Kimia Kelas 11 | Manfaat Minyak Bumi dalam Kehidupan Manusia

Shabrina Zakaria Okt 25, 2018 • 4 min read


manfaat minyak bumi - header

Artikel Kimia kelas XI kali ini akan membahas tentang penggunaan minyak bumi dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Kamu pasti sudah tahu kan Squad kalau minyak bumi adalah salah satu sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui? Jika tidak dikelola dengan baik, maka minyak bumi bisa habis kapanpun. Kalau minyak bumi habis, kita bakal kalang kabut untuk mencari bahan bakar karena minyak bumi adalah sumber dari bahan bakar yang kita gunakan sehari-hari.

Sebelum diolah, minyak bumi adalah minyak mentah atau crude oil yang berbentuk cairan kental berwarna hitam. Bentuk minyak bumi yang seperti itu masih belum bisa dimanfaatkan di kehidupan kita Squad. Oleh karena itu, minyak bumi yang masih mentah tadi diolah agar menghasilkan produk-produk minyak bumi yang penting dan berguna bagi kehidupan sehari-hari. Hasil olahan minyak bumi tersebut dapat dimanfaatkan di kehidupan manusia baik rumah tangga maupun industri. Apa saja hasil olahan dari minyak bumi yang bermanfaat bagi kehidupan manusia?

manfaat minyak bumi - asset minyak bumi

 

1. Liquified Petroleum Gas (LPG atau Elpiji)

Gas yang sering kita gunakan untuk memasak ini merupakan salah satu olahan dari minyak bumi Squad. LPG didominasi gas propana (C3H8) dan butana (C4H10) yang telah dimampatkan sehingga menjadi cair dan ditempatkan ke dalam tabung logam bertekanan tinggi. Selain itu, LPG juga mengandung sedikit hidrokarbon lain seperti etana (C2H6) dan pentana (C5H12).

2. Bensin

Bahan bakar kendaraan bermotor ini tersusun dari hidrokarbon rantai lurus, mulai dari C5 sampai C11. Bensin atau yang biasa juga disebut sebagai Bahan Bakar Minyak (BBM) ini berguna bagi kendaraan roda dua, tiga ataupun empat. Oh iya, kamu harus tahu Squad bahwa kita dianjurkan untuk tidak mengisi bensin kendaraan kita secara sembarangan karena setiap mesin kendaraan memiliki kebutuhan oktan yang berbeda-beda. Masih ingat nggak nih materi tentang nomor oktan pada bensin?

3. Nafta

Nafta merupakan bahan baku dan harus diolah pada tahap kedua, jadi nafta tidak dapat langsung digunakan Squad. Biasanya, nafta banyak digunakan sebagai bahan baku pembuat plastik, pelarut, karet dan industri petrokimia lainnya. Nafta juga digunakan sebagai bahan baku produksi komponen bensin oktan tinggi seperti pertamax.

4. Kerosin

Kerosin merupakan salah satu komponen minyak mentah yang banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia. Pada zaman dahulu, kerosin digunakan sebagai bahan bakar kompor minyak dan lampu minyak sebelum kompor gas dan lampu bohlam banyak digunakan seperti sekarang ini Squad. Selain digunakan untuk kompor minyak dan lampu minyak, kerosin juga digunakan sebagai bahan bakar mesin jet yang secara teknikal lebih dikenal dengan nama avtur (aviation turbine).

5. Solar

Solar adalah bahan bakar diesel yang paling umum di Indonesia. Solar merupakan campuran alkana dengan rantai C15H32–C16H34. Hasil olahan minyak bumi yang satu ini digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel pada kendaraan bermotor Squad. Contohnya antara lain ada bus, truk, kereta api diesel dan traktor. Selain itu, solar juga dapat menjadi bahan bakar pada mesin industri.

6. Pelumas

Pelumas merupakan zat kimia yang umumnya cairan dan diberikan di antara dua benda yang bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan. Jadi, selain mengurangi gaya gesek, pelumas juga dapat melindungi mesin dari karat. Contoh dari pelumas adalah oli mesin yang digunakan pada mesin pembakaran dalam.

7. Aspal

Squad pasti sering melihat aspal kan karena aspal merupakan pelapis jalan raya. Pada dasarnya, aspal adalah bahan hidrokarbon yang bersifat melekat dan berwarna hitam kecoklatan. Selain itu, aspal juga tahan terhadap air. Sebenarnya, aspal adalah hasil hasil residu dari proses distilasi yang tidak menguap. Selain aspal, hasil residu yang lain juga ada parafin yang digunakan sebagai bahan baku dari lilin. Oh iya, aspal juga sering disebut dengan bitumen ya Squad.

manfaat minyak bumi - proses distilasi

Tanpa kita sadari, ternyata banyak juga ya manfaat dari minyak bumi di kehidupan kita. Meskipun minyak bumi menghasilkan banyak produk yang berguna bagi kita, bukan berarti kita bisa menggunakan minyak bumi sesuka hati kita. Proses pembentukan minyak bumi membutuhkan waktu yang cukup lama karena minyak bumi memiliki sifat sekali pakai, sehingga minyak bumi bisa habis kapanpun jika kita tidak mengelolanya dengan baik.

Setelah baca artikel ini yuk kita pelajari lagi dasar-dasar mengenai minyak bumi mulai dari pembentukan, pengolahan dan hasilnya di ruangbelajar, biar kita semakin paham kenapa kita harus menjaga minyak bumi dan nggak cuma nikmatin hasilnya aja.

ruangbelajar

Beri Komentar