nih dalam berbagai bidang di kehidupan kita, mulai dari bidang pertanian, kedokteran, industri, bahkan sampai nuklir, lho. Nah, semuanya akan kita bahas satu persatu pada artikel di bawah ini!

1. Pertanian

Seperti yang sudah kamu ketahui, Biologi sangat bermanfaat dalam bidang pertanian karena dapat digunakan untuk menghasilkan bibit unggul yang nantinya akan dibudidayakan dan diproduksi.

Manfaat biologi

Pastinya, kemajuan ini didukung oleh ilmu Biologi yang diterapkan pada teknologi pertanian nih, Squad. Keren ya?

2. Peternakan

Pada bidang peternakan, Biologi digunakan untuk memproduksi bibit unggul dengan hibridisasi untuk hewan ternak. Nah, hibridisasi sendiri adalah suatu teknik yang digunakan untuk memperoleh organisme baru yang unggul dengan cara mengawinkan dua organisme berbeda varietas. Organisasi tersebut memiliki sifat-sifat yang unggul, lho! Selain pada hewan, hibridisasi juga dapat dilakukan pada tanaman.

Manfaat biologi

“Beefalo” yang merupakan hewan hasil hibridisasi antara Bison Amerika dengan Bos Taurus

(sumber: en.wikipedia.org) 

3. Perikanan

Manfaat Biologi dalam bidang perikanan adalah untuk pelestarian sumber daya laut. Dalam hal ini, Ekologi digunakan untuk menemukan tempat pembudidayaan ikan yang tepat agar diperoleh kualitas hasil tangkapan ikan yang baik. Kamu tahu nggak sih kalau sebagian besar protein hewani yang kita konsumsi itu bersumber dari ikan? Hayo, siapa nih yang masih nggak suka makan ikan?

4. Kedokteran

Pernahkah kamu mendengar kata transplantasi? Di bidang kedokteran, ilmu Biologi digunakan untuk proses transplantasi organ manusia lho, Squad. Tujuannya adalah untuk mengganti organ yang rusak dengan organ yang masih berfungsi dengan baik. Selain itu, Biologi juga bermanfaat untuk proses bayi tabung. Tentunya, hal ini akan sangat membantu bagi para ibu yang sulit untuk mendapatkan keturunan.

5. Kesehatan

Ilmu Biologi ternyata punya banyak sekali manfaat di bidang kesehatan. Contohnya yaitu ilmu Anatomi yang mempelajari tentang struktur tubuh kita, Fisiologi yang mempelajari tentang bentuk dan fungsi tubuh kita, Histologi yang mempelajari tentang jaringan tubuh kita, dan masih banyak lagi. Semua itu akan membantu kita untuk memahami cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita lho, Squad.

Baca jugaMengenal 18 Cabang Ilmu Biologi

6. Farmasi (obat-obatan)

Bagaikan para jomblo yang membutuhkan pasangan hidup, kemajuan di bidang kedokteran juga sangat dipengaruhi oleh perkembangan di bidang farmasi nih, Squad. Manfaat Biologi di bidang ini adalah untuk membantu proses pembuatan obat, vaksin, antibiotik yang berguna untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Manfaat biologi

 Suntikan, satu kata dengan sejuta kengerian (sumber: pexels.com)

7. Lingkungan

Di bidang ini, Biologi sangat bermanfaat untuk memberi pemahaman kepada kita akan pentingnya menjaga lingkungan sekitar. Gambar di bawah ini merupakan contoh dampak negatif dari pembuangan sampah anorganik yang mencemari lingkungan dan pastinya akan mempengaruhi habitat di sekitarnya.

Manfaat biologi

Dampak pembuangan limbah plastik pada lingkungan (sumber: lingkunganhidup.co)

Hayo, siapa di antara kamu yang masih suka buang sampah sembarangan? Stop lakukan itu dan ayo, mulai cintai bumi kita dari sekarang!

8. Energi

Pemanfaatan Biologi dalam bidang ini adalah untuk mencari energi alternatif, seperti biogas dan biodiesel. Kamu tahu nggak apa bedanya biogas dan biodiesel? Yup! biogas dihasilkan dari kotoran ternak yang hasilnya berupa gas alami. Sedangkan biodiesel dihasilkan dari tanaman, seperti pohon jarak atau pohon singkong yang hasilnya berupa alkohol atau etanol. Biogas dan biodiesel ini sedang banyak dikembangkan nih Squad karena selain sebagai pengganti bahan bakar fosil, biogas dan biodiesel juga ramah akan lingkungan.

9. Bioteknologi

Manfaat Biologi dalam bidang ini adalah untuk membantu proses rekayasa genetika dan kultur jaringan. Pada rekayasa genetika akan dilakukan proses modifikasi atau manipulasi gen untuk menghasilkan organisme baru yang lebih unggul dari organisme sebelumnya. Sedangkan, pada kultur jaringan akan dilakukan pengisolasian (pemisahan) bagian dari suatu tanaman, bisa berupa sekelompok sel atau jaringan ke tempat yang bebas dari penyakit. Sehingga, bagian tanaman tersebut dapat tumbuh dan memperbanyak diri.

10. Industri

Pada bidang industri, ilmu Biologi banyak sekali digunakan terutama dalam bidang industri makanan dan obat. Pada industri makanan, Biologi digunakan dalam pemanfaatan bakteri baik untuk menghasilkan makanan fermentasi agar tubuh lebih mudah menyerap nutrisi, seperti roti, yoghurt, nata de coco, dan masih banyak lagi. Sedangkan pada industri obat, Biologi digunakan dalam pemanfaatan virus yang nantinya akan diolah menjadi vaksin dan antibiotik untuk menyembuhkan penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Manfaat biologi

 Nata de coco yang kenyal dan menyegarkan (sumber: watapthailand.com)

11. Nuklir

Ternyata, Biologi juga bermanfaat dalam bidang nuklir lho, Squad. Eits! tenang dulu, ini bukan nuklir yang berbahaya kok karena nuklir yang dimaksud adalah radiasi nuklirnya. Radiasi ini dapat digunakan untuk mengobati penyakit kanker lho yang dikenal dengan nama terapi radiasi (radioterapi). Selain itu, radiasi ini juga dapat digunakan untuk rontgen dan sterilisasi alat-alat keperluan operasi.

Bagaimana nih Squad, menarik banget ya artikel kali ini? Ternyata, peran Biologi dalam kehidupan sehari-hari ini sangat banyak, ya. Kamu ingin jadi salah satu ahli dari bidang-bidang yang sudah disebutkan di atas? Yuk, belajar yang semangat supaya cita-citamu tercapai! Nah, kamu juga bisa tanya-tanya materi ini lebih lanjut lagi dengan tutor dan teman-teman di seluruh Indonesia, lho. Ayo buruan gabung di Ruangguru digitalbootcamp sekarang juga!

New Call-to-action

 

Tags: konsep pelajaran SMA Kelas X Biologi X

Beri Komentar

Letak Geografis dan Letak Astronomis Indonesia

Sep 19, 2017 5:27:18 PM
3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi dan Strukturnya

Feb 12, 2018 3:06:55 PM
3 min read

5 Akibat Revolusi Bumi Bagi Kehidupan

Oct 8, 2017 2:32:23 PM
6 min read

5 Soal UN Matematika SMA (IPA) 2017 dan Pembahasannya

Mar 22, 2017 11:35:26 AM
5 min read

Apa Saja Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya?

Jan 8, 2018 1:47:37 PM
4 min read