Ini 7 Manfaat Ospek untuk Mahasiswa Baru

Shabrina Alfari

Aug 7, 2019 • 4 min read

Siap kuliah


manfaat ospek bagi  mahasiswa baru

Artikel ini memberikan tujuh manfaat ospek yang penting diketahui oleh para mahasiswa baru

--

“Sebetulnya, ikut ospek itu penting nggak sih?” Apakah kamu salah satu yang sedang berpikir demikian Squad? Setelah diterima di perguruan tinggi, biasanya para mahasiswa baru akan diharuskan untuk mengikuti kegiatan orientasi di kampusnya. Kegiatan ini masih kerap memiliki kesan negatif karena biasanya para mahasiswa yang mengikuti kegiatan ini harus mengerjakan tugas-tugas ‘aneh’ dan berat, dimarahi oleh senior, harus datang di pagi hari, dan sebagainya. Eits, jangan dulu memandang ospek sebagai hal negatif Squad, ternyata banyak juga lho manfaat ospek yang bisa kamu dapatkan. Apa saja ya?

1. Lebih mengenal teman satu angkatan

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruMengenal teman satu angkatan (Sumber: mkels.com)

Selama masa kuliah kamu pasti akan membutuhkan banyak relasi. Bukan hanya dari teman-teman terdekat saja, tetapi juga dari teman satu jurusan, satu fakultas, satu kampus, atau bahkan senior. Banyaknya relasi yang kamu punya akan semakin memudahkan kamu saat ingin ikut kepanitiaan atau organisasi di tingkat jurusan, fakultas atau universitas. Nah, kegiatan ospek ini akan sangat berguna untuk menambah relasi dan kenalan dengan orang-orang baru di lingkungan kampus.

2. Adaptasi dengan lingkungan kampus

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruAdaptasi dengan lingkungan kampus (Sumber: sheerid.com)

Kampus tentunya menjadi sesuatu yang baru bagi kamu ‘kan? Apalagi kehidupan kuliah itu beda banget sama kegiatan belajar dan mengajar di sekolah. Karena itu, penting untuk kamu mengikuti kegiatan orientasi mahasiswa baru. Dengan mengikuti ospek, secara tidak langsung kamu telah dibantu untuk beradaptasi mengenal lingkungan kampus dan segala sistemnya yang akan kamu hadapi beberapa tahun ke depan.

3. Mengetahui kondisi kampus

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruMengetahui kondisi kampus (Sumber: onsp.umich.edu)

Saat ospek, kamu bisa mengenal kondisi kampus secara fisik dan sosial. Kamu bisa mengerti berbagai jurusan yang ada di kampus, kondisi lingkungan kampus, berbagai aktivitas menarik yang bisa kamu ikuti, dan sebagainya.

Jadikan ospek sebagai kesempatan kamu untuk mencari tahu sebanyak-banyaknya mengenai organisasi yang tepat untuk kamu ikuti. Siapa tahu kamu juga bisa jadi pengurus atau bahkan berkompetisi ke jenjang yang lebih tinggi.

4. Belajar tentang kerjasama

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruBelajar bekerjasama (Sumber: tickle.utk.edu)

Selama ospek, kamu tentunya tidak sendirian karena kamu juga akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Di dalam kelompok, kamu harus mampu untuk melakukan kerjasama dengan baik karena nantinya hal ini akan menentukan kekompakan kelompok. Dengan begitu, kamu akan bisa mengenal dan mengasah skill kerjasama kamu yang juga akan berguna selama kamu berkuliah kelak.

5. Melatih mental

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruMelatih mental (Sumber: youthmanual.com)

Pada dasarnya, kegiatan orientasi mahasiswa baru ini akan melatih mental kamu. Kamu akan dipersiapkan untuk lebih siap menjalani kehidupan kampus yang sepenuhnya berbeda dengan kehidupan sekolah, berhadapan dengan senior, dosen, dan sebagainya.

Tugas-tugas yang diberikan oleh senior juga akan melatih psikologis kamu agar bisa tetap tenang dalam kondisi yang penuh tekanan. Biasanya, kamu akan diberi tugas untuk membuat nametag dari bahan-bahan tertentu, tas dengan motif tertentu, dan sebagainya. Nah, tantangan ini akan melatih kamu untuk tenang dan berpikir positif untuk mencari jalan keluar.

6. Mengetahui sistem akademik

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruMengetahui sistem akademik (Sumber: usnews.com)

Dalam kegiatan ospek, biasanya ada rangkaian kegiatan di mana dosen akan menjelaskan pada semua mahasiswa baru tentang bagaimana cara menghitung IPK, bagaimana cara memilih kelas, apa saja mata kuliah yang akan kamu hadapi setiap semesternya, dan sebagainya. Nah info-info ini cukup penting karena akan krusial terhadap masa depan akademis kamu di kampus. Jika nggak hadir, bisa-bisa kamu nggak tahu harus mengambil mata kuliah apa di semester depan.

7. Menambah pengalaman

manfaat ospek bagi  mahasiswa baruMenambah pengalaman (Sumber: shoreline.edu)

Kegiatan ospek merupakan kegiatan pertama kamu di kampus. Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu pun jadi bisa menambah pengalaman yang bisa kamu ceritakan kepada teman-teman ataupun orang-orang terdekat kamu nantinya.

So, penting nggak nih ikut ospek? Manfaatkan waktu ospek untuk memperluas relasi dengan siapa saja. Yakin deh, semakin banyak relasi maka akan semakin banyak manfaat yang akan kamu rasakan saat kuliah dan bahkan setelah lulus kelak. Mau mengasah skill kamu semasa kuliah? Cari aja guru privat berkualitas yang bisa membantu kamu di ruangles.

New Call-to-action

Beri Komentar

Recent Posts