Manfaat Karbohidrat bagi Tubuh Kita | Kimia Kelas 12

Kimia kelas 12 SMA materi tentang karbohidrat  manfaat untuk tubuh kita

Siapa nih di antara kamu yang sering melakukan diet karbohidrat? Mungkin bagi banyak orang, diet karbohidrat dianggap mampu menurunkan berat badan secara cepat. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata tubuh kita itu sangat membutuhkan karbohidrat?

Karbohidrat itu merupakan sumber energi pada tubuh kita. Maka dari itu, kalau kamu melakukan diet karbohidrat secara berturut-turut dan tidak memperhatikan menu asupannya, badan kamu akan sangat terasa lemas.

Badan lemas kekurangan karbohidratKekurangan karbohidrat membuat tubuh lemas (Sumber: virtual.co.id)

Nah kamu harus tahu nih kandungan apa saja yang ada di dalam karbohidrat dan makanan apa saja sih yang mengandung karbohidrat di dalamnya. Yuk pelajari melalui penjelasannya di bawah ini.

Perlu kamu tahu Squad, karbohidrat adalah makromolekul yang tersusun oleh atom C, H, dan O. Nah, karbohidrat itu dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Kemudian salah satu reaksi pembuatan karbohidrat adalah reaksi fotosintesis yang dibantu dengan bantuan cahaya matahari.

6CO2 + 6H2O  -->  C6H12O6 (karbohidrat) + O2 

Jenis-jenis karbohidrat

  • Karbohidrat Sederhana

Karbohidrat sederhana memiliki struktur kimia molekul yang lebih sederhana. Hal ini membuat karbohidrat sederhana menjadi sumber energi yang lebih cepat dicerna oleh tubuh. Pada jenis karbohidrat ini hanya terkandung 1 ataupun 2 molekul gula saja. Karbohidrat sederhana kemudian dibagi ke dalam 2 kategori, yaitu Monosakarida dan juga Disakarida. 

Monosakarida: bentuk karbohidrat paling sederhana (gula tunggal)

- Glukosa dan galaktosa (gua aldosa)

- Fruktosa (gula ketosa)

Disakarida: terdiri dari 2 monosakarida

- Sukrosa (glukosa + fruktosa)

- Laktosa (glukosa + galaktosa)

- Maltosa (glukosa + glukosa)

 

Contoh Makanan Karbohidrat Sederhana

 

  • Karbohidrat kompleks

Pada jenis karbohidrat yang satu ini terkandung lebih dari 2 molekul gula dan terikat dalam satu rangkaian. Terdapat 2 kategori pada karbohidrat kompleks, yaitu Oligosakarida dan Polisakarida. Lalu, kita juga membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencerna makanan-makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini, selain itu juga mengakibatkan pada naiknya kadar gula di dalam darah.

Oligosakarida: tersusun kurang dari 10 monosakarida dalam jumlah yang sangat kecil

Polisakarida: tersusun dari banyak monosakarida

- Selulosa

- Amilum

 

Contoh Makanan Karbohidrat Kompleks

Bagaimana, sampai di sini kamu sudah tahu kan apa saja kandungan yang terdapat dalam karbohidrat? Sebagai sumber energi utama pada otak, lensa mata, juga sel saraf, glukosa (karbohidrat sederhana) menjadi satu-satunya sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak dapat digantikan oleh energi lainnya. Dalam proses respirasi, 1 gram glukosa menghasilkan 4,1 kalori.

 

manfaat karbohidrat

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan kenapa diet karbohidrat itu membuat badan lemas dan juga menyebabkan daya ingat berkurang? Yap betul, semua itu karena tubuh kita kekurangan asupan energi. Sebenarnya karbohirat kompleks itu baik untuk kamu yang sedang menjalani diet karbohidrat.

Memang karbohidrat kompleks itu susah dicerna. Akan tetapi ketika kita mengonsumsinya, justru tubuh kita akan tetap merasa kenyang. Kamu cukup hindari makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana ya. Jadi, program diet karbohidrat kamu juga berjalan dengan baik tanpa membuat badan kamu merasa lemas dan kemudian sakit. 

Oke, pastinya kamu sudah ngerti kan apa saja manfaat karbohidrat bagi tubuh kita? Jika kamu ingin memelajarinya lebih dalam lagi, kamu bisa diskusi bersama tutor yang terbaik melalui ruanglesonline. Di sana kamu bisa berdiskusi bersama tutor dengan durasi yang cukup efektif, sehingga membuat cepat paham.

New Call-to-action

Beri Komentar