Geografi Kelas 11 | Apa Saja Manfaat Flora dan Fauna Indonesia bagi Kehidupan Kita?

Kresnoadi Jul 2, 2018 • 5 min read


Geografi_11 (2)

Dalam artikel geografi kelas XI ini dibahas berbagai manfaat flora dan fauna di Indonesia bagi kehidupan kita. Mulai dari fungsinya sebagai tempat wisata, sumber ekonomi, ilmu pengetahuan, dan kelangsungan hidup.

--

Ketika lagi capek-capeknya sama lingkungan sekolah, entah kenapa “liburan” adalah hal yang langsung terlintas di kepala. Menghirup udara yang masih bersih di tengah hutan pinus. Mendengar cericit burung gereja. Memandangi matahari yang turun perlahan-lahan di pinggir pantai. Tanpa mikirin rutinitas yang sedang kita kerjakan saat itu.

Tapi

Bagaimana kalau hal itu tidak bisa kita lakukan?

Bagaimana kalau saat itu, tidak ada lagi pemandangan alam yang bisa kita nikmatin? Pohon habis dibakar. Bumi kita ditanami semen dan ditiupi asap karbon. Dan satu-satunya pelarian yang kita punya hanyalah ruangan ber-AC. Boro-boro liburan. Keluar rumah aja langsung TBC gara-gara asap.

Saat ini, kita mungkin sulit membayangkannya. Disadari atau tidak, memang itulah salah satu manfaat flora dan fauna bagi hidup kita.

Lalu, apa manfaat lainnya dari flora dan fauna di Indonesia?

manfaat flora dan fauna di indonesia

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, tidak ada yang bisa mengalahkan kerennya keindahan alam. Mungkin tidak setiap hari kita ingin liburan, atau pergi ke hutan atau pantai demi merasakan keindahan alam ini secara langsung. Tapi, tentu hal ini tidak bisa dipisahkan dari hidup kita.

flora dan fauna sebagai tempat wisata alamHutan sebagai tempat wisata (sumber: giphy.com)

 

Tidak ada yang bisa mengalahkan perasaan haru saat berdiri di puncak gunung bromo. Atau perasaan menggebu saat loncat dari air terjun di Bali. Alam adalah tempat kita menenangkan diri.

manfaat flora dan fauna pada bidang ekonomi

Bagian ini kayaknya udah jelas banget deh ya. Flora dan fauna kita sangat bisa dijadikan sumber ekonomi. Entah itu yang dijual langsung untuk dikonsumsi, maupun dibuat barang turunannya. Misalnya, sapi perah yang dijual langsung dagingnya. Atau sapi yang sengaja diternak untuk kemudian dijual susunya. Atau susu yang diolah menjadi yogurt dan baru dijual.

Selain itu, bisa sebagai bahan baku industri.

Baca juga: Cara Melakukan Konservasi Fauna dan Flora yang Terancam Punah

Pohon-pohon yang kita miliki sangat bisa dipelihara dengan baik. Sengaja diciptakan dengan tujuan dijual menjadi kayu-kayu pondasi perumahan. Pohon karet sebagai bahan baku ban, tembakau untuk rokok, atau bahkan bambu yang sering kita jumpai saat mau makan bakmi.

berbagai hasil olahan kayuBerbagai hasil olahan kayu sebagai furnitur rumah (sumber: giphy.com)

 

Selain kedua hal yang kesannya ekonomi banget itu, pemanfaatan flora dan fauna juga bisa berdampak pada ekonomi lewat obat-obatan. Sangat banyak tanaman yang bisa dijadikan sebagai sumber obat. Bawang putih, misalnya, yang dapat digunakan sebagai sumber obat dari penyakit kolesterol, darah tinggi, dan flu. Atau daun sirih sebagai obat mimisan, jeruk nipis sebagai obat batuk. Atau bagi kamu yang suka masuk angin, kandungan dari obat untuk, ehem, menolak angin kamu itu berasal dari berbagai flora.

manfaat flora dan fauna sebagai sumber ilmu pengetahuan

Eh, emang ada hubungannya antara flora dan fauna dengan ilmu pengetahuan? Well, tentu banyak. Bahkan ada cabang ilmu yang menjelaskan tentang itu, namanya biomimkri. Keren gak sih? Jepang belajar bikin kereta shinkansen dari burung kingfisher. Bahkan ada jaket yang terinspirasi dari stomata.

Dari sisi lainnya, kita masih harus mempelajari flora dan fauna ini. Masih banyak banget spesies yang kita belum tahu. Hasil penelitian WWF tahun lalu mengatakan bahwa pada periode 2014-2015, selalu ditemukan satu spesies baru di hutan Amazon setiap dua hari.

spesies fauna baru di papuaSalah satu hewan yang baru ditemukan di Papua New Guinea (sumber: bbc.com)

 

Apa itu artinya?

Selain tiap jalan-jalan kita bakal kaget dan jerit, ‘MAKHLUK APA INI?!’ penelitian itu juga berarti masih terbuka lebar kesempatan bagi kamu yang suka melakukan penelitian. Artinya juga, masih banyak laboratorium yang akan dibuka demi menganalisis spesies-spesies asing ini.

Belum lagi makhluk-makhluk bawah laut kayak yang baru ditemukan ini:

hewan bawah lautSalah satu hewan di dasar laut Puerto Rico (sumber: Quartz by YouTube)

manfaat flora dan fauna bagi kelangsungan hidup

Setiap spesies punya peran sendiri-sendiri dalam menjaga keseimbangan sistem kehidupan. Jadi, sebenarnya, kalau kita kehilangan satu spesies aja, kita bakal “merusak” keseluruhan sistem yang terjadi. Hal ini bisa diibaratkan sebagai kayu jenga yang ditumpuk sehingga saling menguatkan. Ketika satu kayu jenga itu diambil, bisa jadi itu akan meruntuhkan keseluruhan kayu… dan yang kalah bakalan salim.

kayu jenga seperti keseimbangan makhluk hidupKayu jenga seperti keseimbangan ekosistem kehidupan (sumber: giphy.com)

 

Di hutan, misalnya. Ada kurang lebih 40 pohon yang penyebaran bijinya sangat tergantung pada orangutan. Maka kalo orangutan ini hilang, ya pohon-pohon tadi yang seharusnya bisa dibawa orangutan juga hilang. Kalau pohon tdi hilang, burung yang hinggap di sana pun akan hilang.

Nah, jadi banyak banget kan manfaat flora dan fauna di Indonesia. Mulai dari yang langsung terasa seperti sumber ekonomi, penelitian, sumber bahan baku industri, dan tempat kita menenangkan diri dan menstabilkan kehidupan di bumi. Ingin memelajari materi ini dengan menonton video beranimasi seru? Tonton aja lewat ruangbelajar!

ruangbelajar 

Beri Komentar